28.6.10

Re: [tourismindonesia] Hantu Ambulans 'Penghuni' Bahureksa 15



Sepengetahuan saya yang dah pernah liat dulu tertutup terpal tp skg dah dibuka n cat warna warni jd menarik ga ceyem lagi dah gitu posisi parkir jg dah dirubah, mobil merk Mercedes Benz cuma lupa tipe apa n kayanya kok bukan kaya ambulance dalamnya, malah lebih kaya service car.

salam,
JAKATV
+6014 2343 747
+62812 9955 654

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: Dandossi Matram <dandossi@gmail.com>
Sender: tourismindonesia@yahoogroups.com
Date: Mon, 28 Jun 2010 22:23:23 +0700
To: <tourismindonesia@yahoogroups.com>
ReplyTo: tourismindonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: [tourismindonesia] Hantu Ambulans 'Penghuni' Bahureksa 15

 

Ceritanya menarik sekali ...
 
Cuman sayang tidak disebut tahun kejadian dan dan kapan kejadian2 cerita serem yg diceritakan tsb terjadi ...
 
Saya sdh lihat blog-nya, ada mobil tertutup terpal, apakah itu mobil ambulance-nya? Apakah ini kejadian tahun 70-an? 80-an? Karena diceritakan mobilnya Fiat tahun 70-an ...
 
Tks
 
Ossy

2010/6/28 Mahanagari Blog <mahanagariblog@yahoo.com>
 

Hantu Ambulans 'Penghuni' Bahureksa 15
Oleh Adhadi Praja

Berbicara mengenai urban legend yang ada di kota bandung saya tertarik untuk mengangkat cerita mengenai hantu ambulance yang "mangkal" di jalan Bahureksa no 15. Tempat ini bagi sebagian orang terutama warga kota bandung tentunya sudah bukan tempat yang asing lagi. Jalan Bahureksa sendiri berada dekat dengan jalan Riau, sarangnya Factory-Factory Outlet.

Jalan Bahureksa merupakan jalan yang menghubungkan jalan Banda dengan jalan Sultan Agung. Di sepanjang jalan berjejer rumah-rumah peninggalan zaman Belanda karena pada masa lalu kawasan ini merupakan kawasan pemukiman Eropa. Di sepanjang jalan ini pula berjejer pohon-pohon besar dan rindang yang cukup meneduhkan. Jalan ini memang bukan jalan utama sehingga volume kendaraan di daerah ini cukup lengang, yaitu hanya pada waktu siang saja. Kendaraan lalu lalang di sini itupun karena terdapat sekolah yang cukup besar di jalan ini. Makanya kalau malam jalanan ini lengang. Sepi.

Alkisah, di jalan ini terdapat sebuah rumah yang cukup populer, dengan trademark mobil ambulans yang selalu terparkir didepannya. Rumah peninggalan zaman kolonial ini selalu diidentikan dengan mobil ambulans yang konon ada 'penghuni'nya itu. Entah mulai dari sejak kapan mitos ini berkembang. Mobil ambulans yang sudah sejak lama berada di tempat ini kabarnya enggan beranjak dari tempatnya. Benar-benar tidak mau. Aneh? Tentu saja. Beberapa kali mobil ambulans tersebut dipindahkan ke tempat lain dan beberapa kali itu pula mobil ambulans tersebut kembali ke jalan Bahureksa no 15 ini. Bahkan tidak sedikit orang bandung yang (katanya) pernah melihat mobil ini berjalan sendiri tanpa ada pengemudinya pada malam hari.

Tidak ada yang tahu bagaimana jejak Hantu Ambulans itu bermula. Namun dari keterangan (sumber-sumber) yang saya baca, dahulu waktu zaman kolonial rumah ini dihuni oleh keluarga Belanda. Pada suatu hari keluarga ini sedang melakukan perjalanan dan mengalami kecelakaan hingga akhirnya satu keluarga itupun meninggal. Mobil ambulans inilah yang mengantarkan jenazah keluarga Belanda ini dari tempat kecelakaan. Lalu kejadian aneh pun terjadi. Untuk beberapa saat rumah tersebut kosong dan si ambulans berada di tempat lain. Keesokan harinya ambulans itu  sudah berada di depan rumah Bahureksa, tanpa diketahui siapa yang mengantarkannya. Penjaga rumah bingung. Akhirnya dia berinisiatif untuk mengembalikannya ke pihak rumah sakit. Eh ternyata keesokan harinya lagi- lagi mobil ambulans itu lagi-lagi sudah terparkir di halaman rumahnya tanpa diketahui supirnya. Kejadian ini terus berulang-ulang hingga akhirnya sang penjaga rumah memutuskan untuk membiarkan mobil ambulans tersebut terparkir di rumah milik keluarga belanda itu.

Lambat laun cerita mengenai makhluk halus penghuni ambulans itu meluas di masyarakat bandung, cerita ini juga semakin diperkuat dengan pengalaman-pengalaman beberapa orang yang (katanya) sempat mempunyai pengalaman yang aneh dengan kawasan Bahureksa dan tentunya mobil ambulans misterius ini. Saya jadi ingat salah seorang teman kakak saya yang kebetulan bekerja di studio foto terkenal di dekat jalan Bahureksa. Dia mempunyai pengalaman aneh dengan ambulans ini. Ceritanya sepulang kerja sekitar jam setengah 10 malam dia mau menjemput pacarnya yang bekerja di jalan Dago dekat Taman Flexi. Untuk menghemat waktu, dari jalan Banda dia memotong melewati jalan Bahureksa, Perasaan dia ketika itu biasa saja. Tidak ada yang aneh. Lalu secara tiba-tiba perasaannya berubah ketika di pertengahan jalan Bahureksa dia berpapasan dengan ambulas yang sama sekali belum pernah ia lihat. Sungguh berbeda dengan ambulans pada umumnya. Ambulance kuno, begitu kata teman kakak saya itu. Dari luar, dalamnya ambulans kelihatan gelap dan sirine-nya tidak menyala. Setelah beberapa detik adegan berpapasan itu, dia menoleh ke belakang dan dilihatnya ambulance kuno yang beberapa saat tadi melintas berlawanan arah dengannya sekarang sudah tidak ada entah kemana. Dalam kebingungan itu diapun  lalu menancap gas motornya agar segera sampai di tempat kerja pacarnya. Sejak saat itu dia tidak berani lagi untuk melintasi jalan Bahureksa di malam hari. Baca cerita selengkapnya disini atau kunjungi www.mahanagari.com


Baca juga cerita seputar Bandung lainnya berikut ini :
Hidup Baso Tahu Mang Ade!
Aula Barat - Gaya Arsitektur Nusantara di Jl. Ganesa
Kegigihan Penambang Emas di Lembah Cibaliung, Pangalengan

Jalan-jalan ke Situs Megalitikum Gunung Padang
Sepeda Subuh, Menikmati Bandung Dalam Hening Pagi
Photocopy = Fotokofi = Potokopi = Potokovi?
Rute penerbangan pertama Amsterdam-Bandoeng




Mahanagari - Bandung Pisan
http://www.mahanagari.com
http://mahanagari.multiply.com

Showroom:
@ Cihampelas Walk - Bandung







__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: