28.3.12

[tourismindonesia] Sajikan Seafood di tepi danau yang digemari ratusan pengunjung



Telaga Seafood, Cibubur-Jakarta Timur: Sajikan Seafood di tepi danau yang digemari ratusan pengunjung

Menikmati makan siang maupun malam dengan harmoni pemandangan danau, pepohonan yang asri dan ditemani alunan musik country memberikan sensasi tersendiri hingga mampu mengundang ratusan pengunjung dalam sehari. Terlebih jika Anda sambil menyantap sajian seafood. Telaga seafood di Cibubur, Jakarta bisa menjadi pilihan yang pas. Restoran ini tampak selalu dipadati pengunjung, tidak kurang 200 orang setiap hari. Penasaran?

Cuaca mendung dan sedikit macet tampaknya sedikit kurang menyenangkan untuk melintasi Jalan Alternatif Cibubur, Jakarta. Namun, ketika mata tertuju pada sebuah restoran seafood bernama Telaga Seafood sontak perut langsung terasa keroncongan. Telaga Seafood terletak sekitar 1 km dari pintu keluar tol Cibubur atau tepatnya setelah SPBU Cibubur.

Sesuai nama restoran, Telaga Seafood, restoran ini berada di bibir danau Cibubur. Maka tidak heran jika restoran ini mendapatkan panorama yang terlihat indah dan asri serta semilir angin yang terus menghempas tubuh dengan lembut. Deretan bangku dan meja yang tertata secara artistik dengan desain minimalis serta dinding interior yang dihiasi gambar dari menu-menu andalan. Penataan bola-bola lampu yang cantik serta cahaya lilin yang indah ditambah alunan musik country yang dibawakan secara live, menjadikan restoran ini begitu romantis dan berkesan. Duuhhh...jadi penasaran.

Lokasi restoran yang terletak di jalur utama menjadikan Telaga Seafood tidak sulit untuk mencari pengunjung karena mudah untuk dikunjungi. Hingga saat ini Telaga Seafood mempunyai 2 cabang, yang pertama di Cibubur dengan kapasitas 200 orang, kedua di BSD City dengan kapasitas 300 orang dan pusatnya berada di daerah Kota Modern, Tangerang dengan kapasitas 250 orang.

Untuk cabang Telaga Seafood di Cibubur berkapasitas 200 orang dengan pengunjung rata-rata per hari sebanyak 200 orang. Jangan heran, restoran yang buka mulai pukul 11.00 siang hingga pukul 9.30 malam ini, saban hari selalu dipadati pengunjung. "Kalau hari biasa bisa sampai 200 orang namun jika akhir pekan naik dua kali lipat," ujar Ricky Susanto, pemilik Telaga Seafood. Pengunjung yang datang memang sebagian besar adalah karyawan dan keluarga. Diantara sekian ratus pengunjung, kalangan pesohor pun turut makan di sini, seperti David Chalik dan Ian Kasela.

Sejak membuka Telaga Seafood pada tahun 2006 di Cibubur, Ricky menceritakan secara gamblang bahwa ia tidak melakukan promosi khusus untuk membuat restorannya ramai. "Kami hanya melayani konsumen dengan baik, ikhlas dalam melayani, memberikan keputusan terhadap konsumen yang makan disini, terkadang para konsumen sendiri yang mempromosikan tempat kami," terang pria akrab disapa Ricky.

Bahan baku segar.

Untuk menghasilkan menu masakan Seafood yang istimewa, Telaga Seafood setiap harinya menyajikan bahan baku yang selalu segar seperti ikan, udang, kepiting. "Kami tidak mau menggunakan bahan baku yang 'menginap' kalaupun ada kondisi bahan baku masih dalam keadaan hidup dan segar ," ungkap Ricky. Untuk bahan baku seperti kepiting, udang, kerang, ikan Telaga Seafood sudah memiliki supplier di daerah Tangerang.

Menu yang disajikan di Telaga Seafood ini antara lain Gurame Pecak, Baronang Bakar/Goreng, Kuwe Asam Manis, Kerapu Steam, Ayam Goreng Telaga, Kerang Saus Tauco, Kepiting Telur Saus Padang, Kepiting Jantan Bumbu Telur Asin, Cumi Goreng Mentega, Udang Mayonaise, Udang Cah Cabe Pete, Brokoli Cah Bawang Putih, Sop Tom Yam Seafood, Gado-Gado Karedok, Nasi Goreng Seafood dan Mie Goreng. Kisaran harga yang ditawarkan berkisar Rp 9 ribu-Rp 75 ribu.

Bumbu yang Kental.

Jika berada di restoran ini, coba Anda mencicipi menu andalan dari Telaga Seafood yaitu kepiting Telur Saus Padang. Tampilan hidangan ini terlihat memikat pengunjung dengan warna saus yang tampak merah dan sangat kental.

Dengan sigap tangan pun langsung menari lincah melepas semua cangkang kepiting dan mencungkil dagingnya yang manis dan lembut. Daging kepiting yang putih ini menyatu sempurna dengan saus padang yang pedas, rasa daging dan bumbu yang bikin nendang lidah sampai mengeluarkan keringan di wajah. Apalagi sensasi telur kepiting yang manis dan gurih menambah kenikmatan. Rasa amis pun sama sekali tidak tercium dalam daging kepiting. Hmmm...mantap!!!

Agar tidak menimbulkan aroma amis, kepiting yang akan dimasak harus dalam kondisi hidup, Jika menggunakan kepiting yang sudah mati akan mengeluarkan bau amis, dan tidak segar. "Kami hanya memakai kepiting yang segar dan bukan yang sudah tersimpan lebih dari dua hari di lemari pendingin," terang Ricky.

Untuk proses pembuatannya terlebih dahulu mereka meracik bumbu saus padang yang leat dengan bahan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, cabai rawit merah, saus tomat, saus sambal, saus tiram, gula pasir, penyedap, garam dan minyak wijen kemudian tumis sampai mengeluarkan aroma wangi. Setelah itu, kepiting yang sudah dibersihkan dan bagian cangkang atas dikupas dan dibelah menjadi dua bagian kemudian kepiting direbus dalam air hingga kepiting berubah warna atau sekitar 5 menit. Proses selanjutnya adalah memasukkan bumbu saus padang yang sudah ditumis kedalam air rebusan kepiting. kepiting ini dimasak hingga bumbu meresap dan kuah mengental.

Sensasi pedas, manis, dan gurih Kepiting Telur Saus Padang dapat dinikmati dengan harga Rp 75 ribu/porsi. Untuk jenis kepiting di Telaga Seafood ada 3 jenis yaitu kepiting jantan, kepiting telur dan kepitiong soka. Eitss... Jangan lewatkan sensasi bumbu kepiting lain seperti Pecak, Goreng Mentega, Saus Tiram, Saus Mentega, Bumbu Telur Asin dan Lada Hitam. Aneka olahan kepiting ini disajikan mulai dari harga Rp 47,5 ribu- Rp 75 ribu/porsi.

Gurihnya Ikan Kerapu.

Tak hanya sajian kepiting yang menjadi juara, seafood lainnya, seperti ikan baronang, ikan Kuwe dan ikan kerapu menjadi varian ikan laut yang banyak digemari pengunjung. Namun yang paling istimewa di Telaga Seafood adalah Ikan Kerapu Steam. Terbuat dari ikan kerapu yang segar dengan ukuran 5 ons. Agar ikantidak berbau amis, gunakan selalu ikan segar dan dibersihkan dari sisik dan insang lalu potong-potong sampai batas tulang keudian cuci hingga bersih dengan air yang mengalir. Setelah itu, untuk menghilangkan bau amis, akan diberi perasan air jeruk nipis. Selanjutnya lumeri ikan kerapu dengan garam, miwon, minyak wijen secukupnya, saus dan cabai merah kemudian masukkan air lalu kukus selama 10 menit atau hingga matang. Setelah matang, kemudian ikan diangkat dan untuk bagian atas ikan ditaburi dengan irisan daun bawang dan cabai merah.

Saat ikan kerapu dikeluarkan diatas mangkuk kaca yang memiliki kaki, aroma harum ikan kerapu dan aroma kaldu langsung menggoda hidung dan menjerat lidah untuk angin segera menikmatinya. Emm.... ketika disantap tekstur ikan yang lembut dan tidak bau amis begitu terasa di mulut, ditambah aroma kuah steam yang segar dengan rasa asam manis dan pedas yang pas. Emm...yummy untuk menikmati Ikan Kerapu Steam Anda cukup mergoh uang sebesar Rp 12.500 ribu/ons.

Minuman segar.

Untuk menyempurnakan santap makan Anda tidak ada salahnya mencicipi minuman yang menyegarkan. Salah satu menu minuman yang menyegarkan adalah Es Kelapa Muda Jeruk. Minuman ini terbuat dari buah kelapa muda dan perasan buah jeruk murni dan gula racikan sendiri. Es ini bercita rasa manis dan asam yang segar langsung mendinginkan tenggorokan yang habis 'terbakar' pedasnya saus padang dan gurihnya ikan kerapu. Berrr..

Jika ingin menikmati minuman yang lainnya, Anda juga bisa menengguk Es Kopyor, aneka us, lemon tea. Dan juga jika Anda ingin menikmati secangkir kopi di sini menyediakan kopi ginseng cappuccno dan Nescafe. "Kami juga memberikan teh tawar secara gratis," tambah Ricky. Untuk kisaran harga mulai dari Rp 2 ribu-Rp 35 ribu. Mau? Cepetan deh coba!!!

(Kokom)

Person quoted: Ricky Susanto (pemilik Telaga Seafood)


* Kepiting Telur Saus Padang ala Telaga Seafood (untuk 1 porsi)

Bahan:
- 1 ekor kepiting, cuci dan bersihkan
- 2,5 liter air
- Minyak sayur secukupnya

Bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 biji kmiri
- 1 ruas jahe
- 5 biji cabai rawit merah
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdm saus sambal
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdm penyedap rasa
- 1/2 sdt garam
- Minyak wijen secukupnya

Cara membuat:
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, angkat dan sisihkan. Rebus kepiting selama 5 menit dan masukkan bumbu tumis. Masak kembali hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan kepiting di atas piring saji.


* Ikan Kerapu Steam ala Telaga Seafood (untuk 1 porsi)

Bahan:
- 5 ons ikan kerapu, cuci bersih
- 3 siung bawang putih
- 1 batang daun bawang iris halus
- 1 biji cabai merah iris

Bumbu:
- 1 ruas jahe iris halus
- 1 sdt Miwon
- 1/2 sdt garam
- Minyak wijen secukupnya
- Saus rasa rasa secukupnya

Cara membuat:
Lumuri ikan kerapu dengan air jeruk nipis dan sisihkan. Panaskan air dalam kukusan hingga mendidih. Siapkan mangkuk pyrex masukan kerapu dan bumbui dengan jahe, garam Miwon, minyak wijen, saus rasa rasa, kukus ikan selama 5 menit, angkat. Sajikan kerapu dengan taburan daun bawang iris dan cabai merah iris.


Info Kuliner edisi khusus 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

1 komentar:

Paket Hemat Bulan Madu di BALI mengatakan...

Sayang saya ga bisa makan seafood