27.3.12

[tourismindonesia] Tempat aneka hidangan dengan rasa yang nampol, dari Ayam Bakar Mercon, Ayam Batokok Cabe Hijau, Nasi Ulam, hingga Siomay



Kompleks Bidakara, Jakarta Selatan: Tempat aneka hidangan dengan rasa yang nampol, dari Ayam Bakar Mercon, Ayam Batokok Cabe Hijau, Nasi Ulam, hingga Siomay

Siapa bilang kawasan perkantoran sekaligus lingkungan perumahan tidak memiliki pusat makanan yang menawarkan rasa juara? Datangi saja Kompleks Bidakara yang berada tepat di belakang Hotel Bidakara. Di sini Anda akan menemukan aneka makanan yang bervariasi rasa yang enak dengan harga yang tidak menguras kantor. Tertarik? Yuk kita jelajahi....

Kompleks Bidakara merupakan kawasan yang terdiri atas Hotel Bidakara, perkantoran dan perumahan Bir Kyanay. Di kawasan ini terdapat beberapa jalan utama seperti Jalan Catur dan Jalan Sapta yang menyediakan aneka tempat makan yang menyajikan menu lezat dan variatif.

Aneka Olahan Ayam.

Perjalanan kuliner kali ini dimulai dari hidangan olahan ayam. Sebagai menu pembuka langsung saja mencicip Ayam Batokokk Cabe Hijau di Rumah Makan Ayam Batokokk Cabe Hijau yang berlokasi di Jalan Catur dan terletak tepat di belakang Hotel Bidakara. Tempat makan yang menyajikan makanan khas Padang ini buka pukul 07.00-20.00 WIB. Seporsi Ayam Batokokk Cabe Hijau harganya cuma Rp 15 ribu.

Seposi Ayam Batokokk Cabe Hijau ini terdiri atas Ayam Goreng, Daun Selada, Potongan Ketimun, Cabai merah, Cabai Hijau, irisan bawang, cabai rawit, tomat hijau dan potongan belimbing sayur yang menambah kesegaran pada makanan. Cabai hijau ditumbuk bersama bawang putih terasa begitu pedas namun tidak berlebihan, beberapa potong petai terlihat bersembunyi di dalam cabai hijau tumbuk. Selain Ayam Batokok Cabe Hijau, menu lain yang tidak boleh dilewatkan seperti Dendeng Batokokk Sambal Ijo, Lele Batokokk, Iga Bakar Pedas, dan Sop Iga Padang dengan kisaran harga Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu.

Masih mau menu ayam lainnya? Sambangi saja Bebek dan Ayam Mercon yang berlokasi di Jalan Sapta No. 14, hanya 100 meter dari Rumah Makan Ayam Batokokk Cabe Hijau. Di kedai ini terkenal dengan olahan bebek dan ayam yang disandingkan dengan aneka sambal. Sambal yang disajikan terdiri atas 4 jenis yang bisa dipilih, yaitu Sambal Mercon, Sambal Nanas, Sambal Terasi, dan Sambal Cabai Hijau.

Salah satu menu andalan di kedai ini ialah Ayam Bakar Mercon. Hidangan ini adalah Ayam Bakar yang disajikan dengan Sambal Mercon, yaitu Sambal yang dibuat dari cabai merah dan cabai rawit mentah dengan tambahan tumisan bawang bombay iris. Ssssshhhh... rasa pedasnya benar-benar membangkitkan selera makan. Selain itu, Anda bisa berkreasi dengan mencampur 4 jenis sambal dan dijamin rasanya uenak dan seru. Untuk merasakan sensasi Ayam Bakar Mercon, Anda cukupmerogoh kocek sebesar Rp 11 ribu dan sudah termasuk dengan nasi putih.

Menu lain yang bisa Anda cicipi adalah Bebek Goreng/ Bakar Mercon, Bebek Kremes, Ayam Goreng, Ayam Rica-Rica, Soto Pekalongan/Rawon, Bandeng Presto, serta Aneka Jus yang menyehatkan sekaligus menyegarkan. Harga menu di kedai ini berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 18 ribu, dan dijamin Anda akan puas.

Ingin menikmati sajian olahan ayam yang tidak terlalu pedas? Datangi saja warung makan Ayam Goreng Madame yang terletak 50 meter dari Kedai Ayam Bakar Mercon. Menu yang menjadi andalan adalah Ayam Goreng Bumbu Rujak dan Ayam Goreng Madame. Tidak hanya itu, tersedia pula Ayam Goreng Kalasan, Ayam Goreng, Nasi Goreng, Nasi Capcay dan aneka menu lain dengan kisaran harga Rp 10 ribu-Rp25 ribu/porsi.

Aneka Olahan Nasi.

Ingin menyantap aneka olahan nasi yang menggugah selera? Kunjungi saja Nasi Ulam Mpo Ei Mpo Mpit yang menyajikan aneka menu khas Betawi. Tempat makan ini buka pukul 10.00-18.00 WIB. Dari berbagai makanan khas Betawi yang disajikan, salah satu menu yang menjadi andalan ialah Nasi Ulam. Hidangan ini terbuat dari nasi putih yang dibumbui dengan kelapa parut sangrai dan bumbu yang ditumis. Bumbu yang ditumis terdiri dari bawang putih, cabai rawit, ebi, ketumbar, merica, garam dan penyedap rasa Sasa.

Sebagai pelengkap Nasi Ulam, disediakan ayam goreng, tempe orek, timun, daun kemangi dan taburan bawang goreng di atas nasinya. Hmmm... membayangkannya saja sudah cukup membuat perut keroncongan. Saat Nasi Ulam disajikan, terlihat sangat menggugah selera. Harga seporsi Nasi Ulam dan Ayam Goreng Rp 13 ribu, sedangkan Nasi Ulam dengan Daging Goreng hanya Rp 14 ribu. Menu lain yang patut dicoba adalah Sayur Asem, dan Nasi Rames dengan kisaran harga Rp 10 ribu hingga Rp 85 ribu.

Tepat di sebelah Nasi Ulam Mpo Ei Mpo Mpit, terdapat Depot Lala yang menyajikan Nasi Rawon sebagai menu jawaranya. Ciri khas hidangan ini adalah kuah warna hitam pekat dengan potongan daging sapi, jeroan, taburan kecambah dan daun bawang. Nasi Rawon dibuat dari nasi putih yang diberi Rawon. Rawon ini dihasilkan dari potongan daging sapi dan jeroan yang direbus bersama kaldu sapi dan bumbu yang ditumis. Bumbu tumis terdiri atas kluwek, bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir da cabai rawit. Kemudian rawon dilengkapi dengan kecambah, daun bawang, kerupuk dan sambal. Kenyalnya daging sapi sudah terasa di gigitan pertama, bumbu pada Nasi Rawon juga pas dan tidak berlebihan, nyam..nyam.. Rawon akan lebih nikmat disantap bersama sambal dan kuah yang panas. Untuk dapat menikmati kelezatan Nasi Rawon ini, Anda cukup membayar Rp 13 ribu/porsi.

Selain Nasi Rawon, Depot Lala juga menawarkan menu lain seperti Tahu Campur, Nasi Pecel dan Nasi Kuning dengan kisaran harga Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Depot ini buka dari Senin-Sabtu mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Penasaran lezatnya aneka hidangan ayam dan nasi? Ayo datangi, tunggu apalagi..

(ADV_Annisah)


Nikmati Cireng aneka isi hingga Es Doger yang rasanya mantap

Setelah seharian menikmati aneka hidangan berat, tak ada salahnya untuk menikmati kudapan sebagai pelengkap wisata kuliner kali ini. Salah satu tempat makan yang dapat disinggahi adalah Kantin Katineung di Jalan Catur, tepatnya di dalam Kantin Kopebi (Koperasi Pegawai Bank Indonesia). Di kantin ini, Anda dapat menikmati salah satu menu jawara yaitu Cireng khas Bandung.

Gurihnya Cireng berbalut aneka pilihan isian seperti oncom, daging sapi, sosis, bakso, kornet, keju dan ayam, mampu membuai lidah hingga tak sanggup untuk berhenti mengunyah. Dengan harga Rp 3 ribu per buah, Anda dapat menikmati Cireng berbagai isian. Menu lain yang tak kalah juara adalah Bubur Kacang Hijau dan Aneka Roti Bakar. Harga aneka menu di Kantin Katineung buka pukul 11.00-18.00 WIB.

Masih ingin menikmati kudapan lainnya? Mampir saja ke Super Siomay Gondrong Bidakara yang berjarak 100 meter dari Kantin Katineung. Di tempat makan ini, Anda bisa memilih aneka Siomay seperti Siomay Ikan Tenggiri, Tahu Bakso, Telur Rebus dan Sayuran seperti kentang, pare dan kubis yang dihidangkan dalam satu piring. Tak ketinggalan bumbu kacang nan legit menyelimuti seporsi Siomay. Apalagi ditambah siraman kecap manis dan saus sambal. Yummmy..! Harga Siomay hanya Rp 2 ribu per buah. Anda dapat menyambanginya pukul 14.00-20.00 WIB.

Hanya berjarak 50 meter dari Super Siomay Gondrong Bidakara, Anda bisa mendatangi kedai Es Doger. Di sini Anda bisa menikmati seporsi Es Doger yang terdiri dari es serut yang disiram sirup merah dan susu kental manis serta dilengkapi dengan pacar cina, kelapa muda, ketan hitam, tape singkong. Anda dapat menikmati Es Doger dengan harga Rp 5 ribu. Menu lain yang tak kalah nikmat di Kedai Es Doger ini adalah Es Podeng dengan harga Rp 6 ribu, dan Es Cincau dengan harga Rp 5 ribu.

(ADV_Annisah)


* Nasi Ulam ala Nasi Ulam Mpo Ei Mpo Mpit (untuk 2-3 porsi)

Bahan:
- 800 gr nasi putih
- 300 gr kelapa muda, parut kasar
- 6 sdm minyak goreng

Bumbu halus:
- 8 siung bawang putih
- 6 buah cabai rawit
- 100 gr ebi, rendam
- 2 sdm ketumbar
- 1 sdt merica
- 3 sdt garam
- Penyedap rasa Sasa secukupnya

Pelengkap:
- Telur dadar, iris tipis
- Ketimun, potong-potong
- Daun kemangi
- Bawang goreng

Cara membuat:
Sangrai kelapa hingga kering dan kecokelatan, angkat dan haluskan. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan kelapa sangrai dan nasi putih, aduk hingga bumbu meresap. Angkat dan hidangkan dengan pelengkap.

Info Kuliner - 23 Desember 2011-5 Januari 2012


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: