27.3.12

[tourismindonesia] Sentra hidangan daerah yang murmer nan nikmat, mulai dari Sate Solo, Sate Madura, Soto Kudus, Sop Kambing hingga Kepiting Saus Padang



Jl. Raya Lapangan Tembak, Cibubur-Jakarta Timur: Sentra hidangan daerah yang murmer nan nikmat, mulai dari Sate Solo, Sate Madura, Soto Kudus, Sop Kambing hingga Kepiting Saus Padang

Rindu dengan makanan tradisional? Anda dapat menyambangi salah satu ruas jalan di daerah timur Jakarta, tepatnya di Jalan Raya Lapangan Tembak, Cibubur-Jakarta Timur. Di lokaso ini lidah Anda akan dimanjakan dengan aneka hidangan daerah dengan harga yang minimalis. Tertarik?

Jalan Raya Lapangan Tembak merupakan salah satu ruas jalan menuju Munjul, hingga TPU Pondok Rangonm juga sebagai alternatif menuju Cileungsi-Jonggol-Bogor, Jawa Barat. Ruas jalan ini berlokasi di kelurahan Cibubur Raya, Kecamatan Ciracas-Jakarta Timur. Di sepanjang Jl. Raya Lapangan Tembak ini Anda dapat menemukan aneka makanan yang dijual, baik yang bentuk rumah makan maupun kaki lima.

Sejak siang hingga malam hari Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan menu khas Nusantara yang siap menggoyang lidah. Mulai dari makanan khas Betawi, Sunda Solo, hingga Padang.

Menuju kawasan ini tidaklah sulit, jika Anda datang dari arah Cibubur Junction, lajukan kendaraan Anda menuju Jl, Jambore. Setelah pertigaan, belokkan kendaraan Anda ke kiri memasuki Jalan Lapangan Tembak, menuju Ruko Cibubur Indah. Lajukan saja kendaraan pelan-pelan dan Anda akan menemukan Supermarket Arundina di sebelah kiri jalan. Di tempat inilah perburuan kuliner dimulai.

Sate Khas Daerah.

Arundina merupakan tempat belanja yang menggabungkan antara tempat makan dan supermarket. Jika Anda berada di supermarket Arundina, Anda bisa mampir ke RM Arundina yang menawarkan aneka menu Sate, mulai dari Sate Kambing Madura, Sate Ayam Madura, Sate Domba Afrika.

Namun menu yang wajib Anda jajal adalah Sate Ayam Madura. Bagaimana tidak, tekstur daging ayam yang ditusuk dalam sebilah tusuk sate ini sangat lembut membuai lidah. RM Arundina hanya menggunakan daging ayam yang memiliki sedikit lemak, sehingga tekstur Sate Ayam yang dihasilkan terasa sangat empuk. Bukan itu saja, lumuran bumbu kecap yang dioleskan saat daging ayam dibakar di atas bara api juga menciptakan rasa manis dan gurih dalam daging.

Seporsi Sate Ayam khas Madura ini disajikan di atas piring keramik dengan siraman bumbu kacang dan kecap manis. Sajian khas Jawa Timuran ini semakin semarak dengan pelengkap helaian daun selada dan irisan tomat segar. Untuk dapat menikmati seporsi Sate Ayam berisi 10 tusuk ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 17.500 saja.

Selain Sate, menu lain dapat dinikmati di RM Arundina antara lain Mie Ayam Jamur Komplit, Mie Ayam Yamin, Pizza Pepperoni, Lasagna, dan Soto Ayam. Kisaran harga untuk semua menu yang ditawarkan, dimulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu per porsi. RM Arundina dibuka mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Masih ingin menikmati Sate? 20 meter dari RM Arundina, Anda dapat menyambangi Warung Sae Padang Takana-kana. Sesuai namanya yang menjadi menu jawara adalah Sate Padang. Keistimewaan Sate Padang ini terletak pada daging lidah sapi yang digunakan. Yakni, daging lidah sapi bagian dalam yang lebih berisi dan empuk. Aroma anyir yang ditimbulkan dari dalam daging pun tidak terasa sama sekali. Karena sebelum diolah, lidah sapi terlebih dahulu direndam dalam air mendidih selama 5-10 menit kemudian dikerik dan dicuci di bawah air mengalir. Selanjutnya lidah sapi direbus bersama dengan bumbubu halus berupa cabai merah keriting, ketumbar, jintan, lada, bawang merah, kunyit, kari bubuk dan jahe. Ditambah daun kunyit, lengkuas, daun jeruk, batang serai geprek serta asam kandis.

Setelah dimasak, lidah sapi ditiriskan kemudian dipotong ukuran 1 cm x 2 cm dan ditusukkan dengan tusuk Sate. 1 tusuk berisi 3 potong lidah sapi. Saat pesanan datang, daging dikucuri dengan minyak goreng kemudian dibakar di atas bara api sambil sesekali dibolak-balik agar matang merata.

Seporsi Sate Padang disajikan di atas piring beralas daun pisang dengan siraman saus yang dibuat dari air sisa rebusan daging yang dimasak lalu dikentalkan dengan larutan tepung beras dan tepung sagu. Ditambah bumbu halus berupa ketumbar, lada hitam, bawang merah dan bawang putih yang telah ditumis.

Sepiring Sate Padang ditambah potongan ketupat nan lamak bana ini dapat Anda nikmati dengan harga Rp 10 ribu saja. Sate Padang Takana-kana mulai menggelar dagangannya pada pukul 4 ore hingga 11 malam.

Satu lagi menu Sate yang sayang untuk dilewatkan adalah Sate Solo yang tersedia di Warung Sate Solo Pak Komar. Warung yang berjarak 100 m dari Sate Padang Takana-kana ini mulai beroperasi pukul 3 sore-10 malam.

Sate Solo tampil polos tanpa siraman bumbu. Tapi, bukan berarti hidangan ini kalah lezat lho! Penggunaan daging kambing muda yang dipotong dadu kemudian direndam selama beberapa menit dalam kecap manis yang dibumbui dengan garam dan lada bubuk terasa begitu lembut menggoyang lidah.

Keistimewaan yang ditawarkan tidak berhenti sampai di situ saja. Karena setelah ditusukkan dengan tusuk sate kemudian dibakar di atas bara api, daging sate dilumuri dengan bumbu halus berupa cabai merah keriting, ketumbar, asam jawa dan gula merah yang direbus hingga kental. Paduan rasa asam manis dan pedas yang klop menjadikan menu khas Solo ini bercitarasa juara.

Sepiring Sate Solo semakin semarak dengan pelengkap berupa acar bawang, irisan kol dan potongan tomat. Bagi Anda yang terbiasa menikmati menu Sate dengan siraman saus kacang, Anda tidak perlu khawatir karena Warung Sate Solo Pak Komar juga menyediakannya. Sepiring Sate Solo plus nasi putih dijual dengan harga Rp 17 ribu.

Aneka menu berkuah.

Bagi Anda pecinta hidangan berkuah seperti Soto atau Sop, kawasan ini merupakan tempat yang cocok untuk memanjakan kegemaran Anda. Salah satu menu berkuah yang wajib disambangi adalah RM Soto Kudus Kembang Joyo.

Rahasia kenikmatan rasa Soto Kudus ini terletak pada penggunaan daging ayam kampung muda. Daging jenis ini memang memiliki citarasa yang lebih manis dan lunak dibandingkan dengan daging ayam broiler.

Seporsi Soto Kudul ala Soto Kudus Kembang Joyo ini terdiri atas soun yang diseduh air panas, ayam suwor dan telur rebus disusun di dalam mangkuk kemudian disiram dengan kuah. Jika umumnya kuah Soto Kudus berwarna kuning bening, di sini menyuguhkan kuah berwarna kuning keruh karena dibuat dari air rebusan ayam bersama bumbu halus yang telah ditumis berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, daun salam dan serai geprek yang dimasak kembali bersama santan kental. Saat akan disajikan, taburan bawang merah dan bawang putih goreng ditambahkan sebagai topping.

Bila Anda menginginkan hidangan pelengkap, tersedia Sate Paru, Otak Goreng, Sate Kerang, Sate Telur Puyuh, dan Sate Ati Ampela. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi Soto Kudus ditambah nasi Rp 8 ribu. Sedangkan varian Sate seharga Rp 2.500 per tusuk. Rumah makan Soto Kudus Kembang Joyo ini buka setiap hari dari pukul 9 pagi-7 malam.

Masih ingin mencicip menu berkuah? Sambangi Soto Betawi Bang Udin. Dari Soto Kudus Kembang Joyo, Anda hanya perlu melangkah sejauh 60 meter ke arah RM Soto Betawi Bang Udin.

Sesuai dengan namanya, menu andalan di RM Soto Betawi Bang Udin adalah Soto Betawi. Sajian yang dilengkapi dengan potongan daging sapi, jeroan, potongan tomat dan kentang goreng kemudian disiram kuah soto. Yang menarik dari hidangan ini adalah kuah soto dibuat dari kaldu sapi yang dicampur susu sapi murni dan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas, kapulaga, cengkih dan daun salam serta garam. Agar susu tidak pecah, maka proses perebusan dilakukan di atas api kcil sambil terus diaduk.

Tingkat keempukan daging sapi dan jeroan sapi juga tak kalah menariknya. Karena daging sapi serta jerian yang telah dibersihkan direbus tanpa penambahan bumbu apapun hingga matang, kemudian ditiriskan. Setelah itu daging serta jeroan digoreng dengan sedikit minyak hingga agak kering agar lemak daging hilang dan tidak berlendir.

Saat hidangan Soto tersaji di meja, aroma kapulaga dan cengkih pun terhirup semerbak. Agar lebih mantap, SOto Betawi ini disantap dengan didampingi potongan jeruk limau dan sambal cabai rawit. Soto Betawi ditambah nasi putih harganya Rp 19 ribu/porsi.

Selain menu Soto Betawi, RM Soto Betawi Bang Udin menyajikan beberapa menu lain di antaranya Sop Kambing, Gurame Bakar, Sate Kambing dan masih banyak lagi. Harga semua hidangan lezat ini berkisar antara Rp 15 ribu-Rp 25 ribu per porsi. RM Soto Betawi Bang Udin ini buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam.

Aneka Seafood.

Kangen dengan menu seafood? Seafood Ayu 48 bisa menjadi pilihan. Rumah makan ini hanya berjarak 10 meter dari RM Soto Betawi Bang Udin. Aneka menu yang disajikan di Seafood Ayu 48 antara lain Ikan Baronang, Ikan Kue, Ikan Gurame, Udang Saus Padang, Udang Asam Manis, Udang Goreng Saus Mayonaise, dan Kangkung Hot Plate. Harga aneka menu yang disajikan berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu/porsi.

Namun yang menjadi menu best seller di Seafood Ayu 48 adalah Kepiting Saus padang. Berbeda dari menu Kepiting Saus Padang yang biasanya tampil dengan saus berwarna kemerahan, Kepiting Saus Padang ala Seafood Ayu 48 ini menyuguhkan saus berwarna kecokelatan. Seporsi Kepiting Saus Padang terdiri atas dua ekor kepiting ukuran sedang dan potongan daun bawang dan bawang bombay. Sensasi pertama ketika mengecap daging Kepiting Saus Padang ini adalah tekstur daging yang terasa empuk dan mudah dikeluarkan dari kulitnya. Tidak hanya itu, rasa kuah saus padang yang terasa manis serta sedikit asam dan didominasi dengan rasa pedas berbaur apik di dalam mulut.

Untuk menghasilkan daging kepiting yang empuk dan mudah lepas dari kulitnya, maka kepiting tidak melalui proses perebusan. Kepiting segar yang telah mati dengan cara digeprek di bagian cangkang kepalanya ini dibersihkan kemudian dipotong menjadi dua bagian. Selanjutnya kepiting dimasukkan ke dalam tumisan bumbu cabai merah, bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan serta irisan daun bawang, bawang bombay serta irisan cabai rawit tak ketinggalan sedikit taburan garam ditambahkan untuk menguatkan citarasa. Untuk menghilangkan aroma amis pada kepiting, digunakan irisan jahe yang juga ditumis bersama bumbu halus.

Rahasia saus kepiting yang berwarna kecokelatan karena tidak menggunakan saus tomat, melainkan menambahkan oyster sauce. Proses memasak kepiting berlangsung hampir selama 15 menit.

Ketika disajikan, Kepiting Saus Padang disusun dalam piring berbentuk oval. Rasa pedas dari saus kepiting dijamin akan membuat lidah Anda terbakar. Untuk menikmati seporsi Kepiting Saus Padang ini harganya Rp 50 ribu per porsi. Bila ingin menikmati dengan nasi, Anda hanya perlu menambah 3 ribu saja. Seafood Ayu 48 mulai menggelar dagangannya pada pukul 5 sore-12 malam.

Masih kurang dengan sajian seafood? Datangi saja Seafood Brebes Berhias 21 yang menawarkan menu andalan Kerang Dara yang dijual dengan harga Rp 8 ribu. Warung Seafood Brebes Berhias 21 ini, buka dari pukul 5 hingga pukul 12 malam. Silakan mencoba sendiri!!

(Shinta)


Gurihnya Martabak Kubang, dan Es Sekoteng Oyen yang suegeer

Setelah menikmati aneka hidangan berat, tak ada salahnya bila ditutup dengan beberapa kudapan nikmat. Salah satunya yang patut dijajal adalah Martabak Kubang. Martabak Kubang hampir serupa dengan Martabak Bandung. Namun Martabak Kubang isiannya lebih variatif antara lain campuran telur ayam dengan telur itik yang dipadu dengan irisan daun seledri, potongan daging rendang serta bumbu penyedap dan garam. Semua isian tersebut dibalut dengan kulit martabak yang terbuat dari bahan campuran tepung terigu, air, telur kocok dan garam. Untuk menikmati Martabak Kubang, Anda cukup membayar Rp 16 ribu per porsi. Tidak hanya Martabak Kubang saja, aneka kudapan lain yang tersedia yaitu Kebab Turki, dan Pempek.

Ingin yang suegeer di malam hari? Es Sekoteng Oyen bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mampir ke RM Es Sekoteng & Siomay Priangan Bandung yang buka dari pukul 10.00 hingga pukul 21.00. Es Sekoteng Oyen menggabungkan isian Sekoteng dan Es Oyen. Berisi potongan roti tawar, biji mutiara dan ketan hitam yang dipadu dengan potongan kelapa, alpukat dan potongan buah nangka. Isian tersebut disiram dengan air jahe kemudian dibaluri dengan susu putih kental manis dan bongkahan es batu. Kesegaran Es Sekoteng Oyen ini dapat dinikmati dengan harga Rp 12 ribu/porsi,

(Shinta)


* Sate Solo ala Warung Sate Solo Pak Komar (untuk 5 porsi)

Bahan:
- 300 gr daging kambing, potong dadu
- Lada secukupnya
- Garam secukupnya
- Kecap manis secukupnya

Bumbu olesan:
- 1 sdt asam jawa
- 1 sdt ketumbar, haluskan
- 50 gr cabai merah keriting, haluskan
- 3 sdm irisan gula merah
- Air secukupnya

Pelengkap:
- Acar Bawang
- Kol secukupnya, iris tipis
- Tomat segar secukupnya, iris tipis

Cara membuat:
Lumuri daging kambing dengan kecap manis, garam, dan lada, aduk rata, diamkan selama +- 10 menit.
Bumbu olesan: Larutkan asam Jawa dengan air, saring. Campur air asam dengan ketumbar, cabai dan gula merah. Rebus hingga mengental. Tusukkan daging kambing dengan tusuk sate lalu bakar di atas bara api sambil sesekali dioleskan dengan bumbu olesan. Bolak-balik agar matang merata. Angkat dan sajikan hangat bersama pelangkap acar bawang serta irisan kol dan tomat.


Info Kuliner - 16-29 September 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: