8.3.12

[tourismindonesia] Jombang, Jawa Timur: Asyiknya berburu kuliner di Kota Santri, mulai dari Soto Dhooq, Pcel Lele, Nasi Kikil hingga Ketan Kukus



Jombang, Jawa Timur: Asyiknya berburu kuliner di Kota Santri, mulai dari Soto Dhooq, Pcel Lele, Nasi Kikil hingga Ketan Kukus

Jombang merupakan Kabupaten di Jawa Timur yang terletak dengan sebutan Kota Santri. Hal ini karena banyaknya pondok pesantren yang berdiri di kabupaten ini. Namun tahukah Anda, Jombang ternyata juga menyimpan khasanah kuliner yang menakjubkan. Penasaran?

Jombang adalah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten seluas 1.159,5 km2 ini berbatasan langsung dengan Nganjuk di sebelah barat, Kediri di sebelah selatan, Lamongan di sebelah utara dan Mojokerto di sebelah timur.

Kabupaten Jombang merupakan daerah yang cukup strategis karena berada di persimpangan jalur lintas selatan Pulau Jawa yakni Surabaya-Madiun-Yogyakarta, jalur Surabaya-Tulungagung dan jalur Malang-Tuban.

Menuju Jombang cukup mudah, bila dari Jakarta, Anda dapat melewati jalur selatan dengan menyusuri Solo, Ngawi, Nganjuk, dan Kertosono. Setelah tiba di Kertosono, arahkan kendaraan ke barat, Anda hanya butuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke Kabupaten Jombang.

Dalam urusan transportasi lokal, Jombang memiliki beberapa pilihan yaitu bus, angkutan kota, ojek, becak motor, hingga becak sepeda. Tarif bus yang beroperasi antarkecamatan di Jombang hingga antarkabupaten di Jawa Timur ini sebesar Rp 5 ribu dan beroperasi mulai pukul 5 pagi hingga 11 malam. Tarif angkutan kota beroperasi mulai pukul 5 pagi hingga 5 sore, berkisar Rp 2 ribu-4 ribu, disesuaikan dengan jarak tempuh. Sedangkan ojek, becak motor, dan becak sepeda beroperasi selama 24 jam dengan tarif yang disesuaikan dengan jarak tempuh.

Dari segi akomodasi, Jombang memiliki beberapa pilihan tempat penginapan dari hotel kelas melati hingga hotel bintang dua dengan harga yang terjangkau.

Makan Pagi

Sebagian besar masyarakat Jombang telah memulai aktivitas sejak pagi hari. Namun, belum banyak warung ataupun  rumah makan yang menggelar dagangannya sejak pagi hari. Walaupun demikian, Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa tempat makan yang telah beroperasi mulai pukul 5 pagi. Salah satunya adalah Khetan Merdeka. Warung ini berada di Jl. Merdeka No. 29 atau berhadapan dengan gedung UOB Buana.

Seporsi Ketan Kukus terdiri atas ketan putih dan ketan hitam. Tekstur ketan putih yang empuk dan terasa pulen, karena dibuat dari beras ketan jenis Paris yang direndam selama +- 3 jam, lalu diaron dan dikukus hingga matang. Sedangkan untuk Ketan Hitam dibuat dari campuran beras ketan putih jenis Paris dan beras ketan hitam. Dengan perbandingan 1:1 atau 1 liter ketan putih dengan 1 liter ketan hitam yang direndam selama 3 jam lalu diaron dan dikukus hingga matang. Sepiring Ketan Putih dan Ketan Hitam Kukus disajikan bersama taburan kelapa parut yang telah dikukus selama 30 menit. Yang membuat sajian ini kian unik dan berbeda adalah penambahan koya bubuk dan kedelai bubuk yang ditaburkan di atas Ketan.

Untuk menikmati Ketan Kukus ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 3.500/porsi. Jika menghendaki tambahan tahu Goreng atau Tempe Goreng, Anda cukup menambah Rp 500 per potong. Namun, untuk dapat menikmati sajian lezat ini Anda harus sedikit berpacu dengan waktu, karena sajian Ketan Kukus yang ditawarkan ini akan ludes hanya dalam waktu satu jam saja setelah warung ini dibuka.

Ingin menikmati menu yang lebih nampol? Sekitar 250 meter dari Warung Khetan Merdeka, Anda akan menemukan rumah makan yang menyajikan Pecel sebagai menu utamanya. Adalah Pecel Pincuk Bu Djiyah yang berada di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 9 atau tepat berada di sampig Bank BRI Syariah. Sama seperti Pecel Pincuk pada umumnya, seporsi Pecel Pincuk ala Bu Djiyah tersaji di atas daun pisang yang dipincuk dan di atasnya ditambahkan nasi putih, sayuran rebus berupa kacang panjang, daun pepaya, daun singkong, kembang turi serta siraman bumbu kacang dan penambahan lalapan berupa irisan timun, lamtoro dan daun kemangi serta Peyek Kacang.

Yang membedakan menu Pecel Pincuk lain dengan Pecel Pincuk ala Bu Djiyah adalah citarasa bumbu kacang yang terasa legit dengan tekstur yang sedikit liat. Ini karena ada penambahan tepung maizena ke dalam campuran bumbu kacang. Tahap pertama kacag tanah disangrai di dalam kuali tanah liat hingga kulit ari mengelupas. Selanjutnya kacang digiling hingga lembut bersama cabai merah keriting dan bawang putih yang telah digoreng. Kemudian dilarutkan bersama air dan dimasak kembali hingga mendidih. Untuk memperkaya rasa bumbu kacang, ditambahkan gula merah, garam, dan asem jawa. Saat bumbu kacang telah mendidih, barulah larutan tepung maizena ditambahkan ke dalam rebusan bumbu kacang.

Seporsi Pecel Pincuk nan menggiurkan ini dijual dengan harga Rp 5 ribu. Menu lain yang bisa Anda nikmati antara lain Rawon, Nasi Bali dan Nasi Tumpang dengan kisaran harga mulai dari Rp 5-10 ribu/porsi. Pecel Pincuk Bu Djiyah mulai buka dari pukul 7 pagi-12 malam.

Ingin menikmati menu berkuah? Tak jauh dari Pecel Pincuk Bu Djiyah ini, Anda bisa mampir ke RM Soto Dhooq Nurali. Rumah makan ini beroperasi dari pukul 6.30 pagi-3 sore. Soto Dhooq disajikan di atas mangkuk yang diisi nasi putih, taoge rebus, irisan daun seledri dan irisan empal daging yang disiram dengan kuah. Kuah dibuat dari air sisa rebusan daging sapi yang direbus kembali, dan ditambahkan dengan bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit serta batang serai geprek dan daun salam yang telah ditumis hingga harum. Proses perebusan kuah Soto ini dilakukan di dalam kuali tanah liat di atas api kecil. Rasa gurih di dapat dari tambahan penyedap rasa ke dalam rebusan kuah. Harga untuk semangkuk Soto Dhooq Rp 6 ribu.

Proses peracikan Soto Dhooq sama seperti peracikan Soto Gebrak di mana sang peracik sengaja membanting botol kecap saat akan mengucurkan kecap manis ke dalam mangkuk Soto. Seru bukan?

Rumah Makan Populer

Menjelang siang, saatnya mencari makanan yang enak dan populer di Jombang, Anda bisa menyambangi Depot Nikmat yang berada di Jl. Cempaka No. 17A atau sekitar 500 meter dari pom bensin Simpang Tiga. Depot yang mulai buka dari pukul 5.30 pagi-4.30 sore ini telah dirintis sejak 28 tahun lalu. Dan, merupakan salah satu tempat makan favorit para pegawai di Jombang.

Salah satu menu andalan Depot Nikmat adalah Ayam Panggang Urap. Rasa menu ini juara karena dibuat dari ayam kampung berat 7-8 ons. Per ekor ayam kampung dipotong empat lalu dipresto selama 15 menit bersama cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan ketumbar yang telah dihaluskan serta tambahan garam dan penyedap rasa Sasa. Setelah itu ayam dipanggang di atas arang kayu sambil sesekali dilumuri dengan sisa bumbu hasil rebusan ayam hingga berwarna kecokelatan.

Ayam Panggang kemudian disajikan di atas piring bersama nasi putih dan urap sayuran yang terdiri atas taoge, kacang panjang dan bayam yang telah direbus. Selanjutnya, dilumuri dengan sambal kelapa yang terbuat dari kelapa parut yang disangrai bersama cabai merah, bawang putih dan kencur yang dihaluskan sebelumnya. Seporsi Ayam Panggang Urap ini dijual dengan harga Rp 13 ribu.

Jangan lupa, Anda juga perlu bertandang ke Rumah Makan Henny yang berada sekitar 5 km dari Depot Nikmat. Rumah makan ini mnawarkan beberapa pilihan menu seperti Sop Buntut Bakar/Goreng, Sup Merah, Sup Putih, Nasi Goreng dan Ayam Bakar Kecap dengan kisaran harga yang dipatok mulai dari Rp 12.500 hingga Rp 15 ribu/porsi.

Di Rumah Makan Henny tersebut menu favoritnya adalah Sop Buntut Bakar. Menu yang menggugah selera ini terbuat dari buntut sapi yang dipotong setebal 1 cm kemudian direbus selama satu jam dalam air mendidih. Setelah itu air rebusan dibuang dan diganti dengan air baru dan proses perebusan dilanjutkan kembali bersama bumbu. Untuk menghilangkan aroma anyir, racikan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, lada dan pala ditambahkan ke dalam rebusan buntut sapi. Sesaat akan disajikan, buntut sapi yang direbus kemudian dibakar di atas wajan anti lengket dan sesekali dilumuri dengan campuran kecap manis dan margarin. Buntut Bakar disajikan terpisah dengan kuah Sop yang dilengkapi dengan potongan wortel, kentang dan buncis serta taburan daun seledri iris.

Paket lengkap yang terdiri atas nasi putih, Sop Buntut, kuah dan Keripik Kentang tersebut dijual dengan harga Rp 15 ribu. RM. Henny beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 9 malam dan merupakan salah satu rumah makan langganan pegawai dan pejabat pemerintah daerah.

Ingin mencicipi olahan Chinese Food yang rasanya juara, Anda wajib menyambangi Resto Sedap. Resto ini berada di Jl. Hayam Wuruk atau sekitar 100 meter dari RSU dr. Moedjito Dwidjosiswojo. Resto berkapasitas 50 orang ini menyajikan aneka menu yang wajib dijajal. Sebut saja, Nasi Goreng Thailand, Fu Yung Hai, Tom Yam, Kepiting Asam Manis dan Ayam Szechuan dengan kisaran harga mulai dari Rp 12 ribu-Rp 25 ribu/porsi.

Salah satu menu yang bisa Anda cicipi di Resto Sedap adalah Nasi Goreng Thailand. Untuk membuat menu ini, tahap awal pembuatan dimulai dari penumisan bawang merah dan bawang putih cincang hingga harum. Kemudian ditambahkan telur yang dikocok lepas dan diaduk-aduk agar membentuk orak-arik. Setelah telur matang lalu nasi putih, potongan ayam goreng, irisan seledri dan potongan nanas dimasukkan ke dalamnya. Agar rasa Nasi Goreng semakin kuat, bumbu berupa garam, kecap ikan dan penyedap rasa Sasa ditambahkan ke dalam nasi. Sepiring Nasi Goreng Thailand ini dijual dengan harga Rp 15 ribu. Resto Sedap mulai beroperasi pukul 8 pagi hingga 9 malam.

Alun-alun Kota

Saat malam tiba, di Alun-alun kota Jombang hadir aneka makanan yang menggugah selera. Sebut saja Sate Kambing, Soto Ayam, Nasi Bali Daging, Bebek Bakar hingga camilan Kacang Rebus dan Wedang Ronde. Harga yang ditawarkan juga cukup murah meriah yakni berkisar dari Rp 1.000 hingga Rp 12 ribu/porsi.

Di Jombang kurang lengkap rasanya bila tidak menyantap Nasi Bali Daging dengan sensasi pedas yang menyengat lidah. Untuk menikmati menu tersebut Anda bisa mampir ke malam hari di ke Lesehan Bu Eka yang berada di depan SD Negeri Jombang.

Menu Bali Daging dibuat dari daging sapi bagian sandung lamur yang direbus bersama bumbu halus berupa bawang putih, bawang merah dan ketumbar selama dua jam hingga empuk. Selanjutnya daging dipotong setebal +- 3 mm dan dimasak kembali bersama tumisan bumbu halus berupa cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, garam, dan penyedap rasa Sasa. Harga untuk sepiring Nasi Bali Daging Rp 8 ribu. Lesehan Bu Eka digelar mulai pukul 5 sore-11 malam.

50 meter dari Lesehan Bu Eka atau berhadapan dengan SMP Negeri Jombang, Anda bisa mampir ke Lesehan Mamiri yang menghadirkan menu Bebek Goreng yang ditemani Sambal Terasi yang rasanya mantap. Bebek Goreng dibuat dari bebek jenis afkir yang dipotong empat kemudian direbus selama 2,5 jam bersama bumbu halus yang terdiri atas bawang putih, ketumbar dan kunyit. Untuk menghilangkan aroma anyir bebek, batang serai geprek dan daun jeruk pun ditambahkan ke dalam rebusan. Saat pesanan datang, bebek rebus kemudian digoreng dalam minyak panas hingga kecokelatan. Sajian Bebek Goreng semakin komplit dengan tambahan Sambal Terasi yang dibuat dari cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, tomat dan terasi yang digoreng kemudian dihaluskan dan digoreng kembali dengan penambahan garam dan penyedap rasa Sasa. Sajian yang memikat lidah ini dijual dengan harga Rp 12 ribu. Lesehan Mamiri dibuka mulai pukul 4 sore sampai 12 malam.

Masih menjelajah kuliner di malam hari, Anda juga wajib menyambangi Warung Nasi Kikil Merah yang berada di Jl. Raya Mojosongo No. 74, Jombang. Rumah makan yang berjarak sekitar 1,5 km dari Alun-alun kota ini menyajikan menu legendaris kebanggaan masyarakat Jombang berupa Nasi Kikil. Hidangan ini berupa nasi yang disiram dengan Sayur Lodeh Kikil. Namun, tekstur daging kikil yang kenyal dan empuk berpadu sempurna dengan gurihnya Sayur Lodeh.

Sayur Lodeh Kikil dibuat dari bagian kaki sapi yang direbus selama dua jam dalam air mendidih bersama daun jeruk, jahe dan lengkuas geprek, kemudian dipotong kotak dan dimasukkan ke dalam Sayur Lodeh. Untuk membuat Sayur Lodeh, bumbu utama terdiri atas cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan terasi udang goreng yang dihaluskan kemudian direbus bersama santan cair hingga mendidih. Selanjutnya sayuran berupa pepaya muda, nangka dan rebung yang telah diiris memanjang dimasukkan satu per satu dimulai dari sayuran bertekstur keras. Setelah mendidih, potongan daging kikil dan santan kental ditambahkan ke dalam rebusan. Proses ini dilanjutkan selama 1 jam sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.

Seporsi Nasi Kikil disajikan di atas daun pisang yang dipincuk. Suwiran empal sapi yang ditambahkan di atas siraman Sayur Lodeh Kikil semakin menyemarakkan suasana makan malam Anda.. Hidangan nan legit dan gurih ini dijual dengan harga Rp 10 ribu. Namun, untuk menyambangi warung favorit para pejabat daerah dan artis Ibukota ini, Anda harus sedikit bersabar, karena warung ini baru buka pada pukul 10 malam hingga pukul 3 pagi. Buruan mampir ke Jombang ya...!

(Laili)


M. Munif Kusnan SH, MSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Jawa Timur: Sediakan sentra khusus bagi pengusaha kuliner

Perkembangan kuliner di Jombang sangat bergeliat. Karena itu, salah satu program pemerintah dengan memberikan kemudahan perizinan bagi pelaku usaha yang berminat membuka usaha kuliner di Jombang. Namun, lokasi usaha harus disesuaikan dengan tata kota sehingga tidak mengganggu kebersihan dan kenyamanan.

Ini terbukti dengan pemerintah menyediakan sentra khusus bagi pedagang kuliner yakni di Alun-alun Kota dan sentra Stadion Merdeka. Pemda memberikan kebebasan bagi pedagang kaki lima untuk menggelar dagangan, mulai dari pukul 4 sore hingga pukul 12 malam. Para pedagang hanya diwajibkan untuk membayar iuran per hari yang ditentukan oleh paguyuban yang mengatur mereka. "Pemda hanya mewajibkan pedagang kaki lima tersebut untuk membersihkan area sekitar setelah mereka selesai berjualan, tanpa mengatur soal administrasinya," papar Munif Kusnan, Sekda Jombang.

(Laili)


Sentra Pecel Lele

Selain terkenal dengan sebutan Kota Santri, Jombang menjadi salah satu daerah pelopor hidangan Pecel Lele yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Bahkan di Jombang, ada satu kawasan yang menjadi sentra pedagang Pecel Lele. Kawasan tersebut berada di Jl. Perak, Jombang. Di kawasan ini terdapat 15 pedagang Pecel Lele yang telah menjajakan menu ini dari pagi sampai malam hari.

Salah satu rumah makan yang patut Anda kunjungi adalah Pecel Lele Pertama Bapak H Fadlil. Rumah makan yang ada sejak 1982 ini merupakan pelopor pedagang Pecel Lele di kawasan ini. Menu Pecel Lele diolah dari ikan lele segar. Setelah dicuci bersih, ikan kemudian direndam dalam campuran bumbu halus berupa bawang putih, lada, ketumbar dan kunyit selama 5 menit. Selanjutnya ikan digoreng dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan.
Sajian Pecel Lele ala RM. Pecel Lele Pertama Bapak H. Fadlil terlihat berbeda, karena Ikan Lele Goreng dipenyet di atas sambal terasi ini dibuat dari cabai rawit merah, bawang putih, tomat dan terasi yang digoreng dan dihaluskan bersama garam dan penyedap rasa Sasa di atas piring saji yang terbuat dari tanah liat. Seporsi Pecel Lele dilengkapi dengan lalapan berupa irisan timun dan daun kemangi segar dan dijual dengan harga Rp 11 ribu/porsi. Selain menu Pecel  Lele, di sini juga menyediakan Ayam Panggang, Ayam Goreng, Rawon dan Bebek Goreng. Rumah Makan ini mulai beroperasi pada pukul 8 pagi hingga 12 malam.

Selain RM. Pecel Lele Pertama Bapak H. Fadlil, Anda bisa menikmati aneka ragam Pecel Lele di Warung Podjok 2, Warung Podo Trisno dan Rumah Makan Barokah.

(Laili)


Cekeremes dan Jenang Pisang yang rasanya legit

Oleh-oleh khas Jombang adalah Cekeremes dan Jenang Pisang. Cekeremes terbuat dari tepung singkong yang diuleni bersama air gula merah dan garam hingga kalis kemudian dicetak dengan cetakan seperti cetakan cendol namun dengan lubang yang lebih halus. Selanjutnya Cekeremes digoreng dalam minyak panas hingga mengapung dan matang. Setelah suhunya turun, Cekeremes kemudian dikemas dalam dus karton. Satu dus berisi 12 buah Cekeremes dan dijual dengan harga Rp 8.500.

Oleh-oleh khas Jombang lain yang bisa menjadi buah tangan Anda adalah Jenang Pisang yang dibuat dari campuran pisang raja matang, tepung ketan, gula pasir, gula merah, garam dan santan yang dimasak dalam wajan besar di atas tungku hingga mengental sambil terus menerus diaduk dengan sendok kayu. Setelah itu, Jenang Pisang dicetak di atas loyang berbentuk persegi empat dengan ketebalan +- 1 cm. Jepang kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga agak kering lalu dibungkus dengan kertas minyak dan dikemas dalam dus karton. Jenang Pisang dijual dengan harga Rp 8 ribu/dus. Selain Cekeremes dan Jenang Pisang, buah tangan favorit lain dari Jombang adalah Jenang Kelapa Muda dan Semprong. Aneka Oleh-oleh ini dapat Anda beli di Toko Olivia dan Toko Olivia dan Toko Surya yang berada di Jl. Kh. Wahid Hasyim, Jombang-Jawa Timur.

(Laili)


Bertafakur di makam Gus Dur

Jombang memiliki beberapa lokasi wisata yang patut Anda singgahi, mulai dari wisata alam seperti Air Terjun Trestes, Goa Sigolo-golo dan Kedung Cinet. Sedangkan wisata minat khusus seperti Candi Ngrimbi dan Makam Gunung Kuncung dan wisata religius seperti makam Presiden Indonesia ke-4 KH. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

Makan yang berada di dalam wilayah pondok pesantren Tebu Ireng ini setiap hari ramai dikunjungi oleh para peziarah yang tak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia tapi juga dari mancanegara.

Umumnya peziarah datang untuk bertafakur atau merenung sejenak atas sifat baik yang selama hidup kerap diamalkan oleh Gus Dur. Makam seluas 50 meter tersebut terdiri atas beberapa makam keturunan KH. Hasyim Azhari yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus kakek dari mendiang Gus Dur. Karena letaknya yang berada di kawasan pesantren, pengelola memberlakukan jam buka/tutup bagi para peziarah yang datang, yakni dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore saja. Hal ini agar tidak mengganggu proses belajar mengajar para santri di Pesantren Tebu Ireng.

(Laili)

Person quoted: M. Munif Kusnan SH, MSi (Sekda Jombang)


* Ayam Panggang Urap (untuk 4 porsi)

Bahan:
- 1 ekor ayam kampung muda, potong empat
- 2 batang serai, geprek
- 2 lembar daun salam
- 2 ruas jari lengkuas
- 1 sdm air asam
- 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
- 10 buah cabai merah keriting
- 4 buah cabai rawit merah
- 8 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 4 butir kemiri
- 2 ruas jari kunyit
- 1 ruas jari jahe
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa Sasa secukupnya

Pelengkap:
- Urap Sayuran

Cara membuat:
Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, dan jahe, aduk rata. Masukkan ayam kampung, aduk hingga berubah warna. Tambahkan air asam, aduk rata. Tuangkan air secukupnya, masak hingga air habis dan ayam matang. Panggang ayam di atas arang kayu hingga harum dan berwarna kecokelatan. Angkat dan sajikan bersama pelengkap.

_______________________________________

* Daftar Hotel/Penginapan di Jombang, Jawa Timur

- Hotel Sentra
Jl. Merdeka No. 60, Jombang, Jawa Timur
Telp: 0321 861566, 863479
Tarif: Rp 125 ribu-300 ribu/nett

- Indah Hotel
Jl. Urip Sumoharjo, Jombang, Jawa Timur
Telp: 0321 861966
Tarif: Rp 100 ribu-250 ribu/nett

- Hotel Kartika
Jl. Urip Sumoharjo, Jombang, Jawa Timur
Telp: 0321 860155
Tarif: Rp 70 ribu-350 ribu/nett

- Fatma Hotel
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Bo. 22-24, Jombang, Jawa Timur
Telp: 0321 861665, 861222
Tarif: Rp 85 ribu-300 ribu/nett

- Melati Hotel
Jl. Panglima Sudirman No. 63, Jombang, Jawa Timur
Telp: 0321 861389
Tarif: Rp 100 ribu-225 ribu/nett

_______________________________________

* Daftar tempat makan di Jombang, Jawa Timur

- Soto Dhooq Pak Nurali
Jombang, Jawa Timur
Jl. Kh. Wahid Hasyim No. 24
Telp: 087856426977

- Pecel Pincuk Bu Djiah
Jombang, Jawa Timur
Jl. Kh. Wahid Hasyim No. 9
Telp: 0321 6205280

- Depot Nikmat
Jl. Cempaka No. 17 A, Jombang Jawa Timur
Telp: 0321 862011

- Catering & Rumah Makan Henny
Jl. Gatot Subroto No. 46, Jombang, Jawa Timur
Telp: 0321 861260, 873870, 0812 3570939

- Nasi Kikil Merah
Jl. Raya Mojosongo No. 74, Jombang, Jawa Timur
Telp. (0321) 875 159, 879160

- Pecel Lele Pertama H. Fadhlil
Jl. Perak (+- 1 km dari mesjid Nurut Takwa), Jombang, Jawa Timur
Telp. 0812 3214254

- Lesehan Mamiri
Alun-alun Kota (depan SMPN Jombang), Jombang, Jawa Timur
Telp. 0857732342349

- Bethani Restaurant
Jl. Jend. A. Yani No. 137, Jombang, Jawa Timur
Telp. 0321 863868

- Mahkota Restaurant
Jl. Merdeka No. 97 A, Jombang, Jawa Timur
Telp. 0321 863275

- Bu Dur Restaurant
Kantin Pemerint
ah Kabupaten Jombang, Jombang, Jawa Timur
Telp. 0321 863275

- Khetan Merdeka
Jl. Merdeka No. 29-144 (depan Bank UOB Buana), Jombang, Jawa Timur
Telp. 0321 863313

- Olivia
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 72, Jombang, Jawa Timur
Telp. 0321 855572

- Surya Indah
Jl. KH. A. Wahid Hasyim No. 134, Jombang, Jawa Timur
Telp. 0321 862888


Info Kuliner - 6-19 Mei 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

5 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

thanks infox gan..
http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

Anonim mengatakan...

Lengkap sekali infonya. Saya pendatang baru d jombang, saya kira makanannya cm itu2 aja. Btw, sedap resto itu panda resto ya?

Nopanngluyur.wordpress.com

Anonim mengatakan...

Referensi bagi penggemar mie ayam kota santri, tidak lengkap jika belum mencoba mie ayam cak rokim di depan puskesmas cukir/belakang pabrik gula cukir diwek!! di jamin ketagihan.. murah, enak, porsi banyak!!!

Anonim mengatakan...

Menambahkan daftar hotel di Jombang
Hotel Netral Jombang
Jl. RE Martadinata 124 (Jl. Veteran 110)
Jombang, Jawa Timur, Indonesia 61417
http://www.hotelnetraljombang.com/
https://www.facebook.com/hotelnetraljombang

Unknown mengatakan...

Hotel Netral Jombang
Berada di tengah kota dan icon kota Jombang (ringin contong),sehingga terjangkau ke tempat-tempat wisata kuliner di jombang (pecel pincuk, soto dhoq, dll).
sekitar 3 km dari makam Gusdur, harga murah, bersih, dan nyaman dihuni.
http://www.hotelnetraljombang.com/
https://www.facebook.com/hotelnetraljombang