2.7.12

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Ketjap Benteng Tanggerang, Minggu 8 Julil 2012 [1 Attachment]

[Attachment(s) from Ade Purnama included below]

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Tangerang
Kumpulnya di Parkir Timur Senayan yah
Minggu 8 Juli 2012, djam 07.30 pagi
Rp.175 ribu/org, sudah termasuk:
(thee manis anget)
(gorengan pagi hari)
(makan siang wuenak)
(masoep ke dalem Klenteng Boen Tek Bio)
(masoep ke dalem Museum Benteng Heritage)
(liwatin bagian depan fabriek Ketjap Benteng)

(ditjeritaken oleh Udaya Halim, pemilik Museum
Benteng Heritage, poetera aseli Tjina Benteng,
jang lahir dan toemboeh gede di bilangan itoe,
lantas di soeatoe hari beli satoe roemah toea
di sekitaran Pasar Lama dan diboeat museum,
dan tentoe sadja segenap crew museum itoe
bakalan ikoet andeel bertjeloeteh ttg riwajat
kawasan Tjina Benteng dan sekitarannja itoe)
 
Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.175.000/org)


Toean dan Njonja tentoe atjapkali dengerin itoe nama Tjina Benteng, tetapi sebagian orang blom
taoe dimana locatie preciesnja itoe plaat (tempat). Kitaorang bakalan adjak tijap-tijap orang jang
kepengen tahoe riwajatnja orang Tionghoa di bilangan loearan Batavia, dalam programma bagoes:

PLESIRAN TEMPO DOELOE:
 Ketjap Benteng Tanggerang
Minggoe, 8 Juli 2012 dari djam poekoel 07.30 pagi sampe kira-kira djam poekoel 14.00 sijang hari

Tanggerang, Tanggeran, Tangerang, sebegimanapoen ditoelisnja, tetep dibatja: Tang-Gerang.
Hal kesatoe jang kerap kitaorang denger perihal nama ini adalah: ketjap! jang bole dibilang itoe
product sampe masoep ke Encyclopedia van Nederlands Indië di masa silam. Di Tanggerang ini,
senantiasa dirajahken pesta Peetjoen saben tahonnja, di sekitar roema-roema toea dan passer
jang terdiri dari loods-loods jang sama antieknja seperti loods-passer di bilangan Serpong sana.
Tanggerang kassi liet pemandangan rame dan meresep dengen banjak sekali sado (dos-a-dos;
punggung-memunggung; beda sama delman jang hadep-hadepan sama si koesirnja) dan per-
hoeboengan opelette dan bus jang rame dari Betawi dan Serang. Pengidoepan di Tanggerang
banjak dipengaroeken oleh Kali Tjisadane, jang pasir dan kerikilnja kerap dikirim ke Betawi, jang
dibawa dengen kreta api ataoe praoe. Pendoedoek Tanggerang pakein itoe aer Tjisadane boeat
minoem, masak en mandi. Ach, soenggoe poenja mangpa'at jang gede boeat warga Tanggerang.

Tanggerang boleh disamperin dengen goenaken auto (mobil), motorfietsen (sepeda motor) ataoe
trein (sepur). Waktoe diperloeken oentoek pegi ke Tanggerang naek auto koerang lebihnja 1 djam.
Loetjoenja di tempo silam, tatkala orang-orang naek trein, itoe trein soeka langsir ke belakang oen-
toek djempoet penoempang dari pasar kerna mereka tida maoe djalan kaki ke Station Tanggerang!
Sampe di poesat kota Tanggerang (di djaman doeloe), kitaorang dapet koeliling bilangan Kota Lama-
nja di passer, jang bole dibilang itoe doeloe meroepaken Titik 0 Kilometer deripada kota Tanggerang.

Riwajatnja Tjina Benteng Tanggerang, kata orang, sebermoela tatkala pada abad ke-15 (sekitar
tahon 1407) datenglah rombongan dari Negerij Tjina, jang dipimpin oleh Chen Cie Lung (Ha Lung)
dan mendarat di pantai oetara Tanggerang, tepatnja di locatie jang sekarang bekend diseboet:
Teloek Naga. Marika kamodian bermoekim dan memboeka lahan pertanian di sepandjang soengai
Tjisadane, sebab-sebab boeat orang Tjina, soengai (aer) adalah soember pengidoepan. Marika
itoe djoega dipertjaja adalah pengikoet Laksamana Cheng Ho (Zeng He). Banjak deripada peng-
ikoet Cheng Ho itoe jang enggan kombali ke Tana Tiongkok, sehingga marika pilih oentoek me-
netap sadja di Tana Djawa ini, maka terdjadilah proces asimilatie en akoeltoerasi setjara alami.
Para pengikoet jang menetap inilah jang di kamodian harinja djadi tjikal-bakal kaoem peranakan.

Pendoedoek ketoeroenan Tionghoa jang tinggal di Tanggerang itoe semangkin banjaknja, marika
kebanjakan menetap di wilajah di sekitaran Benteng VOC (sekarang soeda linjap) jang dibangoen
pada periode awal abad ke-18 (sekitar tahon 1705-an). Sebab-sebab itoe marika kerap dipanggil
dengen seboetan: Tjina Benteng. Benteng VOC jang tempo-tempo orang seboet sebagi: Benteng
Makassar, dahoeloe didjaga oleh orang Europa en Makassar deripada serboean dari orang Banten.

Bilangan paling toea di Tjina Benteng adalah Passer Lama. Di sepandjang djalan itoe ada 1 roema
toea jang sekarang soeda brobah woedjoednja mendjadi satoe museum jang bikin kitaorang ber-
detjak kaoem. Begimana tida, dari satoe roema jang semrawoet, dengen polesan bagai soenglap
(sulap) bentoeknja sekonjong-konjong brobah mendjadi museum jang mentereng, terawat, resik,
dan tjotjok boeat berportret dengen toestel. Apalagi di dalemnja banjak terdapat artefak, poela
benda bersedjarah jang didapet dari lingkoengan sekitar Tjina Benteng. Ada prasasti Djembatan
Djamban, compleet dengen toelisan Tjina dan nama orang-orang jang toeroet poenja andeel di
dalem pembangoenan itoe djembatan. Lantas naek ke lantai 2, dimana "plesir sebenernja toe-
djoean Tjina Benteng masa laloe dimoelai". Kitaorang akan liet-liet banjak collectie jang bagoes
dan dikemas dengen baek. Pintoe keloear teras poen masi ontentiek, Toean-Njonja tida bakalan
sanggoep boeka itoe pintoe sembarangan, kerna ada koentji resia (rahasia) jang kagak moeng-
kin ketemoe kaloe-kaloe tida pake logika (logika maling, hehe). Kamodian masoep ke roeangan
oetama, terhampar kisah Tjina Benteng pada masa voordeoorlog (sebelom perang, 1942), ada
batik aseli chas Tanggerang jang disoembangken oleh warga sekitar oentoek collectie museum.
Interior di dalem roemanja poen boekan maen indahnja, hiasan roema jang dibikin dari hasil kar-
ja "adjaib" dengen technologie copy-paste, dan perabotan roema tangga pada djeman doeloe.

Daritadi bitjara riwajatnja meloeloe, sekarang saatnja kitaorang angkat tjeritera perihal: Ketjap
Benteng. Itoe ketjap soenggoe populair hingga ke pendjoeroe negerij. Namoen di hari ini, kata
orang, tjoema ada 2 jakni: Ketjap SH (Siong Hin) sedjak tahon 1920 dan Ketjap Istana (Teng
Giong Seng v/h Teng Hay Soey; v/h = van het, atau daripada) sedjak tahon 1882 dan sampe
ini hari masi berproductie! Namoen sajangnja koetika kitaorang ke Tjina Benteng pada tanggal
8 Juli mendatang, itoe tempo djatoh di hari Minggoe, dan fabriek ketjap pada vrij (liboer) tapi
kitaorang bakalan soegoehkan video itoe fabriek di Museum Benteng Heritage, dan Toean en
Njonja poen bole beli ketjap botolnja langsoeng dengen harga baek, Rp.15.000an per flesch
(botol) rasa sedang. Siapa hendak pesen itoe ketjap silahken bri kitaorang chabarnja, okeh?
eits, tetapi itoe choesoes oentoek Ketjap Istana sadja, djikaloe kepengen bli jang Siong Hin,
dapet dibeli di passer sekalian liwat, ada berbagi matjem oekoeran: ketjil, sedeng dan besar,
dan prij-nja (harganja) kalo ta salah sekitar Rp.5000 (eh ataoe Rp.7000 yah) dan Rp.15.000.
Tida ada ketjap nummer doea, jang ada tjoema nummer satoe, kwaliteit didjamin djempolan!

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id  atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)

Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky Alexander ada di nomer urut 18 maka Onky transfernja
= Rp.175.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.175018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu ke no.
urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.175.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi nomer urut. okeh
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

Transfernya bisa sekaligus = Rp.525018 (mengacu ke no.urut paling duluan), jadi no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.525.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. karena nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
Tetapi kalo mau transfer satu-satu juga boleh, ketik aja Rp.175.018, Rp.175.019 dan Rp.175.020, or
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yang Rp.700.018 itu untuk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)

djangan loepa bawa pajoeng, andoek ketjil ataoe apalah, inget Tanggerang panas! djikalaoe pada
tempohnja hoedjan ada toeroen, kitaorang aken moelain ini plesiran sasoedanja itoe hoedjan brenti. 
zo, plesiran tetep dilaksanaken, dan catat: Plesiran Tempo Doeloe tak akan berganti hari/tanggal :)

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
P: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
Email: adep@cbn.net.id
Facebook: Ade Purnama
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.com

(beberapa sumber sejarah, dikutip dari buku:
Benteng Heritage -The Pearl of Tangerang-
Museum Warisan Budaya Peranakan Tiong-
hoa Tangerang; ini buku bisa dibeli di toko
museum ketika pulang/turun ke lantai satu;
dan majalah Sin Po terbitan Februari 1942)
  


Susunan Acara PLESIRAN TEMPO DOELOE:
Ketjap Benteng Tanggerang
Minggu, 8 Juli 2012 – 07.30 – 14.00

07.00 - 08.00: Kumpul Parkir Timur Senayan
08.00 - 09.00: Berangkat ke kota Tanggeran
09.00 - 12.00: Keliling kawasan Tjina Benteng
12.00 - 13.00: Makan Siang di Museum Benteng
13.00 - 14.00: Berangkat ke Parkir Timur Senayan


Attachment(s) from Ade Purnama

1 of 1 Photo(s)


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: