26.3.12

[tourismindonesia] Menikmati sajian khas daerah rasa jawara di kawasan Jakarta Barat, dari Tahu Tek-Tek, Bakwan Malang, Bubur Ayam Cirebon, Mie Ayam Ceker hingga Es Krim Goreng



Jalan Srengseng Raya, Jakarta Barat: Menikmati sajian khas daerah rasa jawara di kawasan Jakarta Barat, dari Tahu Tek-Tek, Bakwan Malang, Bubur Ayam Cirebon, Mie Ayam Ceker hingga Es Krim Goreng

Ingin menikmati sajian tradisional dengan citarasa otentik? Atau, menu berkuah yang mampu membuat Anda tidak berhenti menyantap? Sambangi Jalan Srengseng Raya, Jakarta Barat. Berbagai menu rasa jawara, mulai dari yang khas daerah hingga yang kreatif modern, ditawarkan di sini. Apa saja?

Jalan Srengseng Raya merupakan salah satu ruas jalan besar di bilangan Kebon Jeruk, yang menghubungkan Jalan Meruya Ilir Raya - Jl. Pos Pengumbern, Jakarta Barat. Jika Anda dari arah Jalan Panjang, belokkan kendaraan Anda ke kiri di Lampu Merah Relasi, menuju Jalan Meruya Ilir Raya, sampai bertemu perempatan Jl. Meruya-Jl. Pesanggrahan-Jl. Srengseng. Belokkan kendaraan Anda ke kiri memasuki Jl. Srengseng Raya. Di sepanjang jalan ini, Anda akan menemukan banyaknya penjual makanan yang menjajakan aneka makanan yang rasanya top markotop!


Makanan tradisional nan menggoda.

Saat memasuki kawasan Jalan Srengseng Raya, Anda langsung disambut aneka menu tradisional yang menggoyang lidah. Perburuan kuliner kali ini, bisa Anda mulai dengan menyambangiu Warung Makan AA khas Jawa Timur. Warung yang beroperasi pukul 11.00-22.00 WIB ini menawarkan menu andalan Tahu Tek-Tek. Sajian yang terdiri atas tahu putih dipotong dadu lalu dikocok lepas bersama telur ayam, merica bubuk, garam, serta irisan daun bawang dan daun seledri. Selanjutnya adonan telur ini digoreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang. Karena digoreng dalam minyak banyak, tekstur telur pun lebih mengembang dan renyah jika dibandingkan dengan telur dadar biasa.

Telur kemudian dipotong kotak dan disusun dalam piring saji berisi lontong dan kentang rebus. Setelah itu disiram dengan saus kacang yang rasanya nampol karena dibuat dari kacang tanah goreng yang digiling hingga lembut bersama bawang putih goreng dan cabai rawit lalu dilarutkan bersama air panas, kecap manis, dan petis udang. Penggunaan air panas bukan hanya membuat bongkahan kacang tanah giling menjadi lumer tapi juga mengeluarkan aroma khas petis udang. Sepiring Tahu Tek-tek semakin semarak dengan taburan kecambah dan kerupuk tersanjung (kerupuk kecil-kecil yang berwarna-warni). Paduan ciamik yang menciptakan sensasi rasa yang tidak terkira.

Menikmati makanan khas Jawa Timur ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 11 ribu saja. Selain Tahu Tek-tek, Anda juga bisa memilih variasi kuliner yang tersedia, seperti Tahu Campur Lamongan, Soto Ayam Surabaya, Nasi Pecel, Nasi Goreng Jawa, Rujak Cingur dan masih banyak lagi dengan kisaran harga Rp 8 ribu hingga Rp 20 ribu per porsi.

Suka dengan hidangan khas Jawa tengah? Mampirlah ke Warung Ayam Bakar Pemalang yang terletak sekitar 150 meter dari Warung Makan AA khas Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, menu yang menjadi andalan di tempat makan ini adalah Ayam Bakar. Biasanya Ayam Bakar khas Jawa Tengah identik dengan Ayam Bakar Kalasan, karena bumbu yang digunakan merupakan bumbu khas dari Jawa Tengah.

Keistimewaan Ayam Bakar ini tercipta dari proses memasaknya. Ayam diungkep bersama bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jintan dan garam, serta tambahan daun salam, lengkuas, dan serai geprek lalu ditambahkan santan dan air kelapa. Karena menggunakan air kelapa, tekstur daging ayam jadi lebih empuk dan mudah menyerap bumbu. Setelah mendidih, kemudian ditambah dengan gula merah untuk menciptakan warna cokelat yang menggugah selera. Daging ayam diungkep hingga matang selama +- 45 menit hingga air rebusah hampir habis.

Saat pesanan datang, daging ayam dibakar di atas arang sambil sesekali diolesi bumbu sisa ungkep ayam hingga menghasilkan kepulan asap dengan aroma yang sangat harum dan pastinya mampu membuat siapa saja tergoda untuk menikmatinya. Jangan lupa mencocol Ayam Bakar dengan Sambal Limau yang terbuat dari cabai merah, terasi, gula merah, garam secukupnya dan perasan jeruk limau. Rasa sambal yang pedas dan asam sangat pas, hmm... nyam... nyam.. Harga sepotong Ayam Bakar ini hanya Rp 12 ribu saja.

Anda penggemar Bubur?Anda bisa mencicipi kenikmatan Bubur Ayam khas Cirebon yang berada sekitar 5 meter dari Warung Ayam Bakar Pemalang. Menu satu ini memang sayang untuk dilewatkan, karena selain sangat cocok untuk menghangatkan tubuh pada suasana malam yang dingin, rasa gurih Bubur juga mampu membuai Anda.

Tak seperti Bubur Ayam biasa yang dibuat dari beras yang direbus bersama air biasa, Bubur Ayam Cirebon dimasak dengan air sisa rebusan ayam, sehingga citarasa gurih yang dihasilkan pun terasa lebih kuat. Namun, agar tidak berbau amis saat merebus ayam ditambahkan daun seledri dan daun bawang serta tumisan bawang merah, bawang putih dan lada yang telah dihaluskan. Api yang digunakan juga harus api kecil supaya ekstrak kaldu dapat keluar sempurna.

Karena telah gurih, saat disajikan semangkuk Bubur Ayam Cirebon tidak lagi ditambahkan kuah kaldu kuning namun dilengkapi dengan kucuran kecap manis, irisan cakwe, daun seledri, bawang goreng, kacang kedelai goreng dan kerupuk udang. Untuk lebih nikmat, Bubur Ayam Cirebon ini sebaiknya disantap saat masih panas, dengan paduan rasa pdas dari campuran sambal, dijamin bakal menambah sensasi kelezatannya.

Menikmati paduan nikmat Bubur Ayam Cirebon ini, Anda cuku[ membayar Rp 8 ribu saja. Warung Bubur Ayam Cirebon ini buka dari pukul 17.00 hingga 22.00 WIB.

Hidangan Berkuah.

Ingin menikmati berbagai hidangan berkuah? Anda pun bisa mencicipi kenikmatan Bakso Malang khas Jawa Timur yang ditawarkan Warung Bakso Malang Arema Jaya. Warung makan ini berjarak sekitar 50 meter dari Warung Bubur Ayam Cirebon. Menu yang wajib Anda cicipi adalah Bakwan Malang. Semangkuk menu primadona ini terdiri atas bakso sapi, pangsit goreng, pangsit rebus, dan tahu pangsit yang disiram kuah bakso dan ditaburi bawang goreng. Hmmm...paduan yang menyuguhkan kenikmatan kuliner maknyoss kan?

Saat pertama kali Anda menyeruput kuah Bakso Malang ini, rasa gurih nan nikmat langsung terasa di lidah. Gurihnya kuah berasal dari tulang sapi bagian engkel yang direbus hingga mendidih kemudian ditambahkan bumbu halus bawang merah, bawang putih serta lada dan direbus kembali di atas api kecil selama +- 2 jam. Saat Anda mulai mengigit Bakso Sapi, terasa begitu empuk karena perbandingan yang pas antara daging sapi giling dan tepung kanji.

Eitsss, jangan lupakan pangsit goreng, pangsit kuah dan tahu pangsit, yang rasanya tidak kalah uenak-nya. Seporsi Bakwan Malang dijual Rp 10 ribu saja, dan Warung Bakso Malang Arema Jaya ini buka pukul 11.00-22.00 WIB.

Masih ingin menikmati hidangan berkuah lainnya? Telusuri jalan sekitar 100 meter dari Warung Bakso Arema Jaya, Anda akan sampai di Kedai Mie Ayam Sedap Srengseng yang menawarkan menu spesial, Mie Ayam Ceker. Saat bertandang ke tempat makan ini, dari luar warung sudah terhirup aroma harum hasil rebusan kaldu untuk kuah mie.

Salah satu keistimewaan dari menu satu ini adalah rasa gurih dan empuk ceker ayam yang diracik bersama bumbu halus berupa bawang putih, jahe, cabai merah yang sebelumnya sudah ditumis hingga harum, plus bumbu bubuk ngo hiong, merica, garam, dan gula pasir. Agar ceker ayam lebih mudah empuk dan bumbu meresap sempurna maka air harus ditambahkan dan dimasak di atas api sedang. Sensasi gurih dan harum semakin bertambah dengan tambahan minyak wijen, kecap asin, dan kecap manis di dalam ungkepan ceker ayam.

Saat disajikan, Mie Ayam Ceker dihidangkan secara terpisah, yakni mie basah, air kaldu, dan ceker ayam. Di sini Anda bisa langsung mencampur semuanya menjadi satu, ataupun tidak, tergantung selera Anda! Hmmm... kenikmatan yang begitu memuaskan. Untuk kenikmatan yang begitu memuaskan. Untuk menikmati suguhan Mie Ayam Ceker ini, Anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 10 ribu per porsi. Warung makan Mie Ayam Sedap Srengseng ini buka sejak pukul 17.00 hingga 22.00 WIB.

Dengan aneka menu yang rasanya sedap, tunggu apalagi, ayo jelajahi kawasan kuliner di kawasan Srengseng Raya ini.

(Annisah)


Sensasi sajian Ice Cream yang menyegarkan

Setelah puas menikmati berbagai menu makanan yang begitu menggugah selera, pasti rasa dahaga bakal menggelitik tenggorokan Anda. Wah, ini saatnya Anda mencicip kesegaran menu dessert yang nyesss di kawasan Jalan Srengseng Raya. Salah satu tempat yang patut disambangi untuk menghapus rasa haus Anda adalah Mega Ice Cream Goreng yang menyediakan berbagai variasi rasa Ice Cream Goreng.

Melihat penampilannya, jangan terkecoh dengan bentuknya yang hanya sepotong roti tawar berwarna kecokelatan karena proses penggorengan. Pasti Anda bertanya-tanya di mana kesegaran yang ditawarkan menu ini. Uppsss... jangan salah, setelah Anda mengigitnya, kesegaran pun mulai mengalir dan membasahi lidah Anda. Ya... sajian roti tawar yang menyembunyikan sebongkah ice cream ini pun mampu memanjakan lidah Anda, dengan rasa manis dan kelembutan yang sangat membuai.

Ada banyak variasi rasa Ice Cream Goreng yang bisa dipilih untuk memanjakan lidah Anda, yakni seperti Ice Cream Vanilla, Ice Cream Vanilla Chip, Ice Cream Strawberry, Ice Cream Coklat Kacang Mete, Ice Cream Capucino Kacang Mete, dan berbagai rasa buah lainnya. Namun yang menjadi jawara dari warung Mega Ice Cream Goreng adalah Ice Cream Choco Chip dan Ice Cream Duren. Ice Cream berbalut roti tawar yang digorang ini dapat Anda nikmati hanya dengan harga Rp 5 ribu-Rp 6 ribu. Cukup murah kan? Nah, jika Anda penasaran dengan rasa khas dari Ice Cream Goreng yang lezat ini, Anda bisa bertandang ke Mega Ice Cream Goreng pukul 17.00-24.00 WIB.

Masih ingin menikmati hidangan manis sekaligus menyegarkan? Jangan ragu lagi untuk mampur dan mencicip Es Bubur Kacang Hijau. Warung yang menjual menu ini berjarak kira-kira 100 meter dari Mega Ice Cream Goreng. Dalam seporsi Es Bubur Kacang Hijau, Anda akan menikmati kesegaran dengan cita rasa manis yang begitu kental. Meskipun bernama Es Bubur Kacang Hijau, namun menu ini tersaji begitu ramai dengan perpaduan kacang hijau, ketan hitam, roti tawar, sirop Marjan rasa coco pandan, santan kelapa, serta serpihan es batu yang menyegarkan.

Bila di tempat lain menu ini didominasi kuah santan berwarna putih, Es Bubur Kacang Hijau di Jalan Srengseng Raya ini kuahnya merah, hasil racikan dari kuah santan bercampur sirop Marjan rasa coco pandan. Slruupp... rasa segar yang manis dari Es Bubur Kacang hijau dijamin akan membuat Anda ketagihan. Harganya pun murah, cukup dengan Rp 5 ribu saja. Selain menu Andalan Es Bubur Kacang Hijau, warung ini juga menydiakan sajian lain, seperti Bubur Kacang Hijau dan Mie Ayam, dengan harga Rp 5 ribu-Rp 7 ribu. Warung tenda ini mulai beroperasi mulai pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.

(Annisah)


* Tahu Tek-Tek ala Warung AA khas Jawa Timur (untuk 1 porsi)

Bahan:
- 300 gr tahu putih, potong kotak
- 2 butir telur ayam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam

Saus kacang:
- 50 gr kacang tanah goreng hingga kecokelatan
- 1 siung bawang putih, goreng
- 2 buah cabai rawit
- 1 sdt garam
- 2 sdm kecap manis
- 150 ml air panas
- 1 sdm petis udang

Pelengkap:
- Kecambah
- Kentang rebus
- Lontong
- Kerupuk

Cara membuat:
Saus kacang: Haluskan kacang goreng bersama bawang putih dan cabai lalu cairkan dengan air panas. Tambahkan garam, kecap manis dan petis, aduk rata dan sisihkan. Kocok telur dengan garam dan merica hingga rata. Tambahkan potongan tahu lalu goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan. Susun potongan tahu telur. Siram dengan saus kacang lalu taburi dengan kecambah dan kerupuk, sajikan hangat.

Info Kuliner - 3-16 Februari 2012


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: