30.12.11

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang - Atjeh, 20-21-22-23-24 Januari 2012 [6 Attachments]

[Attachment(s) from Ade Purnama included below]

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang - B.Aceh
Kumpul di Bandara Soekarno-Hatta terminal 1B
Jumat, 20 Januari 2012 jam 07.00 WIB pagi
Rp. 3.700.000 per orang
, TIDAK termasuk
tiket pesawat pergi-pulang ke Banda Aceh (BTJ)

Sedari tanggal: 30 Desember 2011 sampe tanggal:
14 Januari 2012, kitaorang mahoe pakansi (liburan)
ke Samarang, Klein Soenda (Bali), Bangka-Biliton,
djikaloe Toean-Njonja kapengen daftar, sila kirim
soerat-listriek (email) tida' tjoemah ke email ini:
adep@cbn.net.id tetapi di cc-kan ke yg yahoo:
bang_adep@yahoo.com atau di-sms ke nummer
telefoon-tangan (hp) 0818 94 96 82, tingkyu :)

On-kost Rp.3,7 juta/orang itu, sudah termasuk:
Penjemputan di Bandara Sultan Iskandar Muda,
Banda Aceh. Bus Pariwisata AC (di Banda Aceh)
Bus Pariwisata non AC (di Sabang), Makan dan
Minum selama di Plesiran. Kaos PTD. Asuransi.
Tiket Penyeberangan Banda Aceh (Ulee Lheue)
- Sabang (Balohan) dan kembali ke Banda Aceh
(Ulee Lheue), Onkost mobil travel dari Pelabuhan
Balohan ke kota Sabang, Boat Kaca & Speedboat
untuk keliling Pantai Iboih & Pulau Rubiah, Hotel di
Banda Aceh (Paviliun Seulawah), Sabang (Sabang
Hill), Dianterin belanja oleh-oleh khas Banda Aceh,
dan Sabang, Pun dianter kembali ke Bandara Sultan
Iskandar Muda, Banda Aceh. Lalu juga dipinjemin life-
jacket (baju pelampung) yg sesuai dgn ukuran badan
Bapak-Bapak-Ibu-Ibu, dan Sertifikat O KM Indonesia !
(sebagai tanda sudah pernah ke ujung barat negeri ini)
 
Maskapai penerbangan yg melayani jalur untuk tujuan: Banda Aceh (BTJ) dari Jakarta (CGK)
untuk Jumat tgl 20 Januari 2012 (CGK-BTJ) & pulangnya Selasa: 24 Januari 2012 (BTJ-CGK)
(harga tiket biasanya Rp.750 ribu - Rp. 2 juta one way, pesen lebih cepet lebih baik, murah!)

Sriwijaya Air: (20 Januari 2012) CGK - BTJ via MES, eta: 09.05 WIB, etd: 12.55 WIB 
                  (24 Januari 2012) BTJ - CGK via MES, eta: 13.25 WIB, etd: 17.15 WIB
                 
 (kami panitia naik pesawat ini, baik pergi maupun pulangnya, mungkin
                   juga akan ada panitia yang berangkat pada sehari sebelomnya agar
                   penjemputan peserta dapat diatur lebih mantap sedari pagi harinya)
                  (jika tiba sebelum panitia di hari pertama, tolong ditungguin dulu yakh
                   di bandara, tetapi di hari terakhir -yang pesawatnya beda- kami akan
                   anter naik bus pariwisata atau mobil kijang ke bandara, sesuai jadwal)
                   
Lion Air:        (20 Januari 2012) CGK - BTJ (direct) eta: 08.45 WIB, etd: 11.35 WIB 
                  (24 Januari 2012) BTJ - CGK (direct), eta: 12.15 WIB, etd: 15.05 WIB  
                                       
Garuda:       (20 Januari 2012) CGK - BTJ via MES, eta: 06.45 WIB, etd: 10.40 WIB 
                  (24 Januari 2012) BTJ - CGK via MES, eta: 11.25 WIB, etd: 15.25 WIB              

Keterangan: (CGK = Jakarta; BTJ = Banda Aceh; MES = Medan)

Kaloe-kaloe toean en njonja kasengsem pengen ikoetin ini plesiran,
silakan daftarken namanja, poela nama kawan, familie, sobat-ande
ke soerat-listrik ini: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id),
lantas kamoedian aken dapetin nummer oeroet oentoek stoor doeit.
Ditransfernya ke Rekening BCA/BNI 46/MANDIRI cab. Pondok Indah 
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA dikonfirmasikan via sms ke no:
0818 94 96 82, atau via email, di-scan dulu, makasih yah, trims.
(tapi kalo transfernya udah pake nomer urut, kagak usah dikirim
dah itu email scan-nya, cukup kasih tau lewat email atau sms)
(Toeloeng kassie kitaorang chabar kemana toean ataoe njonja
kirim itoe wang agar kitaorang nantinja tiada poesing toedjoe
koeliling diboeatnja tatkala toean dan njonja tiada bri tahoe
perkara ke bank mana wang roepiah itoe melajang-lajang :)

Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.3.7 juta/org)


ATJEH, jang kata sebagian orang boleh djadi meroepaken kependekan dari kata:
Arab - TJina - Europa - Hindoe, poenja berbagi matjem tempat plesir jang uniek.
Tida tjoema situs Perang Atjeh (Atjeh Oorlog), namoen djoega poenja satoe kota
koloniaal jang bagoes en djarang kitaorang denger, lantaran confliek jang atjapkali
terdjadi di satoe kota jang bekend dengen panggilan "Serambi Mekkah". Tapi Atjeh
sekarang soeda aman sentausa, tiada lagi bakoe tembak lajaknja di djeman Perang
Atjeh dahoeloe kala hingga djeman setelah kemerdekaan, Lekas samperin itoe kota
jang doeloenja orang seboet sebagi "Koetaradja", di programma SAHABAT MUSEUM:

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang - Atjeh
sedari Jumat pagi sampe Selasa siang, keliling Serambi Mekkah di Prov.Aceh

Perkara Hindoe jang terseboet di nama ATJEH nampaknja bole di-discussie-ken lebi
dalem lagi, kerna nampaknja ada perbedaan pandangan antara peneliti dari Belanda
dan Orang Atjeh. Para peneliti dari negerij nun djaoe itoe kerap simpoelken bahoewa
Atjeh dipengaroehi Hindoe diliet dari tjara berpakean prampoeannja dan sanggoelnja
jang agak tegak dan miring ke pinggir lajaknja masjarakat Hindoe. Walopoen menoe-
roet soember laen, pengaroeh Hindoe pada pendoedoek setempat setida'nja dapet
ditegoehken oleh kenjataan tentang pemakean nama-nama tempat dalem bahasa
Hindoe. Berbeda dengen pandangan Orang Atjeh, Teoengkoe Koeta Karang, sang
oelama dan pemimpin moesoeh Belanda jang terkenal, amet sangsi dan beroetjap
bahoewa Orang Atjeh adalah terdiri dari tiga tjampoeran darah: Arab, Parsi, dan
Turkije (Turki). Djoega jang bilang bahoewa Pasai asalnja dari Parsa ataoe Parsi,
jang terdapat dalem satoe Keradjaan Samudera Pasai, di djeman dahoeloe kala.

Keanehan peristiwa sedjarah di bebrapa tempat tertentoe di wilajah Indonesia,
dalem hoeboengannja dengen pengaroeh Hindoe itoe dapet diperhatiken deri-
pada perbedaan-perbedaanja. Di Djawa ditemoeken banjak patoeng en tjandi,
plus batoe bersoerat jang bertanggal, hingga moedah mengoedjie kebenaran
dari tjeritera penjair koeno mengenai perkembangan sedjarahnja. Tapi sebalik-
nja di Atjeh, bekas-bekasnja amet sedikit, tjandi en patoeng tida' ditemoeken.

Bitjara tentang Atjeh, tentoenja tida' lepas dari perang jang berketjamoek selama
poeloehan tahon. Sifat perang melawan agresi Belanda oleh Atjeh itoe adalah laen
dari jang laen. Atjeh menghadapi agresi Belanda setjara totaal, djadi boekan hanja
perang jang berkoeasa di Atjeh dengen jang berkoeasa di Belanda. Ini Perang Atjeh
adalah peperangan rakjat ataoe "Volkoorlog". Dengan penoeh jakin marika mendjoen-
djoeng pimpinan dari siapa sadja jang rela berkorban demi Atjeh merdeka. Sultan pim-
pim Sultan, tapi kaloe Sultah mengalah ataoe menjerah, djanganlah dikatakan rakjat-
nja toeroet mengalah hingga achir hajatnja. Raffles soeda pernah kassie peringatan
kepada Belanda bahoewa Atjeh tida' bisa ditakloekken, namoen Belanda tetep jakin.

Njaris 70 tahon lamanja Rakjat Atjeh berperang melawan itoe kekoeatannja koloniaal
Belanda, sedari tahon 1873 hingga 1942, Atjeh bertempoer goena enjahkan Kompeni
dari Tana Rentjong. Nama-nama jang sekarang ini dipake sebagi nama djalan di iboe
kota Djakarta, banjak jang diabadiken dari nama Pahlawan Atjeh itoe, saperti Sultan
Iskandar Moeda, Panglima Polim (di Atjeh marika kerap menjeboetnja Panglima Polem),
Teoekoe Oemar en isterinja Tjut Nja' Dhien, Teuku Tjik Di Tiro. Tatkala ini negerij kita
orang masih bernama: Hindia-Belanda, nama djenderal perang Van Heutsz mentereng
amet di bilangan poesat Batavia, tepatnja di locatie jang sekarang bernama: Mesdjid
Cut Meutiah en Jl.Teuku Umar, sebab-sebab doeloenja di halaman mesdjid itoe, dina-
maken sebagi Van Heutsz Plein (lapangan Van Heutsz) dan djalan oetamanja dinama-
ken Van Heutsz Boulevard. Ach soenggoe terlaloe itoe djenderal perang jang kedjem
dan kedji ditarok sebagi nama tempat di Djakarta tempo doeloe, bahkan patoengnja
si Van Heutsz dipadjang di bagian atas Gedong NHM tjabang Amsterdam, bersanding
dengan 2 "pahlawan" Belanda laennja, jakni: J.P.Coen dan H.W.Daendels, hiyyyaahh.

Maskipoen para pemimpin Atjeh didesak oentoek menjerah liwat itoe "Korte Verklaring"
(Traktat pendek) bikinan Van Heutsz di tahon 1904, namoen Belanda senantiasa alam-
ken perlawanan dari segenap Rakjat Atjeh sampe djeman Perang Pasifik, iaitoe di tahon
1942, marika Orang Atjeh tida pernah anggep Belanda koeasai bilangan Atjeh sepenoe-
nja. Itoe para pemimpin Atjeh, oetamanja ditangkep setjara bertahap, dipaksa oentoek
briken handtekening-nja soepaija patoeh kepada pemerentah koloniaal Hindia-Belanda.
Para Radja ataoe Sultan dilarang adaken perdjandjian kerdjasama dengen negara mana
poen en moesti akoei bahoewa tana jang marika poenja sekarang adalah milik Kompeni.

Adalah Dr.Christiaan Snouck Hurgronje jang berhasil masoep ke dalem masjarakat Atjeh
dan menjaroe sebagi peneliti kemasjarakatan en ketatanegaraan Atjeh. Selama 2 tahon,
diaorang tjoeba fahami karakteristiek Rakjat Atjeh, jang nantinja ditoelis dalem seboeah
boekoe jang bertadjoek: Rakjat Atjeh ataoe De Atjehers, jang mana dalem itoe boekoe
ditoelisken strategie takloekken Rakjat Atjeh. Boekoe jang bagoes en accurat itoe, ka-
moedian dipake sebagi siasat perang Van Heutsz, dan si djenderal angkat itoe Snouck
sebagi penasehatnja oentoek toempasken perdjoangan Rakjat Atjeh melawan Kompeni,
koeroen waktoe dari tahon 1898 sampe 1904 tatkala si djenderal mendjadi gouverneur-
militair en sipil di Atjeh. Dapet didoega bahoewa strategie itoe loemajan djitoe en tepat.

Situs-situs bersedjarah di poesat kota Banda Atjeh jang doeloenja bernama Koetaradja
itoe, dapet disamperin dengen moedah sadja, kerna pernahnja di daerah jang deketnja
djalan besar, katjoeali roemahnja Tjut Nja' Dhien, jang kata pendoedoek Atjeh itoe se-
dikit djaoe walopoen nampaknja masih deket sadja. Kitaorang poela bertandang ke itoe
mesdjid jang amet bekend di Banda Aceh, jakni Mesjid Raya Baiturrahman, jang tjantik
en poenja architectuur djempolan. Itoe tempat ibadah oemat Moeslim, doeloenja poen
pernah dibangoen oleh Belanda dalem strategienja "ambil hati" oemat Moeslim di Atjeh.
Snouck Hurgronje briken nasihat soepaija bole reboet tana Atjeh adalah :dengen bikin
langgar, mesdjid, bikin bagoes djalan, irigatie, bantoe pekerdjaan sociaal Rakjat Atjeh.
Halaman Mesjid Raya Baiturrahman itoe meroepakan tempat jang amet penting boeat

Tentera Belanda, choesoesnja pemimpin perangnja bernama: Majoor Generaal Kohler,
kerna diaorang tewas ditembak oleh penembak djitoe Atjeh, tatkala liet conditie itoe
missigit jang kelak dinamaken Mesjid Raya Baiturrahman. Sebelomnja, Meneer Kohler
kassie prentah oentoek bakar itoe missigit (mesdjid), jang terbitken perlawanan dari
Rakjat Atjeh jang lebi sengit dan moerka. Djinazahnja dibopong ke Java en dikoeboer
di Kebon Djae Kober (sekarang: Museum Prasasti). Pada tahon 1975, koetika tempat
kompleks pemakaman itoe mahoe digoesoer sebagiannja, atas permintaannja Rakjat
Atjeh, itoe djasad Kohler dipindahken kombali ke Banda Aceh, tempat diaorang mati.
Majoor Generaal Kohler dikoeboerin oelang setjara militair pada tanggal 19 Mei 1978
di Kerkhof (koeboeran) Belanda di Peutjut, precies diseblahnja itoe Museum Tsunami.

Koeliling kota Banda Aceh, tida' loepoet bezoek koeboerannja Sultan Iskandar Muda,
jang meroepaken tokoh penting dalem sedjarah Atjeh. Koetika Sultan prentah Atjeh
pada tahon 1607-1636, diaorang mampoe oentoek tempatken Keradjaan Islam Atjeh
pada peringkat kelima di doenija, pada abad ke-17. Itoe tempoh, Banda Aceh ataoe
Koetaradja meroepaken poesat Keradjaan Atjeh jang mendjadi bandar perdagangan
jang rame, kerna kerap berhoeboengan dengen doenia internationaal, en oetamanja
kawasan Noesantara dimana Selat Malakka meroepakan djaloer pelintasan kapal-ka-
pal niaga asing oentoek kassie angkoet hatsil boemi Asie dengen toedjoean Europa.

Klaar koelilingin makam sang Sultan, kitaorang bergeser ke Roemoh Atjeh jang saat
ini dipake sebagi Museum Aceh, dan di depannja ada lontjeng Cakradonya, doeloe-
nja dibriken oleh Cheng Ho sebagi tanda persahabatan en kerdjasama doea negara
dari Kaisar Tjina pada tahon 1414 M. Ach, semoea riwajat Atjeh ada di museum ini.
Masih di sepoeteran bilangan ini, ada satoe bangoenan uniek jang dinamaken seba-
gi: Goenongan, jakni symbool tjinta Sultan Iskandar Muda terhadap permaisoerinja
jang tjantik-djelita asal negerij Pahang di Malaja. Alkisah, sang poeteri rasah sepi
jang amet dalem di tengah siboeknja sang soeami djalanken pamerentahan. Kerna
kekoeatan tjinta sang soeami, maka diberdirikenlah satoe bangoenan berbentoek:
boenga bertingkat tiga, ditambahkan mahkotanja beroepa tiang jang berdiri tegak.
Namoen pada soeatoe waktoe tatkala Belanda berhatsil doedoekin Koetaradja ini,
marika malahan berpotret rame-rame sembari naek atasnja itoe bangoenan, ckck.

Tragedie kemanoesiaan mengontjang bilangan Atjeh, tida' tjoemah terdjadi di kota
Banda Aceh sadja, namoen di kota-kota laen, oetamanja di pinggir laoet. Aer bah
gelombang tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 soeda hempaskan banjak hal,
harta-benda, djiwa manoesia dan hantjoerken banjak bangoenan dan djembatan,
poen sekolah dan tempat ibadah. Sedih jang amet mendalem toeroet dirasahken
oleh segenap Rakjat Indonesia. Kitaorang aken bezoek locatie bekas terdjadinja
bentjana alam tsunami, diantaranja: Kapal PLTD Apung nan besar jang terbawa
ombak besar sampe 4 KM djaoenja dari pantai, lantas ada Kapal Nelajan njang-
koet di atas roemahnja pendoedoek, dan koendjoengan dilandjoetken dengen
bertandang ke salah satoe koeboeran massal tsunami jang nampak bak taman
loeas dan damai, seolah-olah marika korban jang soeda meninggal doenija itoe
soeda tidoer dengen tenang, dan berada di samping Jang Maha Koeasa, Amien.

Oentoek mengenang fenomena alam jang maha-dashjat itoe, dibangoenkenlah
satoe museum jang gede, jakni: Museum Tsunami. Saboeah gedong djempolan
poenja, patoet dipoedjiken, apalagi tatkala kitaorang masoep ke dalem pintoe
gerbangnja, laloe djalan di lorongnja dengen tjahaja jang sampoerna ditambah
sematjem atractie masoep ke "dalem aer" dan pertjikan aer rintik-rintik dan di-
iringi soeara saperti orang jang sedang mengadji. Soeatoe roeang masoep jang
loemajan mentjekam, namoen kitaorang dapet rasah-ken Kebesaran Sang Ilahi.
Museum Tsunami itoe terdiri dari 4 lantai jang soegoehken berbagi matjem peri-
hal pangatahoean tentang tsunami en portret peristiwa pada tanggal kedjadian.

Sekarang kitaorang landjoetken perdjalanan ke Sabang, jang letaknja di bilangan
Poelo Weh. Itoe poelo diseboet demikian kerna bentoeknja saperti hoeroep: "W"
Banjak peninggalan sedjarah jang bole diliet di poelo jang berada di oedjoengnja
Kepoeloan Noesantara itoe. Selain bakalan datengin Toegoe 0 Kilometer-nja itoe
negerij Indonesia, djoega bole samperin pantai-pantainja jang kesohor hingga ke
antero doenija. Pantai Iboih, Pantai Gapang, Pantai Soemoer Tiga adalah 3 jang
paling bekend. Poelo Rubiah di deketnja Pantai Iboih (dibaca: Iboh) poen nanti-
nja kitaorang datengin dengen mangfa'atken praoe boat pake katja di lantainja,
soepaija Toean dan Njonja dapet nikmati kaindahan natuur bawah laoet Sabang.

Sabang dan Poeloe Weh-nja pada djeman Perang Pasifik (jang betoel terdjadi di
Indonesia pada tahon 1942 hingga 1945; kaloe moelainja sih tahon 1941 tatkala
Pearl Harbor diserang mendadak oleh Tentera Dai Nippon) adalah soeatoe tempat
jang strategisch boeat kekoeatan armada Djepang. Marika, jang koelitnja yellow,
berdiriken banjak bungker en pillboxes sebagi sarang semboeni dari serangan deri-
pada moesoeh besarnja, iaitoe Tentera Amerika beserta para sekoetoenja. Tida'
heiran sampe ini hari masih banjak peninggalan meriam Djepang jang ketinggalan
di tana Sabang. Sajangnja sekarang soeda banjak jang ditjopotin dari sarangnja.
Padahal pada koeroen waktoe tahon 1980an, itoe meriam besi jang gede banget
itoe masih bisa dimaenin oleh anak ketjil, dipoeter poen diarahkan ke laoet, huah!

Koelilingin kota Sabang di siang hari bagaikan kombali ke djeman awal abad ke-20,
kerna itoe bangoenan toea-nja banjak jang masih oetoeh, pokoknja koloniaal-stijl
(style) poenja, apalagi didoekoeng dengen kebiasaan warga Sabang jang djarang
beractiviteit di kala siang bolong, sebab-sebab masih terbawa soeasana free-port
sedari tahon 1960an, dimana marika poenja kabiasaan moelai boeka toko sesoeda
sore hingga tengah malem (jah!, di kota jang sepi sekarang ini, teteup boeka toko
sampe djam doea belas ataoe lebih, maskipoen biasanja kota soenji senjap*gleg*)

Doea malem tjoekoep sadja di Sabang, pada hari ka-ampat kitaorang kombali naar
Banda Aceh, en sijap-sijap koeliling situs bersedjarah jang ada di ini kota (oentoek
lebi djelasnja, liet soesoenan atjara di bagian bawah email ini). Djangan sampe tida
tjitjipi koffie (kopi) aseli Tana Rentjong. Ada satoe tempat kupi (marika menjeboet-
nja kupi ketimbang kopi) di bilangan Ulee Kareng, jang bernama: Kopi Solong (Jasa
Ayah), jang lebi nikmatnja lagi disedoeh seraja maem roti sarikaja, njam-njam-njam.
Poen oentoek makan-makannja, kitaorang nantinja sediaken menu: "Ajam Tangkap"
jang ledzat tiada kadoeanja, dengen isih ajam kampong goreng ditoetoepi dedaoen-
an jang garing plus ditambahken rempah-rempah jang amet soeker diloekisken dalem
ini email begimana rasahnja. Djoega tjoeba menoe masakan laennja tatkala moeterin
kota Banda Aceh, ada Gule Pliek U sematjem sajoer lodeh khas sana, Mie Atjeh jang
lagi nge-trend di Djakarta, dan berbagi matjem makanan-minoeman laennja, Yuuuks!

Penginapannja di Banda Aceh adalah Hotel Paviliun Seulawah, letaknja di depan itoe
toegoe Kapal Terbang Seulawah jang dibriken oleh Rakjat Atjeh kepada Republik jang
baroe: Republik Indonesia, jang kerap digoenaken Bung Karno oentoek pegi ke pelosok
Noesantara, dan kelak itoe kapal terbang digoenaken sebagi kapal terbang kesatoenja
Garuda Indonesia, jang dipake oentoek kepentingan komersiil, dimoelai dari Calcutta di
India, laloe terbang ke Rangoon di Myanmar. Penerbangan perdana itoe goenakan pe-
sawat DC Dakota RI 001 dengen nama: Seulawah, jang artinja adalah goenoeng emas.

Bung Karno pada koendjoengannja ke Koetaradja (Banda Aceh) pada masa sesoeda ke-
merdekaan menantang djiwa patriotisme Rakjat Atjeh dengen mengatakan "Situatie Re-
Publik Indonesia gawat, Atjeh satoe-satoenja alternatief saat ini jang dapet menolong
dan menjelamatkan Proklamasi 17 Agustus 1945. Kerna seloeroeh iboekota provinsi In-
donesia katjoeali Atjeh telah didoedoeki oleh pendjadjah Belanda. Atjeh daerah modal
oentoek menjelamatkan perdjoangan dan tjita-tjita Proklamasi 17 Agustus 1945, dan
mengharapkan malem ini dapet terkoempoel dana perdjoangan oentoek membeli pe-
sawat terbang oentoek terobos blokade oedara Belanda, dan membiajai missie diplo-
matik Republik Indonesia di loear negeri". Ach, pandai sekali Bung Besar ini bitjara :)

Selandjoetnja Bung Karno mengoetjapkan: "Saia tida makan malam ini kaloe dana
oentoek itoe belom terkoempoel". Segenap hadirin tjoemah saling memandang en
moentjoel-lah saorang anak moeda berdiri dan njataken sanggoep boeat koordinir
pengoempoelan dana. Segenap Rakjat Atjeh baik jang moeda maoepoen jang toea
sigra keloearken harta apa sadja jang dimilikinja, tjintjin, gelang, telor asin, djoega
oeang. Kerap terdjadi iboe-iboe jang tjopotin anting-anting anak gadisnja oentoek
disoembangken. Walhasil, dana jang terkoempoel semoea itoe totaalnja= 120.000
dollar dan emas 20 KG jang soeda tjoekoep oentoek membeli satoe kapal terbang
djenis Dakota! Soenggoe soeatoe tjinta teramet dalem Rakjat Atjeh ini *djempol*

Penginapan di Sabang adalah Hotel Sabang Hill, jang letaknja ada di atas boekit
dengen pemandangan spectaculair menakdjoebken, dan bikin hati poen seneng.
Hotel lama jang di-refresh ini soegoehken atmosfir rileks tatkala kitaorang doe-
doek di terasnja (ada krosi-medja dan kerlap-kerlip lampoe di malem hari, yeah!)
Itoe tempat nginep tjoemah bisa menampoeng 44 orang sadja, jang terdiri dari:
40 peserta dan 4 panitia. Kaloe-kaloe Toean dan Njonja daftarnja te laat (telat)
dan kesengsem tetep kapengen ikoet, kitaorang sijap sediaken penginapan laen
di tengah kota, jang bernama: Sabang Guesthouse, satoe roemah djadoel jang
asri, adem dan sedjoek, kerna architectuurnja jang akrab dengen iklim tropisch.
Semoea hotel jang kitaorang inepin nantinja, pakei AC semoea, didjamin dingin.

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)

Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky ada di nomer urut 18 maka Onky mentransfer duitnya
= Rp.3.700.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.3700018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu
ke no.urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.3.700.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi no.urut.
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriem Bellina
20. Btari Karlinda 

Transfernya bisa sekaligus = Rp11.100.018 (mengacu ke no.urut paling duluan), ..no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.11.100.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. krn nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
tapi kalo mau transfer satu-satu jg boleh, ketik aja gini: Rp.3.700.018, Rp.3.700.019, Rp.3.700.020.
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yg Rp.14.800.018 itu untuk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)
 

Pembayarannya Bisa Dicicil, suwer dah!!!
cicilan 1 = 2 juta (Desember, yah di bulan ini!)
cicilan 2 = 1,7 juta (Januari, di minggu pertama)
(tuch kan = 3,7 juta total semuanya, bener toh?!) 
(yuk DP pertama mulai hari ini biar semuanya ok)

Jika ada pembatalan, maka "aturan maennya" kayak begini yah, ok?
Cancel dari tgl 21- 31 Desember 2011, kena potong 10% dari 3,7 juta.
Cancel dari tgl 1 - 6 Januari 2012, kena potong 20% dari 3,7 juta.
Cancel dari tgl 7 - 13 Januari 2012, kena potong 50% dari 3,7 juta.
Cancel dari tgl 14 - 16 Januari 2012, kena potong 75% dari 3,7 juta.
Cancel 3 (tiga) hari sebelum keberangkatan (17-18-19 Januari 2012),
tidak ada reimbursment alias duitnya hangus, sudah dipake nyaris semua.

(Oh iya semua orang boleh ikutan acara ini, gak harus
member SAHABAT MUSEUM, siapapun boleh join turut
bergabung, yg tua, muda, anak kecil, yg belom pernah
ikut sama sekali program: PLESIRAN TEMPO DOELOE
atau yg belom pernah ketemu sama kami, juga peserta
lainnya, silahkan aja ikutan program ini, yuk mari ikutan!)

Jumat   20 Januari 2012: menginap di Banda Aceh
Sabtu   21 Januari 2012: menginap di Sabang
Minggu  22 Januari 2012: menginap di Sabang 
Senin    23 Januari 2012: menginap di Banda Aceh
Selasa   24 Januari 2012: pada pulang ke rumah yah

Nah, yang ini jikalau terjadi Force Majeur sebelum acara dan/atau ketika
acara berlangsung di Provinsi Aceh, maka penjelasannya seperti ini lho...

Bila sebelum acara PTD yang ke Sabang - Atjeh ini berlangsung (sebulan
sebelum, seminggu sebelum, beberapa hari sebelum), terjadi Force Majeur
berupa: Gempa Bumi, Ombak Gede, Gejolak Sosial, dll, (pokoknya hal-hal
yang di luar kendali kita, dan tidak memungkinkan untuk diteruskan), maka
plesiran akan dibatalkan
.

Lantas jika kita yg membatalkan semua, maka itu biaya untuk Uang Muka (DP)
Hotel, Bus, Rumah Makan, Sewa ini, Sewa itu selama di Provinsi Aceh, dan ter-
nyata mesti kena potongan biaya ini-itu dari mereka yang di atas tadi, maka se-
mua peserta kena potongan biaya sesuai jumlah nominal yang mereka sebutkan
(bagi kita mengerikan untuk diteruskan, bagi mereka semua uang yang sudah di-
bayar tak dapat dikembalikan, atau kena potongan sekian-sekian) *sigh*

Namun, jika plesiran ini tetap dijalankan setelah kejadian yang kagak asik tadi berlalu...
(Gempa Bumi, Ombak Gede, Gejolak Sosial, dll), dan nampaknya aman-aman aja di sana,
maka peserta yang mau cancel dan tidak jadi berangkat ke acara ini, akan dipotong biaya
seperti yang tertera di atas tadi, DAN juga, jika tidak terjadi apa-apa, lantas bila peserta
membatalkan keikutsertaannya, maka biayanya juga akan dipotong, seperti di atas tadi.

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
M: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
YM id: bang_adep
Email/FB: adep@cbn.net.id
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.com

(beberapa sumber sejarah, dikutip dari buku karya:
Mohammad Said, berjudul: "Atjeh Sepandjang Abad"
Djilid 1 terbitan tahun 1961; "Asal Mula Konflik Aceh"
karya: Anthony Reid; dan buku: "Membedah Sejarah
Aceh" karya: M.Adli Abdullah; lalu buku katalog ttg:
Panduan Kuburan Militer Peutjut yg diterbitkan oleh:
Stichting Peutjut - Fonds Belanda pada tahun 2007.


PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang - Atjeh
(jadwal dapat berubah, sesuai situasi dan
kondisi alam di lapangan)

Hari 1 - Jumat, 20 Januari 2012
06.00 - 07.00: Kumpul di Bandara
07.00 - 08.00: Check In & Bagasi
08.00 - 09.05: Siap-Siap Boarding
09.05 - 12.55: Terbang CGK - BTJ
13.00 - 13.30: Beres-Beres Bagasi
13.30 - 14.00: Berangkat Makan Siang
14.00 - 15.00: Makan Siang di Banda Aceh
15.00 - 15.30: Berangkat ke Kapal PLTD Apung
15.30 - 16.00: Keliling Kapal PLTD Apung
16.00 - 16.30: Berangkat ke Kapal Lam Pulo
16.30 - 17.00: Keliling Kapal Lam Pulo
17.00 - 17.30: Berangkat ke Paviliun Seulawah
17.30 - 18.00: Check In & Pembagian Kamar
18.00 - 19.00: Istirahat di Paviliun Seulawah
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam
19.30 - 20.30: Makan Malam di Banda Aceh
20.30 - 21.00: Kembali ke Paviliun Seulawah
21.00 - 22.00: Pintong* Keliling Banda Aceh?
22.00 - 06.00: Istirahat di Paviliun Seulawah
(*Pintong, kependekan: Pindah Tongkrongan)

Hari 2 - Sabtu, 21 Januari 2012
06.00 - 07.00: Sarapan di Paviliun Seulawah
07.00 - 07.30: Berangkat ke Pelabuhan Ulee Lheue
07.30 - 08.00: Siap-Siap Masuk Kapal Cepat dan ke Pulau Weh
08.00 - 08.45: Kapal Cepat berangkat ke Pelabuhan Balohan
08.45 - 09.00: Tiba di Pelabuhan Balohan dan Masuk Mobil
09.00 - 10.00: Berangkat ke kota Sabang dgn Mobil Travel
10.00 - 11.00: Berganti Bus Pariwisata menuju Tugu 0 KM
11.00 - 12.00: Keliling dan Berfoto di Tugu 0 KM Indonesia
12.00 - 12.30: Berangkat ke Pantai Iboih
12.30 - 13.30: Makan Siang di Pantai Iboih
13.30 - 15.30: Berangkat ke Pulau Rubiah & Snorkeling
15.30 - 16.30: Keliling Pantai Iboih dan Pantai Gapang
16.30 - 17.30: Berangkat ke Hotel Sabang Hill
17.30 - 18.00: Check In & Pembagian Kamar
18.00 - 19.00: Istirahat di Hotel Sabang Hill
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam
19.30 - 20.30: Makan Malam di Sabang
20.30 - 21.00: Kembali ke Hotel Sabang Hill
21.00 - 22.00: Pintong Keliling Sabang?
22.00 - 06.00: Istirahat di Hotel Sabang Hill

Hari 3 - Minggu, 22 Januari 2012
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Sabang Hill
08.00 - 11.00: Keliling Bunker Jepang di Pulau Weh
11.00 - 12.00: Berangkat ke pusat kota Sabang
12.00 - 13,00: Makan Siang di Sabang
13.00 - 17.00: Keliling kota Sabang
17.00 - 17.30: Berangkat ke Hotel Sabang Hill
17.30 - 19.00: Istirahat di Hotel Sabang Hill
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam
19.30 - 20.30: Makan Malam di Sabang
20.30 - 21.00: Kembali ke Hotel Sabang Hill
21.00 - 22.00: Pintong Keliling Sabang?
22.00 - 06.00: Istirahat di Hotel Sabang Hill

Hari 4 - Senin, 23 Januari 2012
06.00 - 07.00: Sarapan di Hotel Sabang Hill
07.00 - 07.30: Berangkat ke Pelabuhan Balohan
07.30 - 08.00: Siap-Siap Masuk Kapal Cepat dan ke Banda Aceh
08.00 - 08.45: Kapal Cepat berangkat ke Pelabuhan Ulee Lheue
08.45 - 09.00: Tiba di Pelabuhan Balohan dan Masuk Bus Pariwisata
09.00 - 09.30: Berangkat ke Rumoh Aceh (Museum Aceh)
09.30 - 10.30: Keliling Rumoh Aceh (Museum Aceh)
10.30 - 11.00: Berangkat ke Makam Sultan Iskandar Muda
11.00 - 11.30: Keliling Makam Sultan Iskandar Muda
11.30 - 12.00: Berangkat Makan Siang
12.00 - 13.00: Makan Siang di Banda Aceh
13.00 - 13.30: Berangkat ke Museum Tsunami
13.30 - 14.30: Keliling Museum Tsunami
14.30 - 15.00: Keliing Kerkhof Peutjut (Kuburan Belanda)
15.00 - 15.30: Keliling Gunongan
15.30 - 16.15: Berangkat ke Rumah Tjut Nya' Dhien
16.15 - 17.15: Keliling Rumah Tjut Nya' Dhien
17.15 - 18.00: Berangkat ke Paviliun Seulawah
18.00 - 19.00: Istirahat di Paviliun Seulawah
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam
19.30 - 20.30: Makan Malam di Banda Aceh
20.30 - 21.00: Kembali ke Paviliun Seulawah
21.00 - 22.00: Pintong Keliling Banda Aceh?
22.00 - 06.00: Istirahat di Paviliun Seulawah

Hari 5 - Selasa, 24 Januari 2012
06.00 - 08.00: Sarapan di Paviliun Seulawah
08.00 - 08.30: Berangkat ke Mesjid Raya Baiturramahman
08.30 - 09.30: Keliling Mesjid Raya Baiturramahman
09.30 - 10.00: Berangkat ke tempat belanja Oleh-Oleh
10.00 - 11.00: Belanja Oleh-Oleh khas Banda Aceh
11.00 - 11.30: Berangkat ke Bandara Sultan Iskandar Muda
11.30 - 12.30: Check In & Bagasi
12.30 - 13.25: Siap-Siap Boarding
13.25 - 17.15: Terbang BTJ - CGK
17.15 - 18.00: Beres-Beres Bagasi
18.00 - 18.30: Good Bye & See You in next PTD
  


Peserta PTD: Sabang - Atjeh

1. Soerini Soedjarwo
2. Lastriatun (temen Bu Djarwo)
3. Sri Kumalawati (temen Bu Djarwo)
4. Sari Handayani (temen Bu Djarwo)
5. Sandec Sahetapy
6. Soeharti Soesilo HP
7. Herawati Kadarman
8. Lenita Sulthani DP 2 juta BCA 23 Des
9. Halimah Bakar (ibu Lenita)
DP 2 juta BCA 23 Des
10. Megah BL FULL 3,7 juta MANDIRI 22 Des
11. Revni BP (kakak Megah)
12. Rini Soewondho 
13. Sri Mulyani
14. Yulia Djoel (ibu Sri)
15. Indah Rahmawati (Indie)
16. Nurarini (ibu Indie)
17. Tety Garnasih 
18. Albert Hartono
19. Nabura Cruise DP 2 juta BNI 23 Des
20. IGN Adhitya Utama
21. Elly Wintania
22. Suriani Burhan
23. Novita Widyawati
24. Yustin Angesti
25. Novia Parmantri
26. Tati Murdiati
27. Rose Lintong FULL 3,7 juta BCA 29 Des
28. Saparina Sadli FULL 3,7 juta BCA 29 Des
29. N.Rudi Lubis
30. Sri Hariyanti Sampoerno (Yanti)
31. Harianto Sunardi
DP 2 juta BCA 27 Des
32. (istri Harianto) DP 2 juta BCA 27 Des
33. Kohei Funaki
34. ...isi...isi...
35. ...isi...isi...
36. ...isi...isi...
37. ...isi...isi...
38. ...isi...isi...
39. ...isi...isi...
40. (batas peserta)


Attachment(s) from Ade Purnama

6 of 6 Photo(s)

Tidak ada komentar: