5.7.12

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Bung Karno di Preanger, Sabtu 14 Juli 2012



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Bandung
Kumpulnya di Parkir Timur Senayan yah
Sabtu 14 Juli 2012, djam 06.30 pagi
Rp.350 ribu/org, sudah termasuk:
(thee manis anget)
(makan pagi wuenak)
(makan siang wuenak)
(makan malem wuenak)
(masoep ke dalem Rumah Bu Inggit)
(masoep ke halaman Makam Marhaen)
(masoep ke dalem Penjara Sukamiskin)
(masoep ke depan sel Penjara Banceuy)
(masoep ke dalem Gd.Indonesia Menggugat)
(naek Bus AC White Horse, pergi-pulang aja)

(semoea ditjeriteraken oleh Ery Sandra Amelia Moeis
sejarawan, produser "Bab Yang Hilang" di Kompas TV,
dan doeloe megang program "Metro Files" di Metro TV;
sutradara episode "Indonesia Menggugat", pas bgt yah)

 
Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.350.000/org)


Tatkala denger kata "Preanger", Toean en Njonja pasti langsoeng inget nama satoe hotel
jang tjoekoep bekend di Bandoeng. Namoen apatah taoe bahoewa itoe nama meroepaken
seboetan Orang Belanda boeat Tana Priangan? Tida banjak jang taoe, bahkan kaloe-kaloe
ditjari liwat Google poen jang tersiar lebi banjak tentang promotie ataoe pandoean nginep
di itoe hotel. Priangan ataoe Parahyangan soegoehken kaindahan natuur jang indah, poen
dengen prampoeannja, tida heiran saorang prija Djawa Wetan-Bali sampe kepintjoet sama
Modjang Priangan di Kota Kembang. Ajo, ikoetinlah satoe programma prima bikinannja dari
pada SAHABAT MUSEUM, tjoeman satoe hari penoeh sadja, seroe dan djempolan, ia itoe:

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Bung Karno di Preanger
Saptoe, 14 Juli 2012 dari djam poekoel 06.30 pagi sampe maleman djam poekoel 22.00 deh

Bandoeng jang djoega kerap diseboet sebagi Kota Kembang, adalah bagian daripada Tana
Priangan jang soeboer, jang doeloenja banjak ditanemin toemboehan dedaoenan thee (teh)
en kina, poenja kelompok elite: Preangerplanters (toean perkebonan Preanger). Soeatoe hari
di achir abad ke-18, di ini kota diadaken satoe conferentie para suikerplanter (toean perkebo-
nan goela), kerna pada tempoh itoe Bandoeng ketjil sadja, ketoea penjelenggara bingoeng be-
gimana tjaranja soepaija itoe congres succes. Kamodian sala satoe Preangerplanters memberi-
ken idee oentoek membojong sekoempoelan noni-noni Belanda oentoek menghiboer para teta-
moe. Nah, dari kedjadian itoelah orang jang ikoetan congres (oetamanja dari Djawa Tengah en
Djawa Timoer) anggep noni-noni Belanda itoe sebagi "kembangnja" kota Bandoeng di tana Hindia-
Belanda. Marika seboetnja De Bloem der Indische Bergensteden (Boenganja kota pegoenoengan
di Hindia). Tetapi mengapa di kamodian harinja, djoestroe kota Bandoeng djadi Kota Kembang?!
Perkara atsal moelanja itoe seboetan sampe hari ini soeker didapetken djawaban jang pastinja.

Soekarno, pemoeda gagah asal Soerabaia (ada jang bilang ia lahir di Soerabaia, tetapi soember
jang officieel njataken bahoewa ia lahir di Blitar) pegi landjoetken studienja ke Bandoeng Tech-
nische Hooge School, jang ini hari lebi dikenal dengan nama Institute Teknologi Bandung (ITB).
Dateng ka Bandoeng pada tahon 1920, menggoenaken petji beloedroe kleur (warna) item en
pepakean poeti-poeti. Orangnja ganteng. Anak moeda jang bersolek, loemajan parlente lha,
dan menetap di roemahnja Hadji Sanoesi dan Iboe Inggit Garnasih (jang kelak djadi isterinja).
Bung Karno temoeken kota Bandoeng poenja warna ideologisch jang chas, djikaloe dibanding-
ken dengen kota laennja di Djawa. Djika Sarekat Islam poesatnja di Soerabaia, maka di kota
Semarang adalah poesatnja pemikiran marxisme. Kedoea kota itoe saling briken pengaroenja
en saling breboet pengaroe. Tetapi djoestroe Bandoeng tampilken watak jang berlaenan dari
kedoea di atas terseboet. Sebab-sebab di kota Bandoeng telah timboel pemikiran bahoewa
toedjoean deripada pergerakan adalah: kemerdeka'an penoeh oentoek tanah air Indonesia.

Pendidikan politiek Bung Karno didapetkennja dari Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto,
tatkala oesianja belasan tahon, ia mondok di roemanja HOS Tjokroaminoto di Soerabaia,
dan selama tinggal di sitoe Bung Karno kerap latihan berpidato di depan tjermin di dalem
kamarnja. Karakter oratie Bung Karno, banjak orang bilang, mirip dengan karakternja HOS
Tjokroaminoto. Namoen Bung Karno nampaknja lebi pandai maenken emotie-nja di depan
massa. Tjeritera wajang amet disenengin Bung Karno, ia senantiasa goenaken kata dan
bahasa jang moedah difahami oleh segenap masjarakat, dengan bahasa jang dramatisch,
penoeh pengrasaan. Iapoenja methode djitoe oentoek bangoen contactnja dengan para
pendengernja, sablonnja ia bitjara. Ia terdiam, sehingga saat terasa soenji, bahkan itoe
soeara djaroem jang djatoh ke lantai poen dapet didenger, laloe Bung Karno moelain ber-
bitjara dengan tenang, calm, dan memboeat soearanja semangkin lama semangkin djadi
tinggi dan meng-gelegar. Concept persatoean Indonesia adalah pemikirannja jang paling
orisineel, kitaorang tida bakalan taoe apa djadinja Indonesia zonder (tanpa) Bung Karno.

Pidato-pidato jang penoeh boemboe retorika meroepaken sendjata tanggoeh Bung Karno
oentoek menentang kakoeasaan Koloniaal. Bung Hatta soeda perna kassie pringaten ke-
pada Bung Karno soepaija tida terlaloe lantang berpidato, kerna bisa sebabken ditangkep-
nja para pedjoang perintis kemerdekaaan. Maskipoen demikian, walopoen Bung Hatta te-
rapken politiek hati-hati, namoen ia tetep diboeang ke pengasingan di Tana Merah ataoe
Boven Digoel dan kamodian ke Banda Neira. Sedangkan Bung Karno di-bui di Soekamiskin,
lantas diasingkan ke Ende, Bencoolen (Bengkulu) sampe datengnja bala Tentera Djepang
jang njatanja soeda diramalken djaoe hari sablonnja oleh Bung Karno, bahoewa soeatoe
hari nanti -mengoetip ramalan Jayabaya sang Radja Kediri pada abad ke-12, Djawa akan
didoedoeki oleh bangsa berkoelit koening dan akan menetap seoemoer djagoeng, lantas
djika djagoengnja soeda tjoekoep toea dan siap dipanen, maka penakloek berkoelit koe-
ning itoe akan pegi dan Djawa akan merdeka. Perdjoangan Bung Karno dan sedjoemlah
tokoh perintis kemerdekaan oentoek mengoesir pamerentahan Hindia-Belanda, ternjata
hanja bisa digoeloeng oleh Perang Asia Timoer Raja, ataoe bekendnja = Perang Pasifik!

Wawasan politiek Soekarno toemboe en berkembang di kota Bandoeng jang climaatnja
(iklim) sedjoek. Ia poen temoeken pemikiran Marhaen-isme di itoe kota. Dalam soeatoe
hari Soekarno pegi fietsen (bersepeda) liwatin djalanan jang tida biasanja, ia ajoenken
itoe pedal fiets toedjoean zonder destinatie hingga sampe di Bandoeng bagian selatan,
dan temoeken daerah petani jang padet pendoedoeknja, dan tijap-tijap petani poenja
tanah lebi koerang 1 hectar loeasnja. Lantas Soekarno jang tempo itoe oemoernja 20
tahon, berbitjara dengen saorang petani, sambil tanjaken perihal siapa pemilik sawah
terseboet. Djawaban jang didapet adalah itoe sawah, tanah, tjangkoel djoega badjak
semoeanja poenja sang petani, ia mendjadi toean zonder madjikan. Tatkala Soekarno
menanjakan siapa nama bapak, didjawab olehnja: Marhaen. Orang jang sematjam Pak
Marhaen itoelah jang dianggep Soekarno sebagi symbool kaoem lemah, sengsara, dan
tertindes oleh kekedjaman imperalisme ber-abad-abad lamanja. Marika bekerdja keras,
beroepaija oentoek penoehi keboetoehan familie-nja, tida ada lebinja oentoek didjoeal.
Kitaorang bakalan samperin koeboerannja Pak Marhaen pada hari Saptoe, 14 Juli nanti
jang pernahnja (letaknja) di bagian selatan kota Bandoeng, tepatnja di Batoe Noenggal.

Proces terbentoeknja pergerakkan nasionalisme Indonesia, bole dibilang disebabken oleh
terdjadinja perobahan politiek di negerij Belanda, jang poenja pandangan baroe terhadap
tana djadjahannja di Nederlandsch Oost Indie. Tanggoengdjawab moral oentoek kembang-
ken tana djadjahan jang sablonnja di-eksploitatie setjara loear biasa pada djeman Tanem
Paksa atoae Cultuurstelsel, jang memboeat pamerentah poenja rasah tanggoengdjawab
moral melaloei programma irigatie, emigratie, dan educatie. Programma itoe kamoedian
terbitken pro dan contra, namoen pada tanggal 17 September 1901, Koningin (Ratoe)
Wilhelmina oetjapken pidatonja di Staten-generaal, dan berlakoelah: Politiek Etis, jang
mendorong terdjadinja perobahan di Noesantara, oetamanja di bidang educatie (pendi-
dikan) jang tjiptaken golongan elite prijaji baroe, tida lagi dari golongan birokrat, poen
dari toeroenan ningrat. Pelaksanaan Politiek Etis tida berhatsil robah nasib rakjatnja di
tana djadjahan, tetapi briken effect jang bagoes boeat kwaliteit pendidikan, oetama-
nja boeat kaoem boemipoetra jang semangkin intelectueel. Orang moeda itoe sekolah
dengen betoel dan poenja nilai mordenisme jang berbeda dengan golongan toea feodal.

Bole dibilang Soekarno loemajan laat (telat) masoep ke gelanggang politiek djikaloe di-
bandingken dengen Hatta en Sjahrir. Hatta moelai terdjoen ke doenija politiek koetika
oemoernja baroe 16 tahon, ia mendjabat sebagi bendahara Jong Sumatranen Bond di
Padang, dan poela Sjahrir soeda djadi tokoh Perhimpoenan Indonesia di Belanda seblon
oemoernja 20 tahon, en Tan Malaka poen pada oemoer 20 soeda kesohor. Sedangkan
Soekarno, menoeroet penilaian orang, ia dapet toeroen ke politiek pada oesianja jang
moeda itoe, namoen Soekarno memilih oentoek membatjai boekoe-boekoenja, kerna ia
merasa pangatahoean dan wawasannja masih memadai ataoe koerang banjak. Bisa djadi
koetika itoe, ia nampak masih ragoe-ragoe oentoek tentoeken pilihan, atoae menoenggoe
sebentar karier politieknja. Segala oesaha dan oepaija Soekarno toembangken kakoeasaan
koloniaal Belanda, jang ia anggep sebagi sebab dari segala kesengsaraan daripada masjara-
kat Indonesia, ternjata tjoema bikin dirinja mendekem di pendjara, pengasingan, djaoeh dari
pendoekoengnja jang kagoem kepadanja, djoega keroemoenan massa dan keramean politiek.

Selama di Bandoeng Soekarno ber-interactie dengan Dr.Tjipto Mangoenkoesomo dan Douwes
Dekker, jang pada djeman itoe aktief en memimpin di organisatie Indische Partij. Pada tahon
1926, Soekarno berdiriken Algemene Studie Club di campus ITB itoe jang adalah meroepaken
tjikal bakalnja Partai Nasionalis Indonesia (PNI) jang kelak diberdiriken pada tahon 1927. Ber-
bagi actie pidato di sedjoemblah kota di Djawa, memboeat Soekarno semangkin pertjaja diri,
dan ia bertindak seakan-akan soeda berdiri seboeah negara di dalem negara koloniaal Hindia-
Belanda. Pidato-pidato jang keras dengan goenaken kata revolutie en istilah laen jang radical,
kerap bikin koeping pamerentah Hindia-Belanda djadi panas. Achirnja, Soekarno en tiga orang
tokoh PNI laennja ditangkep pada tahon 1929, di-bui di Pendjara Bantjeuy, lantas dipindahken
ke Pendjara Soekamiskin. Di loear doegaan, penangkapan Soekarno dan kontjo-nja, memboeat
perhatian dari masjarakat loeas, berdoejoen-doejoen marika hadlir pada persidangan Soekarno.

Inggit Garnasih, isteri Soekarno dengan setia bezoekin soeaminja jang di-bui di Pendjara Soeka-
miskin, senantiasa succes seloendoepken boekoe-boekoe oentoek Soekarno, jang saben malem
dibatjai oleh Soekarno. Inilah jang mendjadi referentie bagi Soekarno dalem menjoesoen pledoi-
nja di dalem kamar pendjara. Pledoi-nja itoe banjak mengoetip berbagi matjem pemikiran tokoh
sosialisch, liberal, communist, agamawan, dan laen-laen. Ada jang bilang koetika di-bui, kete-
goehan hati Bung Karno agak bimbang, apatah tjoekoep menjerah sampe di sini ataoe tetep
madjoe dan memilih sikap tida co-operatip dengan pamerentah Hindia-Belanda, walopoen ia
soeda ditawarken kedoedoekan penting di pamerentahan. Di tengah keragoean, Bung Karno
dapet informatie bagoes dari Iboe Inggit bahoewa rmasjarakat betoel-betoel menantiken en
idemken Bung Karno keloear dari pendjara, marika kagoem dengen segala jang Bung katakan.

Pledoi, ataoe pembelaan Bung Karno jang lebi dikenal dengen seboetan: Indonesia Menggoe-
gat, isihnja protes atas penistaan dan eksploitatie jang dilakoeken pamerentah kepada bang-
sanja, dan dengen teges Bung Karno kataken bahoewa pergerakan nasional boekanlah bikinan
kaoem intelectueel, melaenken reactie oemoem jang wadjar dari rakjat djadjahan jang batinnja
tlah merdeka. Soekarno bitjara tentang negara, dan diadili oleh negara (koloniaal) dan jang di-
lakoeken dalem satoe system hoekoem, itoe artinja Soekarno diakoei sebagi object hoekoem.
Hadooooh Soekarno pandai sekali bermaen kata-kata di persidangan itoe, baginja itoe adalah
panggoengnja jang amet menggemparkan, oetamanja Hindia-Belanda sebagi negara hoekoem.
Soekarno dipendjara di Soekamiskin oentoek 4 tahon lamanja, tetapi dibebasken pada waktoe
hoekoemannja baroe berdjalan 2 tahonan, ada jang bilang kerna pamerantahan Hindia-Belanda
chawatier dengan pengaroe Bung Karno jang semangkin membesar di masjarakat, namoen ada
chabar jang tersiar, kata Rosihan Anwar, Bung Karno toelis soerat permohonan ma'afnja kepada
pamerentah, sehingga masa tahanannja klaar dalem tempoh 2 tahon setenga sadja soeda bebas.

Kitaorang bakalan samperin matjem-matjem tempat jang ada hoeboengannja dengen perdjalanan
Bung Karno dalem mengoesir pendjadjah dan bertjita-tjita berdiriken soeatoe negara jang merdeka,
jang mana banjak terdapat di sekitaran kota Bandoeng sedjak tahon 1920 hingga 1934 sablonnja ia
diboeang ke Ende, Flores jang mana tempatnja amet djaoe dari Djawa. Perdjoangan Soekarno jang
zonder letih itoe dibantoe oleh Iboe Inggit Ganarsih jang senantiasa membantoe kembangken karier
politiek Bung Karno hingga ke Bencoolen, dan tentoe sadja kitaorang bakalan bezoek itoe roemanja
Iboe Inggit di Bandoeng, letaknja di poesat kota, doeloe bernama Djalan Tjiateul, jang hari ini soe-
da brobah nama djalannja mendjadi Jl.Inggit Garnasih. Itoe roema soenggoe bagoes betoel dengan
stijl (gaya) Indische Huis, ketjil sadja namoen poenja andeel jang besar dalem pergerakan nasional.

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id  atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)

Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky Alexander ada di nomer urut 18 maka Onky transfernja
= Rp.350.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.350018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu ke no.
urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.350.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi nomer urut. okeh
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

Transfernya bisa sekaligus = Rp.1050018 (mengacu ke no.urut paling duluan), jadi no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.1.050.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. karena nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
Tetapi kalo mau transfer satu-satu juga boleh, ketik aja Rp.350.018, Rp.350.019 dan Rp.350.020, or
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yang Rp.1.400.018 itu untuk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)

djangan loepa bawa pajoeng, andoek ketjil ataoe apalah, inget Bandoeng agak panas! djikalaoe pada
tempohnja hoedjan ada toeroen, kitaorang aken moelain ini plesiran sasoedanja itoe hoedjan brenti. 
zo, plesiran tetep dilaksanaken, dan catat: Plesiran Tempo Doeloe tak akan berganti hari/tanggal :)

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
P: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
Email: adep@cbn.net.id
Facebook: Ade Purnama
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.com

(beberapa sumber sejarah, dikutip dari
buku: "Wajah Bandoeng Tempo Doeloe"
karya
Haryoto Kunto; lalu "Bung Karno, 
"Sukarno Muda, Biografi Pemikiran 1926-
1933" karya Peter Kasenda; artikel di koran
Kompas: "Rumah Kenangan Soekarno-Inggit"
oleh Her Suganda; majalah Historia edisi ke 2:
"Dapur Perjuangan di Priangan" oleh Hendri F
Isneni dan Indra Pratama; tayangan Metro
Files di Metro TV: "Indonesia Menggugat")  


Susunan Acara PLESIRAN TEMPO DOELOE:
Bung Karno di Preanger
Sabtu, 14 Juli 2012 – 06.30 – 22.00

06.00 - 07.00: Kumpul Parkir Timur Senayan
07.00 - 10.00: Berangkat ke kota Bandoeng
10.00 - 11.00: Keliling Penjara Sukamiskin
11.00 - 12.00: Berangkat Makan Siang
12.00 - 13.00: Makan Siang di Bandung
13.00 - 13.30: Berangkat ke Makam Marhaen
13.30 - 14.00: Keliling Makam Marhaen
14.00 - 15.00: Berangkat ke Penjara Banceuy
15.00 - 15.30: Keliling Penjara Banceuy
15.30 - 16.00: Berangkat ke Rumah Bu Inggit
16.00 - 16.30: Keliling Rumah Bu Inggit
16.30 - 17.00: Berangkat ke Gd.Indonesia Menggugat
17.00 - 17.30: Keliling Gd.Indonesia Menggugat
17.30 - 18.00: Berangkat Makan Malam
18.00 - 19.00: Makan Malam di Bandung
19.00 - 22.00: Berangkat ke Jakarta



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: