15.11.11

[tourismindonesia] Adat seren taun dimulai

Pembukaan acara seren taun telah dilaksanakan pada hari senin pukul 18.30...
Dihadiri oleh ribuan anggota masyarakat dari berbagai lapisan. Acara dibuka oleh kasepuhan dari Paseban yaitu Bapak elang jati, dihadiri oleh tamu besar dari Kesultanan Brunei Darusalam.
Acara dimulai dengan menyalakan obor besar berbentuk bunga teratai. Puluhan pasukan berkuda berpakaian serba hitam dengan ikat kepala khas sunda pun membawakan obor untuk menyalakan obor yang berjumlah seribu obor. Ritual ini dikenal sebagai damar sewu.

Setelah acara damar sewu selesai, puluhan anak kecil murid dari sekolah dasar sekitar berpakaian putih dengan ikat kepala daun jati berjajar bersiap melakukan rangkaian kegiatan "kaulinan budak" yang sudah jarang dilakukan oleh anak-anak pada zaman sekarang. Acara berlangsung sangat meriah sekali, para peserta kaulinan budak ini terlihat tidak canggung dalam melakukan serentetan kaulinan ini (permainan tradisional tempo dulu)

Acara seren taun ini merupakan ungkapan sukur dari masyarakat agraris atas hasil panen di tahun itu, dan mengharapkan akan menjadi lebih baik untuk tahun-tahun kedepannya.
Upacara ini dilaksanakan secara kolosal, dan yang lebih menariknya upacara ini dilaksanakan olehb semua lapisan masyarakat, tanpa memandang suku, umur, jenis kelamin, dll. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Cigugur, sangat menghargai sebuah perbedaan dan menunjukan kerukunan di lingkungan masyarakatnya. Ini merupakan nilai mahal yang didapatkan dari Upacara Adat Seren Taun.

Kegiatan seren taun ini dimulai pukul 08.00 sampai dengan selesai setiap harinya. Berakhir pada tanggal 19 nopember 2011

Bagi anda yang membutuhkan informasi penginapan, transportasi dan rangkaian kegiatan acara seren taun ini dapat menghubungi saya di
085295995959 (adam)
 
Linggarjati OrganizerDarma Putra Bld. | Jl. Siliwangi Cirendang Kuningan 45518 | +622 32 920 9340 | +622 32 888 1389 Find us also in:www.visitkuningan.comhttp://www.linggarjatiorganizer.com http://www.facebook.com/pages/Visit-Kuningan/118761478163853http://www.facebook.com/linggarjati.organizer
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/tourismindonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/tourismindonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
tourismindonesia-digest@yahoogroups.com
tourismindonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
tourismindonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: