30.3.12

[tourismindonesia] Gurihnya Ikan Tamakang Cobek, hingga legitnya Kue Balok Abah



Enaknya berwisata kuliner di Garut: Gurihnya Ikan Tamakang Cobek, hingga legitnya Kue Balok Abah

Bagaimana rencana liburan akhir tahun Anda? Belum terpikirkan? Nah, siapa tahu dengan membaca artikel ini Anda bisa memperhitungkan Garut sebagai tempat untuk menghabiskan waktu. Selain pesona wisata alam berupa air panas dan dinginnya hawa di kawasan wisata Cipanas, kuliner di Garut juga mantap. Ada ikan temakang yang rasanya mirip gurami, hingga cuanki dan sate aceh yang tak kalah lezat.


Batagor Laksana

Kota Garut punya kedai batagor yang paling laris. Namanya, Batagor Laksana. Lokasinya juga sangat strategis di simpang lima kota Garut. Tepatnya di Jl. Otista No. 279, samping Alfamart. Telp. (0262) 233220.

Kedai ini menawarkan batagor yang disajikan panas-panas langsung dari dari wajan. Berbeda dengan kedaio lainnya yang umumnya menghangatkan ulang batagor, kedai ini menyajikan batagor fresh. Jadi ketika ada pembeli, barulah batagor dibuat. Caranya, adonan batagor dimasukkan ke dalam tahu kuning, lalu digoreng hingga matang dan renyah bagian luarnya. Aroma ikannya langsung membubung memenuhi areal kedai tenda ini.

Setelah matang, batagor langsung dipotong kecil-kecil, lalu disiram saus kacang, kecap, plus kucuran jeruk limau. Rasanya nikmat disantap hangat-hangat. Tekstur renyahnya masih segar dengan sensasi kenyal di bagian dalamnya. Batagor berbahan ikan tenggiri ini dibanderol dengan harga Rp 1.250 per buah. Jadi dengan uang Rp 5 ribu saja, 4 buah batagor sedap sudah tersaji di depan mata.

Dalam sehari, Bpk. Undang (43) mengaku menghabiskan rata-rata 10 kilogram ikan tenggiri sebagai bahan dasar batagor. Ia mengelola kedai milik Bpk. Nedi Riadi mulai pukul 10.00-16.00. "Setelah itu dilanjutkan Pak Nedi sampai pukul 23.00," ujarnya.

Kedai sederhana ini juga menyediakan kemasan dus sebagai kemasan batagor yang ingin dibawa pulang. Jika ingin bersantap di tempat, kedai ini kira-kira berkapasitas 20 pengunjung saja.


Sop Buah Mahkota

Siang hari, Kota Garut lumayan panas. Yuk, kita dinginkan sejenak di kedai Sop Buah Mahkota. Letaknya di Jl. Cimanuk No. 11. Telp (0262) 9200555. Apa yang membedakan Sop Buah di kedai ini dengan yang lain? Ternyata sajiannnya jauh lebih variatif, lo. Tak hanya jenis buahnya yang beraneka jenis, namun juga pilihan rasa kuahnya juga variatif.

Misalnya, Sop Buah Puding Spesial. Sajian seharga Rp 7.500 ini menyajikan aneka buah potong seperti stroberi, semangka, pir, mangga, melon, jambu, hingga nanas. Setelah itu, Anda boleh memilih jenis rasa untuk kuahnya. Di antaranya rasa strobei, mangga, melon, jambu, markisa, avokad, nanas, cokelat, jeruk nipis, susu vanila, sirsak, anggur, hingga leci. "Semuanya kami buat dari sari buah asli yang dicampur sirup dengan rasa yang sama," ujar Tomi (25), pemilik kedai ini.

Selain aneka buah-buahan, sop ini juga dilengkapi puding cokelat di tengahnya. Rasa dan porsinya benar-benar mantap.

Tak hanya dengan sari buah, sop buah juga bisa disajikan dengan via spesial racikan Sop Buah Mahkota yang kental, lembut, namun terasa ringan. Jenis buahnya juga bisa ditambah dengan buah khusus seperti durian atau buah naga.

Selain sop buah, kedai ini juga menyediakan salad buah, puding vla, es krim wafer, hingga es krim buah. Sementara sajian lainnya tersedia aneka olahan bakso, seperti bakso yamien, bakso ceker, hingga bakso jumbo. Rata-rata hidangan di kedai ini ditawarkan dengan harga Rp 5 ribu-Rp 15 ribu.

Kedai yang didominasi warna kuning cerah ini berkapasitas 60 pengunjung. Sop Buah Mahkota melayani pengunjung mulai pukul 09.00-22.00.


Cuanki Suka-Suka

Setelah mencicipi Sop Buah yang dingin di siang hari, tentu paling enak menyantap yang hangat di malam hari. Yuk, kita makan cuanki saja. Ada kedai cuanki yang kondang di tengah kota. Lokasinya berada di Jl. Cimanuk No. 229. Hp 085223747863. Berseberangan dengan SD Paminggir, Garut.

Cuanki di kedai ini sebenarnya mirip dengan cuanki Bandung, namun ternyata isinya jauh lebih variatif. Seporsi cuanki disajikan dalam mangkuk yang diisi batagor kering, tahu goreng kering, siomay kering, bakso sapi, soun, dan 2 buah ceker empuk. Kemudian diguyur dengan kuah kaldu ayam bertabur irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Hm... aromanya harum sekali. Seporsi menu ini ditawarkan dengan harga Rp 10 ribu.

Mangkuknya berukuran besar dengan porsi yang cukup banyak. Aneka bakso, tahu dan batagor kering perlahan-lahan melunak saat terendam dalam kuahnya. Sementara bakso acinya juga tak kalah menggoda. Bakso aci dibuat dari tepung aci alias kanji. Warnanya putih, bertekstur kenyal, serta berisi daging tetelan di dalamnya. Rasanya gurih dan wangi. Kalau mau meraciknya lagi, tersedia kecap dan sambal sebagai kondimennya.

Kedai ini sudah berdiri 3 tahun lamanya. Ridwan (39), sang pemilik kedai, membuka kedainya mulai pukul 14.00-22.30. "Cuanki memang lebih enak disantap sore atau malam hari karena kota Garut cukup dingin pada saat itu," ujarnya soal jam buka kedainya.

Kedai sederhana ini bisa menampung hingga 25 pengunjung. Selain disantap di tempat, cuanki juga bisa dibawa pulang. "Namun isi dan kuahnya dipisah agar tidak mekar, terendam kuah," ungkapnya menyudahi obrolan.


Ikan Tamakang Warung Pasawahan

Di ruas jalan Otista, Tarogong, ada sebuah kedai baru yang menawarkan menu ikan tamakang. Ikan ini cukup sulit didapat karena hidup di sungai dan belum diternakkan. Bentuknya seperti ikan sepat atau mujair. Sementara rasanya mirip sekali dengan ikan gurami, kesat dan padat. "Ikan-ikan ini dipasok para pencarinya dari Garut, sampai Tasik," jelas Aris (35), pengelola kedai ini.

Menu yang diandalkan adalah Cobek Tamakang Jengkang. Sajian ini menawarkan ikan tamakang goreng, lalu disiram dengan sambal ulek. Sambal berwarna kemerahan ini tingkat kepedasannya bisa diatur. Makin pedas, tentu saja warnanya makin merah karena cabai yang cukup banyak dengan sentuhan asam segar dari tomatnya. Disantap dengan nasi hangat, mantap nian!

Selain digoreng, ikan tamakang juga bisa disajikan dengan cara dibakar. Menu ini ditawarkan dengan harga Rp 10 ribu per ekor. Tersedia juga ikan tamakang berukuran besar untuk 2-3 orang yang dibanderol dengan harga Rp 20 ribu-Rp 35 ribu.

Selain mengandalkan ikan tamakang, kedai ini juga menawarkan menu lain yang tak kalah enak. Sebagian sudah pasti menu khas Sunda, seperti ayam bakar, pepes ikan mas, sop buntut, pepes ikan mas, sop buntut, pepes peda, nasi bakar oncom, hingga sambal dadaknya yang super pedas.

Kedai yang baru 4 bulan berdiri ini terletak di Jl. Otista 2C, Tarogong. Telp. (0262) 4728888. Dari arah kota Garut, lokasinya ada di sebelah kiri jalan. Warung Pasawahan memiliki kapasitas pengunjung 30 orang, dan buka mulai pukul 08.00-21.00.

Untuk menjaga kesegaran menu, semua ikan tamakang diperoleh dalam keadaan hidup, lalu disimpan dalam kolam khusus. Dalam seminggu, biasanya Aris memperoleh pasokan hingga 20 kilogram ikan tamakang yang disimpan dalam kolam di dekat kedai ini.


Kue Balok Abah Mantap

Kue Balok cukup populer di daerah Jawa Barat. Bentuknya yang persegi panjang membuat kue ini disebut Kue Balok. Nama kue balok Abah cukup populer di daerah Leles. Daerah ini merupakan wilayah yang akan Anda lewati terlebih dulu jika hendak menuju ke Kota Garut dari arah Bandung. Kedainya terletak di Jl. Raya Leles No. 28. Hp. 08579332320. Letaknya tak jauh dari Kantor Kecamatan Leles atau Polres Leles.

Kue Balok yang ditawarkan ada 3 jenis, yaitu yang polos, cokelat, dan keju. Bahan dasar Kue Balok tak jauh berbeda dengan kue pada umumnya, yaitu terigu, mentega, telur dan sedikit pengembang. Namun kedai yang sudah dirintis sejak tahun 1974 ini tetap mempertahankan cara tradisional untuk membuatnya. "Mengaduk adonannya tetap menggunakan bambu panjang," jelas Ade (27), cucu Abah Ukar, pengelola kedai ini.

Setelah itu adonan dituangkan ke dalam loyang yang memiliki ceakan berbentuk persegi panjang. Cetakan ini dipanggang menggunakan arang hingga bagian atasnya menggembung ke atas. Setelah itu, kue balok dicukil hingga posisi atasnya dibalikkan ke bawah. Nah, pada proses inilah pembakaran berisi arang yang tadinya dibawah, kemudian diletakkan di atas kue. "Jadi seperti oven, tapi menggunakan bara arang. Ini cara tradisionalnya," imbuhnya.

Kue Balok tak lama kemudian sudah matang dan cantik. Teksturnya empuk sekali dengan aroma mentega dan telur yang harum sekali. Ade menjamin keempukannya bisa bertahan beberapa hari meskipun tidak dihangatkan.

Untuk kue balok polos, Ade menjual dengan harga Rp 700 per buah. Sedangkan kue balok spesial yang menggunakan keju atau cokelat ditawarkan Rp 1.000 per buah. Kue ini cocok sekali sebagai teman minum teh atau kopi. "Apalagi dicelup-celupkan ke dalam kopi, wah mantap," serunya. Kedai ini buka mulai pukul 05.00-22.00.


Gampong Aceh Cafe

Kota Garut masih cukup sering diguyur hujan. Tentu saja membuat siang hari menjadi sejuk, apalagi saat malam hari. Udara dinginnya cukup menggigit. Kita coba sajian yang bisa menghangatkan badan, yuk. Langsung saja ke Gampong Aceh Cafe yang sudah 6 bulan meramaikan kuliner di Garut. Letaknya di Jl. Cimanuk 38C, Tarogong Kidul. Hp 081399137222.

Salah satu menu yang jadi andalan adalah sate aceh. Pilihanya ada sate kambing dan sapi. Kedua jenis sate ini direndam dalam bumbu khas aceh yang berwarna kemerahan, lalu dibakar sampai matang. Saat dibakar, sate menebarkan aroma harum yang berbeda. Aroma rempahnya begitu kuat terendus di hidung. Setelah matang, sate disajikan dengan saus kacang pekat berwara kemerahan, plus seiris jeruk nipis sebagai penyegar.

Satenya memang istimewa. Dagingnya sudah empuk dengan pembakaran tak berlebihan. saus kacangnya juga menawarkan rasa gurih yang ditimpali dengan pedas yang cukup nendang. Cocoklah sebagai santap malam di kota yang dingin ini.

Sopnya juga tak kalah nikmat, lo. Menyajikan potongan daging dalam kuah sup encer yang berwarna kuning kemerahan. Terlihat titik-titik minyak kemerahan di antara kuah kuning. Artinya kuah sop berisi kombinasi kunyit dan cabai yang membuat kuahnya terasa gurih pedas. Cocok sekali disandingkan dengan sate aceh nan empuk.

Tentu saja beberapa menu khas Aceh juga ikut hadir di sini. Misalnya, Nasi Goreng Aceh, Mi Aceh, atau Kopi Susu khas Aceh yang aromatik. Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat, mulai Rp 5 ribu-Rp 15 ribu per porsi.

Kedai berkapasitas 50 pengunjung ini buka mulai pukul 09.00-01.00. Nah, selamat menikmati plesir ke Kota Garut.


Tulisan & Foto: Miftakh Faried
Tata Letak: Benyamin W


Person quoted: Tomi (pemilik kedai Sop Buah Mahkota) .  Bpk Undang (pengelola kedai Batagor Laksana) .  Ridwan (pemilik kedai Cuanki SUka-suka) .  Aris (pengelola kedai ikan tamakang warung Pasawahan) .  Ade (pengelola Kue Balok Abah Mantap)


* Sop Buah Saus Stroberi (untuk 7 porsi)

Bahan:
- 200 gram stroberi, dipotong-potong
- 300 gram semangka, dipotong-potong
- 200 gram melon, dipotong-potong
- 200 gram nanas, dipotong kipas
- 150 gram susu kental manis putih untuk penyajian
- 700 gram es serut untuk penyajian

Bahan Puding:
- 500 ml susu cair
- 1/2 bungkus agar-agar bubuk
- 1 sdt jeli instan bubuk
- 100 gram gula pasir
- 20 gram cokelat bubuk
- 1/8 sdt garam
- 1/4 sdt cokelat pasta

Bahan kuah:
- 200 gram stroberi, dipotong-potong
- 100 ml sirup stroberi
- 400 ml air

Cara membuat:
Puding: rebus susu cair, agar-agar bubuk, jeli instan bubuk, gula pasir, cokelat bubuk, garam, dan cokelat pasta sambil diaduk sampai mendidih. Tuang ke cetakan kecil-kecil. Bekukan. Kuah: Blender stroberi, sirup stroberi, dan air sampai rata. Sajikan buah-buahan bersama puding dan kuahnya. Tambahkan susu kental manis putih dan es serut.


* Alamat-alamat

- Ikan Tamakang Warung Pasawahan
Jl. Otista 2C, Tarogong
Telp. (0262) 4728888

- Kue Balok Abah Mantap
Jl. Raya Leles No. 28
Hp. 0857 9332320

- Batagor Laksana
Jl. Otista No 279, samping Alfamart
Telp. (0262) 233220

- Sop Buah Mahkota
Jl. Cimanuk No. 11
Telp. (0262) 9200555

- Cuanki Suka-suka
Jl. Cimanuk No. 229
Hp. 085223747863

- Gampong Aceh Cafe
Jl. Cimanuk 38C, Tarogong Kidul
Hp. 0813 9913 7222


Saji - 15-21 Desember 2010


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: