12.7.10

[tourismindonesia] Kue Legendaris dari Tatar Parahyangan



Pagi-pagi (dan sore-sore) di Bandung Enaknya Makan Kue Balok
Oleh Mahanagari

Bukan hanya kayu atau beton aja yang balok. Kue juga ada yang balok.

Aromanya khas arang. Dibuat matang dengan menggunakan bara api. Dipanggang sekaligus dari atas dan dari bawah. Bagian bawah untuk mematangkan adonan, bagian atas untuk mengeringkan. Jadi kalau dimakan akan ada efek 'kres nyam nyam'.

Dahulu Kue Balok ini dapat ditemui dari pagi hingga pagi lagi. Sekarang, jumlah penjualnya saja sudah bisa dihitung oleh sepuluh jari tangan. Sedikit. Mereka berjualan dari pagi-pagi pukul 06.00 s/d 10.00. Di beberapa tempat ada juga yang berdagang kue Balok pada sore hari, sampai malam hari.

Kue balok merupakan jajanan tradisional murah dan nikmat khas kota Garut. Ada yang bilang khas kota Bandung. Keduanya membawa kita pada kesimpulan bahwa kue ini adalah kue khas daerah Priangan, pegunungan. Karena efeknya yang menghangatkan tubuh, termasuk waktu dia lagi dimatengin. Kue Balok enak dimakan hangat-hangat, makanya cocok untuk pagi dan malam hari. Bahan dasarnya cukup sederhana, gula putih, mentega, tepung terigu, telur dan soda kue untuk pengembang. Setelah semua bahan tercampur, adonan siap untuk dicetak. Katanya di beberapa tempat ada resep rahasia segala.

Adonan kue dituangkan ke dalam cetakan-cetakan kecil berbentuk balok yang terbuat dari bahan kuningan. Satu cetakan memanjang terdiri dari empat atau lebih cetakan balok kecil. Setelah adonan dituangkan, sebuah benda bernama anglo disimpan di atas cetakan untuk mematangkan kue. Anglo adalah wadah bara api yang nantinya akan menyalurkan hawa panas untuk proses pematangan kue. Setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan, anglo yang berisi arang panas diletakkan di atasnya.

Kue balok teksturnya lebih padat dan keras dibanding kue pada umumnya. Julukan kue ini adalah Kue Jibeuh (Hiji Seubeuh = satu kue cukup mengenyangkan). Rasanya yang tawar akan kompak apabila dipadu dengan kopi atau teh manis hangat. Baca tulisan selengkapnya di www.mahanagari.com atau klik disini.

Baca tulisan lain tentang seputar Bandung berikut ini :
12 Kode Etik Penumpang Angkot Bandung
4 Toko Buku Keren di Bandung
Menyusuri Sungai yang Membelah Asia Afrika
Gua Pawon, Keindahan yang Terlupakan
Keliling Museum di Bandung (V) : Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Rama and Shinta : everlasting love story
Braga Buildings
Photocopy = Fotokofi = Potokopi = Potokovi?




Mahanagari - Bandung Pisan
http://www.mahanagari.com
http://mahanagari.multiply.com

Showroom:
@ Cihampelas Walk - Bandung





__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: