9.3.12

[tourismindonesia] Kya-kya di Jember, Jawa Timur: Nikmatnya Mie Apong, Bakso Tulangan, Suwar Suwir hingga Wedang Cor



Kya-kya di Jember, Jawa Timur: Nikmatnya Mie Apong, Bakso Tulangan, Suwar Suwir hingga Wedang Cor

Kabupaten Jember dikenal sebagai kota seribu bukit. Namun, tak hanya wisata alam, ternyata Jember menyimpan khasanah kuliner yang patut dan wajib untuk dicicip. Penasaran? Yuks... jajaki kulinernya ya.

Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia di wilayah selatan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di bagian utara, Kabupaten Banyuwangi di sebelah timur, serta Kabupaten Lumajang di sebelah barat.

Menuju Jember, bisa melalui jalur Pantura dengan rute Jakarta- Surabaya-Jember dengan waktu tempuh 20-23 jam. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, ada beberapa pilihan jalur bus jurusan Jakarta-Jember, Jakarta-Bali. Selain dengan bus, Anda bisa menggunakan jalur Kereta Api Jakarta-Surabaya dan turun di Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, atau pun Stasiun Semut. Jika Anda turun di Stasiun Gubeng, Anda bisa meneruskan kembali dengan menggunakan Kereta Api Mutiara Timur, jurusan Surabaya-Banyuwangi, dan turun di stasiun Jember.

Saat berada di Jember, Anda dapat menggunakan transportasi dalam kota berupa angkot yang beroperasi dari pukul 5 pagi hingga 9 malam, dengan tarif Rp 3 ribu. Sedangkan becak beroperasi 24 jam, dengan tarif berkisar Rp 5 ribu-Rp 20 ribu yang disesuaikan dengan jarak tempuhj.

Untuk akomodasi, Jember memiliki beberapa pilihan tempat penginapan mulai dari hotel kelas melatu hingga hotel berbintang dua.

Sarapan pagi.

Sebelum beraktivitas di pagi hari, ada baiknya Anda sarapan terlebih dahulu. Salah satu menu sarapan yang patut Anda jajal adalah Nasi Pecel di Nasi Pecel Wali Songo yang berlokasi di Jl. Sultan Agung, Jember.

Nasi Pecel ini terdiri atas campuran kacang panjang, tauge., dan sawi putih yang telah direbus, kemudian diberi siraman sambal pecel. Rasa sambal pecel yang legit, akan membuat Anda ingin menyantap hingga tandas. Hmm...enakk! Agar semakin nikmat menyantap Nasi Pecel, bisa ditambah dengan Orek Tempe, Tempe Goreng, Rempeyek Ebi, dan Sayur Lodeh Nangka.

Seporsi Nasi Pecel ini dijual dengan harga Rp 9 ribu. Sebagai teman bersantap, Anda bisa memilih berbagai macam lauk, mulai dari Rendang Daging, Rempeyek Udang, Paru, Sate Telur Puyuh, Ayam, dan Dendeng Ragi, dengan harga Rp 3 ribu-Rp 6 ribu. Warung Nasi Pecel Wali Songo buka dari pukul 6 pagi hingga 11 siang.

Ingin sarapan makanan berkuah? Sambangi Warung Soto Haji Syukri yang berada di Jl. Kalimantan No 16A, atau 700 meter dari Universitas Jember. Menu best seller di warung ini adalah Soto Jeroan. Eeiitss... ini bukan seperti Soto Jeroan umumnya, karena jeroan yang digunakan adalah ati rempela ayam dan bukan jeroan sapi seperti pada umumnya.

Soto Jeroan disajikan dalam mangkuk besar dengan isian nasi putih, irisan kol, tauge, bihun, irisan telur rebus, dan ati rempela rebus yang telah dipotong-potong kecil-kecil, serta irisan tomat yang disiram dengan kuah soto panas.

Kuah Soto yang nikmat di lidah ini dibuat dengan racikan berbagai bumbu, seperti kunyiyt bakar, kemiri, bawang putih, bawang merah, ketumbar sangrai, merica, garam dan gula yang dihaluskan kemudian ditumis bersama dengan daun salam, lengkuas, jahe, dan serai yang sudah digeprek, dan dimasak bersama dengan air hingga mendidih dan matang. Tak lupa ditambahkan penyedap rasa Sasa agar tambah gurih. Harga seporsi Soto Jeroan Rp 9 ribu. Selain Soto Jeroan, tersedia menu lain seperti Soto Ayam dengan harga Rp 8 ribu. Warung Soto Haji Syukri ini dibuka 24 jam.

Masih ingin sarapan dengan menu yang lain? Sambangi saja Rumah Makan Bubur Ayam Sundari dengan pilihan menu berupa Bubur Telur Scrambled, Bubur Telur 1/2 Matang, Pangsit Kuah, Pangsit Goreng, Pangsit Mie Ayam, Pangsit Mie Bakwan, Pangsit Mie Bakwan Puyuh, Bakwan Puyuh, Bakwan Sapi, Nasi Goreng Bakwan, Nasi Goreng Nanas, Nasi Goreng Saus Tiram, Nasi Kare Ayam, Nasi Soto Ayam, dan Nasi Rawon. Aneka menu ini dijual dengan harga berkisar antara Rp 8 ribu-Rp 20 ribu/porsi.

Makan siang.

Saat siang menjelang dan ingin berburu kuliner nikmat di Jember? Coba saja Mie Ayam yang tersaji di RM Mie Apong yang berlokasi di Jl. Kacapiring No. 50, belakang Mal Matahari. Namun, Mie Ayam ini memiliki ukuran mie yang besar dan penyajian dalam porsi besar.

Mie yang telah direbus dan diberi bumbu minyak bawang, lada, kecap asin serta penyedap rasa Sasa ini disajikan dengan diberi taburan potongan ayam melimpah dan sebuah pangsit basah. Empuk dan segarnya mie yang selalu dibuat setiap hari dan gurihnya taburan ayam menyatu lembut dalam mulut, dan dijamin ketagihan. Mantafff!

Seporsi Mie Ayam harganya Rp 8 ribu dan Bakso Mie Rp 12.500. RM Mie Apong beroperasi setiap hari dari pukul 09.00 hingga 21.00. Namun jika Anda datang saat makan siang atau pun makan malam, bersiaplah mengantre panjang demi mendapatkan seporsi Mie Ayam.

Bagi Anda penikmat Bakso, Anda bisa bersantap di Warung Nikmat Bakso Tulangan, di Jl. Yos Sudarso No. 178, Kranjingan Jember. Yang menjadi menu favorit di sini adalah Bakso Tulangan. Yakni, Bakso daging sapi yang disajikan bersama tulang iga.

Bakso ini dibuat dari campuran daging sapi dengan tepung sagu serta bumbu-bumbu yang diadoni hingga rata. Kemudian dicetak dan diberi isian daging yang telah dicincang kecil pada bagian tengah dan dibentuk bulat, lalu bakso direbus dalam air yang mendidih hingga bakso mengapung dan matang. Rasa Bakso yang enak karena menggunakan daging sapi jantan. Sedangkan kuah Bakso terbuat dari kaldu rebusan daging yang diberi bumbu gula, garam, merica, kemiri, jahe, dan pala. Tidak lupa dengan penambahan bumbu penyedap Sasa, yang membuat rasanya semakin gurih.

Satu porsi Bakso Tulangan berisi 3 buah tulang iga, 2 buah baksi dan 2 buah tahu kuning harga Rp 10 ribu. Selain Bakso Tulangan, tersedia juga Bakso Biasa dengan harga Rp 6 ribu. Warung Nikmat Bakso Tulangan ini buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Setelah puas menikmati makanan berkuah, saatnya menyantap makanan andalan Campus Resto yang berlokasi di Jl. Jawa No. 33. Resto ini menyajikan Ayam Cah Jamur, Ayam Panggang, Ayam Bumbu Tauco, dan Capcay Goreng. Semua menu dijual dengan kisaran harga dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu/porsi. Tak ketinggalan cicip kesegaran aneka minuman seperti Blacksweet Capuchino, Jus Honeymoon, dan Teh Tarik yang dijual dengan kisaran harga Rp 8 ribu-Rp 15 ribu/gelas.

Santap Malam.

Petualangan kuliner berlanjut dengan mengunjungi RM Lalapan Pangestu yang terletak di Jl. Gunung Batu, tepatnya di sebelah RRI Jember. Di tempat ini Anda bisa melahap aneka menu yang rasanya enak, mulai dari Burung Dara Goreng, Ayam Kampung GorengAyam Goreng, Ikan Gurame, Ikan Mujair Goreng, dan Ikan Bawal Goreng. Semua menu ini selalu disajikan dengan lalapan yang terdiri atas kacang panjang, kol, kangkung, dan sawi yang direbus ditambah ketimun. Untuk satu porsi menu dijual dengan harga berkisar Rp 7 ribu-Rp 21 ribu/porsi.

Yang membuat aneka menu ini istimewa, karena disantap dengan sambal yang rasanya muantap. Sambal ini terbuat dari cabai merah keriting, cabai rawit merah, tomat, terasi, garam, gula serta penyedap rasa Sasa. Warung Lalapan Pangestu ini buka setiap hari dari pukul 09.00-01.00 WIB.

Saat udara malam semakin dingin, Anda bisa menikmati minuman penghangat tubuh, yakni Wedang Cor. Minuman ini terbuat dari campuran tape ketan hitam, jahe, dengan susu kental manis yang diberi siraman air panas. Segelas Wedang Cor dijual dengan harga Rp 3 ribu/gelas.

Sebagai teman menyantap Wedang Cor, tersedia berbagai gorengan, mulai dari Tahu Isi Bakwan, Tahu Petis, Pisang Goreng, hingga Tempe Goreng yang dijual Rp 500 hingga Rp 1.000/potong. Warung Wedang Cor ini berlokasi di sebelah kantor Perhutani Jl. Letjen Supratman dengan jam operasional, mulai dari pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

Masih lapar? Kunjungi Rumah Makan KNT. Rumah makan ini dikelilingi persawahan, dengan tempat makan berbentuk saung di atas kolam ikan. Membuat suasana nyaman saat bersantap ria bersama keluarga atau pun kerabat.

Hidangan populer adalah Lalapan Bebek, Sate Cingur dan Udang Asam Manis. Seporsi makanan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 18 ribu. Untuk minuman, Anda bisa memesan Es Sari Kacang Hijau ataupun Soda Gembira yang menjadi minuman andalan.


Suwar Suwir, oleh-oleh wajib dari Jember

Salah satu produk andalan Jember adalah tape Singkong. Olahan Tape Singkong yang terkenal adalah Suwar Suwir. Kudapan ini terbuat dari tape singkong yang dihaluskan dan dimasak dengan gula hingga menjadi dodol tapi dengan tekstur yang lebih keras. Adonan Suwar Suwir kemudian dicetak dan dipotong bentuk balok dan dibungkus dengan kertas minyak. Suwar Suwir dijual dengan harga Rp 8 ribu-Rp 12 ribu per bungkus. 1 bungkus isi 250-500 gr.

Tak hanya Suwar Suwir, kudapan khas dari Jember lainnya seperti Prol Tape, Brownies Tape, Tape Ketan, Dodol Tape hingga petis dan terasi. Semua kudapan ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 7 ribu hingga Rp 33 ribu/kotak.

Untuk mendapatkan aneka oleh-oleh andalan dari Jember ini Anda bisa mendatangi jejeran toko penjual oleh-oleh sepanjang Jalan Gajah Mada. Salah satunya adalah Toko Sumber Madu No. 103, Jember.

(Okky Martha)


Person quoted: -


* Bakso Tulangan ala Warung Nikmat Bakso Tulangan (untuk 5 porsi)

Bahan:
- 500 gr daging sapi
- 250 gr daging sapi rawonan, cincang kecil
- 500 gr tulangan sapi
- 250 gr tepung kanji

Bumbu halus:
- 10 siung bawang putih
- 1 ruas jari jahe
- 2 buah pala
- 3 buah kemiri
- Merica secukupnya
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa Sasa

Cara membuat:
Daging sapi digiling serta dicampur dengan garam dan tepung kanji, lalu dibuat bulatan dengan diameter 5 cm, yang di dalamnya diberi isi cincangan daging rawon. Rebus tulangan sapi selama 1 jam hingga empuk, angkat dan sisihkan.
Kuah: Campur kaldu sapi dengan bumbu halus yang sudah digoreng, masak bersama Baso, hingga Baso matang. Sajikan Baso bersama iga sapi.


Info Kuliner - 16-29 September 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

3 komentar:

yusuf mengatakan...

kalo makan soto kok jauh, kan tinggal nyeberang, dr Pecel Walisongo ke Jl Fatahila, Warung Soto Gang Dahlok. Warung yg sudah ada sejak th 70'an ini terkenal krn ukuran mangkoknya yang jumbo. kok gak disebutkan juga warung ketan cethol yg berlokasi di depan pertokoan Jompo. Ini warung sangat legendaris, bahkan sudah ada sejak tahun 70'an. Minumannya STMJ (susu telor madu jahe) yg disajikan secara tradisional. buka sejak habis maghrib sampai subuh.
dan seharusnya kalo untuk mencari makan malam, tinggal datang ke samping bank madiri diseberang alun-alun. tersdia aneka makanan, mulai dari kupang lonthong, cui mie, dan minuman khas, es bogel.
kalo untuk Suwar-Suwir, seharusnya disebutkan Toko Primadona yg terletak di selatan Pasar Tanjung. Pemiliknya adalah generasi ke tiga atau empat dari pembuat suwar-suwir yg pertama ada di Jember. kalo toko Sumber Madu lebih terkenal Tape manisnya.
catatan: kalo di Jember, menyebut gorengan bukan "Bakwan" tapi "Ote-ote", kalau Bakwan, adalah nama lain dari bakso (mirip kayak "Bakwan Malang" kalo di jakarta), kalo Bakso orang Jember ada yang menyebutnya "Nyok-nyan"......

Anonim mengatakan...

untuk gorengan yg disebut bakwan dijember kbnyakan disebut kue "hongkong" sdgkan kl "ote-ote" itu sebutan dikota surabaya, kl dikota malang disebut "weci"

angga mengatakan...

Langsung datang saja ke home industrI Tape Sumbermadu
Di Dusun Jatian desa sumberpinang Kecamatan Pakusari Kota Jember
Lengkap di sana
Ada Tape sumbermadu,suwar - suwir sumbermadu dan proll tape sumbermadu
Pastinya lebih murah dari toko atau reseller lain karena langsung dari tempat bikin nya :D