22.3.12

[tourismindonesia] Gudangnya aneka kuliner dengan citarasa jawara. Dari Bakso Bakar, Lo Mie Karet Seafood, Sushi, hingga Nasi Lemak



Jalan Batu Sari, Jakarta Barat: Gudangnya aneka kuliner dengan citarasa jawara. Dari Bakso Bakar, Lo Mie Karet Seafood, Sushi, hingga Nasi Lemak

Ingin menikmati ragam sajian kuliner uenak yang mampu memanjakan lidah Anda? Kalau begitu, jangan ragu untuk melangkahkan kaki Anda menuju kawasan Batu Sari, Jakarta Barat.Berbagai tawaran hidangan kuliner menarik bakal tersaji nikmat di lidah Anda. Nggak percaya? Yuks telusuri...

Anda ingin menjelajah kuliner di kawasan Jakarta Barat? Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Jalan Batu Sari. Dari Pasar Palmerah, lajukan kendaraan Anda hingga lampu merah Rawa Belong, lalu belok ke kanan, sampai menemui kampus Bina Nusantara Anggrek (Binus). Nah, di sepanjang jalan inilah, lidah dan perut Anda bakal termanjakan dengan berbagai menu yang dijamin top abis...

Sajian Berkuah.

Perjalanan kuliner kali ini bisa dimulai dengan berbagai menu berkuah yang nikmat dan suegerr. Salah satu hidangan berkuah yang patut Anda jajal kenikmatannya adalah Soto Babat Bogor ala Warung Soto Bogor.

Sebelum dicampur dalam Soto, babat sapi direbus selama 2-3 jam, dicampur daun salam dan batang serai untuk menghilangkan bau amis. Setelah itu, babat dibersihkan dengan cara dikerik di bagian anduk-nya, dan barulah babat bisa dipotong sesuai selera. Hmmm... rasanya dijamin empuk dan enak!

Dalam seporsi kenikmatan Soto Babat Bogor terdiri atas potongan babat, remahan emping, irisan tomat, irisan kol dan daun bawang serta taburan bawang goreng yang semuanya tersaji cantik di dalam mangkuk. Apalagi jika sudah terguyur kuah kuning kental yang super gurih, racikan dari bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar sangrai, kemiri sangrai, jahe, dan kunyit yang kemudian direbus selama 20 menit bersama santan kental dan tambahan daun jeruk, serai yang dimemarkan, dan sedikit kayu manis, cengkih dan garam. Hmmm... kenikmatannya pun kian terbayang di lidah. Yummyy..

Untuk menikmati semangkuk Soto Babat Bogor yang nikmat ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu saja plus tambahan nasi putih, dijamin lidah bakal termanjakan oleh kenikmatannya. Warung Soto Bogor ini beroperasi pukul 09.00-00.00 WIB.

Masih belum puas dengan menu berkuah? Anda bisa mengunjungi Kedai Bakso Bakar yang menawarkan menu primadonanya, Bakso Bakar. Kedai Bakso Bakar berlokasi sekitar 20 meter dari Warung Soto Bogor.

Berbeda dengan penyajian Bakso kebanyakan, Bakso Bakar ini disajikan dalam bentuk Baksi yang ditusuk sate, kemudian dibakar di atas api. Sebelum dibakar, Bakso terlebih dahulu dioles dengan kecap manis. Hmmm... kenikmatannya semakin bertambah saat guyuran saus kacang yang hitam menggoda tersaji apik di atas Bakso Bakar. Bumbu kacang yang gurih nan legit tercipta dari perpaduan bahan baku yang sangat pas, yakni kacang goreng, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang dihaluskan dan ditumis hingga berbau harum dan mengeluarkan minyak, kemudian ditambah sedikit santan. Hmmm... inilah kunci kelezatan yang gurih dari menu Bakso Bakar ini.

Meskipun menyandang nama Bakso Bakar, namun menu ini dihidangkan bersama kuah bakso yang tidak kalah gurihnya, terbuat dari rebusan tulang iga sapi, bawang putih halus, garam, irisan bawang goreng dan irisan daun bawang. Wowww... benar-benar santapan yang maknyus banget!. Untuk menikmati sensasi Bakso Bakar ini. Anda bisa datang pukul 12.00-23.00 WIB, dan hanya merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu saja per porsi.

Menu Asia.

Ingin menyantap menu Asia yang rasanya nendang? Anda wajib mampir ke Rumah Makan AKA yang beroperaso pukul 07.30-23.00 WIB. Menu best seller di sini adalah Lo Mie Karet. Hidangan yang dibuat dari mie telur yang direbus, dan kemudian ditumis bersama bawang putih cincang, potongan cumi, udang, garam, lada, air kaldu ayam, irisan sawi hijau dan sawi putih, dan yang tak ketinggalan adalah kocokan telur yang merupakan kunci kenikmatan dan rasa gurih dari menu ini.

Rasa kenyal mie dan gurihnya kuah Lo Mie Karet membuat perpaduan yang ciamik dari menu ini. Apalagi saat Anda menyantapnya saat asap Lo Mie Karet ini masih mengepul. Srupplll... enaknya! Untuk menikmati kelezatan Lo Mie Karet, Anda cukup membayar Rp 15 ribu per porsi.

Anda penggila makanan khas Negeri Matahari Terbit? Anda bisa bertandang ke RM Sushi Ryu yang menyediakan berbagai menu ala Negeri Sakura, Jepang. Seperti namanya, Sushi merupakan menu wajib yang tersaji dengan berbagai tampilan. Salah satunya Sushu Tempura Floss yang merupakan most wanted dari tampat makan ini.

Berbeda dengan menu Sushi yang kebanyakan menggunakan bahan baku mentah, Sushi Tempura Floss ini didominasi bahan baku yang sudah dimasak, seperti udang tepung dan tepung kremesan (tanuki). untuk membuat Sushi ini, langkah awal  seperti beras hikohu sebagai bahan dasar Sushi dimasak terlebih dulu selama 20 menit. Setelah matang, nasi ditaruh di atas kerai bambu, lalu diberi nori, udang tepung, dan tepung kremesan, lalu Sushi digulung.

Untuk membuat tepung kremesan yang gurih nan crunchy, dibuat olahan tepung terigu, baking powder, soda kue, lada bubuk, garam,dan air. Kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Istimewanya lagi, lapisan luar Sushi Tempura Floss bukan ditaburi dengan telur salmon seperti Sushi kebanyakan, namun dibalur dengan abon ayam yang gurih banget.

Perpaduan yang klop antara udang tepung dan abon ayamnya terasa begitu menggoyang lidah saat masuk ke dalam mulut. Daging udang terasa lebih gurih dan renyah, karena sebalum diolah udang terlebih dahulu dipenyet diberi garam, lada dan dilumuri ke dalam adnan terigu lalu digoreng hingga kering. Ini membuat menu ala Jepang ini bercita rasa khas Indonesia.

Saat tersaji di atas meja, seporsi Sushi Tempura Floss didampingi Gari (acar jahe merah), Washabi (cabai hijau yang dihaluskan), Soyu (kecap asin), Cabai Bubuk Merah dan Sweet Sauce (kecap manis). Porsi mantap tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 22 ribu saja. Namun bagi Anda yang menyukai cita rasa Sushi asli dengan bahan baku mentah, Sushi Ryu pun bakal menyajikannya. Tempat Makan Sushi Ryu ini beroperasi pukul 12.00-23.00 WIB.

Ingin menjajal makanan khas Negeri Jiran Malaysia, jangan lewatkan Nasi Lemak di Cafe Ha Es Ef Kopitiam yang letaknya persis di depan kampus Binus Anggrek.

Secara tampilan dan rasa, Nasi Lemak tak jauh berbeda dengan Nasi Uduk, namun cita rasa Nasi Lemak lebih gurih. Kunci kenikmatan Nasi Lemak terletak pada penggunaan santan encer dan santan kental pada proses pembuatannya. Untuk membuat Nasi Lemak yang sedap, biasanya nasi diaron menggunakan santan encer, dan dicampur dengan bawang putih halus, jahe yang sudah dimemarkan, daun pandan dan garam. Setelah air santan sudah mulai asat, dimasukkanlah santan kental, dan kemudian dimasak hingga santan habis, setelah itu baru nasi dikukus.

Saat disajikan, Nasi Lemak disampingi Ayam Goreng, Ikan Teri Goreng, dan irisan Telur Dadar. Namun yang membuat menu Nasi Lemak ini begitu istimewaa yakni dengan adanya sambal khas yang rasanya dijamin bikin lidah Anda kian bergoyang. Sambal khas Nasi Lemak ini terbuat dari bumbu halus cabai.merah, cabai rawit, bawang merah, cabai merah kuning, bawang putih, gula dan garam, yang ditumis.

Hmmm.... kenikmatannya pun bakal menyeruak di lidah, saat suapan demi suapan Nasi Lemak masuk ke dalam mulut Anda. Yummy... Sepiring kelezatan menu tersebut bisa Anda dapatkan dengan membelinya seharga Rp 19 ribu. Cafe Ha Es Ef Kopitiam buka dari pukul 12.00-05.00 WIB.

Tergoda dengan kelezatan ragam menu yang terhidang di Jalan Batu Sari? Kalau begitu tunggu apa lagi, segeralah meluncur ke sana...

(Nyoman Yunny)


Renyahnya Jamur Krispi dan segarnya Es Coffie Jelly yang menggoda

Bukan hanya menyajikan berbagai hidangan berat dengan cita rasa jawara, di kawasan Batu Sari ini Anda akan menemukan aneka kudapan yang dijamin mampu menggoyang lidah Anda. Nyam...nyam,, salah satunya camilan yang wajib Anda jajal adalah Jamur Krispi yang ditawarkan oleh Jamur Garing. Dengan penampilan yang menarik, serta rasa yang gurih, membuat menyambangi lidah para pembelinya.

Jamur Krispi ini terbuat dari Jamur Merang yang setelah dibersihkan dibalur dengan adonan tepung terigu, dan kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Kenikmatannya pun kian bertambah saat ditaburi dengan aneka bumbu perasa, seperti rasa keju, jagung bakar, balado, pizza, mayo dan super pedas. Kriuk...kriuk.. kerenyahan jajanan ini pun sudah terasa dari gigitan pertama, apalagi saat Jamur Kriuk masih tersaji hangat. Jamur Kriuk yang paling favorit adalahh rasa keju dan super pedas. Cukup mengeluarkan kocek Rp 5 ribu, Anda pun bisa menikmati Jamur Kriuk/bungkus. Gerobak Jamur Garing ini beroperasi pukul 16.00-21.00 WIB.

Ingin menikmati minuman unik yang menyegarkan, hmmm... kayaknya Es Coffie Jelly harus Anda coba! Es Coffie Jelly terbuat dari campuran kopi mix instan, air, dan es batu yang diblender, dan ditambahkan dengan serutan agar-agar jelly. Sruppp... saat Anda menyeruputnya, sensasi rasa pahit nan manis, serta kekenyalan agar-agar jelly, membuat minuman ini terhidang istimewa di mulut Anda. Minuman si hitam manis yang menggoda ini bisa Anda dapatkan di Rumah Makan AKA, dengan harga Rp 7 ribu.

(Nyoman Yunny)


* Soto Babat Bogor ala Warung Soto Bogor (untuk 6 orang)

Bahan:
- 1 1/2 liter air
- 350 gr babat sapi
- 800 ml santan kental dari 2 butir kelapa
- 2 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 6 lembar daun jeruk
- 8 biji cengkih
- 2 cm jahe, memarkan
- 5 cm batang kayu manis
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
- 10 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 1 biji pala
- 1 sdt garam
- 1/2 sdm merica bubuk

Pelengkap:
- 1/2 butir kol, iris tipis
- 3 buah tomat segar, potong kotak
- 1 batang daun bawang, iris tebal
- Bawang goreng
- Emping goreng
- Kecap manis

Sambal:
- 10 buah cabai rawit merah
- 1 buah cabai merah besar
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt garam

Cara membuat:
Sambal: Rebus cabai dan bawang putih, angkat dan haluskan. Rebus babat bersama daun salam dan serai hingga babat hampir lunak, angkat dan tiriskan. Potong babat berukuran 3 cm x 2 cm. Tumis bumbu halus hingga harum, angkat dan sisihkan.
Rebus santan hingga mendidih di atas api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Masukkan tumisan bumbu lalu tambahkan serai, daun salam, cengkih, jahe, kayu manis dan garam, aduk terus hingga mendidih. Susun potongan babat, kol, tomat, daun bawng, bawang goreng dan emping di dalam mangkuk. Siram dengan kuah santan, sajikan hangat bersama sambal.


Info Kuliner - 16-29 Maret 2012


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: