11.12.11

[tourismindonesia] Pemilihan Ratu Jamu 2011-Warisan Herbal Harus Dilestarikan



Pemilihan Ratu Jamu 2011-Warisan Herbal Harus Dilestarikan

Sunday, 11 December 2011

Para kontestan pembawa jamu gendong saat melakukan aksi di depan para juri untuk mengikuti Kontes Pemilihan Ratu Jamu Gendong Se- Indonesia di Replika Rumah Khas Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, kemarin .


JAKARTA – Pemilihan Ratu Jamu se-Indonesia 2011 dilangsungkan di anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta,kemarin. Sepuluh peserta finalis yang terpilih beraksi di atas panggung memperebutkan juara pertama kategori Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan.

Sejak 8 Desember, sebanyak 77 kontestan lolos dari audisi di 11 kota di Tanah Air. Dengan rincian 40 kontestan adalah Ratu Jamu Gendong,dan 37 untuk Jamu Gendong Teladan. Ratu Jamu Gendong adalah konstestan dengan usia 20-35 tahun. Sementara Jamu Gendong Teladan untuk kontestan dari usia 36 hingga 45 tahun. Presiden Komisaris Jamu Jago Grup Jaya Suprana mengatakan, sepuluh finalis yang terpilih adalah kontestan dengan penilaian terbaik sejak awal audisi.

Sebelum terpilih, setiap kontestan mengikuti tes tulis, tes pengetahuan umum, dan wawasan tentang penggunaan obat herbal. Untuk tahun ini sengaja mulai dibagi dua kategori karena melihat antusiasme kontestan dari berbagai usia muda sampai dewasa. Menurut pria yang juga Pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) tersebut, ajang pemilihan Ratu Jamu Gendong Se-Indonesia menjadi wadah untuk melestarikan warisan budaya bangsa.

Jamu menjadi salah satu konsumsi herbal yang sudah digunakan oleh para leluhur. Dia menuturkan, dengan ajang ini diharapkan memunculkan motivasi kebanggaan terhadap budaya jamu. Bangsa Indonesia harus bangga akan budaya warisan herbal sendiri, seperti negara lain yaitu Korea atau China yang sudah terkenal di mancanegara. Saat ini sedikitnya terdapat 50.000 penjual jamu gendong di Indonesia.

Jaya menargetkan di tahun depan lebih banyak penjual jamu gendong karena membantu kesehatan dan pendapatan ekonomi masyarakat."Jamu harus menjadi kebanggaan budaya Indonesia dan diakui negara lain,"katanya. Ketua Penyelenggara Pemilihan Ratu Jamu se-Indonesia 2011 Aris Raharjo menuturkan, ajang ini bisa memberikan pendidikan tentang pentingnya cara meracik jamu secara herbal.

"Tidak hanya bersifat edukasi,namun juga memperluas pentingnya minum jamu bagi kesehatanterhadap masyarakat," kata Aris. Dalam pemilihan Ratu Jamu Gendong se-Indonesia 2011,ke sepuluh peserta finalis dinilai dewan juri dari penampilan, cara berdandan, cara melayani konsumen, serta pengetahuan dalam membuat bahan jamu. Terpilih sebagai Ratu Jamu Gendong 2011 Ika Rokaya dari Bekasi,disusul Sumarni (Sukabumi), Hartini (Cikampek),Sri Handayani (Sukoharjo, dan Dwi Kuntari (Purworejo).

Sedangkan Jamu Gendong Teladan 2011 direbut Purwani dari Jakarta,disusul Sri Sumilih (Cirebon), Misnah (Surabaya), Sri Mulyani (Sukoharjo) dan Winarto (Cirebon).Hadiah yang diperebutkan antara lain uang tunai sebesar Rp15 juta bagi juara pertama,Rp10 juta (juara kedua), Rp5 juta (juara tiga), serta masing-masing Rp2,5 juta bagi juara harapan 1 dan 2. hardani triyoga

http://www.seputar-indonesia.com/edisic ... /450689/1/


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: