6.8.10

[tourismindonesia] Plesiran Tempo Doeloe: 23-24-25-26-27-28-29 Oktober 2010



 
SAHABAT MUSEUM dengan hati seneng presenteren:
PLESIRAN TEMPO DOELOE 
                                                    HALMAHERA-MOROTAI


"Old soldiers never die, they just fade away..." Ach itu adalah
utjapan jang sungguh kesohor jang dilontarkan oleh Djenderal
Besar Bintang Lima Djenderal Douglas MacArthur, tatkala klaar
pension dari bertugas djadi tentara sedjati. Sesudahnja succes
antar Amerika Serikat, dalem meraih kemenangan jang gumilang
di kantjah teater Perang Pasifik, lantas dipetjat saat Perang Korea,
Abis itu MacArthur undur diri dari panggung jang tlah membesarkan
namanja. Sampe hari ini banjak jang kassie hormat salut kepadanja.

Kitaorang adjak Tuan dan Njonja, beserta familie dan juga sobat-ande,
untuk samperin locatie bekasnja si Djenderal Douglas MacArthur dan
pasukannja bertempur melawan Tentara dari Dai Nippon (Japan) jang
terdjadi di sekitaran Pulau Halmahera dan Pulau Morotai, dan tentunja
sadja hampirin, juga deketin itu sisa-sisa Perang Pasifik jang pernah
berlangsung di kedua pulau itu, bahkan djikalu sanggoep, maka loe
olang bisa njelem ke dasarnja lautan dan temoeken Jeep & Pesawat
Tempur jang djatoh setelah diterdjang senapan militer (masih ada jek!)

Adapun sisa perang jang kita djumpai di Halmahera adalah bangkainja:
"Kapal Tosimaru" jang masih berdiri diam bagai saksi bisu kekedjaman
perang, jang posisinja di deket Pantai Kao. Itu kapal transportasi, punja
Jepang, jang hantjur tertembak pelurunja Amerika dalem posisi "Sitting
Duck" (kapal tidak bergerak, bagaikan bebek jang lagi duduk terdiam,
dan mendjadi sasaran empuk, tanpa balasan dari kapal jang tidak siap).

Lantas ada Meriam Jepang di Bandara Kao, jang masih mendjulang ke
atas, dipake sebagai meriam anti pesawat, namun sekarang bentuk dari
udjung meriam sudah pada mekar bagaikan bunga sedang berkembang
(ah entahlah apakah ini kena bom dari atas, atas mungkin sadja sengadja
di-sabotase supaja meriam tidak direbut musuh). Lalu mampir ke Bunker
Jepang jang masih utuh, dan modelnja berbeda dengan jang di sekitar
Dago maupun Bukittinggi, jang di sini nampak masih orisinil kerna tidak
banjak orang jang tahu, akibat letaknja ada di bawah bukit tersembunji.

Kutika berada di Morotai, kitaorang samperin Pulau Zum-Zum, tempat-
nja Djenderal MacArthur menetap selama Perang Pasifik berlangsung
disini. Djuga ke Pulau Dodola, dimana si Djenderal Besar itu atjapkali
berdjemur. Itu pulau sungguh uniek, kerna tatkala airnja surut, djadinja
1 pulau jang pandjang akan nampak mendjadi 2 bagian, dan pasirnja
pun putih! Ta' heiran Djenderal MacArthur dojan menikmati matahari di
pulau ini. Oh iya, kalo mau diving, bisa di sekitaran sini, kerna doeloe
merupakan lokasi pertempuran laut antara Tentara Jepang dan Amerika.

Peninggalan berupa sendjata dan alat perang lainnja bisa kita liet setjara
langsung di "museum" jang koleksinja dikumpulin dan dikelola oleh para
Penyelamat Pusaka Alam Morotai. Marika bertugas untuk mengumpulkan
peninggalan bersejarah Perang Pasifik jang berlangsung di Morotai tahun
1944. Barang-barang jang mereka temukan diantaranja: Dog Tag atau tanda
pengenal Tentara Amerika berupa kalung, Helm Perang jang sudah bolong,
botol Coca-Cola jang berwarna hijau dan pink (srk putih jek!), sendok, garpu,
alat cetak kue milik Tentara Australia, Granat Nanas, bahkan Morfin jang masih
utuh! masih ada bubuknya, dipake untuk mentjegah infeksi akibat tertembak (?)
Sajang sekali bangkai Pesawat Tempur, Tank, Jeep, jang berada di darat sudah
pada ditimbang (maksudnya: dikiloin, atau dijual sebagai besi bekas mutu bagus)
Tapi masih ada Amphibi jang bisa kita temui, jang letaknja di tengah Kebon Sawit.

Ach, ini plesiran akan menarik sekali, udah gitu kitaorang akan adjak achlinja Perang
Pasifik jang akan bertjeloteh perihal sebab-musabab terdjadinja itu perang, dari awal
sampe achir, hingga 6 tahun setelah perang usai. Kitaorang brani djamin Tuan-Njonja
nantinja tida menjesel ikutan djalan-djalan bareng SAHABAT MUSEUM, kerna semua
sudah disiapkan setjara prima, dan semoga atjaranja berdjalan mulus selama disana.

Sabtu 23 Oktober- 
Jumat 29 Oktober
(on-kost
sekitaran
6,3 sampe 6,5 jt)
 

(ntar dikabari ttg
harga pastinya di
bulan puasa yah)
 
                                                                                                    

(Muhun maaf sebelumnja, selama kulilingin Pulau Halmahera dan Pulau Morotai tidak
pake Bus AC, karena armadanja tidak ada di sono, tetapi tenang sadja jah, karena itu
durasi perdjalanan dari udjung Halmahera (Pelabuhan Sindangoli) ke tempat singgah
pertama sekitar 2 djam (Malifut, "Kapal Tosimaru"), lalu djalan lagi sekitar 30 menit (ke
Bandara Kao, Bungker & Meriam Jepang), lalu 2 djam lagi ke kota Tobelo (nginepnja
di kota ini). Esoknja djalan 1 djam ke Galela (Bungker & Meriam Jepang), setelah itu
ke Pulau Kakara & Pulau Tagalaya untuk Snorkeling (life-jacket dipinjemin, tetapi alat
snorkeling kagak, pada bawa yah atau nyewa, terus kalo pada mau Diving, monggo,
nanti tentang berapa biayanya, silahkan berhubungan sama dive masternya aja yaah,
ntar kami berikan nomer konteknya agar Bapak-Bapak-Ibu-Ibu bisa diskusi langsung).
(Snorkeling & Diving juga akan dilakukan di Pulau Zum-Zum & Pulau Dodola, Morotai)

Buat jang tida tahan dengan Bus non-AC, silahkan sewa "mobil travel" di Halmahera
dengan biaya sendiri, pilihannya ada mobil-mobil keluaran yg baru seperti: Avanza,
Kijang Kapsul, Innova, Yaris, Jazz, Cross Over, bahkan kalo beruntung, ...Fortuner!
tapi kalo tetep pengen di Bus non-AC, hayo rame-rame merasakan hangatnya udara
seperti di jaman Perang Pasifik. Program PTD ini dikategorikan: Mudah agak sedikit
capek dan usaha, ketika naik Speedboat dari Tobelo ke Morotai, karena pas sampe
dermaga, baik di Morotai atau pas kembali ke Tobelo, tangga naiknya mayan curam,

lurus tegak gitu, tapi sebenernya sih kagak susah-susah banget, kalo Bapak-Bapak-
Ibu-Ibu punja stamina jang oke, juga semangat jang luar biasa, dan happy-happy aja
ikutan PTD yang ke Halmahera-Morotai ini! Ayo, cuma 7 hari saja! *7harikokcumayah?*
toch, nanti dibantu oleh panitia & peserta lain jang jongen-jongen (bukan jongos yah!)
(jongen means young atau anak muda, en tentu punja stamina jang pol ikutan PTD ini)

Pembayarannya Bisa Dicicil, suwer dah!!!
(dengan asumsi kalo on-kostnya 6,3 juta)
cicilan 1 = 2 juta (Agustus, yah di bulan ini!)
cicilan 2 = 2 juta (September, awal minggu)
cicilan 3 = 2 juta 300 ribu (awal Oktober lunas)
(tuch kan = 6,3 juta total semuanya, bener toh?) 
(yuk DP pertama mulai hari ini biar tiketnya aman)
(Tiket Pesawat: Batavia Air pergi dan pulang. Kalo
ada yang mau naik pesawat lain, dan/atau ketemu
di sana langsung, tinggal dipotong harga tiket aja)

(On-kost Rp.6,3 - 6,5 juta itu tidak termasuk biaya:
Diving dan sewa "mobil travel" pas di Halmahera,
dan juga di Morotai. Demikianlah, harap maklum :) 
jadi Bapak-Bapak-Ibu-Ibu sudi untuk keluarkan duit
sendiri untuk penambahan biaya ini, tjukup faham?)

(Oh iya semua
orang boleh ikutan acara ini, gak harus
member
SAHABAT MUSEUM, siapapun boleh join en
bergabung, yg
tua, muda, anak kecil, yg belom pernah
ikut sama
sekali program: PLESIRAN TEMPO DOELOE
atau yg belom pernah ketemu sama kami, juga peserta
lainnya,
silahkan aja ikutan program ini, yuk mari ikutan!)

Sabtu   23 Oktober 2010: menginap di Ternate (P.Ternate)
Minggu 24 Oktober 2010: menginap di Tobelo (P.Halmahera)
Senen  25 Oktober 2010: menginap di Tobelo (P.Halmahera)
Selasa  26 Oktober 2010: menginap di Daruba (P.Morotai)
Rabu     27 Oktober 2010: menginap di Daruba (P.Morotai)
Kamis   28 Oktober 2010: menginap di Ternate (P.Ternate)
Jumat   29 Oktober 2010: pulang ke Jakarta (P.Jawa hehe)

(kalo ada yg mau extend 2 hari lg, ntar kami temenin deh, mau?)
Jumat   29 Oktober 2010: keliling Ternate (menginap di Ternate)
Sabtu   30 Oktober 2010: keliling Tidore (menginap di Ternate)
Minggu 31 Oktober 2010: pulang ke Jakarta, gak extend lagi :)
(On-kost extend ntar dikabari lagi tambahnya berapanya, oke?)

kalo pada ngedaftar PTD ini
email ke:  adep@cbn.net.id 
(adep at cbn dot net dot id)
mending kalo mau nanya2
dulu, kirim email aja yuuuk


detailnya jumat depan deh



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: