7.3.12

[tourismindonesia] Kediri, Jawa Timur: Serunya wisata kuliner di Kota Tahu, Mulai dari Soto Ayam, Ayam Bangi, Pecel Tumpang, Sate Bekicot hingga Klepon.



Kediri, Jawa Timur: Serunya wisata kuliner di Kota Tahu, Mulai dari Soto Ayam, Ayam Bangi, Pecel Tumpang, Sate Bekicot hingga Klepon.

Kediri adalah salah satu daerah penghasil Tahu terbesar di Indonesia. Di kabupaten inilah dahulu berdiri Kerajaan Kediri yang besar dan berpengaruh di Nusantara. Kekayaan kuliner Kota Tahu ini, tidak hanya menghadirkan menu Tahu, tapi ternyata menyimpan segudang kuliner yang enak dan menarik. Tertarik? Simak liputannya.......

Kediri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jombang di sebelah utara, Malang di sebelah timur, Blitar dan Tulungagung di sebelah selatan serta Madiun dan Ponorogo di sebelah barat.

Menuju kabupaten seluas 963,21 km2 ini cukup mudah, bila dari Jakarta, Anda dapat melewati jalur selatan dengan menyusuri Solo, Ngawi, Nganjuk, dan Kertosono. Setelah tiba di Kertosono, arahkan kendaraan Anda ke selatan. Anda hanya butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Kabupaten Kediri.

Dalam urusan transportasi lokal, Kediri memiliki beberapa pilihan yaitu angkutan kota, becak sepeda, becak motor dan ojek. Tarif angkutan kota yang beroperasi mulai pukul 5 pagi hingga 5 sore, berkisar Rp 2-4 ribu, disesuaikan dengan jarak tempuh. Sedangkan tarif ojek minimal Rp 5 ribu da beroperasi mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam. Becak sepeda dan becak motor beroperasi selama 24 jam dengan tarif yang disesuaikan dengan jarak tempuh.

Dari segi akomodasi, Nganjuk memiliki beberapa pilihan tempat penginapan dari hotel kelas melati hingga hotel bintang dua dengan harga yang terjangkau.

Sarapan pagi

Meskipun bukan termasuk dalam kategori kabupaten besar, Kediri menyimpan beragam kuliner yang patut dijelajahi saat Anda singgah di Kota Tahu ini. Berbagai tempat makan dibuka mulai pagi hingga malam hari dan siap memanjakan lidah para penikmat kuliner.

Di pagi hari, telah banyak penjaja makanan yang mulai menggelar dagangannya. Salah satu menu sarapan yang bisa Anda nikmati adalah Soto Ayam Surabaya yang tersedia di Rumah Makan Bengkel Perut Cak Har. Rumah makan ini berlokasi di Jl. Hayam Wuruk No. 80.

Berbeda dari Soto biasa yang terkadang tampilan kuahnya agak keruh, kuah Soto Ayam Surabaya ala Rumah Makan Bengkel Perut Cak Har ini terlihat sangat jernih. Kuah Soto dibuat dari kuah sisa rebusan ayam yang dimasak hingga mendidih bersama bumbu halus. Antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit yang ditumisa dalam minyak panas hingga harum. Untuk menghilangkan aroma anyir, dalam kuah rebusan ditambahkan bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, batang sereh geprek dan daun jeruk. Rasa gurih yang begitu kuat diperoleh dari penggunaan penyedap rasa Sasa Plus yang ditambahkan ke dalam rebusan kuah.

Semangkok Soto Ayam Surabaya tersaji dengan pelengkap, seperti mie soun yang direndam dalam air panas selama satu jam, suwiran daging ayam, potongan telur rebus, irisan daun bawang dan koya bubuk yang disiram dengan kuah Soto panas. Seporsi Soto Ayam Surabaya dijual dengan harga Rp 7 ribu/porsi.

Selain menu Soto Ayam Surabaya yang menggugah selera, rumah makan yang beroperasi mulai pukul 7 pagi hingga pukul 10 ini, menawarkan menu lain seperti Bebek Mentari, Bebek Kremes, Soto Madura, Ayam Kremes dan Rawin dengan kisaran harga mulai dari Rp 8-11 ribu per porsi.

Ingin menikmati sarapan yang lebih nendang di pagi hari? Anda bisa mampir ke Perdana Prasmanan di Jl. Halim Perdana Kusuma No. 27. Rumah makan yang berjarak sekitar 3 km dari Rumah Makan Bengkel Perut Cak Har atau 100 meter dari Pasar Paing ini, beroperasi selama 24 jam. Seperti namanya, rumah makan ini menyajikan makanan secara prasmanan. Berbagai menu pilihan seperti Ayam Bakar Kecap, Ayam Goreng Laos, Ayam Bumbu Rujak, Botok, Cah Kangkung hingga Jenang Campur.

Salah satu menu favorit di Perdana Prasmanan adalah Ayam Bakar Kecap. Menu ini dibuat dari ayam broiler. Per ekor ayam dipotong delapan lalu dipresto selama 30 menit bersama bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, garam dan penyedap rasa Sasa serta sereh, laos geprek dan daun salam. Sebelum direbus bersama ayam, aneka bumbu ditumis hingga harum. Setelah matang, panic presto tidak dibuka penutupnya melainkan didiamkan selama +- 5 menit untuk menurunkan suhu panasnya. Selanjutnya barulah potongan ayam diangkat dan ditiriskan. Proses memasak dilanjutkan dengan pemanggangan ayam di atas arang kayu sambil sesekali diolesi dengan campuran kecap manis dan madu. Ayam Bakar Kecap nan manis dan gurih ini dijual dengan harga Rp 3-4 ribu per potong tergantung besar kecilnya potongan daging ayam.

Bagi Anda yang tidak terbiasa menikmati menu berat di pagi hari, Anda bisa mengunjungi sebuah depot legendaris yang menjual aneka kudapan berupa Klepon dan Lupis. yakni Depot Klepon Miroso Wonosari yang berada di Desa Wonosari atau sekitar 20 km dari alun-alun kota Kediri. Meski jauh, Depot Klepon Miroso.

Klepon ala Depot Klepon Miroso Wonosari ini dibuat dari tepung ketan yang diulen hingga kalis dengan campuran air daun suji, air daun pandan dan air kapur sirih. Kemudian adonan diisi dengan gula merah cair yang dibuat dari gula merah aren yang direbus bersama air hingga kental. Perbandingan antara air dan gula merah adalah 1 kg gula merah aren dengan 250 ml air.

Selanjutnya adonan direbus dalam air mendidih hingga matang dan mengapung. Saat pembeli datang, barulah Klepon digulingkan dalam parutan kelapa yang telah dikukus selama 30 menit. Namun, saat menikmati Klepon, Anda harus sedikit berhati-karena lumernya gula merah dapat muncrat saat digigit. Sajian legit ini dijual dengan harga Rp 2 ribu per porsi.

Selain Klepon, tersedia Kue Lupis dengan harga yang sama. Depot Klepon Miroso Wonosari, dibuka tiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam.

Menu kebanggaan Kediri

Sajian di siang hari yang bisa Anda nikmati di kabupaten yang berada di Kaki Gunung Kelud ini adalah Ayam Panggang Bangi. Jika Lombok, Nusa Tenggara barat memiliki Ayam Bakar Taliwang, maka Kediri boleh berbangga hati karena memiliki sajian Ayam Panggang Bangi yang pedasnya tidak kalah membakar lidah.

Dan, jika ingin menyantap menu ini, Anda bisa bertandang ke Warung Ayam Panggang yang berada di Jl. Raya Desa Bangi, Kecamatan Purwoasri. Atau, sekitar 30 km dari alun-alun kota atau tepat berada di depan SD Bangi. Rumah makan ini menjadi kegemaran warga Kediri. Mulai dari masyarakat biasa sampai Bupati Kediri pun kerap bertandang ke rumah makan ini.

Ayam Panggang Bangi dibuat dari ayam kampung berusia 3-4 bulan yang dibengkek dan ditusuk dengan tusuk sate kambing kemudian dibakar di atas arang kayu hingga berwarna cokelat pucat. Daging ayam kemudian direbus dalam air mendidih selama 10 menit lalu dibakar kembali hingga matang sambil sesekali dioles bumbu halus yang terdiri atas cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih dan garam. Proses bakar masih tradisional, yakni dikipas-kipas dengan kipas bambu sehingga Ayam Panggang Bangi matang secara perlahan dan meresap bumbu dengan sempurna.

Ayam Panggang Bangi disajikan bersama pelengkap Urap Sayuran. Sepiring Urap Sayuran terdiri atas tauge yang diseduh dengan air panas, kangkung dan kacang panjang rebus serta kelapa parut. Sensasi pedas yang ditawarkan dalam sajian Urap Sayuran ini juga tak kalah menyengatnya. Rasa tersebut berasal dari campuran kelapa parut dan tumisan bumbu halus berupa cabai rawit merah, bawang merah, bawang putij, dan kencur yang disangrai hingga matang.

Menu Ayam Panggang Bangi dijual dengan harga Rp 37 ribu per ekor. Sedangka  Urap Sayuran dijual dengan harga Rp 7 ribu per porsi. Warung Ayam Panggang buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 9 malam.

Ingin menikmati hidangan berkuah di siang hari? Anda bisa singgah ke Depot Pak Gono yang berada di Jl. Sutoyo, Pare. Depot yang buka setiap hari dari pukul 10 pagi-8 malam ini, berjarak sekitar 20 km dari Warung Ayam Panggang atau 100 meter dari pusat Oleh-oleh Surya Indah Snack's House & Fruity Drinks.

Depot Pak Gono menawarkan menu antara lain Lontong Kikil dan Soto Daging. Namun, menu yang patut Anda coba adalah Lontong Kikil. Semangkuk Lontong Kikil terdiri atas potongan lontong, daging kikil yang disiram kuah dari kalru panas serta diberi topping bawang goreng. Saat pertama kali digigit, daging kikil begitu terasa empuk dan legit tanpa bau prengus. Hal ini karena daging kikil direbus dua kali.

Semangkuk Lontong Kikil dijual dengan harga Rp 7 ribu per porsi. Depot Pak Gono buka mulai pukul 10 pagi-8 malam.

Ingin menjajal menu yang berbeda? Anda bisa menyantap aneka olahan bekicot, mulai dari Krengsengan, Sambal Goreng, Keripik Bekicot, hingga Sate Bekicot yang rasanya juara. Olahan Bekicot hadir di Kota Tahu ini, karena keinginan masyarakat untuk mengurangi populasi hama bekicot yang sering merusak tanaman padi.

Namun, pada perkembangannya olahan bekicot ini menjadi favorit masyarakat Kediri. Jika ingin menikmati olahan Bekicot, yang patut Anda singgahi adalah Kedai Sate 02 & Jamur Pak Tris yang ada di Desa Pare, Kediri.

Salah satu menu favorit di warung ini adalah Sambal Goreng Bekicot. Sebelum diolah, bekicot segar direbus dalam air mendidih selama satu jam, untuk memisahkan daging dari cangkangnya. Setelah itu bekicot dicuci dengan air mengalir sambil diremas-remas untuk mengeluarkan lendir. Selanjutnya bekicot direbus kembali selama satu jam untuk mengempukkan daging.

Saat pesanan datang, bekicot ditumis bersama bumbu halus berupa cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gara dan penyedap rasa Sasa. Anda bisa menikmati menu nan gurih dan membuai lidah ini bersama menu lain seperti Sate Bekicot atau Tumis Jamur yang rasanya tak kalah juara. Masing-masing menu dijual dengan harga Rp 2.500 per porsi. Kedai Sate 02 & Jamur Pak Tris mulai beroperasi pada pukul 9 pagi-9 malam.

Masih penasaran dengan olahan bekicot? Anda bisa mampir ke Depot Bu Sri yang berada di Desa Plosoklaten atau tepat di depan kantor kecamatan Desa Plosoklaten.

Kuliner malam

Semakin malam, kuliner di Kota Tahu makin variatif. Salah satu menu yang dapat Anda icip adalah hidangan dari daging emprit atau daging burung pipit yang gurih dan legit.

Salah satu warung kaki lima yang menajikan hidangan dari daging emprit ini adalah Warung Tenda Sate Emprit Bu Sabar yang berada di Jl. DR. Wahidin No. 149, Pare-Kediri atau tepat di depan SD Guruh I. Warung ini menawarkan sajian dari daging emprit seperti Sate Emprit, Krengsengan dan Daging Emprit Goreng.

Salah satu menu daging emprit yang bercitarasa maknyuss adalah Krengsengan Emprit. Tahap pembuatan, dimulai dengan menumis bawang putih, cincang hingga harum kemudian ditambahkan daging emprit yang sebelumnya telah direbus selama 30 menit. Untuk menghilangkan aroma anyir daging burung pipit, saat menumis ditambahkan jahe cincang dan daun jeruk. Sedangkan untuk memperkuat citarasa ditambahkan sambal rawit hijau, kecap manis, garam dan penyedap rasa Sasa. Agar bumbu meresap ke dalam pori-pori daging, sedikit air ditambahkan ke dalam tumisan.

Satu porsi Krengsengan Emprit berisi 17 ekor daging burung pipit ini dijual dengan harga Rp 10 ribu. Warung Tenda Sate Emprit Bu Sabar ini mulai berjualan dari pukul 3 sore hingga 9 malam.

Masih ingin menikmati menu khas Kediri? Adalah Pecel Tumpang Bu Beni yang berada di Jl. Kandat atau depan gedung asuransi Jiwasraya. Setiap hari tak kurang dari 300 porsi Pecel Tumpang laku terjual.

Sepiring Pecel Tumpang dijual dengan harga Rp 6 ribu. Warung Pecel Tumpang Bu Beni dibuka tiap hari dari pukul 16.30 hingga 21.30 malam. Tertarik menjelajah kuliner Kediri?

(Laili)


Pemerintah mendirikan sentra kuliner

Kabupaten Kediri tidak hanya dijuluki sebagai Kota Tahu, tapi juga sebagai Kabupaten Bersinar Terang yang berarti Bersih, Sehat, Indah, Aman, Rapi, Tertib, dan Anggun. Hal ini tampak jelas dari tata kota yang rapi dengan ketertiban dan kebersihan d sepanjang jalan. Bukan itu saja, karena semboyan tersebut, Kediri mampu menghadirkan suasana yang asri dan nyaman.

Tak hanya memikirkan tata kota, Pemerintah Kediri juga senantiasa memperhatikan para pengusaha kecil khususnya pengusaha kuliner baik yang masih berskala kaki lima atau pun kelas restoran. Salah satu perhatian Pemerintah untuk mereka adalah dengan memberikan kemudahan dalam hal perizinan dan pembangunan sarana dan prasarana. Selain itu Pemerintah Kabupaten juga kerap memberikan pelatihan dan bimbingan bagi para pengusaha kuliner tersebut.

Tidak hanya itu, Pemerintah telah menyediakan dua sentra khusus kuliner yakni Alun-alun Kota yang berada di Jl. Panglima Sudirman dan sentra yang berada di Monumen Simpang Lima Gumul.

Setiap hari mulai pagi hingga malam hari, para pedagang kuliner diberikan kebebasan untuk menggelar dagangannya. Setiap pedagang tidak dipungut biaya sewa melainkan hanya diwajibkan untuk membayar biaya distribusi sampah, listrik dan air dengan jumlah yang cukup terjangkau. "Kami berusaha untuk tidak memberatkan para pengusaha kuliner dengan sewa atau pajak yang tinggi, karena bagaimana pun kuliner merupakan aset kabupaten yang dapat mendatangkan wisatawan baik lokal maupun internasional," ungkap dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Bupati Kabupaten Kediri.

(Laili)

Person quoted: dr.Hj. Haryanti Sutrisno (Bupati Kabupaten Kediri)


* Resep Soto Ayam Surabaya ala RM. Bengkel Perut Cak Har (untuk 15 porsi)

Bahan:
-
-
-
-
-
-
-
-
-

Bumbu halus:
-
-
-
-

Bahan pelengkap:
-
-
-

Cara membuat:
Rebus ayam selama 2 jam di atas api sedang hingga empuk, angkat dan pisahkan ayam dari kaldu. Goreng ayam hingga kuning kecokelatan, angkat dan suwir-suwir. Tumis bumbu halus hingga harum lalu tambahkan serai, jahe, lengkuas, dan daun jeruk, aduk rata dan masak hingga matang. Masukkan bumbu ke dalam kuah kaldu. Masak kembali hingga kuah mendidih. Tambahkan garam dan penyedap rasa Sasa secukupnya, aduk rata.
Penyajian: Siapkan mangkuk, susun soun, kol dan suwiran ayam lalu siram dengan kuah soto panas. Taburi dengan koya bubuk. Sajikan hangat.


-------------------------------------

Daftar Hotel dan Penginapan di Kediri

- Hotel Bismo
Jl. Panglima Sudirman No. 119, Kediri, Jawa Timur
Telp. 0354 682828, 696787
Tarif: Rp 55 ribu-Rp 350 ribu

- Bukit Daun Hotel
Jl. Argowilis No. 777 Semen, Kediri, Jawa Timur
Telp: 0354 772000
Tarif: Rp 125 ribu-Rp 450 ribu

- Hotel Selopanggung
Jl. Raya Selopanggung Semen, Kediri, Jawa Timur
Telp: 0354 7007555
Tarif: Rp 80 ribu-Rp 225 ribu

-------------------------------------

Daftar Rumah Makan dan Pusat Oleh-oleh di Kediri, Jawa Timur

- Bengkel Perut Cak Har
Jl. Hayam Wuruk No. 80, Kediri, Jawa Timur
Telp. 0354 7642976, 0813 3541 2726

- Depot Tentram*
Jl. Panglima Sudirman No. 115, Samping Alun-alun Kota kediri
Kediri, Jawa Timur

- Klepon Miroso Wonosari*
Desa Wonosari Gg. klepon(50 meter dari Jl. Semen) Kediri, Jawa Timur
Telp. 0812 34400074

- Depot Pak Gono*
Jl. Letjen Sutoyo. Pare (depan Gereja Katolik Santo Mateis) Kediri, Jawa Timur
Telp. 0813 3558 2018

- Depot Bu Sri*
Desa Plosoklaten (Depan Kecamatan Plosoklaten) Kediri, Jawa Timur
Telp. 0857 4910 8880

- Mie Palapa
Jl. Hayam Wuruk No. 117 (depan Hotel Palapa) Kediri, Jawa Timur
Telp. 0354 687708

- Bakso Poris Khas Malang
Jl. Ahmad Yani No. 31 (depan Distrik Militer 0809), Kediri, Jawa Timur
Telp. 0813 1106 0719

- Surya Indah Snack House & Fruity Drink's
Jl. Letjen Sutoyo No. 45, Kediri, Jawa Timur
Telp. 0354  391 580

- Pusat oleh-oleh Liem
Jl. Argo Wilis No. 20 (lintasan ke Pohsarang), Kediri, Jawa Timur
Telp. 0354 7108008, 776999


Info Kuliner - 22 April-5 Mei 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

4 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

thanks infox gan..
http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

Anonim mengatakan...

Wah hanya membahas kabupaten kediri saja ya. Padahal banyak yang menarik di Kota Kediri. Sebagai kota terbesar ketiga di Jatim, banyak yg bisa disuguhkan di Kota Kediri.

Warung KhasBatu mengatakan...

Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
•Steak & Sate Kelinci
•Jagung & Pisang Bakar
•Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

Warung Khas Batu
Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
Tel / Fax : +62 341 592955
HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
BBM : 7D8DEB8C
www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
www.Facebook.com/WarungKhasBatu

Furniture Jepara mengatakan...

makasih ya infonya, jadi bisa panduan untuk jalan-jalan pas malam hari


Furniture Jepara
Buffet Tv Mewah Antik
Kursi Sofa Mewah Jepara
Set Kursi Teras Mewah
Lemari Hias Mewah Klasik
Lemari Pakaian Panjang
Set Meja Hias
Set Meja Makan Mewah
Tempat Tidur Anak
Kamar Set Lengkap Mewah
Box Bayi