28.3.12

[tourismindonesia] Dari Pecel Goreng, Bubur Ayam Puas, Mie Kangkung, hingga Suki Tom Yam



Pondok Delima, Jalan Raya Tengah, Condet-Jakarta Timur. Menikmati berbagai menu jawara dengan suasana cozy: Dari Pecel Goreng, Bubur Ayam Puas, Mie Kangkung, hingga Suki Tom Yam

Ingin menikmati aneka menu uenak nan nikmat yang menggugah selera di satu lokasi? Atau ingin suasana tempat makan yang cozy dan asyik untuk ngumpul? Jika ya, semua keinginan itu dapat Anda temui di Pondok Delima, Condet, Jakarta Timur. Dijamin aneka makanan yang disaji bisa membuat Anda ketagihan untuk menjajalnya kembali, Nah, tidak sabar mencoba? Yuk sambangi...!

Pondok Delima merupakan sentra makanan yang berlokasi di Jalan Raya Tengah No. 9A, Condet, Jakarta Timur.Bagi Anda yang ingin mencicip kenikmatan ragam menu bercita rasa jawara dari sentra kuliner ini, tidak perlu bingung untuk sampai ke tempat tersebut. Letaknya di pinggir jalan raya sehingga kawasan Pondok Delima cukup strategis dan ramai. Anda yang melaju dari arah Pasar Minggu ataupun Depok, bisa langsung mengambil jalan menuju ke arah Pasar Rebo. Setelah lampu merah kedua, atau setelah pertigaan ke arah Jalan Condet Raya, tepatnya dekat showroom Yamaha, belokkan kendaraan Anda ke kiri, dan ikuti sepanjang Jalan Raya Tengah. Satu kilometer setelahnya, Anda akan menemukan plang besar yang menandakan sentra Pondok Delima di kiri jalan. Tepat di depan Pondok Delima, terdapat Universitas Indra Prasta.

Masuk ke dalam Pondok Delima, Anda bakal disambut bangunan luas semi indoor dengan arsitektur minimalis. Di dalamnya berderet berbagai stand yang menyajikan aneka menu yang menggoda hasrat berkuliner Anda. Selain itu, tertata rapi puluhan meja dan kursi berukuran panjang yang terbuat dari kayu. Tempat tersebut bisa menampung 80-100 orang. Meskipun tempat ini selalu ramai setiap hari, namun kebersihannya tetap terjaga. Hal ini memungkinkan Anda dan para pengunjung lainnya dapat menyantap aneka makanan dengan nyaman. Semua stand yang berada di Pondok Delima ini beroperasi pukul 06.30-23.00 WIB.

Aneka hidangan berkuah.

Melihat deretan stand di Pondok Delima dengan ragam sajian yang begitu menggoda, pasti membuat Anda bingung untuk mengawali perjalanan kuliner kali ini. Hmmm... tenang aja, dijamin Anda bakal terpuaskan dengan mencicipi aneka menu jawara dari semua stand di Pondok Delima ini.

Santapan pertama yang bisa Anda coba adalah Suki Tom Yam ala Depot Suki Chinese & Thailand Food. Seporsi Suki Tom Yam, menampilkan perpaduan ciamik yang menggugah selera, mulai dari bakso daging, bakso ikan, tahu goreng, irisan crab stick, irisan sawi hijau dan sawi putih, irisan daun jeruk, irisan serai dan irisan cabai rawit. Hmmm.... membayangkannya saja sudah membuat lidah semakin bergoyang. Apalagi ditambah dengan limpahan kuah dengan rasa yang super duper gurih, karena menggunakan kaldu seafood yang dicampur dengan irisan daun jeruk, irisan serai, irisan cabai rawit, kecap ikan dan tak lupa bumbu halus yang terdiri atas cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, asam jawa dan gula. Nyam...nyam...nyam... rasanya semakin marantappp. Cukup merogoh kocek Rp 10.000, Anda pun bisa menikmati sensasi makan Suki Tom Yam yang suedep poll.

Selain mencicip Suki Tom Yam, Anda wajib menjajal kenikmatan Sop Iga Sambal Edun yang maknyos. Seporsi menu ini terdiri atas iga, wortel yang diiris bulat, kentang yang berbentuk dadu kecil, serta irisan daun bawang. Sop Iga akan semakin nikmat jika disantap saat panas dengan menyeruput kuah yang gurih banget. Kuah yang gurih tercipta dari kaldu daging dengan campuran bumbu yang nampol, seperti bawang merah, bawang putih, merica bulat, serta garam yang dihaluskan serta tak lupa dicampur dengan pala dan kayu manis. Yummyy...

Tidak sampai di situ, lidah Anda bakal dimanjakan lagi dengan kelembutan yang berasal dari daging iga sapi yang bakal melumer di mulut saat dikunyah. Seporsi Sup Iga Sambal Edun yang uenak ini dapat Anda beli seharga Rp 10.000/porsi. Selain kedua menu di atas, ada beberapa menu lain yang bakal membuat lidah Anda semakin termanjakan, seperti Nasi Goreng Omelet, Nasi Greng Tom Yam dan masih banyak lagi dengan kisaran harga antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per porsi.

Masih ingin menikmati hidangan berkuah yang lebih nendang? Datangi saja My Kantin, stand dengan sajian spesial Mie Kangkung. Seperti namanya, sepiring menu Mie Kangkung ini didominasi dengan limpahan mie kuning dengan potongan kangkung yang menggiurkan. Kenikmatan yang tersaji dalam seporsi makanan ini, tercipta dari racikan bumbu yang begitu pas, percampuran dari bumbu halus cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang ditumis dan dicampur dengan mie kuning serta potongan kangkungnya. Setelah bumbu meresap dan bau harum dari masakan ini, dimasukkan air secukupnya untuk memberi sensasi kuah nikmat dalam menu Mie Kangkung. Kenikmatan masakan ini semakin lengkap dengan irisan daun bawang dan bawang goreng di atasnya. Satu piring Mie Kangkung, bisa Anda santap kenikmatannya dengan membayar Rp 10.000. selain Mie Kangkung, Anda juga bisa memesan Soto Mie, Tahu Campur serta Nasi Tomat Ayam yang rasanya enak menggila dengan kisaran harga Rp 10.000-15.000 per porsi.

Menu khas Indonesia

Ingin mencicipi masakan tradisional namun denga penyajian yang cukup unik? Nggak salah lagi kalau Anda menyambangi tempat makan Pecel Pelangi. Salah satu menu primadona adalah Pecel Goreng yang menggoda. Waktu menu dihidangkan, mungkin Anda merasa bingung dengan sajian yang ada di depan mata, atau berpikir pelayannya salah memberikan menu pesanan Anda. Eitsss... nggak usah bingung! Memang tampilan Pecel Goreng ala Pecel Pelangi ini nggak seperti menu pecel biasanya. Pecel Goreng yang unik ini dibuat dari irisan wortel, kacang panjang serta potongan bayam yang sudah direbus, lalu dibungkus dengan daun sawi putih yang juga telah direbus hingga matang. Cara menggulungnya seperti membentuk Rolade. Setelah terkemas apik, barulah sawi putih berisi aneka sayuran tersebut dicelupkan ke dalam kocokan telur, kemudian dibalur dengan tepung panir, dan digoreng hingga berwarna cokelat nan menggoda. Agar menambah kelezatannya, hidangan ini harus bersanding dengan bumbu kacang tanah goreng yang dihaluskan bersama cabai merah, bawang merah, bawang putih, asam jawa, daun jeruk, garam dan gula, sebagai teman cocolnya. Wowww... sensasi rasa yang unik pun menancap ke lidah, saat potongan demi potongan Pecel Goreng seharga Rp 8.000 per porsi ini masuk ke dalam mulut. Yummy.....

Masih penasaran dengan menu daerah yang unik dengan rasa nggak kalah suedep-nya? Kalau begitu, silakan Anda mampir sejenak ke Kedai Martabak Puas untuk mencicipi menu-menu yang mantep pisan. Meskipun mengusung menu martabak, namun ada satu menu yang menjadi jagoan dari tempat makan ini, Bubur Ayam Puas. Sang jawaranya ini bakal nendang di lidah Anda dengan kenikmatan rasa yang enak banget.

Bubur Ayam Puas ini disajikan dalam bentuk Bubur khas Cirebon. Saat direbus, bubur dicampur dengan kaldu ayam dan sedikit garam, sehingga menciptakan tekstur bubur yang sangat lembut. Kelezatannya pun semakin lengkap dengan guyuran kuah kuning yang sedap nan melimpah. Olahan dari kuah kaldu yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri dan kunyit yang sudah dihaluskan. Dengan penyajian bertabur suwiran ayam, irisan cakwe, daun bawang, bawang goreng, kerupuk dan telur kuning mentah sebagai topping bubur, kian mempercantik penampilan menu ini, dan pastinya bakal membuat Anda semakin tergoda untuk segera menghabiskannya. Semangkuk kenikmatan Bubur Ayam Puas ini, dapat Anda beli seharga Rp 8.000.

Masih belum cukup petualangan kuliner di Pondok Delima? Jangan khawatir, di sini masih banyak aneka hidangan yang dapat Anda coba seperti Soto Daging, Bakso Solo, Bakwan Malang, Tahu Campur, dan menu uenak lainnya. So... nggak usah tunggu lama lagi, mari berburu kuliner di Pondok Delima!

(Nyoman Yunny)


Dessert Singong ala Thai nan legit dan Vosco yang suegerr

Puas menyantap berbagai hidangan berat, tidak ada salahnya jika Anda menyempurnakan perjalanan kuliner dengan mencicip ragam kudapan dengan rasa juara. Salah satu kudapan yang wajib Anda coba adalah Dessert Singkong ala Thai dari Depot Suki Chinese & Thailand food. Mendenga nama menu singkong, mungkin Anda nggak bakal tertarik untuk mencobanya. Eitssss.... jangan salah, s\meskipun kudapan tersebut berbahan baku singkong, namun cita rasa yang dihadirkan sanga maknyos banget. Bayangan singkong dengan daging yang keras bakal terhapus saat Anda mulai memotongnya. Dijamin empuk dah.

Untuk mendapatkan singkong yang empuk dengan rasa manis, singkong direbus dengan campuran air gula dan sedikit gara. Kenikmatannya pun kian bertambah, saat guyuran nan melimpah dari saus santan yang bercampur larutan maizena dan sedikit garam, meleleh di atasnya. Uenakkk poll... Seporsi kudapan Dessert Singkong ala Thai ini bisa Anda jajal dengan membayar Rp 5.000 saja.

Masih berselera mencoba kudapan yang lain? Kalau begitu cicipi Pisang Kipas dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang ditawarkan oleh Kedai Pecel Pelangi. Saat menu tersebut terhidangkan di atas meja, Anda akan menemukan sajian menarik dari kudapan pisang yang dibuat berbentuk seperti kipas. Untuk rasanya!!! Hmmm... Kelembutan dan citarasa yang nendang dari potongan pisang, bakal tersaji sempurna di mulut Anda. Kudapan dengan kualitas rasa yang enak ini tercipta dari bahan baku dan cara pengolahannya yang pas. Pisang kepok dengan tingkat kematangan yang baik, menjadi pilihan kunci kenikmatan dari menu ini. Setelah pisang diiris berbentuk kipas, kemudian diolah dengan dicelupkan ke dalam adonan yang terdiri atas tepung terigu, tepung beras, gula, garam dan vanili. Lalu dibalur dengan tepung panir, barulah Pisang Kipas digoreng hingga berwarna kecokelatan yang cantik. Saat mencbanya, hmmm... dijamin Anda bakal ketagihan menyantap seporsi Pisang Kipas seharga Rp 5.000 dengan isi 4 buah ini.

Ingin menyeruput ragam minuman yang sueger? Kantin Pondok Delima tersedia berbagai minuman yang melegakan tenggorokan, salah satu yang khas adalah Vosco, minuman yang diolah dari campuran susu kental manis, sirop blueberry, dengan guuyuran air soda begitu menyegarkan di mulut, apalagi dengan tambahan es batu. Suegerrr...

Selain Vosco, Anda juga bisa mencoba minuman yang nggak kalah nyesss di tenggorokan, seperti Jus Mangga, Jus Sirsak, Jus Jeruk, Jus Naga, Mix Jus (campuran), Aneka Soft Drink, teh bool, dan masih banyak lagi. Rasa segar nan menggiurkan di Kantin Pondok Delima ini, dapat Anda beli dengan kisaran harga Rp 2.500-Rp 7.000 pada pukul 06.30-23.00. Tertarik mencoba? Maree........

(Nyoman Yunny)


* Suki Tom Yam ala Depot Suki Chinese & Thailand Food (untuk 2-3 porsi)

Bahan:
- 200 gr bakso daging
- 200 gr bakso ikan
- 200 gr tahu goreng
- 200 gr crab stick
- 100 gr sawi hijau
- 100 gr sawi putih
- 2 liter air kaldu seafood
- 10 buah cabai rawit, iris serong
- 4 lembar daun jeruk, iris tipis
- 3 batang serai, iris tebal
- 3 cm jahe, memarkan
- 3 sdm kecap ikan

Bumbu halus:
- 5 buah cabai merah
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt terasi bakar
- 2 sdm asam jawa
- Gula merah secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat:
Rebus air kaldu seafood bersama bumbu halus hingga mendidih, tambahkan irisan daun jeruk, serai, cabai rawit dan kecap ikan, aduk rata. Masukkan bakso daging, bakso ikan, tahu dan crab stick, masak hingga matang. Tambahkan sawi hijau dan sawi putih, rebus hingga matang. Tuang ke dalam mangkuk saji, sajikan panas.


Info Kuliner - 2-15 Maret 2012


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: