1.12.10

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Belanda di Banten, Minggu 12 Desember 2010



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Banten Lama 
Kumpulnya di Parkir Timur Senayan yah
Minggu 12 Desember 2010, djam 06.30
Rp.250 ribu/orang, sudah termasuk:

(makan pagi)
(makan siang)
(snacks petang)
(minoeman dingin)
(thee manis anget)
(naik Bus AC White Horse)
(masoep ke Keraton Kaibon)
(masoep ke Kerkhof Belanda)
(masoep ke Benteng Speelwijk)
(masoep ke Keraton Surosowan)
(masoep ke Mesjid Agung Banten)
(masoep ke Museum Banten Lama)
(masoep ke Roemah Tjina & Menara)
(masoep ke Kelenteng Avalokitecvara)
(diceritakan oleh Pak Liliek Suratminto)
(juga Pak Andy Alexander yg siap lietin)
(gambar ilustrasi menarik nan informatif)
(special appearance by: Nadia Purwestri)
(dari PDA yang bikin buku bagus tentang)
(inventarisasi benteng jadul di Indonesia)
(juga akan dijelaskan oleh pihak Museum)
(Situs Kepurbakalaan Banten Lama, asik!)

(jangan lupa bawa kamera, hendikem atau alat perekam lainnya yah)
(pakean santai aja, tapi kalo mau masuk ke dalem mesjid, tolong coy
diperhatikan pakeannya, jangan pake celana pendek ato baju seksi :)

Kaloe-kaloe toean en njonja kasengsem pengen ikoetin ini plesiran,
silakan daftarken namanja, poela nama kawan, familie, sobat-ande
ke soerat-listrik ini: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id),
lantas kamoedian aken dapetin nummer oeroet oentoek stoor doeit.
Ditransfernya ke Rekening BCA/BNI 46/MANDIRI cab. Pondok Indah 
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA dikonfirmasikan via sms ke no:
0818 94 96 82, atau via email, di-scan dulu, makasih yah, trims.
(tapi kalo transfernya udah pake nomer urut, kagak usah dikirim
dah itu email scan-nya, cukup kasih tau lewat email atau sms)
(Toeloeng kassie kitaorang chabar kemana toean ataoe njonja
kirim itoe wang agar kitaorang nantinja tiada poesing toedjoe
koeliling diboeatnja tatkala toean dan njonja tiada bri tahoe
perkara ke bank mana wang roepiah itoe melajang-lajang :)

Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.250.000/org)
 

Kata orang, doeloe Bantam (Banten) lebih rame deripada Parijs (Paris). Kata orang,
doeloe pendoedoek kota Bantam lebi banjak deripada pendoedoek kota Parijs. Kata
orang, doeloe di
Bantam banjak orang asing jang hilir-moedik, moendar-mandir, dan
lakoeken perdagangan internationaal. Kata orang, doeloe di Bantam gampang sekali
berdjoempa
dengan orang-orang dari Arab, Turkije, Armenia, Persie, Venesia. Laloe,
orang dari bangsa bule, Portugal, Inggeris, Denmark, poen dari lain-lain negeri Asie,
Vietnam,
Melajoe, Benggala, Tjina, Japan, dan laen sebaginja. Namoen sekarang, di
hari ini, Bantam soeda djadi
kota nan sepi, tjoema tinggalken tjerita djeman kedjaja-
an di masa laloe, jang h
antjoer digempoer oleh orang Belanda, jang achirnja koeasai
njaris sebahagian besar Noesantara di kamodian harinja. Soenggoe ironisch! *keluh*

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Belanda di Banten
Minggu 12 Desember 2010 dari djam poekoel 07.00 pagi sampe 17.00 petang hari

Banten Lama, soeatoe kota jang sanget amet rame di tahon 1500an, letaknja ada di
10
KM seblah oetara kota Serang. Ada jang bilang bahoewa doeloe, kota Banten lebih
penting deripada kota Parijs di Perancis (!) Bahkan, bebrapa negara dari doenija boeka
tjabang kantoornja di Bantam, tatkala prijs (harga) satoe genggam pepper (meritja) di-
djoeal lebi mahal deripada prijs sekantong emas! Wuaahhh.. kebangetan gak tuh! hehe.

Plesiran ka bilangan bandar besar di djaman doeloe ini dimoelai dari Keraton Kaibon, jang
asalnja
dari kata: Ka-Ibu-an, tempat isterinja sultan bermoekim. Tatkala Sultan Maulana
Muhammad meninggal doenija pada tahon 1590, ia tinggalken satoe orang anak laki-laki
jang oemoernja baroe 5 tahon. Namoen walopoen masih oesia 5 tahon, itoe botjah tjilik
diangkat djadi Sultan, dan dioeroes oleh iboe-nja di dalem itoe Keraton Kaibon. Sajang
sekali itoe keraton achirnja diantjoerken oleh Belanda, dan sekarang tinggal poeing-nja
sadja, tetapi maskipoen tinggal poeing kitaorang bisa liet sisa-sisa kemegahan keraton.

Perdjalanan dilandjoetken ke arah oetara, tepatnja ke bilangan: Karangantoe, tempat
dimana Pelaoet Belanda tiba kali pertama di Bantam pada tanggal 27 Juni tahon 1596.
Itoe tahon soenggoe tinggalken sedjarah jang amet bernilai, kerna sedjak marika tiba,
di hari-hari brikoetnja marika kerap merongrong kakoeasaan banjak sultan di berbagai
pendjoeroe Noesantara. Terboekti 23 tahon kamoedian, marika berhatsil enjahkan itoe
Pangeran Jayakarta dari poerinja, dan doedoeki soeatoe kota jang moelanja masih sepi
lantas setjara bertahap-tahap mendjadi poesat dagang soeatoe compagnie terbesar di
seloeroeh doenia, jakni: VOC. Kitaorang nantinja aken singgah barang sedjenak oentoek
berfoto sedjepret-doea djepret di pelaboehan ini. Tetapi djangan terkedjoet kaloe-kaloe
tempat jang tinggi nilai sedjarahnja ini, sekarang soeda tiada sisaken sedikitpoen artefak
sedjarahnja, tjoema locatie bersedjarahnja sahadja, tetapi kitaorang akan toendjoekken
gambar beroepa ilustrasi kira-kira begimana conditie dan pemandangan di djeman doeloe. 

Koetika Belanda indjekkan kakinja di daratan Karangantoe, maka oentoek kali pertamanja
orang-orang dengerin tjakap Belanda, kerna biasanja di pelaboehan-pelaboehan jang ada
di Noesantara, lingua-franca jang atjapkali dioetjapken adalah: bahasa Portugeesch, dan
tentoe Melajoe. Kumpeni-kumpeni itoe dateng dengan mangpa'atken 3 kapal dagang jang
marika beri nama dari nama kota di negerinja, ia itoe: Mauritius, Hollandia, Amsterdam dan
ada 1 kapal lagi jang diseboet Kapal Duyfken jang artinja adalah: boeroeng merpati, sebagi
kapal pemboeroe poela penghoeboeng deripada ketiga
kapal besar terseboet di atas. Moelai
berlajar sedari 15 boelan sebelomnja dari Poelo Texel di Belanda bagian oetara, laloe tatkala
tiba di perairan Bantam, marika boeang djangkar di deketnja Poelo Lima (kapan kita kesana?)

Belok kiri, kitaorang aken sampe di benteng besar, jang diseboet: Fort Speelwijk. Fort artinja
benteng, dan Speelwijk adalah diambil dari nama gouverneur-generaal jang sanget dihormati,
sebab-sebab ia soeda moesnahken Makassar dan Bantam, kamoedian paksa marika oentoek
akoei keheibatan Kumpeni jang berpoesat di Batavia. D
iaorang: Cornelis Janszoon Speelman
(Rotterdam, 3 Maret 1628 - wafat di Batavia, 11 Januari 1684), Gubernur-Jenderal jang ke-
14, jang
memerentah di Noesantara sekitar tahon 1681 - 1684. Di dalem itoe fort
kitaorang
bole liet goedang tempat simpen amunitie en logistiek, dan di sekelilingnja benteng pastinja
ada Kanaal ataoe soengai jang dibikin sebagi pertahanan dari antjeman moesoeh di loearan.

Pada soeatoe kota lama, tentoe sadja ada Petjinan ataoe Pekodjan, tempat orang Tjina dan
Kodja di djeman doeloe. Kitaorang aken masoep ke dalemnja klenteng paling toea di Java, di-
berdiriken sedari tahon 1652, pada masa pamerentahannja Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung
Jati), jang menikah dengen saorang poetri dari Tjina tatkala sang poetri mampir di pelaboehan
Bantam. Tida djaoe dari itoe klenteng, kitaorang masih bisa liet satoe roemah Tjina jang aseli,

dan bole dibilang meroepaken tjontoh model bangoenan orang Tjina di djeman doeloe, sjukur-
sjukur nantinja kitaorang bole masoep ke dalemnja sebentar en liet-liet arsitekturnja. Sasoeda
itoe kitaorang samperin Menara Masdjid Tjina, jang sekarang tjoema tinggal sedikit jang tersisa,
brikoet koeboeran Tjina jang masih ada bong-pay-nja (batoe nisan) peninggalan djeman doeloe.

Achirnja perdjalanan tiba di daerah Keraton Surosowan, jang djoega dibikin antjoer oleh Belanda.
Itoe keraton diberdiriken antara tahon 1552 hingga 1570. orang Belanda kerap seboet ini keraton
sebagi benteng, dan menamakennja: Fort Diamant (Diamond). Pertama kali di kassi antjoer tahon
1680 laloe
kamoedian di masa pamerentahan Herman Willem Daendels. Diaorang naek pitam marah
betoel
tatkala mengetahoei itoe perkara katjerobohan pasoekan Sultan Banten jang soeda mem-
boenoeh
oetoesan Belanda bernama Du Puy dalam rangka meminta kasediaannja Sultan memasok 
tenaga rodi oentoek pembangoenan pelaboehan dan djalan Anjer (Anyer), jang rentjananja aken
mentjapai lebi
koerang 1000 KM pandjangnja, sampe ke Panaroekan, di Oost Java (Jawa Timur). 

Makan siang aken dilakoeken di halaman loeas Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, jang
menjimpan ber
bagi benda bersedjarah dan gambaran kedjajaan Banten di masa laloe. Di depan
itoe museum, 
ada Meriam Ki Amuk, jang konon katanja kaloe-kaloe itoe dipertemoeken dengen
Meriam Si
Jagur jang ada di Museum Sejarah Jakarta, ..maka doenia aken tjilaka !!! dddduuuh!

Museum ini poenja banjak collectie jang soenggoe memikat hati, diantaranja peta Oud Banten
di abad ke-17, loekisan Keraton Kaibon di abad ke-19, pipa aer jang dibikin pada masa Sultan
Ageng Tirtayasa, soemoer, djoega ada timbangan djaman VOC, coin doeit VOC, Tjinese coin,
Bantenese, dan Hindia Belanda, gambar keadahan Pasar Banten di tahon 1596, keramik jang
ditemoeken di Keraton Surosowan en sekitarannja, dan gambar foto Duta Besar Banten jang
ke Engeland (Inggris) pada tahon 1682, laloe ada djoega pedang, meriam ketjil VOC, gambar
orang Olanda jang sedeng didjamoe oleh pengeoasa Banten, jang diiringi dengen tari-tarian.

Wah, soenggoe itoe museum roepanja mirip dengen museum jang ada di Banda Neira, bole
moengkin
ada hoeboengannja djoega, kerna kalo diliet dari sedjarahnja, si Jan Pieterszoon
Coen doeloenja bermoekim di Banda Neira goena menggalang pasoekan perangnja oentoek
menjerang Djajakarta, dan JP.Coen ini doeloenja djoega kerap ke Banten, bahkan diaorang
sampe boedjoek saorang Tjina bernama Souw Beng Kong, oentoek toeroet berdiriken kota
baroe jang kosong jakni: Batavia (Koeboerannja Beng Kong saat ini masih ada di Djakarta).

Klaar koelilingin museum en makan siang, kitaorang koendjoengin Mesjid Agung Banten. Itoe
mesjid d
iberdiriken pada tahon 1566 M, en membawa nilai boedaja tjampoeran: Hindoe, Java,
Belanda, en Islam, precies sesoeai dengen latar sedjarah kota Banten. Pembangoenannja dila
koekan
pada masa awal Kesultanan Banten, di bawah pamerentahan Maulana Hasanuddin. Di
samping Masjid
Agung ada bangoenan bergaja Indies, ia itoelah Gedong Tiyamah, meroepaken
tempat kantornja orang
Belanda sembari memata-matai kegiatan pendoedoek di Mesjid Agung.

Menara mesjid dibangoen
dibawah pimpinannja seorang arsitek dari Mongolia bernama Tjek Ban
Tjoet. Kerna diaorang tiada
mengenal bentoek minaret jang sebenarnja di Arab, maka diaorang
kamodian bikin berdasarken pengalamannja, maka terdjadilah saboeah minaret jang bentoeknja
agak mirip seboeah pagoda. 
Arsitek dari masjid dan Gedong Tiyamah adalah Lucaszoon Cardeel,
saorang Belanda jang soeda mendjadi Islam. Addduuh soenggoe tjiamik ini plesiran. Kaloe-kaloe

nantinja semoea tempat jang kitaorang koendjoengi ternjata memboeat tibanja di Djakarta agakk
aat dikit, tida apa-apa jah, asalkan pas maghrib soeda di Parkir Timur Senayan kombali, gmana?
djadi, berangkat tetep djam 07.00 teng di pagi harinja, tjoema nanti pas di Banten agak santai.

Kitaorang aken gantiken Snacks Pagi mendjadi Sarapan Pagi dengen Nasi Oedoek, soepaija itoe
peroet Toean dan Njonja nantinja tiada krontjongan sepandjang perdjalanan naek autobus dari
Djakarta ke Banten, lantas pada siang hari akan Makan Besar dan diachiri dengan Snacks Sore.

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id  atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke
adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)

Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky Alexander ada di nomer urut 18 maka Onky transfernja
= Rp.75.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.250018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu ke no.
urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.250.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi nomer urut. okeh
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

Transfernya bisa sekaligus = Rp.750.018 (mengacu ke no.urut paling duluan), jadi no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.750.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. karena nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
Tetapi kalo mau transfer satu-satu juga boleh, ketik aja Rp.250.018, Rp.250.019, Rp.250.020, atau
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yang Rp.1.000.018 itu utk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)

djangan loepa bawa pajoeng, andoek ketjil ataoe apalah, inget Banten panas! djikalaoe nanti pada
tempohnja hoedjan ada toeroen, kitaorang aken moelain ini plesiran sasoedanja itoe hoedjan brenti. 
zo, plesiran tetep dilaksanaken, dan catat: Plesiran Tempo Doeloe tak akan berganti hari/tanggal :)

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
0818 94 96 82


PLESIRAN TEMPO DOELOE: Minggu, 12 Desember 2010
06.30 - 07.00: Kumpul di Parkir Timur Senayan
07.00 - 09.30: Berangkat ke Banten Lama
09.30 - 10.00: Keliling Keraton Kaibon
10.00 - 10.10: Berangkat ke Karangantoe
10.10 - 10.25: Cerita ttg Kedatangan Belanda
10.25 - 10.30: Berangkat ke Benteng Speelwijk
10.30 - 11.00: Keliling Benteng (Fort) Speelwijk
11.00 - 11.15: Keliling Klenteng Tjina sebelah fort
11.15 - 11.30: Keliling Roemah Tjina djaman doeloe
11.30 - 11.45: Keliling Menara Tjina di Kampong Tjina
11.45 - 12.00: Berangkat ke Museum Banten Lama
12.00 - 13.00: Makan Siang di Museum Banten Lama
13.00 - 13.30: Keliling Museum dan Meriam Ki Amuk
13.30 - 14.00: Keliling Mesjid Banten Lama
14.00 - 14.30: Keliling Keraton Surosowan
14.30 - 17.00: Berangkat ke Parkir Timur Senayan
17.00 - 17.30: Bubar Jalan semua, makasih yah :)
(mungkin juga baru tiba di Jakarta jam 18.00 WIB)



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: