20.9.10

[tourismindonesia] 3 Raja Tahu Bandung



3 Raja Tahu Bandung
Oleh Mahanagari

Banyak sekali yang percaya bahwa kualitas air menentukan rasa dari sebuah makanan bernama Tahu. Katanya tahu Bandung mah enak rasanya. Beda dengan daerah lainnya, terutama daerah dataran rendah. Cara pembuatan tahu hampir sama, tapi tekniknya berbeda. setiap daerah punya ciri khas masing-masing yang menghasilkan rasa dan bentuk tahu yang beda juga. Misalnya tahunya ada yang padat, keropos, renyah atau kenyal. Berikut ini tahu yang cukup terkenal di Bandung:


1. Tahu Cibuntu
Ini dia Tahu paling populer di Bandung. Tahu Cibuntu. Karena ada dimana-mana, mencari tahu ini gak usah repot. Pedagangnya menyambangi rumah-rumah di perkampungan maupun kompleks perumahan. Tahu Cibuntu diproduksi di Cibuntu, Kelurahan Cibuntu, Kecamatan Bandung Kulon. Daerah Cibuntu konon diyakini cocok banget airnya buat bikin tahu. Rata-rata profesi penduduk di sini adalah produsen tahu. 'Kampung Tahu' ini sudah ada sejak 30 tahun yang lalu. Ukurannya 5 x 5 cm dan warnanya kuning dengan bahan utama dari kedelai. Kuningnya tahu biasanya dari kunyit.

Tahu Cibuntu dijual dengan harga yang sangat sangat terjangkau. 1 tahu Susu = 4 tahu Cibuntu. Kalau Tahu Susu sudah dipaket porsinya, tahu Cibuntu bisa dibeli satuan. Murah! murah!

2. Tahu Tauhid
Nah tahu ini juga terkenal. Warnanya kuning dan bentuknya ketika sudah digoreng sekilas mirip tahu sumedang. Begitu dimakan, wuih padet renyah! Bakal lebih pol kalau makan tahu ini sambil dicocol dengan bumbu khusus dari Tahu Tauhid juga. Seporsi 7.000. Tahu Tauhid ada di Lembang, dekat pasar Lembang. Bisa dibeli mentahnya juga loh, beli banyak dan bawa ke daerah masing-masing. Paling murah harganya 5.000 dapat 10 tahu.

Sekarang tahu Tauhid ada delivery order. Tinggal kontak ke 201-1889, minimal pembelian 25.000 bisa langsung di kirim. Syaratnya pemesanan dilakukan sehari sebelumnya. untuk radius 5 Km ke atas di kenakan charge 3.000-5.000.


3. Tahu Yun Yi
Agak lupa bagaimana rasa tahu ini. Yang pasti terakhir makan tahun 2006. whahaha sudah lama. Waktu itu tahunya ukuran big size. Dicampur dengan saos dari tahu Yun Yi. Gerai dan pabriknya yang berdiri sejak tahun 1940 ada di Jl. Sudirman 231 Bandung. Sekarang gerai Tahu Yun Yi sudah ada dimana-mana, salah satunya didepan Stasiun Bandung.  Yun yi berasal dari bahasa Mandarin, yang berarti bermanfaat atau beruntung. Ada beberapa jenis produk yang dikeluarkan perusahaan tahu ini. Mulai tahu putih, tahu kuning, tahu tawar, kulit tahu, sari kedelai, tahu sutra, kerupuk tahu, hingga tahu tipis. Hanya tahu Yun Yi memang lebih tinggi ketimbang tahu lain, rata-rata Rp 10 ribu. Seperti di pabrik tahu lainnya. Buat yang mau beli oleh-oleh disini sudah gerai khusus untuk belanja oleh-oleh.

Yun Yi jagoan di tekstur tahunya yang lembut dan halus karena memakai kedelai dengan kualitas baik. Lebih mantap lagi karena bebas formalin, jadinya tidak bisa bertahan terlalu lama. Katanya sih Tahu Kuningnya enak bangeetttss.



Ketahui lebih banya tentang raja tahu lainnya di www.mahanagari.com atau klik disini



Baca juga cerita seputar Bandung dan desain Mahanagari lainnya berikut ini:
Komunitas di Bandung : Bandung Heritage
5 Dessert yang 'Highly Recommended' di Bandung
6 Perpustakaan Nyaman Tenang Enak di Bandung
Desain Perut : Kebanyakan Jajan Makanan di Bandung
Desain F=V=P : Orang Sunda gak Bisa Ngomong F dan V
Desain Cepot : Karakter Punakawan di Hati Orang Sunda
Bandung-Cianjur bersama "Argo Peuyeum"
Yang Spesial Dari Jalan Cipaganti di Bandung
Tentang Mahanagari






Mahanagari - Bandung Pisan
http://www.mahanagari.com

http://mahanagari.multiply.com

Showroom:
@ Cihampelas Walk - Bandung





__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: