19.3.12

[tourismindonesia] Pusat Jajanan Tamusa, Tanjung Barat Jakarta Selatan: Tersedia aneka pilihan menu dari Bebek Goreng, Rawon, Mie Aceh hingga Es Duren yang sueegeer..



Pusat Jajanan Tamusa, Tanjung Barat Jakarta Selatan: Tersedia aneka pilihan menu dari Bebek Goreng, Rawon, Mie Aceh hingga Es Duren yang sueegeer..

Kawasan Jakarta Selatan memang banyak sekali menghadirkan kuliner enak, salah satu yang dapat dijadikan tujuan berburu kuliner adalah Pusat Jajan Tamusa yang berada di Jakarta Selatan. Berbagai makanan hadir di pusat jajan ini mulai dari Belut Goreng, Ayam Bakar, Rawon, Pempek hingga Es Duren yang semuanya enak. Penasaran?

Ingin mencari makan dengan banyak pilihan di satu lokasi? Kini, banyak sekali pusat-pusat kuliner buatan yang bisa memuaskan selera Anda. Salah satu yang cukup terkenal adalah Pusat Jajanan Tamusa yang berada di Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Lokasi pusat kuliner ini tepatnya di seberang Gedung Aneka Tambang, atau di Kompleks Perumahan Tanjung Barat Indah, Jakarta Selatan.

Terdapat kurang lebih 15 penjual makanan di Pusat Jajan Tamusa. Demi memudahkan pelanggan, pengelola memusatkan meja dan kursi makan di bawah banguan beratap asbes dan Anda tidak perlu datang ke masing-masing warung, cukup memesan melalui pelayan segera akan mendatangi Anda. Terdapat sekitar 10 meja dengan 80 kursi dan beberapa tempat cuci tangan. Pusat Jajan Tamusa mulai buka sejak pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Hidangan Berkuah.

Malam hari memang enak jika menyantap hidangan berkuah yang hangat. Rawon Djombang Mbok Seneng merupakan pilihan yang tepat di pusat kuliner ini. Rawon adalah hidangan khas Jawa Timur seperti Soto namun berwarna hitam pekat.

Semangkuk Rawon ala Rawon Djombang ini tampil cukup menggiurkan. Potongan daging sapi yang empuk dalam kuah hitam pekat sedikit kental, dan gurih ditemani tauge pendek, sambal terasi dan kerupuk udang. Rawon ini disajikan bersama satu porsi nasi putih bertabur bawang merah goreng. Bukan hanya tampilannya yang menggiurkan, rasa yang dihasilkan dari Rawon ini pun sangat memanjakan lidah. Hmm... patut dicoba!

Bagian utama dari Rawon adalah kuah, dan untuk menghasilkan kuah yang leat dibutuhkan bumbu yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, kencur, kunyit, dan jahe yang dibakar terlebih dahulu. Selanjutnya, semua bumbu dihaluskan kemudian disangrai sampai kering lalu diberi sedikit air kaldu dan diaduk-aduk hingga bumbu merata. Setelah bumbu rata, barulah dimasukkan ke dalam panci yang berisi air kaldu dan daging sapi sengkel yang telah dipotong-potong. Untuk dapat menikmati lezatnya Rawon lengkap dengan nasi, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 18 ribu saja.

Serba digoreng.

Tak ingin menyantap nasi, Anda dapat memilih Mie Aceh di warung Mie Aceh Lestari dengan menu andalan Mie Aceh Goreng Spesial. Hidangan ini terbuat dari mie kuning yang dibuat khusus, ditumis dengan racikan bumbu dan rempah-rempah yang kurang lebih terdiri atas 80 jenis. Tak lupa diberi tambahan udang serta daging. Bumbu yang telah dihalusan ditumis hingga harum, lalu udang dan daging dimasukkan, masak hingga berubah warna, tuang air, lalu dimasak hingga matang. Kemudian dimasukkan mie kuning, irisan kol dan taoge, daun bawang, garam, penyedap rasa Sasa, lalu dimasak hingga matang, dan diangkat.

Saat Mie Aceh Goreng Spesial tersaji, asap mengebul beraroma bumbu menggelitik penciuman, menggoda untuk segera disantap. Saat suapan pertama, bumbu yang sangat medok sudah terasa, dipadu empuknya mie. Gurihnya mie dari bumbu serta penyedap rasa Sasa untuk menambah kelezatan saat menyantap hidangan ini. Dilengkapi dengan acar timun, irisan timun serta kerupuk emping membuat semakin ajiibb... Satu porsi Mie Goreng Aceh Spesial ini dijual dengan harga Rp 15 ribu.

Ingin menyantap hidangan yang digoreng, ciciplah Belut Goreng Sambal Cobek yang tersedia di warung D'Sambal Cobek. Hidangan ini dibuat dari belut yang telah dibersihkan, lalu diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, garam dan penyedap rasa. Setelah belut direndam dalam bumbu selama 15 menit, lalu belut digoreng dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan.

Satu porsi Belut Goreng ini terdiri atas 8 potong belut dan disajikan bersama nasi putih serta lalapan. Nah, ini dia jagoannya yaitu sambal cobek yang dibuat dari cabai rawit merah dan cabai merah keriting yang digoreng bersama dengan bawang merah hingga matang, lalu ditumbuk kasar dan diberi garam serta penyedap.

Ketika belut dicocol ke samba, huuaahh.. pedasnya langsung terasa di lidah. Nasi panas serta lalapan menjadi padupadan yang pas. Satu porsi Belut Goreng Sambal Cobek ini dijual dengan harga Rp 14 ribu. Selain Belut Sambal Cobek, warung ini menjual Ikan Kerapu Goreng Sambal Cobek. Ikan Mas Goreng Sambal Cobek, Cumi Kering Sambal Balado.

Masih banyak lagi hidangan yang dapat ditemui dan dipesan di Pusat Jajan Tamusa, sebut saja Ayam Bakar, Bebek Bakar, Nasi Bakar Kambing, Nasi Bakar Sosis, Pecel Lele Kremes, Soto Betawi, dan aneka Jus. So... tunggu apa lagi!

(Nurfitriyanti)


Gurihnya Pempek Lenggang dan legitnya Es Durian

Mencari makanan ringan untuk teman kongkow? Anda dapat memilih Pempek di warung Pempek Joe. Di warung ini terdapat aeka Pempek, antara lain, Pempek Lenjer, Pempek Kapal Selam, Pempek Adaan/Bulat, Pempek Kulit, Pempek Telor Kecil, Pempek Pepaya/Pastel. Di antara jenis Pempek yang dijual yang menjadi salah satu favorit adalah Pempek Lenggang.

Pempek Lenggang terbuat dari Pempek Lenjer kecil yang diiris tipis, kemudian ditambahkan telur dan dimasak seperti telur dadar. Rasa Pempek Lenggang gurih, karena adonan Pempek dibuat dari ikan Tengiri pilihan dan diracik dengan bumbu bawang putih dan ebi yang cukup banyak hingga terasa di lidah. Disajikan bersama dengan kuah cuko yang asam segar menambah kenikmatan menyantap Pempek Lenggang. Satu porsi Pempek Lenggang yang disajikan dalam mangkuk agak lebar ini dijual dengan harga Rp 16 ribu. Tak hanya Pempek, di warung ini juga tersedia Rujak Mie, Tekwan yang rasanya juga tak kalah enaknya.

Ingin yang dingin menyegarkan tenggorokan? Es Durian di warung Es Duren dan Baksi Rusuk AW bisa menjadi pilihan. Es Duren ini dibuat dari daging Durian Montong yang ditumbuk hingga halus, lalu dimasukkan ke dalam freezer dan didiamkan hingga beku.

Ketika dipesan barulah Es Duren diracik, dimulai dengan meletakkan durian beku pada bagian dasar mangkuk, lalu diberi larutan gula dan cokelat, lalu santan kental dan terakhir es serut yang dibentuk menjulang dan susu kental manis putih. Saat Es Duren tersaji, aroma durian menyengat dan menggoda untuk segera menyantap. Hhhmmm....mantap, legitnya daging durian dicampur dengan manisnya susu dan larutan gula. Satu porsi Es Duren dijual dengan harga Rp 10 ribu saja.

Selain menjual Es Durian di Warung Es Duren dan Baso Rusuk AW ini menjual juga Baso Rusuk, Baso Tahu, Baso Telur.

(Nurfitriyanti)

Person quoted: -


* Mie Aceh Goreng Spesial (untuk 6 porsi)

Bahan Mie:
- 1 kg tepung terigu
- 200 ml air
- 2 butir kuning telur
- Garam secukupnya
- 3 sdm air abu
- 2 ruas kunyit, rebus, parut dan peras airnya
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu Utama:
- 50 gr cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah
- 10 butir kemiri
- 3 gr kacang tanah kupas
- 3 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 ruas jari jahe
- 2 gr ebi
- 2 butir kapulaga
- 1 sdt merica
- 25 butir ketumbar
- 1 sdt adas
- 1 sdt jinten
- 2 buah bunga pekak
- 3 butir cengkeh
- 1 cm kayu manis
- 1/2 sdt kaskas
- 1/4 butir pala bubuk
- 2 sdm minyak goreng Bimoli

Bahan isi:
- 3 siung bawang merah
- 150 gr daging sapi has dalam, iris tipis
- 18 ekor udang api-api
- 2 batang daun seledri, iris
- Tauge secukupnya
- Irisan kol secukupnya
- Irisan kembang kol secukupnya

Bumbu tambahan:
- Garam secukupnya
- Kecap Manis Cap Nasional secukupnya
- Penyedap rasa Sasa secukupnya

Pelengkap:
- Acar timun
- Emping melinjo
- Irisan tomat
- Irisan timun

Cara membuat:
Mie: Campur tempung terigu, telur, garam, air, air kunyit dan air abu, aduk hingga kalis. Giling adonan sampai mencapai ketebalan 3 ml dengan menggunakan mesin. Cetak adonan dalam cetakan mie hingga ketebalan 2 ml. Rebus mie mentah dengan air mendidih selama 2 menit. Angkat dan dinginkan. Tambahkan minyak goreng secukupnya. Aduk hingga rata agar mie tidak lengket.
Bumbu utama: Haluskan semua bumbu lalu tumis hingga matang, sisihkan. Tumis bawang merah hingga harum lalu masukkan daging sapi dan udang, masak hingga berubah warna. Tambahkan bumbu utama dan sayuran. aduk rata. Masukkan mie, bumbui dengan garam, kecap manis, dan penyedap rasa Sasa. Tutup wajan dan masak hingga matang. Sajikan Mie Aceh Goreng Spesial daging bersama pelengkapnya.


Info Kuliner Edisi Khusus 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: