4.8.10

[tourismindonesia] Asyiknya Berkemah di Ranca Upas



Asyiknya Berkemah di Ranca Upas


Karena letaknya di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, maka setiap waktu angin yang berhembus terasa dingin dan bahkan menusuk tulang. Ditambah konfigurasi lapangan datar dan bergelombang dengan rata-rata suhu antara 15-20 derajat C membuat berkemah di Ranca Upas lebih asyik dan berbeda dengan tempat yang lain.


Lokasinya yang masih satu jalur dengan tempat-tempat wisata di seputaran Ciwidey, semakin menambah nilai plus akan keberadaan Ranca Upas. Lokasi perkemahan yang mempunyai luas sekitar 215 ha ini terletak di desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung memang menawarkan lokasi berkemah plus yang lain. Blok-blok khusus yang terletak menyebar di berbagai lokasi di area Ranca Upas nampak lebih menarik. Ada blok kecil untuk kemah keluarga, ada blok sedang untuk kemah rombongan anak sekolah, sampai dengan blok besar untuk berkemah ribuan orang.



Waktu kami berkunjung kesana blok ukuran menengah dan blok besar nampak terisi penuh. Teriakan-teriakan komandan regu dengan pengeras suara yang akan melaksanakan kegiatan nampak menggema di seluruh area. ," Berkemah disini enak Pak…lokasinya adem, tempatnya luas dan fasilitasnya lengkap," Tutur Rani dan teman-temannya dari SMK Kian Santang-Bandung. Selain Rani dan teman-teman masih banyak siswa dan siswi dari sekolah-sekolah lain yang sangat menikmati berkemah disini.


Fasilitas yang ada di Ranca Upas pun tergolong lengkap. Ada Menara pandang, MCK, Kios wisata dan tempat beribadah. Bahkan yang lebih menarik lagi, kita juga bisa menikmati wisata penangkaran rusa dengan luas kurang lebih 4 ha. Pertama kali dibangun tahun 1991 hanya berisi beberapa rusa, namun rusa-rusa yang ada terus berkembang yang sekarang menjadi 12 ekor. Keberadaan penangkaran rusa menjadi daya tarik tersendiri, sehingga pengunjung yang tidak berkemah pun bisa datang dan menikmati suasana serta melihat rusa-rusa.




Flora yang terdapat di Ranca Upas adalah: pohon Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan pasang. Beberapa faunanya adalah : burung Tekukur, Gagak, Elang, Surili dan monyet. Dengan fasilitas-fasilitas yang ada Ranca Upas bisa dikunjungi untuk anda yang hanya ingin menikmati suasana, berkemah ataupun trecking di hutan sekitar.


Untuk foto2 bisa dilihat di : www.mlancong.com

Salam,
AMGD

YM : amgd_dr@yahoo.com
FB : akhmadmasun09@gmail.com
www.mlancong.com-Indahnya Indonesia



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: