15.3.12

[tourismindonesia] Griya Kulo Resto, Cilandak-Jakarta Selatan: Selad Solo jadi menu favorit para ekspatriat



Griya Kulo Resto, Cilandak-Jakarta Selatan: Selad Solo jadi menu favorit para ekspatriat

Konsep rumahan merupakan tema yang diusung Griya Kulo Resto. Meski aneka menu yang ditawarkan merupakan menu resto, namun tata ruang dan perabot yang digunakan merupakan aplikasi dari konsep rumah hunian yang membuat para tamu yang datang merasa seperti makan di rumah sendiri. Apa saja sensasinya?

Griyo Kulo Resto merupakan salah satu tempat makan di pinggiran kota Jakarta yang senantiasa dipadati pengunjung. Tak kurang dari 100 orang datang setiap hari ke resto ini. Dijelaskan Ritma Krisbani, Manager Operasional Griyo Kulo Resto. Nama Griyo Kulo Resto berasal dari bahasa Jawa yang artinya rumah saya. Hal ini karena Griyo Kulo Resto ingin menciptakan suatu resto yang didesain layaknya rumah tinggal, sehingga para tamu yang datang dapat merasakan suasana homey.

Untuk teman bersantap para tamu, Griyo Kulo Resto menyediakan beberapa ruangan berbeda yakni saung lesehan dan meja taman yang berada di sekitar pekarangan, meja makan kayu yang tertata di lantai 1, meja dan sofa yang didesain layaknya ruang tamu di lantai 2 serta meja dan kursi kayu yang diletakkan di balkon lantai dua. Agar suasana rumahan benar-benar terasa, pengelola Griyo Kulo Resto menambahkna beberapa perabot seperti lukisan, arca dan beberapa ornamen seperti gebyok dan ukiran-ukiran Jawa yang tampak menghiasi ruangan.

Kombinasi menu,

Meskipun desain yang dihadirkan cukup kental dengan nuansa Jawa, aneka menu yang dihadirkan merupakan kombinasi antara hidangan khas Nusantara dengan menu ala Western. Untuk menu Nusantara Griya Kulo Resto menyuguhkan beberapa menu andalan seperti Selad Solo, Nasi Goreng Griya Kulo, Sop Iga Pedas dan Nasi Gandul. Sedangkan untuk menu ala Eropa, menyediakan Gindara Steak, Sirloin Steak, Chicken Cordon Blue dan Spaghetti Mushroom Ragout.

Harga yang ditawarkan Griya Kulo Resto disesuaikan dengan tagline yang diusung yakni menyediakan tempat makan yang nyaman dan cita rasa hidangan ala bintang lima namun dengan harga yang murmer sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Hanya aneka menu di Griyo Kulo Resto berkisar dari Rp 12 ribu-Rp 55 ribu per porsi. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam.

Saat Anda berkunjung ke resto ini, salah satu menu yang wajib Anda coba adalah Selad Solo. Berbeda dari menu sejenis yang biasa ditawarkan di tempat lain yang menggunakan siraman kuah seperti Semur, Selat Solo ala Griya Kulo Resto menggunakan kuah cuka sebagai siramannya, sehingga dapat menciptakan paduan rasa gurih, manis, pedas dan asam yang klop. Sajian yang menjadi langganan para ekspatriat ini dibuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan telur ayam dan dibumbui dengan lada dan garam. Selanjutnya adonan daging sapi dituang di atas aluminium foil dan dilebarkan, kemudian satu buah wortel rebus diletakkan di bagian pinggir adonan. Setelah itu, adonan daging digulung dan dikukus selama +- 30 menit.

Saat akan disajikan, rollade daging dipotong setebal +- 2 cm dan disusun di atas mangkuk ceper bersama pelengkap Kentang Goreng, Telur Rebus yang dipotong melintang, serta sayuran berupa daun selada, irisan timun dan irisan wortel rebus.Sebagai saus pelengkap, siraman kuah cuka masak dituangkan ke dalam mangkuk. Hmmm.. membayangkannya saja sudah membuat ngiler kan?

Ketika disantap, rasa daging sapi yang lembut dan gurih terasa matching dengan kombinasi pedas manis dan asam dari sidraman kuah cuka. Membuat suasana makan semakin sempurna. Jika ingin menciptakan sensasi ala Eropa yang kental, dapat juga ditambahkan saus mayones yang disediakan dalam piring terpisah.

Sajian ala Griyo Kulo Resto yang tak kalah spektakuler adalah Gindara Steak yang disajikan di atas piring keramik berwarna putih dengan siraman cream sauce dan pelenhgkap berupa Kentang Oven dan Salad Sayuran. Daging ikan gindara yang telah di-fillet tak meninggalkan aroma amis karena direndam dalam perasan air jeruk nipis dan taburan garam serta lada selama +- 3 menit. Setelah itu, ikan dipanggang di atas griller pan selama 15 menit. Proses pematangan ikan harus dilakukan secara perlahan di atas api sedang agar tekstur daging ikan tetap lembut dan tidak mudah hancur serta tidak menghilangkan sari pati yang terkandung di dalamnya. "Kalau dimasak di atas api besar, maka sari pati ikan akan mudah hilang dan rasa dagingnya kurang gurih," terang Ritma.

Suguhan ala Western ini semakin meriah dengan pelengkap Salad Sayuran yang dibuat dari irisan daun selada, potongan paprika dan croton (roti tawar yang dipotong kotak kecil dan dipanggang) yang disiram dengan vinegar sauce. Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, dapat menambahkan saus sambal sebagai cocollan untuk menu Gindara Steak. Untuk dapat menikmati hidangan satu ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 32.500/porsi.

Selain menghadirkan aneka menu yang beragam, Griyo Kulo Resto juga melayani permintaan khusus dari pelanggan meskipun menu yang diminta tidak tersedia dalam list menu. "Selama bahan yang dibutuhkan tersedia, kami akan berusaha untuk menyuguhkan pesanan khusus dari para tamu," ujar Ritma.

Selain menyediakan menu dalam bentuk ala carte, resto berkapasitas 130 orang ini juga melayani aneka menu dalam bentuk buffet untu berbagai acara seperti resepsi pernikahan, ulang tahun atau gathering dengan minimum pemesanan 20 pack. Pada saat weekend, Griyo Kulo Resto menampilkan live music untuk menghibur para pelanggan yang datang.

Pelanggan.

Para pelanggan Griyo Kulo Resto, tidak hanya dari Jakarta, tapi juga dari Bogor, Tangerang, dan Bekasi yang sengaja datang untuk menikmati suasana dan mencicipi masakan khas resto ini.

Pelanggan yang datang juga bukan hanya dari kalangan keluarga, anak mua atau ekspatriat saja tapi juga dari public figure seperti Reny Jayusman dan Arumi Bachsin. Tak ketinggalan, beberapa kader partai besar pun telah menjadi pelanggan setia Griyo Kulo Resto ini. Tertarik mencoba?

(Benyto)

Person quoted: Ritma Krisbani (Manager Operasional Griyo Kulo Resto)


* Gindara Steak ala Griyo Kulo Resto (untuk 1 porsi)

Bahan:
- 250 gr fillet ikan gindara
- 1/2 buah jeruk nipis
- Lada secukupnya
- Garam secukupnya
- 50 gr roti tawar, potong kotak kecil, panggang dalam pan dadar
- 5 gr paprika merah, potong dadu kecil
- 2 lembar daun selada
- 5 gr keju parmesan

Cream sauce:
- 25 gr bawang bombay
- 1 sdm tepung terigu
- 150 ml susu, dipanaskan
- 2 sdm margarin
- Garam secukupnya
- Lada merica secukupnya

Pelengkap:
- Saus sambal secukupnya
- Saus tomat secukupnya

Cara membuat:
Lumuri ikan dengan jeruk nipis, lada dan garam selama 5 menit. Panggang di atas griller pan selama 15 menit sambil sesekali dibolak-balik.
Cream sauce: Tumis bawang bombay hingga harum lalu tambahkan tepung terigu, aduk rata dan masak hingga bau tepungnya hilang. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Masak di atas api keci hingga sauce mendidih dan kental, angkat. Susun Gindara Steak di atas piring lalu siram dengan Cream Sauce. Susun daun selada dipinggir piring, taburi dengan roti tawar panggang, paprika, dan keju parmesan. Hidangkan hangat bersama pelengkap saus sambal dan saus tomat.


* Selad Solo (untuk 2 porsi)

Bahan:
- 200 gr daging giling
- 2 sdm tepung roti
- 1 buah wortel, kupas kulit, rebus
- 1/4 sdt pala bubuk
- 2 butir telur ayam, kocok lepas
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt garlic powder

Kuah cuka:
- 250 ml air
- 20 gr gula merah
- 15 ml cuka
- 30 ml kecap manis
- 5 gr cabai rawit hijau, haluskan
- Lada secukupnya
- Garam secukupnya

Pelengkap:
- 1 butir telur rebus, potong melintang
- 1/2 buah timun, iris serong
- 1/2 buah wortel, iris tebal, rebus
- 5 buah buncis sedang, dibersihkan
- 1 buah kentang, potong juring, goreng
- 15 gr daun selada

Cara membuat:
Rolade Daging: Campur daging, tepung roti, dan telur ayam, aduk rata. Bumbu dengan pala bubuk, garam, merica dan garlic powder, uleni hingga tercampur rata. Tuang adonan di atas aluminium foil, lebarkan. K-Letakkan wortel rebus di bagian pinggir adonan. Gulung hingga berbentuk seperti lontong. Lilit kedua ujung aluminium foil dengan benang atau tali. Kukus selama +- 30 menit hingga matang, angkat.
Kuah Cuka: Rebus semua bahan hingga mendidih, angkat dan saring. Potong-potong Rolade Daging lalu susun di atas mangkuk ceper. Tambahkan pelengkap berupa kentang goreng, daun selada, orosan wortel, irisan timun dan telur. Siram dengan kuah cuka. Sajikan hangat.

Info Kuliner Edisi Khusus 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: