16.3.12

[tourismindonesia] MM Juice, Jl. Cikajang, Kebayoran Baru: Sajikan Jus nikmat dan sehat yang digemari selama puluhan tahun, Sop Buntut Goreng juga juara, Sudah punya 50 cabang di seluruh Indonesia



MM Juice, Jl. Cikajang, Kebayoran Baru: Sajikan Jus nikmat dan sehat yang digemari selama puluhan tahun, Sop Buntut Goreng juga juara, Sudah punya 50 cabang di seluruh Indonesia

Ingin mencicipi Jus yang nikmat dan sajian menu yang gurih? Cobalah Anda berkunjung ke MM Juice. Anda akan merasakan sensasi meneguk Jus yang sudah populer selama 23 tahun dan aneka menu nusantara. Kepopuleran MM Juice banyak mengundang pengunjung hingga ratusan orang per hari. Apa saja keistimewaannya?

MM Juice merupakan singkatan dari Minuman Melawai Juice yang berkantor pusat di Jl. Melawai Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Alasan pemilihan nama ini karena restoran ini pertama kali berdiri di lokasi tersebut yakni di Jl. Melawai Rayya. Berdiri sejak Desember 1988 dan awalnya restoran MM Juice ini mengedepankan juice sebagai menu andalannya. Hal ini karena MM Juice memiliki konsep hidangan sehat dan beremakan family oriented. Hebatnya kalau MM Juice ini adalah restoran pertama di Indonesia yang sudah memegang sertifikat ISO sehingga untuk kualitas dan rasa sudah tidak diragukan lagi.

Saat melangkahkah kaki ke dalam restoran, Anda akan disambut senyuman hangat pelayan. Kursi dan sofa yang disusun rapi menambah asri suasana hingga menimbulkan kesan feel like second home. Bangunan restoran seluas 300 meter persegi ini memiliki kapasitas 100 orang dan dikunjungi pengunjung 200 hingga 300 per hari. Dengan kepopuleran namanya, sudah banyak kalangan artis yang singgah seperti Agnes Monica, Afgan, Vidi Aldiano dan Titi DJ. Pada hari biasa pengunjung yang datang banyak dari kalangan anak muda sedangkan pada waktu weekend banyak didatangi kalangan keluarga.

Meskipun hidangan yang diutamakan di restoran ini hanya jus namun berbeda dengan jus yang banyak disajikan di restoran lain. Untuk menghasilkan olahan yang nikmat, MM Juice selalu mendatangkan bahan baku yang masih segar. "Kami tidak pernah menggunakan bahan baku utama yang 'frozen', tetapi selalu dipasok setiap hari dan langsung habis pada hari itu juga," ungkap Grace Santoso, Direktur Umum MM Juice.

Keistimewaan dari Jus MM Juice ini adalah menggunakan buah segar organik dan beberapa buah seperti apel, kiwi, pir, dan jeruk sunkiest diimpor dari Amerika Serikat dan New Zealand. Setiap Jus di MM Juice memiliki cita rasa buah yang menonjol, segar dan tidak encer, karena dalam segelas jus terdiri dari 80% buah-buahan dan 20% air, sirop gula.

Jika ingin merasakan rasa jus buah yang lebih kental dan lebih menyehatkan, Anda dapat memesan Pure Juice yaitu jus yang hanya menggunakan 100% buah tanpa penambahan apapun. Asyiknya lagi di restoran ini bisa memesan jus yang di-mix dengan aneka buah sesuai selera. Harga aneka jus yang disajikan berkisar Rp 15 ribu-Rp 40 ribu.

Jus Favorit.

Dari sekian banyak menu jus, Juice Durian Kopyor bisa menjadi minuman pembuka. Juice Durian Kopyor ini berwarna putih dengan taburan daging kelapa kopyor di atasnya. Juice Durian Kopyor dihasilkan dari daging durian montong yang diblender dengan susu cair, sirop gula dan es batu. Jus ini pun semakin nikmat dengan tambahan daging buah kelapa kopyor. Saat dinikmati terasa sekali rasa duriannya ditambah lagi dengan butiran-butiran putih dan halus, makin diminum makin ketagihan. Hmmm nikmat...!. Segelas Juice Durian Kopyor bisa dinikmati dengan harga Rp 40 ribu.

Mendengar nama MM Juice pasti yang terbesit adalah restoran yang hanya menyajikan juice. Namun saat masuk ke dalam restoran beberapa foto menu andalan terpampang seperti Nasi Goreng, Bakmi Goreng Seafood, Sop Buntut Goreng, Bebek Goreng, dan Nasi Timbel Komplit. Sajian di restoran ini sudah dikenal luas oleh masyarakat sekitar 23 tahun lalu dan tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Salah satu hidangan yang harus Anda coba di restoran MM Juice ini adalah Sop Buntut Goreng. Di restoran ini menu Sop Buntut Goreng adalah salah satu hidangan yang banyak diburu pelanggan. Tampilan hidangan terlihat memikat dengan warna buntut daging sapi yang tampak cokelat dengan tingkat kematangan yang sempurna dan tekstur daging yang sangat empuk bila dibandingkan dengan Sop Buntut Goreng pada umumnya. Ketika dicicipi rasa kuah begitu gurih, berasal dari kuah kaldu daging dan bumbu masakan yang telah dipresto bersamaan dengan daging sapi. "Pada dasarnya, semua bahan sama saja dengan Sop Buntut Goreng lain. Yang istimewa justru terletak pada proses memasaknya," ungkap Grace.

Saat disajikan, aroma kuah Sop Buntut Goreng yang terhirup sangat menggugah selera. Sop Buntut Goreng disajikan bersamaa dengan nasi dalam satu piring dan kuahnya dipisah dalam satu piring dan kuahnya dipisah dalam mangkuk yang lain. Dengan cepat tangan pun langsung menari lincah melepaskan daging demi daging dari tulang yang mengikat. Gurih dan lmbutnya daging buntut sapi berbaur dengan segar dan gurih kuah yang berisi kaldu sapi, potongan wortel, tomat, dan taburan irisan daun seledri.

Agar tak beraroma anyir, buntut sapi yang akan digunakan harus segar. Jika menggunakan daging yang tidak segar, hasil masakan akan beraroma tidak sedap dan tekstur daging akan mudah hancur. Selain itu, MM Juice memiliki cara tersendiri dalam pengolahannya, buntut sapi direbus terlebih dahulu agar lemak yang ada pada daging keluar. Setelah itu, kotoran dan lemak yang mengapung di air rebusan dibuang.

Untuk melunakkan buntut sapi digunakan panci bertekanan atau panci presto. Buntut sapi yang telah direbus disaring dahulu. Buntut sapi direbus bersama bumbu dalam panci presto selama 30 menit. Bumbu yang digunakan untuk Sop Buntut Goreng adalah bawang bombay, daun bawang, daun seledri, biji pala, cengkih, tomat, kayu manis, jahe, garam dan lada. Saat disajikan aromanya begitu menggoda. Begitu kuah tercecap di mulut, rasa yang gurih terasa sangat mantap. Apalagi ketika daging yang empuk dan emping yang gurih ini tergigit. Eits, jangan lupa tambahkan kucuran jeruk limau dan sambal rebus agar tambah enak. Harga seporsi Sop Buntut Goreng Rp 19 ribu sudah termasuk seporsi nasi putih.

Siomay Panjang.

Selain Sop Buntut Goreng, menu makanan yang patut dicoba adalah Siomay, satu porsi hidangan ini terdiri atas tiga macam Siomay yang berukuran cukup besar dengan bentuk panjang dan bulat. Pengunjung bebas memilih jenis Siomay yang disukai. Siomay di MM Juice ini terdiri dari berbagai macam varian, seperti Siomay Udang, Siomay Ikan, pare, dan kentang.

Siomay yang disajikan di MM Juice berbentuk panjang seperti Risol, dibalut dengan kembang tahu dan dibuat dari paduan ikan tenggiri dengan daging ayam sehingga menciptakan rasa gurih yang pas. Seperti halnya Sop Buntut Goreng, bahan baku untuk membuat Siomay juga segar, juga udang dan ikan tenggiri yang didatangkan langsung dari Muara Angke, Jakarta Utara. "Kami mempunyai supplier di Muara Angke, dan di MM Juice sendiri sudah ada Quality Control, jadi bahan baku yang datang dicek dahulu kesegarannya, jika kurang segar maka bahan baku tersebut kami kembalikan lagi dan diganti dengan yang benar-benar fresh," ujar Grace. Pemilihan bahan baku yang segar menjadi prioritas dari MM Juice karena untuk menjaga kualitas makanan dan kepuasan pengunjung. Maka kesegaran merupakan hal yang mutlak.

Untuk membuat Siomay yang lezat ini pun tergolong cukup mudah. Ikan tenggiri giling, ayam giling, tepung sagu dan daun bawang dicampur jadi satu dan ditambahkan telur untuk mengikat adonan. Agar adonan memiliki rasa, bumbu-bumbu dimasukkan seperti bawang putih, minyak wijen, saus tiram, lada, garam, dan gula pasir. Adonan yang sudah jadi dapat dibentuk dengan berbagai variasi seperti dibentuk bola-bola dan digulung dengan kembang tahu. Seluruh adonan yang sudah dibentuk dikukus selama 10 menit hingga matang. Siomay yang sudah matang disajikan bersama pare dan kentang rebus serta disiram bumbu kacang agar semakin gurih dan legit.

Keistimewaan dari Siomay di MM Juice ini adalah komposisi tepung sagu yang lebih sedikit. "Untuk bahan membuat Siomay-nya kami menggunakan tepung lebih sedikit, kami lebih banyak bermain di olahan dagingnya, sehingga saat dicicip akan sangat terasa dagingnya," ungkap Grace. Ketika Siomay buatan MM Juice disajikan jelas terlihat menarik dengan ukuran Siomay yang tergolong cukup besar dipadu dengan baluran sambal kacang yang menantang...hemmmm, nikmatt..!. Siomay di MM Juice ini dijual per satuan dengan harga Rp 6 ribu per item.

Masih ingin menjajal nikmatnya olahan masakan MM Juice lainnya? Restoran ini juga menyajikan aneka menu lain seperti Pempek Palembang Kapal Selam, Kwetiauw Goreng, Mie Goreng Seafood, Nasi Goreng Seafood, dan masih banyak lagi. Harga yang disajikan di restoran ini untuk makanannya berkisar Rp 20 ribu-Rp 70 ribu.

Pelanggan.

Hingga saat ini Restoran MM Juice telah mempunyai 50 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Pekanbaru. MM Juice mulai beroperasi pukul 8 pagi hingga pukul 12 malam untuk weekday dan pada pukul 8 malam hingga pukul 1 dini hari pada weekend. "Selain itu di sini (MM Juice) juga tersedia free hotspot, dan mulai bulan depan kami akan menu breakfast mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 11 malam," tambah Grace. Dan rencana ke depan, juga akan dibuka restoran MM Juice di Bali dan Bintaro.

(Andhika)

Person quoted: Grace Santoso (Direktur Umum MM Juice)


* Sop Buntut Goreng ala MM Juice (untuk 2 porsi)

Bahan:
- 1 kg buntut sapi
- 100 gr bawang bombay, diiris
- 50 gr daun bawang
- 50 gr daun seledri
- 100 gr wortel, iris
- 2 buah tomat, belah menjadi 6 bagian
- 1 1/2 liter air

Bumbu:
- 1/2 butir biji pala, memarkan
- 1/2 sdt cengkih
- 1/4 batang kayu manis, patahkan
- 50 gr jahe
- 1/2 sdt lada
- 2 sdm saus tomat
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya

Sambal Rebus:
- 100 gr cabai rawit hijau
- 1 siung bawang putih
- Air untuk merebus

Cara membuat:
Rebus buntut sapi dalam air mendidih hingga kotoran dan lemaknya mengapung. Buang kotoran dan lemaknya, tiriskan buntut sapi dan sisihkan. Panaskan margarin bawang bombay, daun bawang daun seledri hingga harum. Angkat dan sisihkan. Siapkan panci presto, masukan buntut sapi yang telah direbus dan masak selama 30 menit bersama bumbu, wortel, bawang bombay dan daun bawang yang sudah ditumis. Angkat buntut sapi dan goreng sebentar.
Sambal rebus: Rebus cabai dan bawang putih hingga layu, angkat dan tiriskan. Haluskan cabai dan bawang putih, sisihkan. Sajikan buntut sapi di atas piring bersama nasi putih dan emping, sedangkan kuah disajikan di dalam tomat dan taburan irisan daun seledri. Sajikan Sup bersama jeruk nipis dan sambal rebus.


* Juice Durian Kopyor ala MM Juice (untuk 1 porsi)

Bahan:
- 200 gr daging buah durian
- 50 ml susu cair
- 50 gr es batu
- 25 ml sirop gula
- 50 gr daging kelapa kopyor

Cara membuat:
Campur daging buah durian, susu cair, sirop gula dan es batu, haluskan dengan blender hingga lembut. Tuang dalam gelas saji dan beri daging kelapa kopyor. Sajikan dingin.


Info Kuliner Edisi Khusus 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: