2.4.12

[tourismindonesia] Aneka sajian tradisional hingga Western dengan harga mahasiswa



Aneka sajian tradisional hingga Western dengan harga mahasiswa

Selain Jalan Margonda Raya, ternyata Depok juga mempunyai sentra lain yang kaya akan pesona kulinernya. Yaitu, Jalan Raya Kukusan atau sering juga disebut Jalan KH. M Usman. Satu hal yang menjadi keistimewaan sentra ini, harga yang ditawarkan sangat bersahabat alias murah. Apa saja menu kuliner yang dijual di sentra ini?

Kukusan merupakan sebuah jalan alternatif yang menghubungkan antara kawasan Jalan Margonda Raya, Srengseng Sawah, dan Sawangan Depok. Ruas jalan sepanjang 2 km ini hanya cukup dilalui oleh 2 mobil. Walaupun tidak selebar Margonda, namun untuk urusan keramaian jalan ini tidak kalah bersaing. Tiap hari pada saat jam pulang kerja ruas jalan ini sangat ramai oleh kendaraan baik roda 4 maupun roda 2. Karena ramai, ternyata juga ruas jalan ini menjadi salah satu tempat berburu kuliner favorit di malam hari.

Menuju ke Jalan Kukusan cukup mudah, jika dari arah Sawangan Depok Anda hanya perlu belok kanan di Perempatan Tugu Depok dan menyusuri Jalan Bungur yang akan tembus langsung ke Jalan Raya Kukusan. Sedangkan dari arah Jalan Raya Margonda, Anda hanya perlu belok kiri di pertigaan sebelum stasiun Depok Baru dan naik menuju fly over. Setelah itu Anda menyusuri jalan tersebut hingga menemukan pertigaan PLN dan belok kanan. Lalu susurilah jalan tersebut kira-kira 700 meter maka Anda akan menemukan ruas jalan yang dimaksud.

Sentra-sentra kuliner di Jalan Kukusan tersebar di tiga titik. Mulai dari perempatan Kukusan. Di kawasan ini terdapat warung bakso yang sudah menjadi ikon Kukusan, yaitu Bakso Kotak yang sudah sering diliput media massa. Selain itu juga terdapat warung Ayam Bakar Sukabumi, Tahu Bandung Goreng, Warung Nasi Goreng dan Mie Rebus. Penjual Tahu Bandung Goreng letaknya kira-kira 10 meter saja dari Bakso Kotak. Tahu Bandung Goreng berupa tahu kuning Bandung yang digoreng dan disiram dengan sambal kacang yang gurih dan pedas. Jajanan ini selalu dibungkus dengan dengan daun pisang saat disajikan. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 2 ribu untuk 3 buah tahu.

Titik kedua kira-kira 500 meter setelah Perempatan Kukusan. Di tempat ini terdapat beberapa  penjual makanan berupa warung tenda seperti Fiesta Bakso Malang, Soto Mie Bogor, Nasi Goreng 99, dan Ikan Bakar Mas Diyon. Yang terkenal di sini adalah Ikan Bakar Mas Diyon yang menempati lokasi di salah satu pelataran sebuah bengkel. Juga sebuah resto yang bernama Tik-Tok Van Depok yang menyajikan Bebek Bakar atau Goreng dari bebek hasil persilangan antara Itik dan Entok.

Titik ketiga, di sepanjang jalan kecil yang bernama Kukusan Teknik. Jalan ini berada di sebelah kanan ujung ruas Jalan Raya Kukusan dari arah Depok. Jalan ini juga menghubungkan antara kawasan UI dengan Jalan Raya Kukusan sehingga sangat ramai pada saat malam. Hal ini karena kawasan tersebut juga merupakan salah satu sentra kos-kosan UI.


Adapun beberapa tempat berburu kuliner yang perlu Anda sambangi adalah:

1. Bakso Kotak.

Warung bakso ini merupakan ikon kuliner di daerah Kukusan. Warung yang buka dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB ini menyajikan empat jenis bakso: Bakso Kotak, Bakso Kotak Tahu, Bakso Urat, dan Bakso Telor. Harga yang dipatok untuk menu-menu tersebut bervariasi antara Rp 6 ribu-Rp 7 ribu per porsi.

Keunikan dari warung ini adalah bentuk baksonya yang kurang lazim yaitu kotak. Meskipun begitu rasa dari bakso tersebut sangat nendang karena daging sapinya sangat terasa.


2. Ikan Bakar Mas Diyon.

Warung ini terletak 500 meter setelah Perempatan Kukusan ke arah Srengseng Sawah. Lokasi warung ini menempati area sebuah pelataran bengkel seluas 10x15 meter. Untuk mencapainya cukup mudah karena warung ini memasang spanduk yang sangat besar di depan warungnya. Jam operasi warung ini dimulai setelah bengkel tutup pukul 15.00 WIB, dan warung ini tutup pada pukul 23.00 WIB.

Menu yang ditawarkan Mas Diyon adalah aneka Ikan Bakar, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Ikan-ikan tersebut diletakkan di depan warung sehingga pembeli bisa memilih sesuka hatinya. Mulai Ikan Baronang, Kambing-Kambing, Kerapu, Bawal, Kakap Merah, Kakap Putih, Tongkol, Cumi-Cumi, Gurame, Mas, dan Udang. Ada empat kisaran harga untuk setiap ikan yang didasarkan pada besar-kecilnya ikan. Sebagai contoh, Ikan Baronang grade A seharga Rp 35 ribu, B seharga Rp 40 ribu, C seharga Rp 50 ribu, dan D seharga 60 ribu. Namun secara umum harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu antara Rp 7 ribu-60 ribu.

Ikan Bakar Mas Diyon sangat menjaga rasa asli ikan dengan cara menggunakan bumbu tradisional sebagai bumbu oles. Bumbu oles warung ini hanya menggunakan bumbu bakaran yang terbuat dari campuran bawang putih, kemiri, dan garam. Ikan yang akan dibakar terlebih dahulu dibersihkan isi perutnya. Setelah bersih, ikan dibelah menjadi dua, lalu dioles dengan bumbu oles. Setelah itu, ikan dibakar selama 15 menit sambil dibolak-balik hingga kering. Pada proses pembakaran tersebut, ikan sesekali dioles dengan bumbu.

Saat ikan sudah matang, barulah diangkat dan ditaruh di piring anyaman bambu yang beralas daun pisang. Sebagai pelengkap, disediakan pula sambal terasi dan lalapan. Setelah disobek, daging ikan tersebut sangat garing diluar dan berwarna putih lembut di dalam. Rasa daging yang gurih sangat cocok beradu dengan sambal yang pedas. Hmm, Selain menu ikan, warung tenda ini juga menyajikan menu Ayam Bakar dan Ayam Goreng. Untuk menikmati menu tersebut Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 8,5 ribu.


3. Tik-Tok Van Depok.

Tak jauh dari Ikan Bakar Mas Diyon, kira-kira berjarak 30 meter terdapat sebuah resto yang bernama Tik-tok Van Depok. Resto ini menyediakan aneka menu bebek, seperti Bebek Bakar, Bebek Goreng, dan Bebek Asam Manis. Rasa bebek dari resto ini sangat unik karena selain tebal daging bebeknya juga sangat gurih. Setelah diselidiki, bebek yang digunakan adalah bebek hasil inseminasi buatan dari jenis Itik dan Entok sehingga menghasilkan bebek yang rasanya lebih gurih, dagingnya banyak, dan pertumbuhannya cepat.

Untuk mengolah bebek tidak terlalu rumit. Bebek terlebih dahulu diungkep dengan bumbu bawang merah, putih, ketumbar, dan kunyit selama satu jam. Setelah itu, jika bebek akan dibakar maka sebelumnya diolesi dengan bumbu bakaran seperti kecap dan mentega. Langkah berikutnya adalah membakar bebek di atas panggangan batu bara selama 25 menit agar bumbu meresap. Setelah itu baru dihidangkan kepada pelanggan. Hal yang menjadi kelebihan di resto ini adalah semua sajian dihidangkan dengan prasmanan, sehingga pelanggan bebas mangambil nasi atau memilih bebek yang akan disantapnya. Harga yang ditawarkan untuk menu bebek ini berkisar antara Rp 15 ribu-17,5 ribu. Selain bebek, resto ini juga menjual telur asin khusus yang bernama Telur Panggang Vulkanik karena dijual dengan tampilan masih dibungkus dengan baluran abu vulkanik. Telur tersebut dijual per kotak (isi 6 butir) seharga Rp 18 ribu. Resto ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.

Iqbal Johansyah



Makanan enak ala mahasiswa

Selain resto yang bertema keluarga, di kawasan Kukusan ini juga banyak terdapat tempat makan yang bernuansa mahasiswa. Sebut saja wilayah Kukusan Teknik yang merupakan sebuah jalan tembus dari Universitas Indonesia ke Jalan Raya Kukusan. Jalan kecil sepanjang 500 meter ini banyak sekali tempat makan di kiri dan kanan jalan. Mengingat lebar jalan tersebut hanya cukup untuk satu mobil, maka sangat disarankan agar Anda memarkirkan kendaraan di depan pintu gerbang masuk Kukusan Teknik.

Adapun warung makan yang patut Anda sambangi di wilayah Kukusan Teknik ini adalah:

1. Pondok Astero.

Tempat pertama yang layak disambangi pada petualangan kuliner "mahasiswa" kali ini adalah Pondok Astero. Resto ini terletak 30 meter di sebelah kiri dari pintu gerbang Kukusan Teknik. Resto seluas 5x5 m ini menyajikan aneka menu dari Western sampai tradisional antara lain, Beef Steak, Chicken Steak, Beef Spaghetti, aneka Sandwich, Salad, Ayam Bakar dan Pecel Ayam. Aneka makanan tersebut harganya dari Rp 6,5 ribu-19 ribu.

Makanan yang cukup digemari di Pondok Astero adalah Beef Spaghetti. Menu seharga Rp 7 ribu ini digemari karena helaian spaghettinya sangat kenyal alias aldente. Hal tersebut karena spaghetti tersebut direbus pada air mendidih selama 10 menit. Selain itu, saus spaghetti yang terbuat dari cincangan daging sapi yang dicampur dengan bawang Bombay dan saus tomat yang ditumis dengan lelehan margarine juga sangat terasa sangat harum dan lezat. Tampat ini buka pukul 10.00-22.00 WIB.

2. Warung Samtari

Satu lagi tempat makan yang menjadi favorit mahasiswa di daerah ini adalah Warung Samtari. Warung ini terletak 300 meter dari pintu gerbang Kukusan Teknik. Sebagai tempat makanan khas mahasiswa lainnya, warung ini juga menyediakan makanan yang enak dengan harga miring sehingga pengunjungnya tidak hanya mahasiswa saja, tapi juga orang kantoran dan keluarga. Menu yang ditawarkan di tempat ini sangat variatif seperti Sate Ayam, Sate Kambing, Gule Kambing, Kari Ayam, Nasi Goreng Kambing, Ayam Bakar, Capcay Sapi, dan paket 3T (Tempe Tahu Telor) dengan kisaran harga Rp 5,5 ribu-12 ribu. Menu andalan di tempat ini adalah Sate Kambing, Tongseng Kambing dan Paket 3T.

Berbeda dari penjual Sate kebanyakan, daging Sate Kambing di Samtari dibakar setelah sebelumnya direbus hingga setengah matang sehingga daging lebih empuk dan mempercepat proses pembakaran yaitu sekitar 5-10 menit saja. Setelah matang lalu dihidangkan di atas piring dengan tambahan bumbu kacang atau kecap serta irisan tomat dan cabai rawit hijau. Untuk menikmati sate tersebut Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 12 ribu per porsi plus nasi.

Selain Sate, menu olahan kambing yang digemari di Samtari adalah Tongseng Kambing. Tongseng terbuat dari daging kambing yang dipotong dadu dengan bumbu bawang merah, putih, cabai merah, lada bubuk, dan kecap. Untuk membuatnya, bumbu-bumbu dihaluskan terlebih dahulu lalu ditumis. Setelah harum barulah dimasukkan daging kambing beserta air dan kecap. Setelah itu dimasak hingga air tinggal sedikit. Harga olahan kambing yang satu ini hanya Rp 7,5 ribu per porsi dengan nasi.

Warung Samtari juga menyediakan menu murah meriah ala mahasiswa, yaitu Paket 3T alias Tempe, Tahu, dan Telur. Rupa menu ini sangat sederhana karena semua bahan tersebut hanya digoreng dan ditambahkan sambal terasi dan lalapan. Walaupun sangat sederhana, menu ini rupanya diminati karena berharga murah hanya Rp 6 ribu. Warung ini buka pukul 15.00-22.00 WIB dan sangat penuh saat jam makan malam.


Nonton bareng ala mahasiswa di Nyempil Student Corner

Selain kaya akan tempat murmer, kawasan Kukusan Teknik ini juga cocok untuk dijadikan 'tempat ngumpul'. Salah satu tempat ngumpul yang digemari sebagai tempat ngumpul adalah Nyempil Student Corner. Tempat ini sering diugunakan sebagai tempat diskusi, belajar kelompok, dan bercengkerama antarsesama mahasiswa.

Selain sebagai tempat 'ngumpul', Nyempil Student Corner juga menyediakan aneka menu, dari yang ringan hingga berat. Antara lain aneka Roti Bakar dengan range harga Rp 3,5 ribu-7 ribu, Pisang Bakar Rp 4,5 ribu-5,5 ribu, dan aneka menu Bakso dan Mie Ayam Rp 6 ribu-9 ribu. Selain itu, fasilitas yang terdapat di tempat ini adalah nonton bareng siaran langsung Liga Inggris dan Liga Champions via TV Kabel yang digeler pada saat tengah pekan maupun akhir pekan. Dengan adanya acara tersebut, maka tak heran tempat ini selalu penuh sesak pada akhir pekan. Untuk mengikuti acara nonton bareng tersebut, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Tertarik?

Iqbal Johansyah



* Daftar tempat makan enak di seputaran Kukusan

- Ayam Bakar Ortega
Jalan Palakali (seberang Kantor Kelurahan Kukusan)
Telp: 081514272857
Menu Favorit: Ayam Bakar
Harga: Rp 9-12 ribu
Jam Buka: 10.00-20.00 WIB

- Ayam Crispy Umi Hani
Jalan Kukusan Teknik
Telp: 78889312
Menu Favorit: Nasi Ayam Crispy, Soto Ayam
Harga: Rp 6-7 ribu
Jam Buka: 10.00-21.00 WIB

- Warteg Shinta
Jalan Kukusan Teknik
Telp: 081807207709
Menu Favorit: Ayam Goreng, Sayur Sop, Tempe Orek
Harga: Rp 1 ribu-9 ribu
Jam Buka: 09.00-20.00 WIB

- RM 2 Putri
Jalan Palakali (seberang Kantor Kelurahan Kukusan)
Telp: 081315750171
Menu Favorit: Nasi Goreng Sosis, Mie Goreng, Cap Cay
Harga: Rp 8 ribu-10 ribu
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB

- Depot Jatim
Jalan Kukusan Teknik
Telp: 081389787451
Menu Favorit: Ayam Goreng, Soto Ayam
Harga: Rp 7 ribu-11 ribu
Jam Buka: 15.00-23.00 WIB

- Warung Samtari
Jalan Kukusan Teknik
Telp: 081380141544
Menu Favorit: Sate Kambing, Tongseng Kambing, Nasi Goreng Kambing, Paket 3T
Harga: Rp 6 ribu-12 ribu
Jam Buka: 15.00-22.00 WIB

- Spaghetti Ali
Jalan Palakali
Telp: 37593544
Menu Favorit: Beef Spaghetti, Chicken Spaghetti
Harga: Rp 6 ribu-10 ribu
Jam Buka: 14.00-21.00 WIB

- Pondok Astero
Jalan H. Amat II Rt 4 Rw 3
Telp: 98567213
Menu Favorit: Beef Spaghetti, Salad, Chicken Spaghetti
Harga: Rp 3,5 ribu-19,5 ribu
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB

- Tik Tok van Depok
Jalan KHM Usman (Jalan Kukusan) no 81 A
Telp: 7868322
Menu Favorit: Bebek Panggang, Bebek Goreng, Bebek Saos Tiram
Harga: Rp 15 ribu-17,5 ribu
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB

- Ikan Bakar Mas Diyon
Jalan KHM Usman (Jalan Kukusan) no 93
Telp: 081288326644
Menu Favorit: Baronang Bakar, Kerapu Bakar
Harga: Rp 15-60 ribu
Jam Buka: 15.00-23.00 WIB

- Nyempil Student Corner
Jalan Kukusan Teknik
Telp: 91074774
Menu Favorit: Nasi Goreng, Roti Bakar, Mie Bakso, Mie Ayam
Harga: Rp 4 ribu-10 ribu
Jam Buka: 14.00-00.00 WIB


Info Kuliner - 05-18 Mei 2010


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: