7.9.10

[tourismindonesia] Mudik ke Bromo



Bromo dan Jawa Timur

Photography by Barry Kusuma
Foto selengkapnya dan keindahan Bromo silahkan klik link dibawah ini

anda yang mudik dan pulang ke Jawa Timur jangan lupa Menikmati pagi di Bromo menjadi impian bagi sebagian orang yang ingin mencari suasana sejuk. suasana yang hening, dingin, pemandangan yang dahsyat ditambah lagi oleh tradisi lokal yang terpelihara adalah daya pikat abadi dari Bromo. Jawa Timur beruntung memilikinya.

Bromo terletak sekitar 85 km dari Surabaya. Ia bisa dijangkau dari Probolinggo atau Malang. jalur normal biasanya dari Bromo. Adapun dari Malang, Anda harus melewati lautan pasir dengan kendaraan terbatas. Di Bromo, orang biasa menyaksikan sunrise. Matahari terbit dari sela Gunung Bromo jika dilihat dari lereng gunung Pananjakan.

Di Bromo sudah banyak tersedia akomodasi yang memadai. Jika Anda berkunjung pada bulan Kesada (bulan dalam kepercayaan masyarakat Bromo), Anda akan bisa menyaksikan ritual budaya Kesada, berupa upacara melarung hasil bumi ke kawah Gunung Bromo yang bergolak.

Selain Bromo, Jawa Timur juga menyimpan banyak opsi lainnya. Jika ingin menelusuri jejak Majapahit, silakan pergi ke Trowulan. Kota kecamatan itu konon adalah bekas ibukota Kerajaan Majapahit. Di jaman dahulu, Jawa Timur memang menjadi sentra beberapa kerajaan. Tak heran, Jawa Timur juga memiliki banyak candi.

Untuk jenis wisata alam, Jawa Timur punya banyak stok. Di bagian barat, di kota magetan ada Danau Sarangan yang terletak di lereng gunung Lawu. Ke selatan dari Magetan, ada Pacitan yang memiliki banyak goa karst, tempat hidup masyarakat purba masa lalu.

Di bagian tengah, selain memiliki Bromo, Jawa Timur juga punya beberapa tempat peristirahatan dengan nuansa yang sejuk, yakni Selekta dan Batu. Daerah batu juga terkenal sebagai salah satu penghasil apel di Indonesia.

Di bagian timur, ada dua taman nasional, yakni Baluran dan Alas Purwo. Di Baluran, ada banteng-banteng liar. Sementara di Alas Purwo, terkenal misterius karena kerap dikaitkan dengan cerita mistis masyarakat Jawa.

Ada juga pilihan lain, yakni menyeberang ke Pulau Madura. Di sini, yang paling terkenal adalah kegiatan khas budaya adu kecepatan sapi yang dikenal dengan nama Karapan sapi.

Photography by Barry Kusuma
Foto selengkapnya dan keindahan Bromo silahkan klik link dibawah ini


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: