26.3.12

[tourismindonesia] makanan enak dan murmer, dari Ayam Goreng Saus Mentega (Vegetarian), Nasi Dragon Egg, Sop Iga, Oishi Tako, hingga Teh Kotjok Cincau Hitam



Jl. K.H. Syahdan, Kemanggisan-Jakarta Barat: Surga aneka makanan enak dan murmer, dari Ayam Goreng Saus Mentega (Vegetarian), Nasi Dragon Egg, Sop Iga, Oishi Tako, hingga Teh Kotjok Cincau Hitam

Ingin menikmati sajian kuliner lezat di siang hingga malam hari namun tidak menguras kantong? Sambangi saja Jl. K.H. Syahdan yang berlokasi di Kemanggisan, Jakarta Barat. Selain menawarkan aneka makanan yang menggiurkan, harga yang ditawarkan pada setiap makanan juga sangat terjangkau. Apa saja?

Jalan K.H. Syahdan merupakan salah satu ruas jalan di Jakarta Barat. Untuk menyelusuri jalan ini, Anda dapat memulai dari arah Kebayoran Lama menuju Rawa Belong. Sesampainya di lampu merah Rawa Belong, lajukan kendaraan Anda menuju Universitas Bina Nusantara hingga menjumpai pertigaan Seven Eleven, lalu belok ke kanan memasuki Jalan K.H. Syahdan. Sepanjang jalan ini banyak terdapat aneka menu jajanan yang unik, lezat dan tentunya murah meriah.

Aneka hidangan Goreng.

Perjalanan kuliner kali ini dimulai dengan menikmati aneka hidangan goreng yang lezat dan mampu mengisi kekosongan perut setelah beraktivitas seharian. Salah satu tempat makan yang menyediakan hidangan goreng adalah Kantin Daun (Vegetarian Food) yang berlokasi di Jl. K.H. Syahdan No. 5 F, Kemanggisan, Jakarta Barat.

Keistimewaan tempat makan vegetarian ini dikarenakan seluruh hidangannya tanpa menggunakan bahan hewani melainkan bahan nabati. Dan, salah satu menu yang wajib dicoba di kedai ini adalah Ayam Goreng Saus Mentega. Hidangan ini mengganti bahan daging ayam dengan jamur tiram dan kacang kedelai yang diolah menyerupai daging ayam. Meskipun menggunakan daging ayam sintetis, cita rasanya tidak jauh berbeda dengan Ayam Goreng Saus Mentega yang asli.

Cita rasa gurih dan sedikit manis saus mentega menyempurnakan  sajian ini. Saus mentega dibuat dari bawang bombay dan bawang putih yang ditumis bersama margarin dan dibumbui kecap inggris, saus tomat, saus cabai, saus tiram dan ditambahkan sedikit air. Agar semakin gurih, saus dibubuhi garam, gula dan lada bubuk. Untuk menikmati makanan lezat nan sehat ini, Anda cukup membayar Rp 15 ribu/porsi saja.

Menu lain di Kantin Daun (Vegetaria Foos) yang tidak boleh dilewatkan adalah Nasi Capcay dan Nasi Goreng Seafood. Harga aneka menu di kantin ini pun terjangkau, mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 20 ribu. Anda bisa menyambangi Kanton Daun (Vegetarian Food) mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Masih ingin mencoba hidangan goreng yang istimewa? Yuk... sambangi Waroeng Kito yang terletak 100 meter dari Kantin Daun (Vegetarian Food). Salah satu menu andalan d warung ini adalah Nasi Dragon Egg. Hidangan ini berisi nasi putih, sepotong nugget ayam goreng yang diberi mie kuning goreng di atasnya serta salad yang terdiri atas irisan kol, wortel, jagung dan saus mayones. Tidak hanya itu, Nasi Dragon Egg juga disajikan bersama kuah berbahan dasar kaldu ayam yang disajikan dalam mangkuk. Dengan harga Rp 10 ribu, Anda bisa menikmati seporsi Nasi Dragon Egg yang lezat. Terjangkau bukan?

Selain itu, Waroeng Kito juga mengediakan menu lain yang tak kalah nikmat seperti Nasi Mushroom Special yang berisi nasi putih, jamur crispy. serta salad yang terdiri atas irisan kol, wortel, jagung dan saus mayones, serta kuah kaldu sapi yang berisi daging sapi cincang dan bawang bombay. Untuk menikmati lezatnya Nasi Mushroom Special, Anda cukup membayar Rp 13 ribu saja. Harga aneka hidangan di warung ini berkisar Rp 10 ribu-20 ribu dan mulai buka pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Belum puas menikmati hidangan goreng? Cobalah bertandang ke Kantin Keluarga yang berjarak 50 meter dari Waroenk Kito. Di kantin ini Anda bisa menikmati Chicken Katsu sebagai salah satu menu jawaranya. Rasa gurih Chicken Katsu begitu terasa pada gigitan pertama dan berpadu apik dengan tekstur kress di bagian tepungnya dan moist pada daging ayamnya. Tak pelak lidah Anda akan terus bergoyang saatt Chicken Katsu bertemu dengan saus barbeque dan saus sambal. Hmm... kenikmatannya sungguh terasa saat menyantap makanan ini. Harga seporsi Chicken Katsu Rp 11 ribu. Kantin ini beroperasi dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Satu lahgi hidangan yang digoreng dan perlu dicoba yaitu Fu Yung Hai Kepiting yang tersedia di New Berkah Chinese Food. Tempat makan ini berjarak 50 meter dari Kantin keluarga. Harga seporsi Fu Yung Hai Kepiting hanya Rp 13 ribu dan bisa disambangi mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Aneka Menu Berkuah.

Dinginnya udara malam saat berburu kuliner sangat pas menikmati hidangan hangat berkuah. Salah satu tempat makan yang bisa dikunjungi adalah Bakmi Aviana. Di tempat ini Anda bisa mencicipi Bakmi Ayam Bakso. Perpaduan mie ayam dan bakso terasa sangat pas di lidah. Kenyalnya mie telur membuat mulut seolah dimanjakan, gurihnya ayam mampu membuai lidah tak henti mengecap. Dinikmati dengan rasa yang pedas dan panas akan membuat Bakmi Ayam Bakdo terasa sangat pas disantap saat malam hari. Dengan harga Rp 13 ribu, Anda sudah dapat menikmati kelezatan Bakmi Ayam Bakso ini, hmmm.. nyam nyamm.

Selain Bakmi Ayam Bakso, di kedai ini tersedia juga Kwetiaw Rebus, Kwetiaw Goreng dan Aneka Jus. Harga aneka menu di Bakmi Aviana berkisar Rp 8 ribu-Rp 20 ribu dan buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Makanan berkuah lain yang bisa menjadi pilihan adalah Sop Iga yang terdapat di Waroeng kaget yang berlokasi sekitar 50 meter dari Bakmi Aviana. Seporsi Sop Iga terdiri atas iga sapi, wortel, kentang, kembang kol, tomat, daun bawang, seledri dan kuah gurih. Kuah Sop Iga dihasilkan dari rebusan iga sapi yang diberi bumbu tumis seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang bombay. Agar terasa gurih ditambahkan garam, merica bubuk, pala, dan gula pasir. Aroma harum sudah terhirup saat tiba di tempat makan ini. Rasa gurih kaldu sapi membuat kuah sop iga akan sangat mantap. Sop Iga akan sangat nikmat disantap saat masih panas dengan ditambahkan sambal. Yummy!.

Untuk menikmati gurih Sop Iga, Anda cukup membayar sebesar Rp 12 ribu. Selain itu, menu lain yang tidak kalah nikmat di Waroeng Kaget adalah Bebek Goreng Kaget, Pecel Lele, Roti Bakar dan Pisang Bakar. Harga aneka hidangan yang disajikan di sini cukup terjangkau, berkisar Rp 5 ribu-Rp 14 ribu. Tempat makan ini buka selama 24 jam. Jadi saat lapar menyergap, Waroeng Kaget bisa menjadi solusi.

Makanan berkuah lain yang wajib dijajal ialah Soto Ayam Kuah Bening yang terdapat di Soto Asli Pawen yang berjarak 50 meter dari Waroeng Kaget. Menikmati Soto Ayam Kuah Bening, saat masih panas merupakan pilihan yang tepat, mengingat masakan berkuah mampu membuat tubuh menjadi hangat dan nyaman. Selain itu, tempat makan ini juga menyuguhkan menu lain seperti Soto Ayam Kuah Santen, Soto Daging Kuah Bening dan Soto Daging Kuah Santen. Harga aneka menu di Soto Asli Pawen adalah Rp 13 ribu permangkuk. Penasaran kan? Segera datangi dan jelajahi kuliner di sini...!

(Annisah)


Sedapnya Oishi Tako dan Teh Kotjok Cincau

Setelah menikmati aneka kuliner yang membuat perut kenyang, tidak ada salahnya menutup dengan mencicip aneka kudapan manis, gurih dan menyegarkan dengan harga yang terjangkau. Kudapan manis pertama yang harus dicoba ialah aneka Donut yang terdapat di Nyam Nyam Donut, berlokasi di Jl. KH Syahdan No. 16. Menu yang ditawarkan di tempat ini seperti Donut Original, Donut Isi Blueberry, Donut Durian, Donut Isi Srikaya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu Rp 2.500-Rp 3.500 dan bisa dikunjungi mulai pukul 10.00- 22.00 WIB.

Kalau perut terasa neg, Anda bisa menyantap kudapan gurih. Datangi saja Warung Takoyaki yang terletak tepat di depan Kampus Binus Syahdan dan berjarak 50 meter dari Nyam-Nyam Donut. Di tempat makan ini, Anda bisa memesan Oishi Tako yaitu adonan tepung terigu dan telur yang diisi potongan gurita dan dibentuk bola-bola. Kudapan khas Jepang ini disiram saus barbeque dan katsoubushi yaitu ikan cakalang (katsuo) yang diserut tipis berbentuk seperti lembaran tisu dengan cita rasa gurih atau umami dan biasanya digunakan sebagai penyedap masakan. Oishi ne!!! Harga untuk seporsi Oishi Tako berisi 4 buah adalah Rp 9 ribu.

Kudapan lain yang tak kalah nikmat ialah Tahu Pong, Ikayaki, Ebiyaki, Pofferijes Chocolate, Singkong Steak, dan French Fries. Harga aneka menu di warung ini berkisar Rp 4 ribu hingga Rp 9 ribu, dan Anda bisa datangi mulai pukul 10.00 hingga 20.30 WIB.

Nah, setelah menikmati aneka makanan ringan yang manis dan gurih, kini Anda patut mencoba minuman yang menyegarkan. Sambangi saja Waroeng Teh Kotjok yang berjarak 50 meter dari Kantin Asta Karya. Menu yang ditawarkan di warung ini beraneka ragam, seperti Teh Kotjok Cincau, Teh Kotjok Lemon, Teh Kotjok Strawberry, dan Teh Kotjok Pome Lemon dengan kisaran harga Rp 4 ribu hingga Rp 9 ribu. Menu yang menjadi andalannya adalah Teh Kotjok Cincau. Manisnya gula merah bercampur dengan cincau hitam, susu kental manis putih dan es serut terasa begitu unik dan berbeda, benar-benar menyegarkan. Untuk mendapatkan sensasi segar Teh Kotjok Cincau, Anda cukup membayar Rp 8 ribu saja. Dan, Anda bisa datangi warung ini pukul 10.00-21.00 WIB.

(Annisah)


Person quoted: -


* Fu Yung Hai ala New Berkah Chinnese Food (4 porsi)

Bahan:
- 3 butir telur
- 75 gr daging kepiting
- 1 batang daun bawang iris halus
- 1 sdm saus tomat
- 2 sdt kecap asin
- 2 sdm air
- Gula dan lada secukupnya

Cara membuat:
Tumis daun bawang dan daging kepiting hingga berubah warna, angkat dan sisihkan. Kocok lepas telur, air, saus tomat, gula pasir, kecap asin dan lada bubuk. Panaskan wajan dadar dengan sedikit minyak sayur, tuang adonan telur dan masak dengan api kecil hingga setengah matang. Tambahkan daun bawnag dan daging kepiting yang sudah ditumis dan dimatangkan kedua sisinya. Potong menjadi empat bagian dan disajikan hangat bersama saus tomat maupun saus sambal.


Info Kuliner - 9-22 Desember 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: