12.10.10

[tourismindonesia] Cerita Bandung : Jalan-jalan Menikmati Bandung di Cimenyan



Jalan-jalan Menikmati Bandung di Cimenyan
Oleh Halda Aditya Belgaman

Kota Bandung sudah lama terkenal sebagai kota tujuan wisata. Baik itu wisata belanja, wisata alam maupun wisata kuliner. Mau wisata belanja? banyak distro atau FO di pusat kota. Wisata alam? pergilah ke Bandung utara (Lembang, Maribaya) atau ke Bandung selatan (Ciwidey, Pangalengan). Wisata kuliner? tinggal langkahkan kaki dan tengok kiri kanan, pastinya banyak tempat makan yang menyediakan makanan enak dan terjangkau kalau tidak bisa dibilang murah.

Sudah banyak review tentang tempat-tempat wisata di Kota Bandung. Tinggal ketik mau apa dan dimana, pasti banyak yang ngasih review ;) . Nah tulisan ini salah satunya, kenalkan satu potensi baru dunia wisata Bandung yang bernama Cimenyan.


Caringin Tilu
Cimenyan adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung sebelah Timur. Disini pintu masuk teman-teman dari Pantura, Cirebon dan Jawa (kalau tidak masuk jalur tol). Wilayah Cimenyan berupa perbukitan mulai dari daerah Bojongkoneng hingga perbatasan Cilengkrang. Jadi ada apa di Cimenyan? Karena kontur Cimenyan yang berbukit-bukit, maka potensi wisata yang ditawarkan disini adalah wisata alam. Dari ketinggian bukit Cimenyan, kita bisa melihat landscape kota Bandung yang tersebar indah bagai permadani di bawah kaki langit.

Ada beberapa tempat yang bisa dituju dan beberapa cara menuju kesini. Gambar di sebelah kiri satu tempat pertama yang bisa dikunjungi, namanya caringin tilu (caringin tiga).  Kenapa disebut caringin tiga? Lihat pohon yang di sebelah kanan tepat dibelakang saung. Itu adalah beringin yang dalam bahasa sunda namanya Caringin. Nah pohon beringin ini bercabang tiga atau ada tiga di satu tempat, makanya disebut caringin tiga/tilu. Oiya, saung itu di hari sabtu pagi atau minggu ada yang jualan nasi timbel dan aneka jajanan lainnya.

Sebelum kita melangkah lebih lanjut, ada baiknya kita ulas bagaimana caranya ke daerah Cimenyan ini. Ada beberapa jalan yang bisa ditempuh, ada 2 jalan utama. Yang pertama dari Bojongkoneng (Cikutra). Setelah menjalani sendiri, sangat tidak menyarankan untuk lewat jalan sini karena kondisi dan kontur jalan yang sangat tidak bersahabat,  apalagi jika berkendara menggunakan motor bebek. Jalur kedua adalah lewat Padasuka yang dapat ditempuh melalui jalan PHH. Mustofa (Jalan Suci). Di jalur Padasuka ini ada kantor kecamatan Cimenyan, jadi kondisi jalannya sudah bagus dan nyaman dilalui. Yah minimal sampai dengan Caringin Tilu. Dari perempatan jalan Padasuka – PHH. Mustofa, Caringin Tilu biasa ditempuh dalam waktu 20 menitan dengan kendaraan.


Saung Moko
Selain Caringin Tilu (biasa disingkat jadi Cartil), ada satu tempat lagi yang seru buat dikunjungi, Warung Daweung, biasa disebut juga Warung Moko. Daweung itu bahasa sunda yang artinya kurang lebih sama dengan melamun. Tempat ini menjajakan makanan dan minuman. Menunya biasa saja seperti berbagai macam variasi dari mie instan atau hanya sepiring nasi goreng telur. Yang terpenting disini bukan makanan ato minumannya, tapi suasananya. Kalau ingin mencoba menu lain, coba pisang bakar something & bandreknya, cukup rekomended rasanya. Oiya, harus diingat, jikalau memesan minuman panas, dengan cepat minuman itu berubah jadi minuman dingin. Hal ini karena suhu di sini yang cukup rendah. Baca selengkapnya tentang Cimenyan disini atau di www.mahanagari.com



Baca tulisan lain tentang Bandung disini :
Fakta Menarik Tentang Bandung (Part One)
Cerita Dari Pasar Tua di Bandung (Bagian Kedua)
Tour De Pangalengan Bandung
Bandung Dalam 25,5 Jam
6 Raja Tahu Bandung
Komunitas Lubang Jarum Bandung (KLJ)






Mahanagari - Bandung Pisan
http://www.mahanagari.com
http://mahanagari.multiply.com

Showroom:
@ Cihampelas Walk - Bandung





__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: