30.11.10

[tourismindonesia] PINTONG: Pameran ttg Benteng-Benteng di Indonesia, Sabtu 4 Desember 2010



PINTONG singkatan dari Pindah Tongkrongan.
Merupakan program santai dari Sahabat Museum.
bisa kemana aja, tak harus ke tempat bersejarah.
biasanya diadakan secara mendadak, suka-suka
aja kapan mau digelar, bisa pas mau nonton film
bareng di bioskop ato cuma pengen makan enak.
pokoknya kemana aja deh, terserah penonton :)

Nah utk bulan Desember, karena lagi ada pameran
tentang Benteng-Benteng di Indonesia sejak jaman
dahoeloe kala, achir 1500an, hingga ke masa Perang
Pasifik (yang terjadi di Indonesia di tahun 1942-1945),
di mall baru: Epicentrum Walk, maka kita gelar acara...

PINTONG: Pameran & Diskusi Publik, serta Obrolan Santai...
BENTANG BENTENG FORTSCAPE A New Horizon
Kerjasama Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) & Sahabat Museum (Batmus)

Sabtu, 4 Desember 2010
Jam 08.30 - 12.30 WIB
di Epicentrum Walk
Rasuna, Kuningan
Jakarta Selatan

(liet petunjuk bagaimana
caranya ke mall baru ini di
email ini paling bawaaaah)

Datanglah, Zonder Betalen,
alias GHHHRRAAATTTIISS :)

Ada yang tahu berapa jumlah benteng di seluruh Indonesia?! Benteng mana sajakah
yang pernah Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu kunjungi? yang di Jogja? Bukittinggi? Ambon?
Makassar? Ternate? Bengkulu? Gorontalo? atau di sekitaran Jawa saja? Mengapa sih
sebagian benteng mengadopsi pola Kura-Kura? dan mengapa pula ada yg mirip sama
Kemaluan Pria kalo diliet dari atas? (idddiiiiihh...). Kitaorang akan ajak Bapak-Bapak-
Ibu-Ibu-Toean-Toean-Njonja-Njonja-Sinjo-Sinjo-Noni-Noni-Jongos-Jongos-Baboe-
Baboe (eeh.. kita udah merdeka yakh?!) untuk hadiri soeatoe pameran jang patoet
dipoedjiken kerana soeda gelar satoe exhibition jang bikin orang soenggoe kagoem!

Apalagi pembicara-pembicara yang akan berbagi elmu sejarahnya adalah penggemar
benteng-benteng djamannja VOC (berdiri sedjak tahun 1602) dan EIC (nih lawannya
VOC, Inggris punya, yg berdiri sedjak tahun 1600) lalu ada benteng yang dibikin oleh
Portugal (hehe kita biasa nyebut Portugis), juga benteng Spanyol di Indonesia Timur.
Pun ada benteng-benteng tradisional macam di Nusa Tenggara Timur dan di Bau-Bau.

Pak Andy Alexander akan menayangkan gambar-gambar ilustrasi Kedatangan Belanda
di Nusantara, mulai dari Banten (doeloe namanya: Bantam) hingga masuk ke Jakarta
(doeloe namanya: Iacatra, atau Jayakarta). Bangsa Belanda tiba di Banten bulan Juli
1596 lalu 4 bulan kemudian singgah di Jayakarta. Pak Andy akan memperlihatkan kita
ilustrasi ketika mereka berlayar menempuh samudera luas, lalu ketika hampir sampai di
pelabuhan, biasanya disambut oleh penduduk lokal dengan menggunakan sampan utk
menjual barang dagangannya berupa buah-buahan (that's why ada daerah di Jakarta
bagian utara yang bernama Mangga Dua! juga Mangga Besar, yah karena pada jaman
itu, daerah itu penghasil buah-buahan seger yg diperlukan oleh para serdadu Belanda
untuk memenuhi kebutuhan akan Vitamin C, setelah berbulan-bulan berada di lautan.

Ada juga tentang gaya hidup di dalam benteng, terutama mengenai busana, dimana
Belanda itu masih aja pake gaun dan pakaian ala Eropa ketika tinggal di Iklim Tropis!
Makanya akhirnya secara bertahap mereka koit kepanasan (yaaaah sapa suruh pake
busana BGAP, Biar Panas Asal Gaya). Itulah yang membuat daerah Kota Tua Jakarta
pada jaman doeloe pernah disebut sebagai De Graaf van Hollander (Kuburan Belanda).

Lantas, ditambahkan dengan cerita tentang alasan beserta pertimbangan dibangunnya
benteng-benteng di berbagai kawasan di Nusantara ini, maksud dan tujuannya akan di-
ceritakan oleh Mbak Nadia Purwestri dari PDA, dan kemudian kita akan diajak utk Keliling
Pameran, yang akan dijelaskan semuanya oleh Mbak Nadia, Mbak Ria Febriyanti, Pak Andy
dan Pak Liliek Suratminto akan bergabung juga, ikut bertutur perkara cerita-cerita loetjoe
yang terjadi pada jaman VOC, dan peristiwa menarik apa saja yg sayang jika dilewatkan :)

Pintong ini mungkin akan berlangsung berjam-jam lamanya (hehe padahal mentoknya 3 jam)
agar Bapak-Bapak-Ibu-Ibu sekalian kagak teler, maka kitaorang akan sediaken waktoe boeat
Gorengan Break, dengen soegoehken hidangan beroepa gorengan, jang terdiri dari tahoe dan
tempe, bakwan, risoles, trada loepa tjabe rawitnja! djoega cassava crackers (addduh susah
amet sih mau bilang keripik singkong ajah!), dan adapoela minoeman Teh Manis Anget, yeah!

Namoen awas, ..djangan loepa oentoek onbijten (sarapan) di pagi harinja, kerana kaloe-kaloe
nantinja peroet Bapak-Bapak-Ibu-Ibu sembelit sebab-sebab kegigit itoe tjabe rawit, kitaorang
tiada jang mahoe tanggoeng djawab! hehe maen ngancem aja sih. Yo wis sampe ketemoe jah!

Djoega ada baeknja soepaija bawa oeang jang banjak, kerana nantinja digelar satoe boekoe jang
djempolan bikinan PDA bertadjoek: "Inventory and Identification FORTS in INDONESIA" jang boleh
ditoekerken dengan oeang sebesar Rp.195 ribu, dan soeda mendjadi milik Anda pribadi (dibeli gitu)
Eits, beli boekoe ini boekan paksaan, djikaloe Bapak-Bapak-Iboe-Iboe kagak mau beli ataoe emang
kagak poenja doeit, yah no father (gak papa), jadi ikutin aja Pintong-nya dengan hati goembirah..
 
Inget, atjara ini tiada dipoengoet bajaran alias zonder betalen! Yuk kalo mau ikutan, segera daftar
ke email: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id) lekas, daftarken sigra, tempatnja terbatas,
tjoema tjoekoep boeat 100 toean-njonja sahadja. Eh tapi kalo aja peminatnya lebih dari 100, maka
Obrolan Santai-nya bisa dibuat 2 sesi, tinggal dituker aja waktunya, yang 100 pengunjung pertama
liet Presentasi dan Nonton Film dulu, nah lalu yang 100 pengunjung berikutnya muterin Pameran dulu.
Tenang aja di ke-dua sesi itu para peserta acara ini tetep didampingi oleh PDA & Batmus, suwer dah!

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
0818 94 96 82 


Susunan Acara Obrolan Santai:
BENTANG BENTENG FORTSCAPE A New Horizon
08.30 - 09.00: Pendaftaran Ulang di Lantai 3 Mall
09.00 - 09.30: Presentasi ttg Kedatangan Belanda
09.30 - 10.00: Presentasi ttg Berdirinya Benteng2
10.00 - 10.30: Nonton Film ttg Benteng di Indonesia
10.30 - 11.00: Gorengan Break & Cassava Crackers
11.00 - 12.00: Keliling Pameran Bentang Benteng
12.00 - 12.30: Kalo blom kelar juga, lanjut lagiiiiii

(Petunjuk cara kesananya yah gampang aja sih,
ke Pasfes aja dulu, Pasar Festival, lalu masuk ke
dalam ke arah Apartemen Rasuna, nah pas lagi di
bunderan tinggal belok kiri deh, mall-nya baru tuh,
tinggal masuk ke dalemnya aja, parkir mobil ada di
samping kanan mall atau di basement, parkir motor
entahlah, blom aye cek soalnye hehe malesgitu :p)



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: