4.4.11

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Riwajatnja Abel Tasman, Minggu 10 April 2011



 

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sekitaran Kota Tua Jakarta
Kumpul di Museum (Bank) Mandiri (seberang Stasiun Kota)
letaknya di Jl. Pintu Besar Utara (seberang Halte Busway)
Minggu, 10 April 2011 djam poekoel 07.30 pagi hari

Rp.30 ribu/orang, sudah termasuk:

(roti anak boeaja)
(thee manis anget)
(koewe tradisioneel)
(minoem aer poetih dingin)
(kelarnya sktr jam 12 yah)
(kaartjis Museum Wayang)
(kaartjis Museum Sejarah Jakarta)
(kaartjis Museum Seni Rupa & Keramik)
(diceritakan oleh ahlinya, yaitu: Lilie Suratminto & Andy Alexander)

Kaloe-kaloe toean en njonja kasengsem pengen ikoetin ini plesiran,
silakan daftarken namanja, poela nama kawan, familie, sobat-ande
ke soerat-listrik ini: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id),
lantas kamoedian aken dapetin nummer oeroet oentoek stoor doeit.
Ditransfernya ke Rekening BCA/BNI 46/MANDIRI cab. Pondok Indah 
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA dikonfirmasikan via sms ke no:
0818 94 96 82, atau via email, di-scan dulu, makasih yah, trims.
(tapi kalo transfernya udah pake nomer urut kagak usah dikirim
dah itu email scan-nya, cukup kasih tau lewat email atau sms)
(Toeloeng kassie kitaorang chabar kemana toean ataoe njonja
kirim itoe wang agar kitaorang nantinja tiada poesing toedjoe
koeliling diboeatnja tatkala toean dan njonja tiada bri tahoe
perkara ke bank mana wang roepiah itoe melajang-lajang :)

Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.30.000/orang)



Semoea orang tahoe betoel kaloe-kaloe Toean James Cook soeda berhatsil temoeken itoe
poelo gede jang di kamodian hari diseboet: Australia. Namoen bole djadi itoe adalah satoe
pemikiran jang keliroe, sebab-sebab orang Belanda soeda pernah singgah kira-kira lebi dari
seratoes tahoen
sebelomnja, dan djeladjahi bilangan selatan, oetara, poen barat Australia,
ia itoe: Toean Abel Tasman. Marika poenja hasrat boeat ngiderin wilajah harapan baroe di
bagian selatannja Nederlandshe Oost-Indie, jang didoega penoeh dengen emas en spices.
Djangan sampe tida dateng ka programma oke Minggoe Pagi bersama SAHABAT MUSEUM:

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Riwajatnja Abel Tasman
Minggoe, 10 April 2011 dari djam poekoel 07.30 pagi hingga sekelarnja pada siang hari yah 

Keberadaan Oceania, choesoesnja Australie en Niuew Zeeland kerap diakoein oleh Inggeris,
dan biasanja dihoeboengken dengen perdjalanan besarnja Captain Cook. Tida banjak orang
jang mendoesin (menjadari) djikaloe para pedagang dan pendjeladjah Belanda soeda sering
explore bilangan Australasia, sampe merasa tiada ada faedahnja bila teroes djeladjahin itoe
tempat, dan achirnja minat marika linjap, kerna gagal temoeken emas poela rempah-rempah.

Malang boeat Abel Tasman dan anak boeahnja, kerna andeel marika tiada dianggep belangrijk
(penting) oleh penggede VOC, jang fikir bahoewa itoe kerdja keras ekspeditie oentoek temoe-
ken barang dagangan baroe sija-sija sadja. Hingga ini hari, nama Abel Tasman tida begitoe ter-
denger mentereng dibandingken pesohor VOC laennja di Belanda. Sedjatinja VOC adalah sarikat
dagang jang tjoema tjari oentoeng semata, maka dari itoe perdjalanan Abel Tasman ke selatan
jang tida hasilken apa-apa boeat bikin kompeni semangkin terkaja-kaja, tida goreskan prestatie
jang goemilang. Bahkan kompeni di tana Hindia-Belanda boekanlah sebagi saudagar sadja, poen
bersimaharadjalelalah (uuups... apakah ini asal muasal kata "merajalela"? karena tulisan riwayat
ini sebagian sumber dikutip dari buku terbitan 1920), dan doedoeklah ija dengan segala kekaja-
an dan kebesaran, memerintah dengan hati-hati dan kalau perloe, ada kalanja djoega dengan
keras, di seloeroeh djadjahannja jang loewas itoe. Karier Abel Tasman poen tiada tjemerlang.

Walopoen sampe doea kali lakoeken perdjalanan dengan on-kost gede (pada tahon 1642-1643
dan sekali lagi di
tahon 1644) tida dianggep sebagi oepaja jang bisa datangken laba besar oleh
penggede Kompeni, Abel Tasman soenggoe dipoedja-poedja oleh rakjat Australie (teroetama di
Poelo Tasmania) dan Nieuw Zeeland (New Zealand) hingga hari ini. Bahkan poelo jang diaorang
beri nama Van Diemensland (ataoe tananja Van Diemen, gouverneur-generaal jang kasi prentah
Tasman oentoek explore itoe poelo, jang ternjata benoea!), pada tahoen 1855 dinamaken Poelo
Tasmania oleh orang Inggeris. Bahkan orang Australie saban tahon kerap bezoek ke kampongnja
Abel Tasman di Desa Lutjegast, Belanda, dan merajakan dengen hati nan seneng riang goembira.

Kitaorang dari Sahabat Museum poen soeda perna dateng ke itoe kampong, jang sangat berbeda
sekali dengen kota kosmopolitan matjem Amsterdam, bahkan di djeman jang sekarang ini oentoek
bisa sampe ke itoe kampong amatlah soeker, Toean-Njonja moesti naek spoor, berenti di station
ketjil, laloe pesen taxi jang didatengken dari djaoe, lantas bilang mahoe ke Desa Lutjegast, laloe
liet ekpresi si sopir taxi, nistjaja si sopir taxi bakalan heiran sebab-sebab njaris tiada tourist jang
bela-belain dateng kesono selaen orang jang demen sedjarah. (Terima kasih kepada jang soedah
anterin: Grace Wangge & Laksmi Darmoyono ke "museum" Het Abel Tasman Kabinet di Lutjegast)

Riwajat perdjalanan Abel Tasman dan crewnja aken dibahas hingga toentas oleh Andy Alexander
jang demen kassie liet peta perdjalanan Kapal VOC, oentoek itoe thema, kitaorang aken dikassie
djelas perihal route Abel Tasman dari Batavia (Djakarta, dan moengkin itoe kapal dikassie betoel
di Poelo Onrust di Kepoeloan Seriboe di bilangan oetaranja kota Djakarta), poen kisah keadahan
di dalem Kapal VOC pada oemoemnja, tentang marika makan apa sahadja, conditienja di tempat
makan, menoe makanan boeat pegawai rendahan djoega boeat nakhoda sapertinja apa sahadja.
Ada djoega kisah berbantahannja (bantah pada djeman doeloe maksoednja = berantem, boekan
adoe moeloet seperti sekarang ini hehe) antara crewnja Abel Tasman dengen pendoedoek aseli
Niuew Zeeland jakni orang Maori tatkala praoe lajarnja tiba di pantai en disamperin oleh marika.

Lilie Suratminto sijap kassie tjeritera jang diaorang soeda batja toelisan tangan aselinja Toean
Abel Tasman, tatkala Meneer Lilie beladjar ilmoe goresan tangan djaman baheula, di Den Haag.
Itoe toelisan tangan Tasman, kelak dibikin boekoe dan terbit dalem djoedoel: "Het Journal van
Abel Tasman, 1642-1643" jang isihnja perkara soeka-doeka perdjalanannja dengen praoe lajar
dari Batavia menoedjoe soeataoe daerah jang belom diketahoei setjara pasti dan bener, kerna
tjoema sedjoemblah ketjil sahadja jang bri tahoe bahoewa ada soewatoe tana di bilangan zuid
(selatan) dari Hindia-Belanda jang poenja banjak kandoengan emas, perak, dan djoega spices.
Orang Belanda seboet tana itoe sebagi: NOVA HOLLANDIA (Niuew Hollandia, ..Belanda Baroe!)

Koeliling bilangan "Kota Tua Jakarta" blomlah compleet kaloe-kaloe tida ditjeritaken riwajatnja
kedjadian jang perna ada di sekitaran sono, misalnja: Stadsbuitengracht, ataoe kanaal loear
kota Batavia, jang sekarang locatienja mendjadi djalanan jang matjet totaal dengen berbagi
matjem auto (mobil) en motorfietsen (sepeda motor). Apatah Toean dan Njonja bisa kassie
bajangan roepanja pada djeman Abel Tasman masih hidoep dahoeloe kala? Dan tahoekan di
mana kira-kira letak roemahnja Abel Tasman di djaman itoe? Laloe, dimanakah djikaloe difikir
diaorang dikoeboer di Batavia? Meneer Lilie dan Meneer Andy sijap soegoehken banjak kisah
perihal sedjarahnja Kota Tua Jakarta lengkap dengen soeasana Kota Batavia di abad ke-17.

Pada waktoe itoe air kali itoe masih djernih dan bagoes roepanja, asalnja dari hoeloe-hoeloe
jang beloem seberapa didijami orang en beloem seberapa diambil orang kajoenja. Air itoe ma-
soek kota dibahagian Zuidervoorstad deket Waterpalaats di Molenvliet jaitoe jang kita nama-
kan Glodok sekarang. Pada ketika itoe semoewa orang menamakan kota Betawi itoe seboeah
kota jang sangat bagoes dan teratoer, hingga bergoena belaka sekalijan bahagian-bahagian-
nja. Adalah halnja laksana soewatoe kota Delft ketjil, terdiri di tanah Djawa (duuuh indahnja!)

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id  atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke
adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)


Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky Alexander ada di nomer urut 18 maka Onky transfernja
= Rp.30.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.30018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu ke no.
urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.30.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi nomer urut. okeh
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

Transfernya bisa sekaligus = Rp.90.018 (mengacu ke no.urut paling duluan) jadi no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.90.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. karena nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
Tetapi kalo mau transfer satu-satu juga boleh, ketik aja Rp.30.018, Rp.30.019, dan Rp.30.020, atau
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yang Rp.120.018 itu utk no.urut: 18, 19, 20
dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang kagak bingung yah

djangan loepa bawa pajoeng, handdoek ketjil ataoe apalah, inget Djakarta panas! kaloe nanti pada
tempohnja hoedjan ada toeroen, kitaorang aken moelain ini plesiran sasoedanja itoe hoedjan brenti. 
zo, plesiran tetep dilaksanaken, dan catat: Plesiran Tempo Doeloe tak akan berganti hari/tanggal :)

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
M: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
YM id: bang_adep
Email/FB: adep@cbn.net.id
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.com
 


PLESIRAN TEMPO DOELOE: Minggu, 10 April 2011
07.30 – 08.00: Kumpul di Museum Bank Mandiri (Factorij NHM)
08.00 – 08.30: Penjelasan tentang siapakah itu Abel Tasman?
08.30 – 09.00: Jalan Kaki menuju Museum Wayang (Geo Wehry)
09.00 – 09.30: Kelilingin dalamnya Museum Wayang (Geo Wehry)
09.30 – 09.45: Jalan Kaki menuju Museum Sejarah JKT (Fatahillah)
09.45 – 10.15: Kelilingin dalamnya Museum Sejarah JKT (Fatahillah)
10.15 - 10.30: Jalan Kaki menuju Museum Seni Rupa & Keramik
10.30 - 11.00: Kelilingin dalamnya Museum Seni Rupa & Keramik
11.00 - 11.30: Jalan Kaki menuju Museum Bank Mandiri (Factorij NHM)



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: