24.5.12

[tourismindonesia] Tempat Wisata Di Anyer



TEMPAT WISATA & SEAFOOD DI ANYER


WISATA MERCU SUAR DI ANYER
Pantai anyer mempunyai sebuah mercusuar yang berada di daerah cikoneng.Pendirian Mercusuar ini untuk memudahkan Kapal-kapal laut yang berlayar di wilayah Propinsi Banten agar tidak kehilangan arah berkat tuntunan petugas mercusuar Cikoneng. Keberadaan mercusuar yang berjasa ini menambah satu lagi obyek wisata yang wajib dikunjungi di provinsi muda ini, selain menikmati indahnya panorma pantai, mercusuar ini saksi bisu sejarah perjalanan bangsa Indonesia zaman Belanda dan Jepang.

Usia mercusuar ini sekitar seratus dua puluh tahun, tinggi bangunan mercusuar 75,5 meter dan letaknya strategis berada persis dipinggir jalan sehingga menjadi perhatian khalayak yang lewat sebab tak ada bangunan lain yang menyamai tingginya Mercusuar Cikoneng dibangun pada tahun 1885. Dua tahun setelah Gunung Krakatau meletus menyemburkan laharnya yang dahsyat.

Bahan bangunan mercusuar ini menggunakan baja sehingga sampai sekarang masih berfungsi, di dalamnya terdapat anak tangga yang melingkar mengitari dinding mercusuar. Untuk sampai kepuncak harus melewati 286 anak tangga, dan bisa melihat Gunung Krakatau. Bila langit tidak berawan bisa melihat Propinsi Lampung.

Selain itu Mercusuar ini dikenal letaknya pada titik awal jalan raya Anyer-Panarukan. Selain berdasarkan Fungsinya, disekitar pantainya juga bisa membuat kita terlena akan keindahannya. Pada hari libur pantai ini kerap kali di kunjungi oleh wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

Untuk masuk ke pantai ini kita tidak akan menghabiskan kroscek yang besar, apa lagi kalau kita ingin mencoba masuk ke dalam mercusuar hanya mengeluarkan uang sebesar 1000 rupiah saja. Kali ini di sekitar pantai ini telah terdapat penginapan berbentuk panggung yang memberikan kesan sederhana dengan ditemani sepoi2 angin malam para pengunjung juga dapat ber suka ria bermain di tepi pantai.

Karang Bolong

Masih di daerah Anyer, tempat wisata Karang Bolong dapat menjadi tempat jika Anda ingin berwisata di pantai. Di sini terdapat area pantai yang cukup luas dan landai, tidak seperti lokasi pantai lainnya di area Anyer. Banyak wisatawan senang bermain pasir pantai dan berenang di Karang Bolong karena ada sebagian pantainya yang tidak berkarang sehingga Anda dapat bermain dengan lebih leluasa.

Letaknya ada di sebelah kanan jalan jika Anda menyusuri Jalan Raya Anyer menuju Carita dari Jakarta. Merupakan salah satu tempat wisata yang murah meriah dan unik. Untuk biaya parkir mobil ada di seberang jalan pintu masuk. Biaya parkir sebesar Rp 5.000,- untuk setiap mobil. Sedangkan harga tiket masuk untuk tiap pengunjung hanya Rp 5.000,- per orang.

Melewati loket pembayaran, banyak penjual yang menjual aneka dagangan. Mulai dari pakaian, mainan anak, makanan khas daerah, umang (binatang seperti keong yang biasa ada di pantai), penjual aneka pajangan dari kerang, sampai berbagai aksesories seperti kalung, gelang, pita dan kacamata.


OTAK - OTAK & SEAFOOD BU ENTIN

Banten - Anda tergolong penggila seafood? Kerinduan akan seafood segar dijamin terobati di rumah makan yang ini. Ada otak-otak yang lezat, udang segar yang manis, cumi empuk, dan ikan bakar yang dijamin bakal menggoyang lidah. Semuanya disajikan serba segar dan panas mengepul!

Di seputaran pantai Carita memang tak pernah kehabisan restoran atau rumah makan yang menyajikan menu seafood. Tetapi ada sebuah rumah makan yang tak pernah saya lewatkan jika datang ke sini. Namanya Rumah Makan Bu Entin, letaknya tidak persis di Carita melainkan di sebelah selatan pantai Carita - Labuan.perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk mencapai tempat tersebut dari anyer. 

Setusuk satai udang berisi 4 buah udang berukuran sedang. Tak perlu repot-repot memakai sendok garpu, karena menyantapnya mengunakan tangan makin membuatnya terasa nikmat. Kesegaran udang pun saya rasakan saat menyuapkan dagingnya yang kenyal ke dalam mulut hmm... rasanya manis sekali. Makin lezat saat dicocolkan ke sambal tomat yang terasa asam pedas. Begitu pula dengan cumi-cuminya, saat dikunyah tidak terasa alot sama sekali. Alhasil beberapa tusuk udang dan cumi telah berpindah ke dalam perut.Untuk ikan kuwe disajikan dengan ukuran cukup besar sehingga harus dieksekusi beramai-ramai. 

Yang unik sebagai pelengkap disajikan satu keranjang bambu lalapan komplet. Daun kenikir, poh-pohan, terung, kemangi, kacang panjang, timun dan tauge pendek. Tentu saja rasanya makin dahsyat saat dicocol dengan sambal sambal tomat yang asam segar.

Aneka seafood ini bukan hanya rasanya yang lezat, bahkan tangan yang digunakan untuk menyantapnya langsung pun bebas dari berbau amis. Untuk makan aneka seafood ini, kami berempat cukup menghabiskan Rp 150.000,00. Yang paling mahal adalah ikan kuwe yang dihargai Rp 30.000,00/tusuk, udang bakar Rp 15.000,00/tusuk, dan Rp 12.500/tusuk untuk cumi bakar, dan Rp 1500,00 buah untuk otak-otak.

Nah, jika lain kali jalan-jalan ke kawasan pantai Carita dan Labuan pokoknya RM Bu Entin wajib untuk disambangi. Dijamin bakal ketagihan! 

RM Ibu Entin
Spesialis Otak-Otak
Jl. Raya Labuan, Encle
Banten
(Samping Kantor Kecamatan Labuan)
Telp: 0253-802467
HP: 081321665500 

Terlalu jauh jarak ke RM Bu Entin??  Anda bisa mampir ke RM. lancar 1 jam dari marbela posisi ada disebelah kanan, menunya hampir sama dengan RM.Bu Entin hanya di  RM.Lancar  Seafoodnya masih mentah, kita memilih  sea food yang kita mau, udang, cumi, ikan dalam cool box lalu di timbang, Cumi di hargai Rp.70.000/kg.Tersedia otak-otak dan nasi pepes yang top enaknya. Jangan ragu bertanya pada penduduk setempat lokasi RM.Lancar, mereka pasti sudah pada tahu lokasinya.

masih terlalu jauh juga? well, silahkan coba RM. Elbe di sekitar Pisita resort dan mambruk. disana tersedia otak-otak dan sea food.saya belum pernah masuk kesana jadi tidak bisa komentar  banyak tentang RM ini.


NOTE : Sehubungan dengan jalan menuju pantai anyer di kawasan industri yang tidak pernah selesai perbaikannya, sebaiknya jangan mengunakan mobil sedan jika berlibur ke panatai anyer.Kalau lagi hujan deras kadang banjir yang  bisa buat mobil sedan mogok.




__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: