9.3.12

[tourismindonesia] Mencicipi menu khas Jember: Ketan Ligornya lezat, ditutup dengan hangatnya Wedang Amsle



Mencicipi menu khas Jember: Ketan Ligornya lezat, ditutup dengan hangatnya Wedang Amsle

Jika kita bertanya, apakah kuliner khas Jember? Mungkin Tape Singkong atau kudapan suwar-suwir yang akan terdengar. Padahal Jember juga masih memiliki beberapa kedai yang menawarkan jajanan khas. Misalnya Ketan Ayu atau Ketan Ligor yang gurih.

Sementara Wedang Amsle juga tak kalah populer sebagai hidangan malam untuk menghangatkan badan. Buat penggemar bebek juga sebaiknya berhati-hati karena di Jember juga ada menu Bebek Galak, lo. Nah, tunggu apa lagi. Yuk, kita pelesiran ke Jember.


* Warung Lidi
Jl. Karimata No. 26, Telp. (0331) 3056001

Tak perlu jauh-jauh menyantap aneka hidangan Nusantara. Di kedai ini Anda bisa menemukannya, mau Ketan Ligor, Nasi Brongkos, sampai Bubur Manado, semuanya ada.

Di Jember ada satu gerai yang menawarkan berbagai menu khas beberapa daerah di Indonesia. Namanya Warung Lidi. Gerai milik Bpk Wignyo Subroto (50) ini baru setahun berdiri. Namun warga Jember sudah terpikat dengan berbagai masakan khas daerah Nusantara.

Misalnya Nasi Tempong Banyuwangi yang disajikan dengan sayuran yang disiram sambal kacang super pedas yang jadi ciri khasnya. Ada juga Nasi Brongkos sebagai perwakilan dari Solo/Yogya. Begitu juga Tahu Bakso khas Semarang ikut hadir disini. Bahkan masakan khas Manado, yaitu Bubur Manado, juga bisa dicicipi di sini.

Tentu saja menu khas Jember juga tak ketinggalan. Namanya Ketan Ayu dan Ketan Ligor. Ketan Ayu menyajikan ketan kukus yang tersaji gurih dengan taburan kelapa parut dan bubuk kedelai. Rasanya gurih dan mengenyangkan, lo. Jika membeli paket seharga Rp 5.500, maka segelas Wedang Jahe ikut disajikan bersama paket Ketan Ayu ini.

Jika suka dengan cita rasa gurih, pesan saja Ketan Ligor. Menu ini masih mengandalan ketan sebagai menu utamanya. Namun pendampingnya berbeda. Ketan Ligor disajikan dengan kelapa parut, sambal teri, serta limpa goreng yang sering disebut ligor. Limpanya empuk dan lembut. Aroma ketumbarnya berpadu dengan sejenis bumbu bacem membalut limpa goreng ini. Dengan membayar paket sebesar Rp 9.500, Anda mendapatkan segelas teh atau jeruk.

Tersedia berbagai lauk tambahan, seperti Wader Goreng, Udang Goreng, Bandeng, hingga Ikan Gurami, plus aneka sambal yang bisa Anda pesan secara terpisah. Harganya berkisar antara Rp 5.500 hingga Rp 18.500.

Kedai berkapasitas 100 pengunjung ini buka mulai pukul 08.00-22.00.


* Bebek Goreng 88
Jl. Jawa No. 13A
Telp. 0857 3138483

Ingin mencicipi bebek nan empuk dan gurih? Kedai ini layak dikunjungi. Apalagi sambal galaknya yang aduhai pedasnya menjadi pendamping bebek dan puyuh goreng.

Sebagai salah satu bagian dari Jawa Timur yang relatif dekat dengan Surabaya, menu bebek juga menjamur di Jember. Salah satunya kedai bebek Goreng 88.

Di kedai ini ada menu bernama Bebek Galak. Wah, seperti apa ya rasanya? Saat disajikan, penampilannya terhitung sederhana. Sebuah piring berisi nasi, sepotong bebek, dan sambal yang diguyurkan dengan porsi melimpah di atasnya. Inilah menu bebek galak. Dagingnya empuk dan lembut. "Sudah dipresto bersama bumbu sepertu ketumbar, kunyit dan daun jeruk," jelas Agus, pemilik kedai ini.

Sementara sambalnya dibuat dengan komposisi cabai rawit, tomat, dan terasi, lalu dimasak dengan tekstur agak basah sehingga sambal galak ini bisa diguyurkan ke atas daging bebek goreng. Menu ini bisa dinikmati dengan harga Rp 13 ribu.

Selain bebek, coba juga puyuh gorengnya. Menu ini menyajikan burung puyuh yang juga diungkep dengan bumbu kuning dan lengkuas nan melimpah, lalu digoreng hingga renyah. Taburan remahan bumbunya jadi pelengkap yang nikmat sekali disantap dengan nasi hangat. Seporsi burung puyuh goreng dibanderol dengan harga Rp 8 ribu saja.

Kedai ini kerap ajadi tempat nongkrong kawula muda di Jember. Kapasitasnya yang mencapai 50 pengunjung membuat kedai ini cukup punya banyak tempat untuk nongkrong menikmati suasana mlam kota Jember. Kedai Bebek Goreng 88 buka mulai pukul 13.00-22.00.


* Amsle Citarum
Jl Citarum (Depan Gereja Bala Keselamatan)
Telp. 0821 3208 6963

Wedang Amsle dan Wedang Ronde menjadi sajian khas malam hari di Jember. Sari jahe dan kuah manisnya mampu menghangatkan badan.

Saat menjelang malam di Jember mulai bermunculan jajanan "noktural" alias hanya muncul di malam hari. Salah satu kedai yang cukup banyak ditemukan adalah Kedai Amsle, atau sering disebut juga Angsle. Pusatnya ada di Jalan Citarum. Menjelang pukul 18.00, dipastikan Kedai Amsle mulai beroperasi.

Amsle adalah sejenis Wedang hangat. Semangkuk Amsle berisi ketan yang ditambahkan sagu mutiara, potongan roti tawar, kacang bawang dan emping. Kemudian disiram dengan kuah santan manis yang panas. Hm.. enak disantap saat udara mulai dingin menjelang malam hari. Semangkuk Amsle cukup ditebus Rp 3.500 saja.

Selain Amsle, kedai milik Ny. Oong (44) ini juga menyediakan minuman hangat lainnya, yaitu Wedang Ronde. Wedang ini menyajikan kuah berbahan dasar jahe dan gula merah, lalu ditambahkan kolang-kaling, sagu mutiara, dan kacang bawang. Kuahnya yang manis dengan aroma jahe langsung menyumbangkan kehangatan saat melewati kerongkongan. Enak sekali untuk menghangatkan badan. Untuk dapat merasakan kehangatan ronde ini, Anda cukup merogoh kocek Rp 3.500.

Sudah 10 tahun Ny. Oong menjajakan aneka Wedang di kedai sederhana yang mangkal di jalan Citarum. Setiap malam, kedainya selalu ramai karena tak hanya  Wedang yang bisa dinikmati, namun juga tersedia Bubur Kacang Ijo, Susu Telor Madu Jahe, dan Soda Gembira.

Di kedai sederhana ini, Ny. Oong mulai melayani pelanggannya pukul 06.00-23.00.


* Seafood Cak Sis
Jl. Citarum (Depan Bank BRI)
Tellp. 08525904766

Selalu ramai di malam hari, kedai ini menawarkan Kepiting Asam Manis dalam porsi jumbo, dan masih banyak aneka olahan seafood lainnya.

Anda pecinta Seafood? Nah, saat pelesiran ke Jember sempatkanlah mampir ke salah satu kedai Seafood Cak Sis. Walaupun banyak kedai lain menjajakan menu serupa, tapi kedai Cak Sis yang cukup banyak menyedot pengunjung.

Letak kedai yang strategis merupakan salah satu kunci ramainya kedai ini. Lokasinya berada di Jalan Ciliwung, tepat di depan Bank BRI. Kapasitas pengunjungnya mencapai 50 kursi dan selalu ramai, khususnya saat akhir pekan.

Kedai milik Cak Sis ini menawarkan Kepiting Asam Manis dan Ikan Kerapu Goreng sebagai menu andalannya.

Kepiting yang diolah khusus untuk menu ini adalah kepiting betina berukuran sangat besar. Seporsi Kepiting Asam Manis berisi 2 ekor kepiting yang sudah dipotong-potong untuk memudahkan menyantapnya. "Selain itu agar bumbunya lebih mudah meresap ke dalam daging," jelas Cak Sis.

Saus Asam Manis hasil kolaborasi aneka bumbu, tomat, dan cabai ini cukup disantap untuk 3-4 orang. Seporsi menu lezat ini dipatok Rp 70 ribu per porsi.

Buat Anda yang kebetulan datang berdua dan ingin menyantap Kerapu Goreng, pilih saja ikan kerapu berukuran sedang. Ikan kerapunya digoreng kering, lalu disajikan dengan lalapan kol dan kangkung rebus, lalu ditambah timun dan daun kemangi. Seporsi menu ini bisa disantap dengan harga Rp 27 ribu.

Selain Kepiting dan Ikan Kerapu, tersedia juga cumi, udang, ayam dan ikan yang bisa dipesan dengan metoda bakar atau goreng. Kedai yang buka mulai pukul 17.00-23.00 ini menyediakan tempat bersantap untuk 50 orang. Nah, selamat pelesiran di Jember.

Teks & Foto: Robert
Visual: Benyamin W

Person quoted: Agus (pemilik Kedai Bebek Goreng 88) .  Cak Sis (pemilik Seafood Cak Sis)


* Ketan Ligor (untuk 5 porsi)

Bahan ketan:
- 200 beras ketan, direndam 1 jam
- 50 gr kacang kedelai, direndam 1 jam, direbus sampai empuk
- 150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
- 1 lembar daun pandan
- 1 sdt garam
- 50 gr kacang kedelai, direndam 1 jam, direbus sampai empuk

Bahan taburan:
- 200 gr kelapa setengah muda, diparut besar
- 1/2 sdt garam
- 1 lembar daun pandan, diikat

Bahan semur:
- 250 gr lidah sapi, dipresto sampai empuk, dipotong lebar
- 1 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, dimemarkan
- 1 batang serai, diambil bagian putihnya, dimemarkan
- 50 gr kecap manis
- 1/2 sdt garam
- 500 ml air
- 2 sdm minyak goreng

Bumbu halus:
- 8 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk

Bahan sambal teri:
- 100 gr teri tawar, digoreng matang
- 5 buah cabai merah besar, dihaluskan
- 8 buah cabai merah keriting
- 5 butir bawang merah, dihaluskan
- 1 batang serai, dimemarkan
- 1/2 sdt terasi, bakar
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdm gula merah
- 4 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
Ketan, kukusberasketan 20 menit sampai setengah matang. Angkat. Sisihkan. Rebus santan, daun pandan, dan garam sampai mendidih. Campur ketan dengan rebusan santan dan kacang kedelai. Kukus kembali 20 menit sampai matang. Aduk rata bahan taburan. Kukus sampai matang. Semur, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai. Masukkan lidah sapi. Aduk rata. Tambahkan kecap manis dan garam. Aduk rata. Tuang air. Masak sambil sesekali diaduk sampai meresap dan mengental. Sambal teri, tumis cabai merah, bawang merah, dan serai sampai harum. Masukkan terasi, garam, damn gula merah. Menjelang diangkat, tambahkan teri tawar. Aduk rata. Sajikan ketan bersama taburan kelapa parut, semur lidah, dan sambal teri. (DN)


Saji - 29 Februari-13 Maret 2012


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

1 komentar:

nadiaananda mengatakan...

Makasihhh,, akhirnya aku tahu juga deh se sangat bermanfaat,, thanks