27.1.12

[tourismindonesia] Jelajah “Kota” Prasejarah Pacitan: Potret Hunian Gua Kawasan Gunung Sewu



Misi-misi, sekedar menyebarluaskan informasi tentang trip wisata arkeologis Jelajah "Kota" Prasejarah Pacitan: Potret Hunian Gua Kawasan Gunung Sewu.

Gunung Sewu atau Gunung Seribu adalah kawasan seluas ± 1.300 km² yang membentang sepanjang 85 km dari Pantai Parangtritis (Yogyakarta) hingga Teluk Pacitan (Jawa Timur). Salah satu daerah yang masuk ke kawasan ini ialah Pacitan. Oleh para ahli, Pacitan dikenal juga sebagai "ibukota prasejarah" karena menyimpan peninggalan prasejarah yang sangat lengkap dari berbagai zaman. Sejak 10.000 tahun yang lalu kawasan ini dihuni oleh Homo sapiens sapiens atau manusia "Modern" Jawa.

Berminat untuk masuk ke lingkungan manusia purba, melihat cara mereka memanggang sapi dan monyet atau menyaksikan keterampilan mereka dalam mengolah sebongkah batu menjadi alat-alat serba guna? Dalam trip kali ini, Jaladwara menyediakan mesin waktu untuk berkunjung ke peradaban 10.000 tahun yang lalu. Kita akan jelajahi gua, sungai, dan pantai lantas melihat dari dekat pola interaksi antara manusia dengan lingkungannya. 

Kita akan berkunjung ke rumah prasejarah manusia purba, Song Terus. Lalu menyaksikan atraksi seni di Gua Tabuhan. Selanjutnya singgah di situs perbengkelan Ngrijangan yang merupakan bengkel alat-alat neolitik Pacitan serta berkunjung ke Kali Baksoka, sebuah kali purba yang mengilhami munculnya istilah "Budaya Pacitanian" yang mendunia. 

Puas menyelami lingkungan masa lalu manusia purba, kita kemudian beranjak ke Pantai Watu Karung. Sebuah pantai terpencil di Pacitan yang memiliki kualitas ombak internasional untuk olahraga surfing. Di sinilah kita akan menginap sambil menikmati hembusan angin pantai, meramu "Sup Purba" di tepi pantai dan mencoba merangkai pola diet manusia purba kala itu. 

Perjalanan akan ditutup di Museum Karst Indonesia, Wonogiri. Di sana kita akan disuguhi gambaran kawasan karst Gunung Sewu. Info lebih lengkap bisa dilihat di: http://jaladwaratour.blogspot.com/2012/01/jelajah-kota-prasejarah-pacitan-potret.html
 


Terimakasih moderator...:)


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: