15.6.10

[tourismindonesia] Press Release, Kemilau Sulawesi




Semarak Kemilau Sulawesi 2010


PALU- Sebagai tuan rumah pelaksanaan Kemilau Sulawesi V tanggal 24-27 Juni 2010 mendatang, Pemerintah Provinsi Sulteng terus mematangkan persiapan. Kegiatan yang merupakan kegiatan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Republik Indonesia itu, akan diikuti seluruh Kabupaten/Kota dari enam Provinsi di pulau Sulawesi yakni Sulteng, Sulut, Gorontalo, Sulbar, Sultra dan Sulsel. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulteng, Suaib Djafar mengatakan, program Kemilau Sulawesi itu merupakan program tahunan Kemenbudpar RI, yang digilir di enam provinsi di Pulau Sulawesi setiap tahun. 

Program tersebut pertama kalinya digelar di Kota Makassar Sulawesi Selatan, lalu Kemilau Sulawesi II digelar di Kota Manado Sulawesi Utara. Untuk Kemilau Sulawesi III digelar di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Kemilau Sulawesi IV di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan pada tahun ini Kemilau Sulawesi V, kebetulan Sulteng dipercayakan sebagai tuan rumah. Rencananya pada tahun depan, kegiatan Kemilau Sulawesi VI akan digelar di Mamuju, Sulawesi Barat. 

"Kita siap mensukseskan program ini, karena momentum ini merupakan sarana penting untuk mempromosikan Sulteng di tingkat regional, nasional maupun internasional," jelas Suaib. 

Suaib mengatakan program Kemilau Sulawesi akan sangat menguntungkan bagi kemajuan dan perkembangan kepariwisataan di Sulteng, karena dipastikan akan mampu menarik wisatawan berkunjung ke Sulteng, baik wisatawan domestik maupun asing. 

Kegiatan yang rencananya akan dipusatkan di Lapangan Vatulemo itu, dengan maksud demi terjalinnya promosi terpadu regional Sulawesi, karena masing-masing provinsi dengan kabupaten dan kota, memiliki potensi wisata yang satu sama lainnya berbeda. 

Dia mencontohkan, Bunaken di Manado dan Togean di Touna, kedua objek wisata itu adalah wisata bahari, tapi masing-masing memiliki keunikan dan kekhasan yang tidak sama satu dengan yang lainnya. 

Suaib mengaku, melalui berbagai kegiatan termasuk Kemilau Sulawesi V tersebut, menandakan visi dan misi aman damai yang diusung oleh pasangan HB Paliudju dan H Achmad Yahya sudah terwujud, karena dengan kesan damai dan aman, menimbulkan kepercayaan publik untuk menggelar berbagai even berskala lokal, regional dan Nasional. "Kami yakin kedepan investasi wisata di Sulteng akan lebih meningkat," tandasnya. 

Yang pasti lanjut Suaib, pihaknya berupaya maksimal untuk melakukan pergeseran wisata ke Pulau Sulawesi. Hal ini juga untuk mewujudkan kunjungan Indonesia 2010 dengan target 7 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia. Untuk Sulteng sendiri, targetnya sekitar 5 ribu sampai 6 ribu kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2010. "Itu baru wisatawan mancanegara, untuk wisatawan domestik akan lebih banyak lagi," ungkapnya. 

Berbagai acara digelar adalam kegiatan ini, antara lain pameran pariwisata, pameran handicraft, gelar budaya dan pentas musik. 

Garuda Indonesia Turut Meriahkan

Penerbangan perdana Garuda Indonesia ke Bandara Mutiara Palu pada awal Juli 2010 akan ikut memeriahkan Kemilau Sulawesi 2010 yang digelar Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. 

Penerbangan Garuda ini mempunyai arti penting dan strategis dalam pengembangan sektor kepariwisataan Sulteng, terutama setelah Garuda diizinkan untuk terbang kembali ke Eropa. "Pasar wisata kita di luar negeri paling besar dari Eropa. Jadi kalau Garuda terbang ke Palu, diyakini akan mampu menggenjot wisatawan asing ke daerah ini," ujarnya. 

Karena itu, pembukaan penerbangan Garuda ini sedang diupayakan bertepatan dengan Kemilau Sulawesi 2010, sehingga akan banyak wisatawan asing menyaksikannya. 

Kemilau Sulawesi V yang akan dibuka Menbudpar Jero Wacik ini akan dimeriahkan pula dengan parade budaya nusantara berkeliling Kota Palu. (*)

Informasi lebih lanjut, hubungi: 

indri novitasari: 0816786685, haris adtharin: 08128385350






__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: