17.4.11

[tourismindonesia] Tips: Petunjuk Kalau Kehilangan atau Ketinggalan Dokumen (Pasport) di Pesawat



Saat perjalanan dari Amsterdam ke Ibitza Island, Spanyol, karena harus berangkat pagi dan saya nyaris tidak tidur (masih ngantuk sekali), paspor yg saya pegang di tangan, ketika masuk pesawat dan dapat tempat duduk, paspor saya letakkan di kursi sebelah yg kosong dan tertinggal di kursi pesawat itu ketika saya turun di Ibitza Island di pagi hari itu. Baru saya sadari di malam harinya di penginapan. Untungnya malam itu juga saya bisa mendapatkan lagi paspor saya yg nyaris hilang kedua kalinya di trip tersebut (satu kali lagi di Perancis, jatuh di toilet karena kantong celana yg longgar).
 
Nah bagaimana rupanya prosedur kalau kita kehilangan dokumen (bukan barang ya) di pesawat?
 
Kalau bentuknya dokumen, maka pihak airlines, saat menemukan, "pasti" akan menyerahkan kepada pihak kepolisian yg berlokasi di airport. Maka kalau kita kehilangan dokumen tersebut, langkah pertama adalah ke kantor polisi di airport dan menanyakannya. Kalau ada di mereka, biasanya mereka simpan menunggu sampai ada yg melaporkan kehilangan. Proses untuk mendapatkannya juga tidak susah, sekedar ditunjukan bukti2 tambahan mereka langsung akan memberikan. Tapi bisa jadi masalah kalau pasportnya ditemukan pihak airlines di tujuan atau bandara berikutnya setelah bandara yg kita keluar, ini saya nggak tahu cara mendapatkan paspor itu lagi ....  :(
 
Tapi kalau yg hilang atau tertinggal di pesawat berupa barang non dokumen, maka pihak yg harus kita hubungi adalah "Lost & Found" dari airlines yg bersangkutan. 
 
Sekian infonya, semoga bermanfaat ..... 
 
Ossy'81 


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: