31.5.10

[tourismindonesia] Yang Spesial Dari Jalan Cipaganti di Bandung



Yang Spesial Dari Jalan Cipaganti di Bandung
Oleh Adhadi Praja

Cireng atau aci digoreng, makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang khususnya orang Bandung. Makanan yang terbuat dari aci (tepung kanji) ini memang sangat digemari oleh banyak orang tak hanya orang dewasa, anak-anak pun menyukai makanan khas kota kembang ini. Di kota Bandung khususnya, penjual cireng tidaklah sulit ditemui. Hampir disetiap jalan terdapat penjual cireng yang siap menawarkan kelezatan cireng isi.

Berjalan menyusuri jalan Cipaganti di Bandung, kita akan menemukan sebuah gerobak penjual cireng isi yang cukup legendaris. Cireng Cipaganti, begitulah kira-kira nama yang disematkan pada  gerobak cireng ini. Berada di sebelah  kantor pos jalan cipaganti atau tepatnya di Jalan Cemara (persis di depan pom bensin cipaganti), cireng ini termasuk salah satu cireng paling enak dan laku keras. Pokoknya very highly recommended. Cireng ini sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat kota Bandung karena cireng ini adalah pelopor bagi perkembangan cireng isi di kota Bandung. Oiya Jalan Cipaganti biasanya dilalui orang-orang yang hendak ke tempat-tempat wisata di Bandung Utara, seperti FO. Rumah Mode, Gn. Tangkubanparahu, Setiabudi Supermarket, termasuk jalan menuju ke mall Paris Van Java.

Cireng Cipaganti terkenal dengan cireng isi sambel kacangnya. Sekilas tak nampak perbedaan dengan cireng lain namun yang membedakan cireng ini dengan cireng pada umumnya adalah cireng ini cukup renyah ketika dimakan (seperti kerupuk). Paduan renyahnya cireng dan sambel kacang yang diisikan kedalamnya membuat cireng ini tidak cukup dinikmati satu cireng saja. Tekstur cirengnya agak keras namun renyah sehingga sensasi kriuk-kriuk-nya seperti sedang menikmati kerupuk aci. Bila dibandingkan dengan cireng lain tentu saja cireng cipaganti memiliki tingkat kerenyahan paling tinggi. Cireng lain biasanya punya tekstur lebih alot.

Selain renyahnya cireng, tentu saja yang membuat cireng ini digandrungi banyak orang adalah sambel kacang sebagai isiannya. Sambel kacang ini merupakan kacang tanah yang dihaluskan sampai lembut dan kemudian ditambahi bumbu-bumbu rahasia yang membuat sambel kacang untuk isiian cireng ini nendang banget!!. Cireng isi kacang merupakan cireng khas dari cireng cipaganti ini walaupun ada juga cireng dengan isi yang lain seperti kornet, abon, keju dan sosis namun proses pembuatan cireng isi kacang lah yang khas dibandingkan dengan cireng isi yang lainnya. Jika cireng isi lain telah diisi dengan bahan-bahan pengisi dan tinggal langsung digoreng, berbeda untuk cireng isi kacang yang proses awalnya adalah cireng mentah digoreng hingga kering kemudian setelah digoreng ditiriskan lalu cireng yang telah digoreng ini dibelah dan kemudian diisikan sambel kacang. Menikmati cireng renyah dengan sambel kacang sebagai isiannya selagi hangat akan membuat lidah ketagihan sehingga tidak cukup satu untuk memanjakan lidah dengan cireng isi cipaganti ini. Harga  untuk cireng renyah dengan rasa yang nikmat ini tidaklah mahal, hanya dengan 1000 rupiah kita sudah bisa menikmati satu buah cireng isi khas Cipaganti. Baca selengkapnya disini atau kunjungi www.mahanagari.com




Baca juga tulisan dan desain Mahanagari berikut ini:
Pepohonan Pinggir Jalan Kota Bandung
Bandung-Cianjur bersama "Argo Peuyeum"
Gua Pawon, Keindahan yang Terlupakan
3 Tips Tegar Dalam Menghadapi Sopir Angkot di Bandung
6 Perpustakaan Nyaman Tenang Enak di Bandung
Desain Mahanagari: Bade Kamana di Bandung
Desain Mahanagari: Braga Buildings
Desain Mahanagari: Cepot




Mahanagari - Bandung Pisan
http://www.mahanagari.com
http://mahanagari.multiply.com

Showroom:
@ Cihampelas Walk - Bandung
@ Bandung Indah Plaza - Bandung





__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: