26.11.10

[tourismindonesia] Plesiran Tempo Doeloe: 12 Desember 2010




SAHABAT MUSEUM dengan hati seneng presenteren:
PLESIRAN TEMPO DOELOE                          

                                                       BELANDA di BANTEN 


Indonesia diperebutkan oleh Bangsa Bule karena Bumbu Dapur?
Hell, yeah! Betoel sekali, kerna spices matjam lada, tjengkeh en
pala, maka itoe pelaoet-pelaoet dari Europa (Belanda, Portugis,
Inggris, Spanyol) sikoet-sikoetan soepaija nantinja dapet koeasai
soember deripada kebon tanaman itoe, jang pernahnja di bilangan
Molukken atawa Maluku, bahkan orang Belanda dan Inggris sampe
tuker-tukeran daerah djadjahan. Bajangken sadja 1 pulau di daerah
Maluku (jang bernama: Pulau Run), dibarter sama Manhattan, NY !!!

Namoen itoe terdjadi pada tahon 1667, laloe sebab-sebab deripada
itoe maka Belanda mendjadi kaja-raja sembari kipas-kipas doewit :)
Ikoetilah riwajat sedari moela perihal datengnja itoe Orang Belanda
di Banten (nama doelenja: Bantam), sekitar boelan Juni tahon 1596,
sasoeda batja boekoe tersohor ia itoe: Itinerario, jang ditoelis oleh
Linschoten, jang bole dapet peta petoendjoek dari hasil intip diem-
diem dan menjalin berbagei soember dan peta Portugeesch tatkala
diaorang bekerdja oentoek Oeskoep Agoeng di Goa, India, di tahon
1583 sampe 1589. Hal itoe kamodian jang bikin idee para pedagang
di bebrapa kota di Belanda oentoek bersatoe, koempoelken modal,
dan rame-rame pegi berlajar dengen toedjoean Java dan Molukken!

Kitaorang aken samperin berbagi matjam benteng djeman doeloe,
jang boleh dibilang meroepaken hal-ichwal kekoeasan Belanda di
Noesantara, jang moela-moela bertandang ke Banten, laloe pegi
ke Banda Neira, lantas gempoer Ziajacatra ataoe Jayakarta pada
tahon 1619, hingga achirnja bertjokol di Noesantara hingga 1942!

Keraton Kaibon, Keraton Soerosowan, Kerkhof Belanda, Benteng
Speelwijk, Masdjid Agoeng Banten, poela Museum Banten Lama.
Adapoen plesir di itoe hari djoega bezoek satoe meriam keramat,
jakni: Meriam Ki Amuk, jang orang bilang, kalo-kaloe djoempa itoe
meriam dengen Meriam Si Jagur jang di Museum Fatahillah Jakarta,
maka doenia akan kiamat !!! ach, tak perloe toenggoe 2012 toch ?!!

Pak Liliek Suratminto & Pak Andy Alexander, aken seneng banget
bertoetoer perkara kedatengan Belanda di Banten, apalagi nantinja
kitaorang akan liwat bilangan Karangantoe, tempat Belanda pertama
kali mendarat di Indonesia. Jah, moelai dari Banten ini moentjoelnja!

(Naik Bus AC White Horse)
(Makan Siang Nyam-Nyam)
(Snacks Pagi dan Sore lho)
(Bulak-Balik aja dari Pagi hingga Sore)
(berangkat jam 07.00 pulang jam 17.00)

                                                             
Minggu, 12 Des
Rp.250.000/orang
(dua ratus lima puluh)
(kumpul
di Parkir Timur
Senayan)
jam 06.30 pagi 

kalo pada mau
ngedaftar, hub:
adep@cbn.net.id
yuk mari, mari...     


 

                                                       detailnya tanggal atu dah

.



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: