15.3.12

[tourismindonesia] Jalan Panjang Cidodol, Kebayoran Lama-Jakarta Selatan: Terobati dinginnya malam oleh Ayam Bakar Jepon, Gule Gunung Kidul, hingga Sop Kaki Sapi



Jalan Panjang Cidodol, Kebayoran Lama-Jakarta Selatan: Terobati dinginnya malam oleh Ayam Bakar Jepon, Gule Gunung Kidul, hingga Sop Kaki Sapi

Ingin menikmati sajian lezat dan nikmat di malam hari? Coba saja sambangi Jalan Panjang Cidodol di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan hidangan yang menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan. Cicipi yuks...

Jika Anda tengah melintasi kawasan Kebayoran Lama, tidak ada salahnya untuk menyambangi Jalan Panjang Cidodol. Untuk menyusuri jalan ini, Anda dapat memulai dari arah flyover Jalan Kebayoran Lama menuju Jalan Ciledug Raya, lajukan kendaraan Anda hingga menjumpai perempatan lampu merah, lalu belok ke kanan dan Anda sudah memasuki Jalan Panjang Cidodol.

Anda akan disambut oleh jejeran warung kaki lima yang menyuguhkan aneka hidangan. Mulai dari sajian berkuah, menu bakaran, dan aneka kudapan seperti Martabak, Siomay, hingga Roti Bakar.

Wisata kuliner di Jalan Panjang Cidodol lebih mengasyikkan, jika dilakukan di malam hari, karena berbagai suguhan lezat ala warung kaki lima merebak, mulai dari Jalan Panjang Cidodol hingga pertigaan Assirot sepanjang 1,5 km.

Hidangan Berkuah.

Perjalanan kuliner diawali dengan menikmati aneka hidangan berkuah yang lezat dan tentu mampu menghangatkan tubuh di malam hari. Salah satu warung kaki lima yang dapat disinggahi adalah Warung Shuuf yang berlokasi di depan Pasar Cidodol. Warung Shuuf ini menyajikan hidangan favorit Sop Kaki Sapi yang mengadopsi resep Sop Kaki Sapi khas Bangka yang menggunakan susu cair sebagai kuahnya. Karena itu, kuah Sop Kaki Sapi ala Warung Shuuf ini berwarna putih dan tidak bening seperti pada umumnya.

Semangkuk Sop Kaki Sapi terdiri atas kikil sapi yang empuk karna direbus selama 4 jam. Setelah kaki sapi direbus, bagian kikil dipotong-potong. Sedangkan kuah dibuat dengan menggunakan kaldu dari sisa rebusan kaki sapi dan susu cair yang telah dimasak dengan bumbu halus seperti bawang mrah dan bawang putih, jahe, pala, cengkih, kayu manis, garam dan lada.

Ketika disajikan, potongan kikil kaki sapi dimasukkan ke dalam mangkuk saji, ditambahkan potongan tomat, irisan daun bawang, dan disiram dengan kuah. Untuk memberikan aroma yang harum serta rasa yang lezat, minyak samin ditambahkan ke dalam mangkuk dan ditaburi bawang goreng dan emping. Agar lebih mantap, acar timun, irisan jeruk limo dan sambal cabai rebus disediakan sebagai pelengkapnya. Untuk menikmati seporsi Sop Kaki Sapi cukup merogoh kocek Rp 15 ribu/porsi sudah termasuk nasi.

Menu lain yang tersedia di Warung Shuuf antara lain Sop Iga Kambing, Sop Kaki Kambing, Gule Sapi, dan Rawon. Aneka menu lezat di Warung Shuuf yang buka mulai pukul 17.00 hingga pukul 01.00 WIB ini ditawarkan dari harga Rp 3 ribu hingga Rp 18 ribu/porsi.

Masih ingin menikmati hidangan berkuah? Anda bisa mampir ke warung Soto Ceker yang berlokasi di seberang Alfamart dan berjarak 300 meter dari Warung Shuuf. Soto Ceker yang disajikan di kedai ini memiliki isian ceker yang banyak dengan rasa gurih. Bagi pecinta ceker ayam, tentu akan betah menyantap lembutnya daging ceker yang berpadu dengan gurih kuahnya. Hmmm ueenakk...!!

Untuk menghasilkan ceker ayam yang lembut, ceker direbus selama 1,5 jam dengan bumbu halus yang sudah ditumis seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, lengkuas, kunyit, dan lada, serta ditambah daun salam, serai, dan daun jeruk purut. Setelah ceker matang, siap disajikan dengan nasi putih, irisan kol, taoge, dan soun. Agar lebih nikmat, seporsi Soto Ceker dilengkapi dengan perasan air jeruk nipis, bawang merah, kecap manis, dan sambal cabai rawit rebus. Seporsi Soto Ceker harga Rp 8 ribu saja. Selain Soto Ceker, Warung Soto Ceker ini menyediakan menu lain yang tidak kalah enak seperti Soto Ayam dan Nasi Rawon. Aneka hidangan menggugah selera dapat dinikmati mulai dari harga Rp 3 ribu hingga Rp 11 ribu/porsi. Warung Soto Ceker ini mulai beroperasi dari pukul 17.30 hingga pukul 24.00 WIB.

Masih belum puas? Anda bisa mampir ke kedai Nasi Gule Gunung Kidul yang berlokasi di 10 meter dari Warung Soto Ceker. Menu andalannya adalah Nasi Gule Kambing dan Nasi Gule ayam yang harganya Rp 6 ribu/porsi. Jika ingin dibungkus harga menjadi Rp 7 ribu/porsi. Kedai Nasi Gule Gunung Kidul ini berjualan mulai dari pukul 17.00 higga 24.00 WIB.

Aneka Hidangan Bakar.

Ingin mencoba sajian yang lain? Anda bisa mampir ke Kedai Ayam Bakar Jepon Bumbu Gimbal yang berjarak 200 meter dari Kedai Nasi Gule Gunung Kidul. Kedai ini menyajikan Ayam Bakar Jepon dengan bumbu gimbal yang unik. Jepon merupakan salah satu kecamatan di Blora Jawa tengah yang dikenal dengan olahan Ayam Bakar. Yang spesial adalah paduan racikan bumbu gimbal yang full rempah. Jika biasanya bumbu gimbal ini mengandung petis, namun di tempat ini tidak menggunakannya. Seporsi menu Ayam Bakar ini terdiri atas sepotong Ayam Bakar, nasi putih, lalapan, dan sambal.

Ayam Bakar Jepon ini terasa gurih dan legit. Rupanya karena daging ayam yang sudah dipotong direndam dengan tujuh macam bumbu rahasia selama 1,5 jam. Kemudian ayam yang telah direndam direbus hingga dua kali. Kaldu dari rebusan pertama tidak digunakan karena memang tujuannya hanya untuk melunakkan daging ayam saja. Pada rebusan yang kedua, ayam mulai dibumbui dengan 14 macam bumbu yang direbus hingga air menyusut. Bumbu yang berjumlah 14 macam ini dimasak dengan api kecil hingga mengeluarkan minyak dari ekstrak bumbu tersebut.

Ayam yang sudah dimasak kemudian dibakar di atas bara dan batok kelapa hinga berwarna cokelat kehitaman dan sebelum disajikan diolesi dengan sisa bumbu. Ayam Bakar Jepin pun siap disantap dengan sambal dan sayuran lalapan berupa timun, kemangi, dan daun selada. Seporsi Ayam Bakar Jepon ini dapat dinikmati dengan harga Rp 10 ribu untuk bagian paha, Rp 11 ribu untuk bagian dada dan Rp 42 ribu untuk 1 ekor. Selain Ayam Bakar, hidangan pelengkap lainnya yang perlu dicoba adalah Sate Ati Ampela, Sate Kulit Ayam, Sate Telur, Tahu dan Tempe Bakar. Semua hidangan lesat ini dapat dinikmati dari harga mulai Rp 2 ribu hingga Rp 42 ribu. Anda dapat menyambangi Kedai Ayam Bakar Jepon Bumbu Gimbal ini mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB.

Masih lapar? Sambangi saja Sate Padang Pariaman yang berjarak 700 meter dari Kedai Ayam Bakar Jepon Bumbu Gimbal. Di kedai ini tersedia Sate Padang yang rasanya gurih dan pedas. Sate Padang Pariaman memiliki perbedaan dengan Sate Padang lain, warna bumbu yang dihasilkan oranye kemerahan dari jumlah cabai yang digunakan lebih banyak. Seporsi Sate padang berisi 10 tusuk, potongan ketupat dan bumbu kental serta taburan bawang goreng. Aroma Sate padang yang terhidup seolah menyihir pengunjung untuk segera menyantapnya. Sate Padang ini menggunakan daging sapi has dalam dan jeroan sapi seperti paru-paru sapi dan hati sapi. Jeroan sapi direbus untuk menghilangkan aroma amis, lalu ditiriskan. Selanjutnya, daging sapi has dalam dan jeroan direbus dengan menambahkan bumbu halus yang terdiri atas cabai merah, ketumbar, lada butiran, jintan, bawang merah, kunyit, jahe dan lengkuas serta daun kunyit, daun jeruk purut, asam kandis. Setelah daging matang, ditiriskan dan dipotong dadu dan siap untuk ditusuk dengan tusukan sate. Selanjutnya, proses bakaran hanya dilakukan untuk memberikan aroma harum dan menghangatkan daging. Untuk membuat bumbu siraman Sate, kaldu daging sisa rebusan dikentalkan dengan tepung beras dan tepung sagu. Sate padang yang sudah dibakar disiram dengan bumbu siram dan ditaburi bawang goreng dan dilengkapi dengan potongan ketupat. Seporsi Sate Padang dapat dinikmati dengan harga Rp 12 ribu. Kedai Sate Padang Pariaman dapat dikunjungi dari pukul 16.00 hingga pukul 01.00 WIB.

Hidangan bakar lain yang dapat dijumpai di Jalan Panjang Cidodol adalah Udang Bakar. Hidangan ini dapat Anda nikmati di Warung Napoleon Seafood yang berjarak 200 meter dari Sate Padang Pariaman. Seporsi Udang Bakar dapat dinikmati dengan harga Rp 15 ribu. Menu mantap lain yang dapat Anda temukan di Napoleon Seafood adalah Gurame Goreng, Gurame Bakar, Cumi Asam Manis, Kepiting Saos Padang, Kerang HijauRebus, Cah Kangkung, dan masih banyak lagi. Harga aneka hidangan di Napoleon Seafood berkisar Rp 3 ribu-Rp 50 ribu/porsi. Tidak sabar ingin bersantap malam di Jalan Panjang Cidodol bersama teman maupun keluarga? Yuks sambangi.


(Bomas Adi Permadi)


Manisnya Martabak Jepang dan uniknya Siomay Kambing

Malam hari sangat pas menikmati kudapan manis yang hangat. Seporsi Martabak Jepang Cokelat Keju bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga. Anda dapat mengunjungi kedai Asia Martabak Jepang di Jalan Panjang Cidodol Martabak yang disajikan berbeda dengan martabak pada umumnya. Martabak Jepang menggunakan adonan dorayaki dan diberi pewarna alami dari daun pandan dan daun suji.

Sepotong Martabak Jepang Cokelat Keju yang tercecap di lidah terasa manis yang pas, empuk, dan harum daun pandan. Warna hijau yang dihasilkan pun terlihat memikat mata, membuat tidak sabat untuk menyantapnya. Seporsi Martabak Jepang Cokelat Keju dapat dinikmati dengan harga Rp 21 ribu. Selain martabak manis, menu lain yang tidak boleh terlewatkan adalah Martabak Jepang Spesial, Martabak Jepang tipis Kering, Martabak Telur dan masih banyak lagi. Harga aneka martabak di Asia Martabak Jepang berkisar antara Rp 8 ribu hingga Rp 30 ribu. Kedai Asia Martabak Jepang dapat disambangi dari pukul 17.00 sampai 24.00 WIB.

Kudapan manis lain yang dapat Anda jumpai di Cidodol adalah Roti Bakar Cokelat Keju di Roti Bakar 115, dan Pisang Bakar Coklat di Roti Bakar Arema.

Bosan dengan kudapan manis? Anda bisa mencicipi Siomay Chip. Warung ini berlokasi di depan Apotek Farma. Siomay Kambing ini terasa sempurna dengan siraman bumbu kacang yang gurih, manis dan sedikit pedas. Selain Siomay Kambing tersedia menu lain di Siomay Chip seperti Siomay Udang, Siomay Ayam dan Siomay Sapi dengan harga Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per buah. Siomay Chip dapat dikunjungi mulai pukul 07.30 hingga pukul 22.00 WIB.

(Bomas Adi Permadi)


* Soto Ceker ala Warung Soto Ceker (untuk 2 porsi)

Bahan:
- 200 gr ceker ayam
- 50 gr kulit ayam, iris kecil
- 50 gr daging ayam, potong-potong
- 750 ml air
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun jeruk purut
- Minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus:
- 4 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 2 cm lengkuas
- 4 butir kemiri
- 3 cm kunyit
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt lada bubuk

Pelengkap:
- 150 gr nasi putih
- 50 gr soun, rendam air panas sebentar
- 25 gr kol, iris
- 10 gr taoge, rendam air panas sebentar
- 1 buah jeruk nipis, iris
- Kecap manis
- Bawang goreng
- Sambal cabai rawit rebus

Cara membuat:
Tumis bumbu halus dan kulit ayam hingga bumbu matang dan harum, angkat dan sisihkan. Rebus air bersama ceker ayam, daging ayam, tumisan bumbu, serai, daun salam, daun jeruk dan masak hingga ceker matang dan lunak. Siapkan mangkuk saji, masukan nasi putih, soun, kol, taoge, ceker, kuah, dan taburi dengan bawang goreng. Sajikan Soto Ceker selagi hangat dengan kecap manis, jeruk nipis dan sambal cabai rawit rebus.



* Daftar Tempat Makan Enak di Jalan Panjang Cidodol, Kebayoran Lama-Jakarta Selatan

- Nasi Goreng Khas Brebes
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (depan kantor PLN)
Telp: 0857 8064 6022
Menu Favorit: Nasi Goreng Spesial
Harga: Rp 8 ribu-Rp 15 ribu
Buka: 17.00-01.00 WIB

- Ayam Bakar Jepon Bumbu Gimbal
Alamat: Jl. Panjang Cidodol No. 8 A (depan kantor PLN)
Telp: 021-6042 0866
Menu Favorit: Ayam Bakar Jepon
Harga: Rp 2 ribu-Rp 42 ribu
Buka: 17.00-23.00 WIB (kamis libur)

- Roti Bakar 115
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (samping Pecel Lele)
Telp: 0821 1169 0818
Menu Favorit: Roti Coklat Keju dan Indomie Telur Kornet Keju
Harga: Rp 2 ribu-Rp 11 ribu
Buka: 16.00-03.00 WIB

- Nasi Goreng Kambing
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (samping Roti Bakar 115)
Telp: 0878 2365 2366
Menu Favorit: Nasi Goreng Kambing dan Nasi Goreng Gila
Harga: Rp 8 ribu-Rp 10 ribu
Buka: 17.00-02.00

- Nasi Gule Gunung Kidul
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (5 meter dari Nasi Goreng Kambing)
Telp: 0878 8476 3800
Menu Favorit: Nasi Gule Kambing dan Nasi Gule Ayam
Harga: Rp 6 ribu-Rp 7 ribu
Buka: 17.00-24.00 WIB

- Napoleon Seafood
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (samping Nasi Gule Gunung Kidul)
Telp: 021-9625 7334
Menu Favorit: Udang Bakar dan Cumi Goreng Tepung
Harga: Rp 3 ribu-Rp 50 ribu
Buka: 18.00-01.00 WIB

- Nasi Uduk 2001
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (samping Napoleon Seafood)
Telp: 0821 2242 65584
Menu Favorit: Pecel Lele dan Pecel Ayam
Harga: Rp 1.000-Rp 11 ribu
Buka: 17.00-01.00 WIB

- Soto Ceker
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (depan Indomaret Bi en Be)
Telp: 0819 0849 4520
Menu Favorit: Soto Ceker, Soto Ayam dan Nasi Rawon
Harga: Rp 3 ribu-Rp 11 ribu
Buka: 17.30-24.00 WIB

- Asia Martabak Jepang
Alamat: Jl. Panjang Cidodol
Telp: 021-3421 1986
Menu Favorit: Martabak Coklat Keju
Harga: Rp 8 ribu-Rp 30 ribu
Buka: 17.00-24.00 WIB

- Pecel Lele Jalan Panjang Cidodol
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (depan komplek Sekneg Baru)
Telp: 0877 7591 0537
Menu Favorit: Bebek Goreng, Ayam Goreng, dan Lele Goreng
Harga: Rp 3 ribu-Rp 18 ribu
Buka: 17.00-24.00 WIB

- Warung Tongseng Herman Kumis
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (samping Pecel Lele Jalan Panjang)
Telp: 0877 1029 5514
Menu Favorit: Tongseng Kambing dan Gule Kambing
Harga: Rp 3 ribu-Rp 20 ribu
Buka: 11.00-23.00 WIB

- Sate Padang Pariaman
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (depan pasar Cidodol)
Telp: 0812 8612 0362
Menu Favorit: Sate Padang
Harga: Rp 12 ribu
Buka: 16.00-01.00 WIB

- Roti Bakar Arema
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (samping Sate Padang Pariaman)
Telp: 021-9403 4852
Menu Favorit: Roti Bakar Kornet Keju dan Pisang Bakar Coklat Keju
Harga: Rp 3 ribu-Rp 11 ribu
Buka: 17.00-03.00

- Warung Shuuf
Alamat: Jl. Panjang Cidodol (samping Roti Bakar Arema)
Telp: 0813 1930 0433
Menu Favorit: Sop Kaki Sapi dan Sop Iga Sapi
Harga: Rp 3 ribu-Rp 18 ribu
Buka: 17.00-01.00 WIB

- Siomay Chip
Alamat: Jl. Panjang Cidodol No. 2 (sebelah kiri jalan, depan Apotik Kusuma Farma)
Telp: 0813 1066 7619
Menu Favorit: Siomay Kambing, Siomay Ikan dan Siomay Udang
Harga: Rp 2.500-Rp 3 ribu
Buka: 7.30-22.00 WIB


Info Kuliner - 29 Juli-11 Agustus 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: