20.3.12

[tourismindonesia] Ruko Semanan Indah, Jakarta Barat: Nikmati Mie Steamboat Hongkong hingga Wedang Ronde



Ruko Semanan Indah, Jakarta Barat: Nikmati Mie Steamboat Hongkong hingga Wedang Ronde

Menikmati suasana malam hari memang sangat pas bila ditemani aneka hidangan yang lezat. Dan bila Anda tinggal di Jakarta Barat, atau tengah melintas di Jakarta Barat di malam hari Anda dapat menyambangi kawasan Ruko Semanan Indah di Jakarta Barat yang merupakan salah satu pusat jajanan yang cukup terkenal. Banyak sajian yang menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan. Apa saja?

Saat berada di kawasan Jakarta Barat, tak ada salahnya Anda mampir ke kawasan Ruko Semanan Indah. Di kawasan ini Anda dapat berwisata kuliner dengan hidangan yang lezat yang dijual oleh pedagang kaki lima hingga restoran.

Lajukan kendaraan Anda menuju Jalan Daan Mogot hingga bertemu lampu merah perempatan Cengkareng, dan berbeloklah ke kiri. Setelah mencapai flyover bandara, belokkan kendaraan Anda ke kanan, dan melajulah lurus mengikuti jalan hingga melalui rel kereta api luar jalur Jakarta Tangerang. Setelah menemui restoran cepat saji KFC, lalu belokkan kendaraan Anda ke kanan hingga bertemu dengan putaran (ring road). Lajukan kendaraan Anda ke kiri, maka Anda akan memasuki kawasan Ruko Semanan Indah, Jakarta Barat. Kawasan ini mulai menunjukkan aktivitasnya sejak pukul 10.00 pagi, tapi baru keliatan "bernyawa" ketika matahari mulai tenggelam.

Ketika memasuki kompleks ini pun Anda terlebih dahulu akan disambut oleh gerbang besar yang menandakan wilayah Perumahan Semanan Indah. Anda langsung mendapati jejeran ruko di sebelah kanan dan kiri jalan, yang merupakan sentra makanan. Meski berseberangan dan hanya dibatasi oleh jalan selebar tiga meter, namun jejeran ruko tersebut memiliki nama blok yang berbeda. Jejeran ruko yang berada di sebelah kanan merupakan Ruko Blok C, sedangkan sebelah kiri Ruko Blok H. Mari mulai petualangan kuliner.

Hidangan Asia Berkuah.

Ingin menghangatkan tubuh karena cuaca malam yang dingin? Perjalanan kuliner diawali dengan menikmati aneka hidangan berkuah yang lezat. Anda dapat menyambangi salah satu tempat makan yang berkonsep kafe, yaitu Waroenk Kito. Kafe ini berada di salah satu ruko, sehingga Anda bebas memilih. Waroeng Kito menyajikan aneka hidangan Indonesia dan peranakan Asia seperti dari Hongkong, Thailand, serta China dan Eropa antara lain aneka Steak, Gurame Goreng Kipas, Cumi Saus Tiram, Mie Goreng Seafood, Angsio Tahu, Shabu-Shabu, Beef Teriyaki, Bistik Ayam, dan masih banyak lagi. Namun di antara sejumlah menu yang disajikan, yang menjadi hidangan favorit Waroenk kito ialah Mie Hongkong Steamboat.

Mie Hongkong Steamboat merupakan perpaduan antara Steamboat dan Mie. Menu ini berbeda dari menu Steamboat pada umumnya yang menggunakan kuah Tom Yam dan isian aneka sayuran dan seafood. Namun dalam seporsi Mie HongKong Steamboat Anda hanya akan menemukan mie yang tebal yang disajikan dengan potongan ayam goreng, baso ikan serta kuah kurma, dilengkapi kual kaldu ayam yang panas.

Menu Mie Hongkong Steamboat ini terbilang unik, karena merupakan hasil kreasi sendiri dari Waroenk Kito. Hal ini dapat dilihat dari mie yang digunakan yaitu mie buatan sendiri. Mie ini berukuran sepertu untuk Mie Ramen yang bulat dan tebal serta kenyal. Mie ini dibuat tanpa menggunakan mesin khusus untuk mencetak mie namun diolah secara manual dengan tangan seperti olahan Mie Tarik. Adonan mie yang telah dibentuk kemudian direbus selama kira-kira satu menit dalam air mendidih hingga matang.

Yang menambah kenikmatan Mie Hongkong Steamboat ini adalah kuah yang terbuat dari daging ayam yang direbus selama 30 menit hingga menghasilkan kaldu. Kuah ini kemudian diberi bumbu bawang putih, lada, garam.

Ketika disajikan, mie dimasukkan ke dalam mini steamboat pot atau panci kecil yang berkaki dengan bagian pemanas di bawahnya sehingga hidangan masih dalam keadaan mendidih hingga 5 menit lamanya. Potongan ayam goreng, kurma, serta bakso ikan ikut meramaikan hidanga ini. Terakhir hidangan disiram dengan kaldu hingga semua isian terendam sepenuhnya.

Eeiitt...sebaiknya tiup dahulu saat Anda akan menyantapnya, kuah yang panas bisa membuat kelu lidah Anda. Saat tercecap kuah di lidah, hhmm... gurihnya langsung terasa dan ketika mie disantap terasa kenyal serta lembut. Paduan manis dari kurma dan gurihnya ayam goreng menyatu di dalam mulut, mantap!! Seporsi hidangan ini dijual dengan harga Rp 17.500/porsi.

Setelah menikmati sajian berkuah yang hangat dan pedas, tidak ada salahnya untuk meneguk kesegaran Marquisa Kelapa yang mampu mendinginkan tenggorokan Anda. Seperti namanya, minuman ini terbuat dari campuran markuisa dan daging kelapa. Untuk menikmati sensasi segar Juice Marquisa Kelapa cukup menyisihkan uang Rp 9 ribu.

Untuk menikmati hidangan ala Waroenk Kito, Anda tak perlu khawatir, karena rumah makan ini menjual hidangan dengan kisaran harga mulai Rp 3.500-Rp 35 ribu. Dan Anda dapat mendatangi Waroenk Kito ini mulai pukul 10.00-22.00.

Masih belum puas? Cobalah menyeberang jalan, kemudian arahkan pandangan Anda ke sebelah kanan. Anda akan menemukan Kozi Steamboat yang hanya berjarak sekitar 1 meter dari tempat Anda menyeberang. Tempat makan ini juga masih mengusung konsep kafe dengan sajian serba Steamboat dengan pilihan aneka bahan.

Info Kuliner menjatuhkan pilihan pada salah satu menu yang selalu menjadi incaran yaitu Paket Hemat Tom Yam. Setelah menunggu selama hampir 10 menit, datanglah hidangan yang dinanti-nanti. Hidangan ini berisi bakso ikan, sawi putih, caisim, telur puyuh, potongan jamur kancing, irisan ikan tenggiri, chikuwa, serta udang yang dipotong membentuk lingkaran.

Hidangan ini terdiri atas isian dan kuah. Kuahnya dibuat dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang dihaluskan dan ditumis. Kemudian potongan serai, daun jeruk, lengkuas, serta kepala udang ditambahkan ke dalam tumisan bumbu, lalu direbus bersama sedikit air dan air perasan asam. Setelah matang, kuah disaring hingga saat menyantap hidangan ini Anda tak perlu berjuang memisahkan antara isian dan kuahnya. Setelah kuah disaring barulah potongan udang, bakso ikan, telur puyuh, jamur kancing, irisan ikan tenggiri, chikuwa sawi putih, serta caisim dimasukkan.

Saat tersaji, aroma bumbu menggelitik hidung ingin segera menyantap hidangan ini. Irisan ikan yang empuk, serta bakso yang kenyal dipadu kuah yang berasa asam merupakan paduan yang pas, perfecto!!

Setelah menikmati sajian Paket Hemat Tom Yam, tak ada salahnya untuk mencoba minuman kreasi ala Kozi Steamboat, Kozi Whizky Tea. Minuman ini terbuat dari campuran soda Green Sand, seduhan daun teh dan madu sebagai pemanisnya. Cita rasa yang dihasilkan pun cukup menarik hingga Anda akan tertarik untuk terus menyeruput.

Hmmm.. tertarik? Silahkan saja sambangi tempat ini. Seporsi Paket Hemat Tom Yam, Anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 15 ribu. Sedangkan untuk Kozi Whizky Tea cukup dengan harga Rp 12 ribu. Aneka hidangan Steamboat dihargai per bahan makanan mulai dari Rp. 2.500-12 ribu/pcs. Sedangkan aneka menu minuman mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 18 ribu. Kozi Steamboat mulai beroperasi sejak pukul 10.00 hingga 22.00.

Sajian Tradisional.

Tidak jauh dari Kozi Steamboat lidah Anda siap dibuai sensasi menu tradisional di warung kaki lima Ayam kalasan Indah Sari. Dari namanya tentu sudah dapat dipastikan menu andalannya adalah Ayam Kalasan, baik dibakar atau digoreng.

Menu Ayam Bakar Kalasan yang terdiri atas seperempat potong ayam, nasi uduk, lalapan dan sambal. Ayam bakarnya terasa gurih dan legit karena menggunakan bumbu kecap selama diungkep dan saat dibakar sehingga rasa manis kecap menyerap hingga ke dalam daging.

Ayam Bakar Kalasan ini juga sangat empuk, karena ayam telah diungkep dengan menggunakan bumbu dasar halus seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, jintan, cabai merah, serta kecap manis. Proses ini dilakukan selama 20 menit hingga ayam empuk dan matang. Setelah masa ungkep, potongan daging ayam kemudian ditiriskan dari bumbu. Daging ayam dibakar dengan menggunakan arang kayu, dan selama pembakaran, daging ayam sesekali diolesi dengan bumbu kecap hingga daging ayam berwarna cokelat tua dan matang.

Daging ayam disajikan bersama lalapan dalam piring anyaman bambu yang dialasi dengan daun pisang. Sedangkan nasi uduk disajikan dalam piring melamin berwarna merah. Seporsi Ayam Bakar Kalasan ini dijual dengan harga Rp 15 ribu saja. Warung berkonsep kaki lima ini mulai beroperasi sejak pukul 10.00 hingga 23.00.

Selain menu Ayam Bakar Kalasan khas dari Jawa Tengah ini, Anda dapat menikmati hidangan tradisional lainnya yaitu Pempek Bangka. Eeiittss... Pempek ini bukan seperti Pempek Palembang yang sering Anda temui. Walaupun sekilas mirip dengan Pempek Palembang namun yang membedakan keduanya adalah ukuran dan tekstur. Pempek Bangka lebih kecil dan lebih halus dibandingkan Pempek Palembang.

Bila dilihat dari segi warna Pempek Bangka berwarna putih cerah sedangkan Pempek Palembang berwarna lebih putih kusam. Uniknya, bila biasanya Pempek Palembang dikonsumsi setelah digoreng, Pempek Bangka biasa dikonsumsi tanpa digoreng terlebih dahulu.

Pempek Bangka tidak seperti Pempek Palembang yang hanya disajikan dengan kuah Cuko yaitu kuah yang terbuat dari campuran cuka dan cabai halus dan berwarna hitam. Pempek Bangka disajikan bersama kuah cuka yang berwarna kemerahan yang dihasilkan dari irisan cabai rawit merah dengan siraman cuka dan perasan jeruk limau. Selain kuah cuka, Pempek Bangka juga memiliki kuah cuka, Pempek Bangka juga memiliki kuah tauco yang diolah dari tauco, cuka dan perasan jeruk limau.

Di warung ini Pempek yang disajikan memiliki beberapa jenis, yaitu Pempek Bulat, Pempek Kulit, Pempek Lenjer, Pempek Bangka dijual dengan harga Rp 3 ribu per pcs.

Selain aneka hidangan di atas, masih banyak lagi hidangan yang dapat Anda temukan di sentra kuliner Semanan Indah, seperti Ayam Goreng Kremes, Udang Masak Telor Asin, Udang Mentega, Shabu-Shabu Spesial, Martabak Bangka, Bubur Ayam, Sate Ayam, Sate Kambing, Nasi Goreng, Cakwe Medan, Bakmi Ayam dan lain-lain. hmmmm.... tertarik? Buruan datang!

(Shinta)


Manisnya Bola Ubi Madu dan hangatnya Wedang Ronde

Nongkrong bersama keluarga dan teman di malam hari memang enak jika ditemani kudapan ringan yang manis serta hangat. Seporsi Bola Ubi Madu dapat menjadi pilihan Anda. Untuk mendapatkan Bola Ubi Madu ini Anda dapat menemui salah satu penjualnya yang menggunakan gerobak, dengan nama Bola Ubi Madu. Gerobak penjual ini berada tepat di samping Kozi Steamboat.

Sekilas kudapan yang bermula dari Bandung ini terlihat seperti Tahu Bulat Goreng, hanya saja warnanya lebih kuning. Bola Ubi Madu dibuat menggunakan Ubi Madu yang terlebih dahulu dipanggang hingga mengeluarkan cairan seperti madu, kemudian dihaluskan dan ditambahkan dengan sagu, ragi instan dan ragi tape. Adonan tersebut kemudian difermentasikan dan dibentuk seukuran bola pingpong. Setelah itu barulah adonan digoreng dengan minyak yang banyak hingga Bola Ubi Madu mengembang dan mengapung serta berwarna kuning kecokelatan. Hasil Bola Ubi Madu yang telah digoreng akan 'kopong' di dalamnya.

Satu buah Bola Ubi Madu yang tercecap di lidah terasa manis dan kenyal. Rasa Ubi Madu yang khas sangat terasa hingga Anda akan ketagihan untuk terus mencicipi. Bola Ubi Madu ini dapat Anda nikmati dengan harga Rp 1.500/buah. Penjual Bola Ubi Madu ini menggelar jualannya pukul 18.00-22.00 WIB.

Tak lengkap rasanya bila malam nan dingin tidak dilengkapi minuman hangat. Langkahkan saja kaki Anda sekitar 5 meter dari gerobak penjual Bola Ubi Madu. Anda akan menemui gerobak penjual Wedang Ronde & Sekoteng.

Wedang Ronde adalah sajian dari air rebusan jauh yang pedas dan manis dilengkapi dengan bola-bola ketan atau yang disebut dengan ronde. Pembuatan Wedang Ronde ini dimulai dari jahe yang digeprek dan direbus bersama gula merah hingga ekstrak jahe keluar.

Sedangkan ronde dibuat dengan tepung ketan yang diuleni dan diisi dengan campuran cokelat meisis, kacang tanah sangrai, dan kacang merah. Agar lebih menarik ronde ini diberi warna merah, putih, cokelat dan hijau. Untuk menikmati kehangatan ar jahe dan kenyalnya ronde, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 15 ribu/porsi. So, buruan datang yah...

(Shinta)

Person quoted: -


* Resep Bola Ubi Madu (untuk 200 buah)

Bahan:
- 5 kg ubi madu
- 1 sdm ragi instan
- 1 sdm ragi tape
- 5 sdm tepung sagu tani
- 2 liter minyak goreng, untuk menggoreng

Cara membuat:
Panggang ubi hingga mengeluarkan cairan seperti madu. Angkat, dinginkan lalu kupas. Hancurkan ubi madu, lalu campur dengan sagu, ragi instan dan ragi tape. Aduk menggunakan mixer hingga tercampur rata. Setelah rata, fermentasikan selama 30 menit. Bentuk ubi menjadi bola-bola seukuran bola pingpong. Goreng dengan minyak yang banyak, setelah mengambang, tekan-tekan bola ubi dengan sutil hingga membentuk bulatan yang besar. Angkat dan tiriskan. Sajikan Bola Ubi Madu selagi panas.


Info Kuliner - 30 September-13 Oktober 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: