27.3.12

[tourismindonesia] Tempat asyik menyantap hidangan tradisional sampai mancanegara, dari Soto Madura, Nasi Goreng Medah, Tofu Nabe, Iga Bakar hingga Blueberry Pancake



Jalan K.H Wahid Hasyim, Jakarta Pusat: Tempat asyik menyantap hidangan tradisional sampai mancanegara, dari Soto Madura, Nasi Goreng Medah, Tofu Nabe, Iga Bakar hingga Blueberry Pancake

Seakan tak pernah surut oleh pesona kulinernya, semakin malam Jalan KH Wahid Hasyim semakin menggoda lidah berwisata kuliner. Meski yang terkenal adalah kawasan Sabang, namun ternyata sepanjang jalan utama KH Wahid Hasyim ini punya aneka makanan yang patut dicoba. Yuks... telusuri lebih jauh?

Jalan KH. Wahid Hasyim merupakan salah satu ruas jalan besar di Jakarta Pusat yang menghubungkan Tuga Tani hingga Tanah Abang. Namun, sebagian besar lokasi yang menjadi sentra wisata kuliner ini bisa ditemui, mulai dari perempatan Sabang-Sarinah sampai lampu merah persimpangan ke Jalan Johar.

Untuk sampai di jalan ini, jika Anda dari Jalan Sudirman, bisa ambil arah ke Jalan MH Thamrin, belok ke kanan setelah Sarinah, atau sebelum Djakarta Theatre XXI. Di sepanjang jalan ini, Anda bisa menemukan banyak penjual yang menjajakan aneka makanan, mulai dari kelas warung hingga restoran mewah.

Makanan Tradisional yang enak.

Perjalanan kuliner kali ini dimulai dari hidangan berkuah sebagai menu pembuka di Rumah Makan Jaya Agung yang berlokasi di samping Djakarta Theatre XXI. Rumah Makan yang menyajikan menu khas Jawa Timur ini jam bukanya pukul 08.00-02.00 WIB. Salah satu menu andalan adalah Soto Madura. Dalam seporsi Soto Madura tersaji semangkuk irisan daging sapi sandung lamur, potongan babat sapi, setengah potong telur ayam rebus, kuah Soto yang gurih dan taburkan bawang goreng serta daun seledri. Soto Madura termasuk dalam jenis Soto kuah bening dan gurih. Paduan citarasa kuah Soto yang gurih berpadu dengan empuknya daging sapi terasa sangat nikmat di mulut.

Soto Madura ini terbuat dari bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada, dan ketumbar yang sudah dihaluskan dan ditumis sampai harum bersama dengan jahe dan daun jeruk. Bumbu yang sudah ditumis ini kemudian dimasukkan ke dalam rebusan kaldu dan daging sapi sambil direbus hingga mendidih. Setelah mendidih, garam dan penyedap rasa Sasa pun ditambahkan untuk memperkuat rasa gurihnya. Harga seporsi Soto Madura ini hanya Rp 15 ribu.

Selain, Soto Madura, menu lain yang tersedia seperti Sate Kambing, Sop Kaki Sapi , Soto Ayam, Sate Ayam dan Gulai Kambing. Harga aneka menu ini dari Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu/porsi.

Suka dengan aneka hidangan khas Makassar? Datangi saja Kedai Kopi Pelangi yang berada sekitar 150 meter dari Hotel Arcadia. Menu yang menjadi favorit adalah Nasi Goreng Merah ala Makassar. Ketika melihat tampilan Nasi Goreng Merah ini, mungkin Anda akan berpikir warna merah mengesankan rasa yang sangat pedas, tapi setelah diicip ternyata rasanya sama sekali tidak pedas. Warna merah bukan berasal dari cabai atau pewarna melainkan berasal dari saus tomat yang terbuat dari tomat segar yang dihaluskan dengan menggunakan blender lalu ditim dengan garam selama tiga jam. Proses pembuatan pun sama dengan Nasi Goreng pada umumnya. Bumbu halus terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan garam ditumis, lalu dicampur dengan nasi putih dan dimasak sampai matang.

Perpaduan saus tomat Makassar dengan tumisan bawang merah, bawang putih, kecap asin, garam dan lada bubuk membuat Nasi Goreng Merah ini terasa segar dan gurih, belum lagi isian yang terdiri atas bakso daging, Otak-otak Ikan, Udang Galah yang legit dan Ati Apela Ayam yang membuat menu ini menjadi semakin lengkap dan meriah. Tambahan Telur Mata Sapi di atas Nasi Goreng Merah membuat hidangan ini semakin ueenak. Kedai Kopi Pelangi ini buka pukul 10.00-22.30 WIB.

Hidangan Asia.

Ingin menyantap nikmatnya aneka makanan khas Asia? Sambangi saja Midori Japanese Restoran yang menyajikan aneka menu otentik Jepang. Resto ini buka pukul 10.00-22.00 WIB. Dari beragam menu yang disajikan, salah satu menu best seller adalah Tofu Nabe. Tofu Nabe ini berbahan utama Tofu, atau Tahu khas Jepang. Untuk membuat tofu yang bercitarasa tawar ini menjadi lebih nikmat, tofu direbus dalam kuah berbumbu yang terbuat dari bawang putih cincang yang sudah ditumis sampai harum bersama mirin (bumbu penyedap dari Jepang hasil fermentasi beras), dan soyu (kecap asin Jepang). Bumbu ini disebut Saus Udon. Setelah Saus Udon mendidih, maka hondashi (bumbu penyedap dari ekstrak ikan) dan gula pasir ditambahkan sebagai penyedapnya.

Setelah kuah matang, daging sapi dimasukkan ke dalamnya sampai empuk. Selanjutnya telur ayam yang sudah dikocok lepas dimasukkan dengan perlahan. Telur yang dimasukkan ke dalam rebusan kuah udon ini tidak diaduk agar telur tidak hancur. Setelah telur matang sempurna giliran aneka sayuran seperti sawi putih, horenzo (bayam Jepang), jamur Shiitake yang sudah dibelah empat memanjang, daun bawang dan bawang bombay dimasukkan ke dalam kuahnya. Langkah terakhir, adalah tofu yang sudah dipotong menjadi dua bagian dimasukkan ke dalam rebusan kuah dan direbus selama 5 menit.

Tofu Nabe ini disajikan dalam hot pot untuk menjaga kehangatannya. Kuah yang harum dan berwarna kecokelatan semakin menggugah selera bersantap. Renyahnya sayuran, empuknya daging, serta lembut tofu seakan menyatu dalam gurihnya kuah menu ini. Penggunaan bumbu yang minimalis, membuat kuah terasa light dan menyegarkan di mulut, apalagi ketika disantap ketika masih panas. Hmm.... mantappp! Harga menu Tofu Nabe Rp 29 ribu/porsi.

Midori Japanese Restaurant juga menyajikan aneka menu lain seperti Soft Shell Maki, aneka Bento, Gyutan Moyashi, Tori Katsu Jyu, Sukiyaki Jyu, Nabeyaki Udon, Ramen, Gyu Katsu Curry, dan Salmon Crispy Roll. Harga aneka menu ini berkisar Rp 9 ribu-Rp 90 ribu/porsi.

Ingin bersantap yang minimalis? Cicipi saja nikmatnya Shabu-Shabu di Pare'gu Family Restoran yang buka pukul 10.00-22.00 WIB. Begitu memasuki restoran ini, Anda akan segera melihat deretan sayur dan daging-daging segar yang berjajar di atas pendingin seperti ikan gindara, ikan kakap, ikan marlin, cumi, ikan tuna, udang, irisan bawang bombay, jamur kuping, kepiting, crabs stick, sosis, bakso sapi, bakso udang, dan bakso ikan, tirasake (mie dari rumput laut) dan fish cake (terbuat dari ikan dori).

Setelah puas memilih bahan untuk menu Shabu-shabu, sebuah steamboat pun diletakkan di tengah meja. Setelah itu, Anda bisa memasukkan semua bahan makanan yang ingin Anda santap ke dalam panci yang telah berisi air matang. Untuk dapat menyantap Shabu-shabu yang nikmat, sebaiknya berbagai jenis daging yang dipilih harus direbus terlebih dahulu. Cara ini berguna untuk menghasilkan kaldu yang gurih. Setelah itu baru dimasukkan bahan sayuran lainnya. Enakk...

Ragam sajian ala Asia lainnya, masih bisa Anda cicip di Bakmi Spesial. Tampilan Bakmi Spesial terlihat menggoda, semangkuk Mie Telur yang kenyal dan lembut, ayam dan jamur Champignon yang ditumnis, pangsit isi ayam dan kuah plus Baso Sapi yang disajikan terpisah. Sajian yang lezat ini dapat dinikmati dengan harga Rp 23 ribu/porsi. Menu lain yang perlu dicoba di Bakmi Tiga Toko adalah Nasi Goreng Tom Yam, Kodok Goreng Mentega, Seafood Cakwe dan masih banyak lagi. Semua menu yang tersaji di Bakmi Tiga Toko berkisar Rp 4-56 ribu/porsi.

Masih ingin menikmati menu ala Asia yang lain? Sambangi saja Kedai Tiga Nyonya yang menyajikan menu Kerapu Goreng ala Nyonya, Lontong Cap Gomeh, Ayam Kluwek, Ayam Siyou, Ikan Bakar Special Tiga Nyonya, Ayam Bakar Bumbu Rujak, Kerapu Asam Manis ala Nyonya, Sup Asam Iga Sapi, Tumis Sawi Ikan Tenggiri dan Ikan Kuah Asam Papua. Semua menu yang disajikan di Kedai Tiga Nyonya berkisar Rp 18.500-200 ribu/porsi/ Kedai Tiga Nyonya ini buka pukul 11.00-22.00 WIB.

Serba Bakaran.

Ingin menyantap menu yang berbeda? Sambangi saja Alibaba Iga & Steak yang berada sekitar 25 meter di Kedai Tiga Nyonya. Restoran ini menyajikan aneka hidangan serba bakar yang menggoda. Salah satu menu andalan adalah Iga Bakar. Dua ruas ig bakar yang cukup royal daging ini terlihat sangat lezat. Seporsi Iga Bakar disajikan bersama dengan pelengkap berupa salad dan kentang goreng. Nikmaynya akan semakin bertambah ketika iga ini disantap dengan cocolan sambal yang terbulang cukup pedas.

Iga Bakar ini terasa nikmat dan empuk karena menggunakan iga sapi Australia yang direbus dengan air kelapa, lada hitam, garam, dan cabai bubuk selama 2 jam. Selanjutnya iga sapi yang sudah lunmak dibakar dengan bumbu seperti saus tomat, kecap manis, lada hitam bubuk, bawang putih cincang, jus nanas, garam dan minyak goreng. Iga hanya dibakar sampai berwarna cokelat karena daging telah matang. Selain Iga Bakar, Alibaba Iga Bakar & Steak juga menyajikan aneka makanan lain seperti Steak, T-Bone Steak, sampai Gulai Iga Bakar. Kisaran harga di resto ini mulai dari Rp 7-70 ribu/porsi. Resto Alibaba Iga & Steak buka pukul 10.00-22.00 WIB.

Jenis hidangan serba bakar lain yang tak boleh dilewatkan adalah Steak. Mampir saja ke Abuba Steak yang buka pukul 11.00-00.00 WIB. Salah satu Steak yang menjadi andalan adalah Sirloin Steak. Jenis daging yang digunakan pun tak hanya daging lokal saja tapi juga daging impor. Beraneka jeni saus bisa jadi pilihan sebagai sandingan Sirloin Steak yang nikmat ini, sebut saja Saus Barbeque, Mustard, Lada, Saus Tiram, Tabasco, dan tentunya Saus Sambal serta Saus Tomat. Hmm..enakk. Kisaran harga yang ada di Restoran Abuba Steak, Rp 48-230 ribu/porsi. Mau coba aneka menu yang lain? Sambangi saja, Pondok Sate Pak H. Heri, Seafood QT, dan Seafood Arjuna yang juga menghadirkan aneka menu bakaran yang menggoda. Ayo tunggu apalagi?

(Bomas AP)


Nikmati sensasi Kudapan Manis dan Minuman yang menyegarkan

Setelah menikmati aneka hidangan berat, tidak ada salahnya menikmati kudapan lezat sebagai teman makan camilai maupun hidangan penutup. Salah satu restoran yang dapat disambangi untuk menikmati kudapan lezat adalah Blueberry Pancake House yang berlokasi di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 53, Menteng Jakarta Pusat. Di restoran ini, Anda dapat menikmati salah satu menu jawara yaitu Blueberry Pancake.

Manis dan lembut Pancake terbalut dengan manisnya Selai Blueberry, dark cherry, buah blueberry dan dinginnya es krim vanilla mampu membuai lidah hingga tak sanggup untu berhenti menyantapnya. Yummy! Dengan harga Rp 25 ribu per porsi, Anda dapat menikmati sensasi nikmatnya menyantap Blueberry Pancake. Blueberry Pancake House masih memiliki menu andalan yang sayang dilewatkan, sebut saja Roll Asparagus, Chocolava Pancake, aneka Sandwich, Burger dan Pasta. Harga aneka menu di Blueberry Pancake House berkisar Rp 12 ribu-Rp 100 ribu/porsi. Resto Blueberry Pancake House ini dapat dikunjungi pukul 10.00-22.00 WIB.

Masih ingin menikmati hidangan manis? Kalau begitu mampir saja di Es Podeng Gareng yang berjarak 30 meter dari Blueberry Pancake House. Seporsi Es Podeng ini berisi pasar cina, Ketan Hitam kukus, potongan roti tawar, es puter dan potongan buah alpukat. Seporsi Es Podeng harganya Rp 7 ribu. Jika ingin menyantap Es Podeng, Anda bisa mampir dari pukul 11.00-22.00 WIB.

Satu lagi hidangan yang mampu menyegarkan dahaga adalah Es Teler. Untuk menikmatinya, Anda dapat menyambangi SInar Garut yang beranjak 50 meter dari Es Podeng Gareng. Dalam seporsi Es Teler, Anda akan menikmati sensasi  manis dan segar dari serutan buah kelapa, potongan buah alpukat dan nangka, serta siraman susu kental manis, sirup vanilla dan es batu yang membuat Anda seakan teler dengan kelezatannya. Anda dapat menikmati Es Teler dengan harga Rp 9 ribu.

Menu lain yang tak kalah nikmat di Sinar Garut adalah Bubur Ayam Spesial, Es Alpukat, Es Campur, Es Kopyor dan masih banyak lagi. Harga aneka menu tersebut tidak lebih dari Rp 17 ribu dan rumah makan ini mulai beroperasi pukul 17.00 hingga 01.00 WIB.

(Bomas AP)

Person quoted: -


* Resep Soto Madura ala RM. Jaya Agung (untuk 4 porsi)

Bahan:
- 350 gr daging sapi sandung lamur
- 150 gr babat sapi, rebus
- 1,5 l air
- 1 batang serai, memarkan
- 5 lembar daun jeruk

Bumbu halus:
- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt lada butiran
- 6 butir kemiri
- 2 ruas jahe
- 1 sdm ketumbar
- 2 sdt garam
- 1 sdt penyedap rasa Sasa

Pelengkap:
- 2 butir telur rebus
- 4 sdt daun seledri iris
- 4 sdt bawang goreng
- Sambal cabai rawit
- Jeruk nipis

Cara membuat:
Rebus daging sapi dan babat sapi hingga matang, masukkan ke dalam rebusan daging dan tambahkan serai dan daun jeruk. Rebus kembali daging yang telah diberi bumbu, masak selama 15 menit. Angkat daging dan babat sapi, iris daging dan potong-potong babat. Masukkan kembali ke dalam air rebusan dan bumbu dengan garam dan penyedap rasa Sasa. Masak kembali hingga bumbu meresap kembali dalam daging dan babat. Sajikan Soto Madura dalam mangkuk dan lengkapi dengan telur rebus, taburi dengan bawang goreng dan daun seledri iris.


Info Kuliner - 26 Agustus-15 September 2011


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: