2.7.10

Re: [tourismindonesia] Butuh Info; Jkt - Cirebon - Smrg - Solo - Jogja

Saya jarang banget ke Cirebon, tapi setahu saya ada kraton Cirebon dan
Kanoman (pernah juga kunjungan ke sini, bagus juga, tapi dah lupa
detailnya). Terus yang beken di Cirebon adalah wisata religi di Makam
Sunan Gunung Jati. Untuk kuliner, saya juga nggak hafal kuliner Cirebon,
tapi klo ga salah ada nasi jamblang, hehehe. Dulu ayah saya kalau ke
Cirebon biasanya mampir ke restoran Kencana, katanya makanannya uenak.

Klo di Tegal, bisa mampir ke SPBU pemegang rekor MURI (67 toilet bersih
semua!), dia juga menyediakan dipan yang bisa disewa jam-jaman. Tempat
yang menarik katanya di Guci, pemandangannya bagus, tapi saya juga tidak
tahu berapa jauh Guci dari jalur Pantura.

Di Semarang ya paling liat bangunan tua seperti Lawang Sewu, Gereja
Blenduk, terus ada bagian kota tua (yang saya juga belum pernah ke sana),
kayanya bagus buat foto2. Yang pantas dikunjungi di Semarang adalah
klenteng Cheng Ho di Simongan. Uniknya, altar utamanya ada di dalam gua.
Yang menarik lagi, Cheng Ho adalah seorang muslim, jadi di kompleks itu
ada makam salah satu anak buahnya yang dimakamkan secara muslim, walaupun
kompleksnya bernuansa klenteng. Klo kuliner di Semarang, jangan lupa makan
bandeng teriyaki di restoran Bandeng Juwana Jl. Pandanaran, dan beli
oleh-oleh Lumpia mbak Lien di Jl. Pandanaran.

Di Solo bisa kuliner di Kusuma Sari Jl. Veteran, salah satu resto dan
catering tertua di kota Solo. Makanan khasnya : kroket dan selat Solo.
Uniknya, makanan di sini bentuknya seperti makanan barat (ada huzaren sla,
steak, stoop makaroni), tapi cocok untuk lidah Indonesia.
Kalau mau selat Solo (o ya, selat ini kaya bistik, tapi beda) yang rasanya
beda dengan Kusuma Sari, cari selat mbak Lies di Serengan.
Ada juga Soto Kirana, sotonya mak nyus (menurut saya!). Dia menyediakan
soto ayam dan soto daging, selain makanan khas Solo lainnya. Kalau mau
cari yang mudah, bisa dateng ke restorannya di Solo Baru.
Kalau malam hari, bisa makan nasi liwet mbok Wongso Lemu di Keprabon
(katanya ini favoritnya alm. presiden Soeharto). Selesai makan nasi liwet,
bisa dilanjut dengan wedang ronde. Tapi ati2, si mbok yang jualan kadang2
kalkulatornya rusak... harga nasi liwet di Wongso Lemu ini lebih mahal
daripada pedagang nasi liwet lain. Selain mbok Wongso Lemu, ada juga nasi
liwet yang lumayan enak di Solo Baru, namanya Nasi Liwet Yu Sani.
Kalau senang ke museum, ada museum batik Danar Hadi di Jl. Slamet Riyadi.
Kalau liat websitenya lumayan bagus, cuman belum sempat ke sana.
Ada lagi wisata yang unik di Solo, yaitu naik kereta api yang ditarik
dengan lok tua antara stasiun Solo Kota ke stasiun Purwosari. Tapi klo ga
salah keretanya cuman jalan hari2 tertentu, aku juga gak tahu pasti.

Kalau Yogya... yah, Yogya is the best! :)


-Arini-

> Buat temen2,
>
> Ada yg punya idea di masing2 kota tersebut atau diantara kota2 tsb, tempat
> mana saja yg kira2 harus dikunjungi atau dicoba, baik wisatanya atau
> kulinernya. Memang sih akan banyak banget pilihannya .... Tapi silahkan
> saja, yg paling anda suka lakukan disepanjang route tsb.
>
> Kalau dikepala saya sih, lokasi wisata yg ada paling disekitar Semarang,
> Ambarawa, Solo, dan Jogja. Kalau Cirebon kayaknya nggak ada yg menarik ya,
> begitu juga sepanjang perjalanan ke Semarang ... Tapi saya nggak tahu
> kalau
> ada yg punya infonya ....
>
> Kalau Semarang juga nggak banyak, paling mengunjungi adik ipar disana,
> lalu
> lanjut ke ambarawa lihat kereta api, ke magelang untuk tahu pojoknya, dan
> ke
> Solo untuk ke pasar batik dan wisata kulinernya .... Kalau Jogja kita
> sudah
> sering datangi, paling mengunjungi orang tua saja disana. Kalau di Jogja
> biasanya naik andong di waktu malam nggak boleh kelupaan ya .... nyaman
> banget sih rasanya ...
>
> Anyway, kalau ada idea2 atau info lainnya, bolehlah kita di shared ...
>
> Terima kasih
>
> Ossy'81
>


---------------------------------
"It's not much of a tail,
but I'm sort of attached to it."
-- Eeyore --


------------------------------------

Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/tourismindonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/tourismindonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
tourismindonesia-digest@yahoogroups.com
tourismindonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
tourismindonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: