22.3.12

[tourismindonesia] Tempat makan bernuansa alami dengan pilihan menu jawara, mulai dari Sate Itik, Sop Kepala Kambing, Soto Ayam Ambengan, Roti Cane Coklat hingga Es Pisang Ijo



Daoen Sirih Food Garden, Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat: Tempat makan bernuansa alami dengan pilihan menu jawara, mulai dari Sate Itik, Sop Kepala Kambing, Soto Ayam Ambengan, Roti Cane Coklat hingga Es Pisang Ijo

Ingin mencicip aneka hidangan Nusantara di pusat kota? Datangi saja Daoen Sirih Food Garden yang berlokasi di Jl Kebon Sirih Kav. 41, Jakarta Pusat. Berbagai menu tradisional pilihan dapat dinikmati dengan nuansa tempat makan yang teduh dan asri. Penasaran?

Jalan Kebon Sirih merupakan salah satu ruas jalan yang terkenal dengan sajian kuliner yang beraneka ragam. Salah satu tempat yang menjanjikan adalah Daoen Sirih Food Garden. Untuk menyambangi tempat ini, Anda dapat memulainya dari Jl. H Agus Salim (Sabang) menuju perempatan lampu merah, arahkan kendaraan Anda ke kanan memasuki jalan Kebon Sirih dan hanya berjarak 100 meter ke depan, Anda akan menjumpai Daoen Sirih Food Garden di sisi kanan jalan.

Dari luar terlihat bentuk bangunan mnyerupai saung besar khas Sunda beratap jerami dengan konstruksi bambu dan dinding bilik bambu menjadi ciri khas Daoen Sirih Food Garden. Untuk masuk ke saung ini, Anda akan melewati jembatan kecil dan suasana asri, rapi dan bersih dapat langsung Anda rasakan. Belasan kedai terlihat berjejer rapi menyajikan berbagai menu khas daerah yang rasanya istimewa. Kursi dan meja yang terbuat dari bumbu tersusun cantik dengan beberapa sekat yang terbuat dari bata merah. Tempat makan ini menyediakan aneka hidangan Nusantara yang disajikan oleh beberapa kedai yang sudah memiliki nama. Daoen Sirih Food Garden beroperasi mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.

Aneka hidangan bakar.

Perjalanan kuliner kali ini dimulai dengan menikmati berbagai menu bakar yang tentunya khas daerah. Bagi Anda pencinta hidangan bakar seperti Sate, Sate Itik di Warung Niz bisa menjadi pilihan pertama. Warung Niz berada di samping kedai Konro Losari. Kedai dengan spanduk warna biru ini menjajakan aneka makanan khas Kalimantan. Saat Sate Itik dihidangkan, mungkin Anda sulit membedakan dengan Sate Ayam pada umumnya. Bentuk, ukuran dan penggunaan bumbu kacang pada sate membuat Sate Itik terlihat sangat mirip dengan Sate Ayam.

Tekstur Sate Itik lebih kenyal dari Sate Ayam dan rasanya lebih gurih. Tekstur kenyal dan rasa gurih sate diperoleh dari bebek yang berumur 4 bulan. Bumbu kacang terasa sangat pas menjadi pendamping Sate Itik. Apalagi tambahan acar membuat rasanya semakin segar. Untuk menikmati gurihnya Sate Itik, Anda cukup membayar dengan harga Rp 25 ribu per porsi berisi 10 tusuk sate. Jika ingin lebih kenyang bisa memesan lontong dengan harga Rp 4 ribu per porsi.

Masih ingin menikmati menu Sate lainnya? Datangi saja kedai Sate Kambing Madura Blok S yang terletak 10 meter dari Warung Niz. Kedai ini adalah cabang dari warung Sate Kambing Madura di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan. Di tempat makan ini, Sate Kambing merupakan menu utama yang sayang bila dilewatkan. Daging sate yang empuk tanpa prengus menjadi ciri khas Sate di kedai ini. Daging kambing yang digunakan adalah kambing muda, sehingga teksturnya lembut. Selain itu, daging kambing tidak dicuci, karena daging kambing akan beraroma prengus jika terkena air. Dalam penyajiannya disediakan pilihan bumbu yaitu bumbu kacang dan kecap. Untuk menikmati Sate Kambing yang terkenal ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 25 ribu seporsinya. Anda juga bisa memesan nasi maupun lontong dengan harga Rp 4 ribu per porsi. Tidak hanya Sate Kambing yang disediakan, Sate Ayam dan Sop Kambing pun tersedia. Harga aneka menu di kedai ini berkisar Rp 4 ribu-Rp 22 ribu.

Menu bakar lain yang bisa dinikmati di Daoen Sirih Food Garden adalah Buntut Karamel Barbeque yang disajikan di kedai Buntut Karamel. Kedai ini berjarak 7 meter dari Sate Kambing Madura Blok S. Seporsi Sop Buntut Karamel Barbeque bisa disantap dengan harga Rp 29 ribu/porsi. Selain Buntut Karamel Barbeque, di kedai ini terdapat juga menu lain seperti Sop Buntut Goreng, Nasi Goreng Buntut, dan Rawon Buntut. Harga aneka menu antara Rp 8 ribu hingga Rp 35 ribu/porsi.

Aneka hidangan berkuah.

Daoen Sirih Food Garden menghadirkan Soto Ambengan Pak Sadi yang terkenal sejak tahun 1971. Kedai ini hanya berjarak 6 meter dari Buntut Karamel. Dan, tentu saja Soto Ayam Ambengan menjadi menu jawara di kedai ini. Dalam seporsi Soto Ayam Ambengan terdiri atas ayam, bihun, telur rebus, taburan daun seledri, bawang putih goreng, dan koya. Saat menyeruput kuahnya terasa begitu nikmat dengan harum kaldu ayam berbalut bawang putih goreng dengan rasa gurih yang tak kalah sedapnya. Slruppppp. Ayam suwir terasa empuk dan gurih karena menggunakan ayam kampung yang direbus bersama serai, daun jeruk, dan bumbu halus yang ditumis seperti bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, lada dan kemiri sangrai. Agar kuah soto ini harum ditambahkan bawang merah halus dan udang cincang yang ditumis bersama. Jangan lupa untuk memberikan perasan jeruk nipis, kecap manis, dan sambal rebus agar rasa Soto Ayam Ambengan ini semakin mantap.

Jadi jangan berlama-lama untuk memilih menu, cukup merogoh kocek sebesar Rp 18 ribu, Anda bisa menyantap semangkuk Soto Ayam Ambengan. Menu lain yang dapat Anda nikmati di tempat makan ini adalah Soto Madura Campur, Soto Madura Daging, Soto Ayam Daging,+Rongkong dan lainnya dengan kisaran harga Rp 18 ribu hingga Rp 21 ribu/porsi.

Selain mencicip Soto Ayam Ambengan yang mantap, Sop Konro juga bisa jadi pilihan menu berkuah yang cocok dinikmati. Kedai Konro Losari ini letaknya 7 meter dari Soto Ayam Ambengan. Kelembutan yang berasa dari daging iga sapi melumer saat dikunyah. Beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica bulat, pala, kluwek, kacang merah rebus, serta garam yang dihaluskan sangat terasa saat tercecap di lidah, membuat rasa kuah dari Sop Konro menjadi sangat aduhai. Sop Konro akan semakin nikmat jika disantap saat masih panas dan dengan kuah yang agak pedas. Jangan lupa untuk memberikan perasan jeruk nipis ke dalam kuah agar rasa kuah menjadi kian nikmat. Sop Konro akan semakin lezat jika didampingi dengan nasi putih dan kerupuk jenis apa pun, dan dijamin santapan Anda kali ini akan benar-benar pas. Untuk menikmati kelembutan dari Sop Konro di rumah makan ini, Anda cukup membayar sebesar Rp 30 ribu saja.

Bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta kuliner sejati, maka Anda perlu mencoba sajian yang jarang ditemui di tempat makan pada umumnya, sambangi saja Kedai Nasabee yang letaknya 8 meter dari Konro Losari. Nasabee merupakan kedai yang menyajikan hidangan khas dari Medan, Sumatera Utara dan hidangan jawaranya adalah Sop Kepala Kambing. Hidangan ini sangatlah unik karena sop ini disajikan dengan menggunakan kepala kambing utuh yang diletakkan pada sebuah mangkuk berukuran cukup besar. Eitss.. tapi jangan dulu berpikiran bahwa kepala kambing disajikan dengan keadaan yang sangat 'menyeramkan'. Kepala kambing disajikan dengan keadaan yang sudah bersih pastinya. Bulu dan kulitnya pun sudah tidak ada karena sudah direbus dan dicabuti.

Sop Kepala Kambing dibuat tanpa menggunakan santan, namun menggunakan perasan dari air wortel dan direbus bersama bumbu. Sebagian bumbu yang digunakan pun banyak seperti digunakan untuk membuat Soto Betawi. Bumbu-bumbu yang digunakan seperti lengkuas, serai, daun jeruk, garam, gula dan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe. Dengan harga Rp 90 ribu, Anda sudah bisa menikmati kelezatan pada Sop Kepala Kambing yang fenomenal ini. Karena ukuran makanan yang terbilang besar ini, Anda sudah bisa menikmati bersama dengan 3-4 orang. Hmm.. ciamik bukan? segera datangi sentra kuliner ini, selain aneka hidangan nusantara yang enak tempatnya pun nyaman... ayo buruan!


(Annisah)


Legitnya Roti Cane Cokelat dan Es Kacang Merah

Setelah puas menikmati aneka hidangan bakar dan sajian serba berkuah, kini saatnya menikmati makanan yang ringan sebagai penutup santap makan Anda kali ini. Jika selama ini Roti Cane disajikan gurih bersama kari, di Daeon Sirih Food Garden Anda bisa menyantap Roti Cane Cokelat dengan rasa manis dan legit. Anda bisa memesannya di Kedai Mie Aceh Seulawah yang terletak di sisi kiri dari arah masuk Daoen Sirih Food Garden.

Seporsi Roti Cane Cokelat terdiri atas Roti Cane yang disiram susu kental manis dan ditaburi cokelat meses. Untuk merasakan kudapan yang menawan ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu saja. Kudapan lain yang tidak kalah nikmat adalah Serabi yang disediakan di kedai Serabi Solo Gandaria yang terletak di depan kedai Mie Aceh Seulawah. Mulai dari Serabi Original, Serabi Cokelat hingga Serabi Nangka bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 10-20 ribu.

Tidak ketinggalan minuman manis dan segar tersedia di tempat makan ini. Sebut saja Es Kacang Merah yang disuguhkan oleh Warung Sari Musi yang letaknya sekitar 10 meter dari Serabi Solo Gandaria. Segelas Es Kacang Merah ini harganya Rp 10 ribu, manis dan legit khas kacang merah langsung bisa dinikmati. Minuman menyegarkan lainnya yang patut untuk dicoba ialah Es Pisang Ijo yang terdapat di RM Khas Makassar Losari. Bubur Sumsum berpadu dengan apik bersama sirop merah, dan pisang berbalut adonan dadar gulung sehingga menghasilkan sensasi manis, gurih, dan kenyal, nyam.. nyam... Harga seporsi Es Pisang Ijo ini Rp 10 ribu dan Anda sudah dibuatnya cukup kenyang. Penasaran untuk segera menikmati berbagai sajian menarik di tempat ini khan? Buruan datang...

(Annisah)



* Nasi Soto Ambengan (untuk 4 porsi)

Bahan:
- 1 ekor ayam kampung
- 50 gr daging udang, goreng, dan haluskan
- 2 siung bawang merah, haluskan
- 2 batang serai, memarkan
- 4 lembar daun jeruk purut
- 2 sdt garam
- 1,5 liter air

Bumbu halus:
- 6 siung bawang putih
- 2 cm kunyit
- 1 sdt lengkuas bubuk
- 3 cm jahe
- 2 sdt merica bubuk
- 5 butir kemiri sangrai

Pelengkap:
- 300 gr soun, seduh dan tiriskan
- 3 batang daun bawang, iris tipis
- 3 batang daun seledri, iris tipis
- 5 butir telur ayam rebus
- Bawang goreng
- Jeruk nipis
- Sambal rebus
- Kecap manis
- Koya

Cara membuat:
Rebus ayam bersama serai, daun jeruk dan garam. Masak ayam hingga lunak selama 2 jam. Angkat daging ayam dan suwir-suwir. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan ke dalam air rebusan ayam dan masak hingga mendidih. Tumis bawang merah halus dan udang hingga harum, angkat dan masukkan ke dalam kuah soto. Siapkan mangkuk, tata soun, ayam suwir, daun bawang, daun seledri, telur rebus dan siram dengan kuah soto. Taburi bawang goreng dan lengkapi dengan sambal rebus, kecap manis, perasan jeruk nipis dan koya.


Info Kuliner - 6-19 Januari 2012


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: