1.8.12

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Merdeka, ataoe Kapan? Sabtu 4 Agustus 2012



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Menteng
Kumpulnya di Gedung Joang 45, di Cikini
atau tepatnya di Jl.Menteng Raya no.31
Sabtu 4 Agustus 2012, djam 15.30 sore
Rp.85 ribu/orang, sudah termasuk:
(Naik Bus Montjong Boeaja)
(Kolak Pisang-Nangka-Oebi)
(Nonton Film Propaganda Jepang)
(Santapan Nikmat Berbuka Puasa)
(Masoep Museum/Gedong Joang 45/Hotel Schomper) 
(Masoep Museum Perumusan Naskah Proklamasi/Roemanja Maeda)
(Masoep Toegoe Proklamasi, tempat Indonesia Merdeka 17-8-1945)

(semoea ditjeriteraken oleh Ery Sandra Amelia Moeis
sejarawan, produser "Bab Yang Hilang" di Kompas TV,
dan doeloe megang program "Metro Files" di Metro TV)
(melanjutkan PTD: Bung Karno di Preanger, 14 juli lalu)
 
Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.85.000/orang)


"Ini koedoek-koe bole potong, hajooo. Bole penggal kepalakoe, engkaoe bisa memboenoe-
koe, tapi djangan kira akoe bisa dipaksa oentoek mengadakan pertoempahan darah jang
sia-sia, hanja hendak mendjalankan sesoeatoe menoeroet maoemoe". Satoe kalimat dari
Bung Karno jang bikin orang jang denger terkedjoet, di dalem soeatoe malem mentjekam
antara golongan moeda jang kapengen lekas kemerdekaan dinjataken, dengen golongan
toea jang berfikir hati-hati, tjermat, soepaija kemerdekaan bole didapetken dengen baek.
SAHABAT MUSEUM bakalan tjeriteraken kronologisch klimaks sedjarah perdjoangan dalem
mentjapai kemerdekaan sedjak awal abad ke-20, dalem programma boelan poeasa, jang
doeloe pada itoe tempo Proklamasi Kemerdekaan, precies djatohnja di boelan Ramadhan:

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Merdeka, ataoe Kapan?
Saptoe, 4 Agustus 2012 dari djam poekoel 15.30 sore sampe klaar waktu berbuka puasa

Sedjak dahoeloe rakjat di Noesantara ini kapengen oesir pendjadjah bangsa asing dari
negerij tropisch jang indah ini. Perlawanan beroepa perang di berbagi daerah terbit ber-
oelang kali. Namoen tiada kans (kasempatan) oentoek meroeboet itoe tjita-tjita moelia,
jakni bebas dari bangsa asing jang soeda ratoesan lamanja perlakoeken rakjat Indonesia
saperti coeli, boedak, dan positie rendah laennja. Tatkala perang petjah pada achir 1941,
lantas Djepang kalahken Belanda pada Maart 1942, ada setitik harepan jang memboentjah
di tijap-tijap dada orang moeda dan toea di Indonesia, jakni lepas dari belenggoe kompeni.

Djikaloe doeloe dilakoekan dengen strategi otot, sekarang berganti mendjadi stategi otak,
jang dilakonin oleh warga baroe anak djadjahan. Tida lagi goenaken pedang, parang ataoe
klewang dan meriam boetoet oentoek berhadepan dengan fihak tentara koloniaal kompeni.
Poeloehan tahon lamanja golongan prijaji baroe (jang terpeladjar itoe) tjoba perdjoangken
Kemerdekaan Indonesia, namoen pamerentah senantiasa boebarken pantai jang dianggep
berbahaja, boeang pemimpinnja ke tempat jang djaoe, dan breidel siaran pers jang keras.
Moelai Boedi Oetomo 1908 sampe ke Soempa Pemoeda 1928 dan teroes berlandjoet, se-
bagian pemimpin diasingken ke tempat jang adjaib bagi Djawa. Bung Hatta, Bung Sjahrir,
Dr.Tjipto Mangoenkoesoemo, Iwa Koesoemasoemantri dikirim ke Banda Neira, Bung Karno
ke Ende di Flores, jang penoeh njamoek malaria, sasoeda itoe dipindahken ke Bencoolen.

Masoepnja Tentera Djepang ke Hindia-Belanda (Indonesia), dirasahken soeda briken angin
seger boeat perobahan nasib bangsa Indonesia. Rakjat menjamboet dengen seneng goem-
birah seraja kibarken bendera di sepandjang djalan jang diliwatin oleh Tentera Dai Nippon
itoe. Perwira Djepang poen kerap kassie pidato jang reboet hati Rakjat Indonesia, djoega
melakoekan berbagi hal jang bikin rakjat seneng, saperti membebasken pemimpin mereka:
Bung Karno jang selama di-idem-idem-ken banjak kalangan. Tapi perihal ini boekan zonder
maksoed, Djepang mangpa'atken Bung jang populair di kalangan rakjat banjak, dikarena-
ken, marika tida sanggoep oentoek briken comunnicatie ke sebegitoe djoemblah rakjat di
Indonesia. Dengen adanja discussie jang "saling mengoentoengken" itoe, maka Bung Karno
bebas berdjoempa rakjatnja dan berpidato tentang makna persatoean dan kesatoean jang
hatsil achirnja adalah Kemerdekaan Indonesia jang didjandjiken Djepang sedari awal (1942).
Sasoeatoe jang tida moengkin didapetken oleh Bung Karno di djeman koloniaal Belanda. Di
djeman perang ini, Bung mendapetken faliciteiten jang speciaal matjam mobil Buick kleurnja
item, koendjoengan ke berbagi tempat di Noesantara bagai saorang pembesar, roema jang
bagoes. Semoea itoe kaistimewaan soeker didapetkennja dalem pemerentahan koelit poeti.

12 Februari 1942, Djepang masoep ke Indonesia via Palembang. Saperti di kota-kota laen
sasoeda Djepang mendarat, dipastiken tijap-tijap pasoekan kompeni lari terbirit-birit. Tida
ada boekti marika bakalan bertempoer hingga achir hajatnja. Bung Karno jang pada tempo
itoe berada di pengasingannja di Bencoolen/Bengkulu, kamodian dibawa kaboer oleh politie
(polisi) Belanda ke Padang. Malem hari ditentoeken waktoe jang tepat oentoek membawa
Bung Karno beserta Bu Inggit, Soekarti (anak angkatnja) dan Riwoe (pembantoe jang di-
bawa dari Ende) oentoek kaboer dari Bencoolen menoedjoe Padang, naek mobil Pick-Up!
 
Alesan dibawa larinja si Bung, soepaija Djepang tida dapet goenaken bakat Bung Karno,
jang bekend dengen penggalangan massa, djoega "sihir" pidatonja jang dapet membakar
massa. Diperkiraken Bung Karno kelak sanggoep melontarken kombali dendam kesoemat-
nja kepada pamerentah Hindia-Belanda jang selama ini meloempoehken karier politieknja.
Rentjananja, sehari sasoeda Soekarno tiba di Padang, kapal laoet sijap berlajar menoe-
djoe Australie. Soeatoe perdjalanan jang bikin Bung Karno resah dan gelisah sepandjang
djalan menoedjoe Padang. Begimana bisa berdjoang djikaloe berada djaoe dari Tanah Air.
 
Tempat brenti jang pertama ada di kota Moeko-Moekoe, di bagian oetaranja Bencoolen.
Dari sini, mobil Pick-Up diganti Pedati jang ditarik oleh sampi (sapi) dengen bawa perbe-
kalan jang tjoekoep boeat satoe minggoe. Perdjalanan dilandjoetken dengen berdjalan
kaki masoep hoetan lebat dengen pepohon jang rapat-rapat, njaris tida dapet diliwatin.
Enem politie membawa senapan toeroet mendjaga Bung Karno dan keloearga berdjalan
kaki. Soeara heiwan boeas kerap terdengar di hoetan, dan pastinja matjan (harimaoe)
banjak idoep di hoetan Sumatra, poen beroeang, babi hoetan, koetjing hoetan, roesa,
dan laen sebaginja. Broentoeng Soekarno dan familie tida djadi santapan heiwan itoe.
 
Empat hari lamanja duratie perdjalanan dari Bencoolen ke Padang. Satoe-satoe politie
jang mengawal Bung Karno, achirnja lari entah kemana, mental marika soeda roentoeh,
apalagi Djepang soeda semangkin mendekat. Tersiar chabar bahoe kapal laoet jang se-
dianja membawa Bung Karno berlajar ke Australie itoe meledak djadi serpihan ketjil-ketjil,
dideket Poelo Enggano (di seblah baratnja Bencoolen), tida djaoe dari pantai. Bung Karno
loepoet dari kemalangan, dan kamodian menetap di kota Padang oentoek bebrapa boelan,
seblom dibawa ke Djawa (Djakarta) liwat Palembang (naek automobile?), kerna katjilakaan,
kamodian perdjalanan dilandjoetken dengen goenaken perahoe motor ketjil selama 4 hari (!)
baroe tiba di Passer Ikan, Batavia (Djakarta). Soenggoe perdjalanan jang menjesakan dada.

Djandji-djandji kemerdekaan atjapkali dikoemandangken oleh Perwira Djepang oentoek men-
tjapai kemenangan Perang Asia Timoer Raja, asalken Bung Karno dapet memenoehi hasrat
Tentera Djepang dalem memelihara ketentreman negerij. Akan tetapi di kemoedian harinja,
Bung Karno djoega diminta oentoek sediaken tenaga soekarela (jang diseboet: Romusha).
Dalem satoe kasempatan, Bung Karno tampil sebagai "actor" di film propaganda Djepang,
dengen membriken pendjelasan perihal faedahnja ikoet dalem gerakan Romusha itoe. Film
itoe digambarken sosok Bung Karno jsedang briken semangat bekerdja, santap makanan
seadanja matjem: nasi, sajoeran dan ikan asin. Bertjelana pendek, pake pita Romusha,
jang sama dengen pekerdja laennja. Djepang berhatsil lakoeken propaganda perangnja.
(Film ini jang akan ditajangken pada hari Sabtoe sore nanti, Soekarno sebagi Romusha).


Kasepakatan laennja jang amet menjakitken adalah: Bung Karno setoedjoe oentoek se-
diaken Jugun Ianfu (prampoean penghiboer), jang pada awalnja disaloerken sekelompok
pelatjoer profesional, jang soeda faham betoel doenia seks matjam gini, akan tetapi di
kamodian hari, tingkat kekedjeman Djepang makin mendjadi-djadi, tida tjoema pelatjoer-
pelatjoer itoe jang disaloerken sebagi pelampiasan hasrat seks Tentera Djepang, gadis
baek-baek poen tida loepoet dari kedjahatan perang Djepang di Asia. Keboetoehan atas
Jugun Ianfu ini, sebetoelnja hal jang loemrah di pada moelanja. Courant-courant (koran)
di Djepang en kolonie Djepang di Korea, Manchukuo, dan daratan Tiongkok banjak jang
pasang advertentie oentoek dapetken sedjoemblah prampoean penghiboer itoe. Tetapi
soember itoe tjepet mengering, en di kamodian harinja, Menteri Oeroesan Loear Negerij
menolak oentoek membriken visa kepada prampoean Djepang, sebab-sebab hal matjam
ini bisa mentjemari nama baek Kekaisaran Djepang. Oh, soeatoe kedjadian traumatisch,
en djikaloe Soekarno menolak oentoek sediaken itoe prampoean penghiboer, bole djadi
Bung Karno sigra di-bui, dan "kerdjasama" tida dapet lagi berdjalan, poen kasempatan
oentoek Indonesia Merdeka bakalan kandas. Djepang pernah bilang kaloe-kaloe Bung
Karno tida mahoe bekerdjasama, maka Djepang akan ambil tindakan kekerasan. Huah!

Strategie Bung Karno jang bagoes pada moelanja soepaija tidak ganggoe gadis lokaal.
"Prampoean jang akan marika roesak adalah prampoean-prampoean bangsa-koe. Ter-
masoek soekoe Minangkabau jang terkenal taat beragama".
Soekarno haroes mentjari
djalan keloear masalah seks ini. Dia poen ber-discussie dengen tokoh adat dan agama
setempat. Oentoek mentjegah gadis baek-baek dimasoekken dalam lokalisatie Tentera
Djepang, Soekarno bri oesoelan kenapa tida pelatjoer profesional sadja jang dikarjaken.
"Semata-mata sebagi tindakan daroerat, demi mendjaga para gadis kita, akoe bermak-
soed memanfaatkan para pelatjoer di daerah ini. Dengen tjara ini, orang-orang asing
dapet memoeaskan keinginannja dan sebaeknja para gadis itoe nanti tida diganggoe".

Bangsa Indonesia senantiasa menantiken kemerdekaan, jang tida koendjoeng dibriken.
Sedjak berdjoempa Fujiyama di Boekittinggi, Immamura di Djawa, Perdana Menteri Tojo
di Tokyo, sampe Tenno Heika (jang moelia) Kaisar Hirohito. Namoen Djepang berpendi-
rian tegoeh, tida ada niat serieus oentoek djadiken Indonesia sebagi negara merdeka.
Sedari awal memang Djepang tida poenja maksoed membriken oentoek kemerdekaan,
marika tjoema pengen wilajah Indonesia sebagi penjanggah perang di Pasifik, dimana
teritori Indonesia amet strategisch, pendoedoeknja banjak, soember alamnja bagoes.

Ada hal jang menarik tatkala Bung Karno, Bung Hatta, dan Ki Bagoes Hadikoesoemo
dioendang ke Tokyo oentoek mengoetjapken rasah trima kasih Rakjat Indonesia ke-
pada Kaisar Hirohito. Koetika Soekarno memboengkoek hormat ke Tenno Heika, tida
disangka sang kaisar oeloerken tangannja ke Soekarno, dan berdjabat tangan. Tida
pernah sebelomnja sang kaisar jang bagaikan setengah dewa di Djepang melakoeken
hal demikian, katjoeali kepada orang asing jang berkedoedoekan tinggi. Banjak jang
menafsirkan itoe kedjadian pertanda bahoewa Indonesia sebentar lagi akan merdeka.
Kenjataannja, nampaknja itoe tjoema pertemoean biasa sadja, dan Indonesia tetep
menantiken kemerdekaan jang tida pasti kapan datengnja. Berharap. Menoenggoe..

Amerika dan Sekoetoenja semangkin heibat di kantjah Perang Pasifik, militair Djepang
kalah dimana-mana. Maskipoen demikian, propaganda perihal kemenangan Djepang di-
sebarkan ke seloeroeh Noesantara. Rakjat dilarang dengerken radio, djikaloe ada jang
ketahoean, Kempentai tida segan oentoek mentjidoek marika jang melanggar dan me-
njiksanja. Berita-berita bohong jang amet sangat berbeda djaoe dengan kenjataannja,
memboeat Djepang makin kalang-kaboet, dan sekali lagi, mendjandjiken kemerdekaan
kepada Indonesia. Itoe dioetjapken tanggal 7 September 1944. Di waktoe jang sama,
Soekarno sedang berada di tempat ia melakoeken propaganda Romusha di Desa Bajah,
Banten. Sekonjong-konjong ia langsoeng menangis dan oetjapken sjoekoer mendalem.
Walopoen achirnja diketahoei bahoea kemerdekaan jang indah itoe aken dibriken... di
kamodian hari! Djepang memang demen kassie DDTD (Djandji-Djandi Tinggal Djandji)!

Zo, kapan kemerdekaan itoe dibriken?! Entahlah, tida ada jang dapet menebak, dan
Djepang kerap tida menepati djandjinja. Sampe achirnja pada boelan Mei 1945, tat-
kala kekoeatan Djepang semangkin terpoeroek, dibentoeklah BPUPKI (Badan Usaha-
usaha Persiapan Kemerdekaan), jang bebrapa Perwira Djepang doedoek sebagi ang-
gautanja. Lantas, pada tanggal 6 Augustus 1945, kota Hiroshima didjatohken bom
atom bernama "Litte Boy", brikoetnja tanggal 9 Agustus 1945, kota Nagasaki poen
didjatohken bom "Fat Man". Moengkin ada jang bertanja, mengapa boekan Tokyo?
jang meroepakan iboekota deripada Djepang. Ada jang poenja pendapat, djikaloe
Tokyo hantjoer, dan Kaisar Hirohito sampe mati, siapatah jang dapet bitjara stop
perang? soeara Tenno Heika itoe soenggoe dinantiken oleh pendoedoek Djepang.

Perang Pasifik nampak soeda njaris klaar. Mental Tentera Djepang soeda soeroet.
Pada tanggal 8 Augustus 1945, Bung Karno, Bung Hatta rn Dr.Radjiman Wediodi-
ningrat berangkat ke Dalat, satoe kota sekitar 150 KM loear kota Saigon, Indo-
China (Vietnam). Marika bertiga berdjoempa dengan Marsekal Terauchi Hisaichi,
jang tawarken kasempatan oentoek merdekakan Indonesia kepada 3 orang ini.
Di Djakarta, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia dibentoek. Itoe wadah
boeatan Djepang. Pada hari Djepang menjerah tanpa sjarat kepada Sekoetoe
tanggal 15 Augustus 1945, terdjadi ketegangan antara Soekarno en golongan
moeda jang mendesak soepaija itoe kemerdekaan dinjataken segera moengkin.

Sigra, djangan sampe Djepang mengatjaoe, dan djoega djangan sampe fihak
Sekoetoe dateng laloe ambil alih kekoeasaan di Indonesia, sebagi pemenang
perang. Bilamana itoe terdjadi, maka Indonesia tida poenja waktoe oentoek
memerdekakan negerijnja. Bantah-bantahan poen tida loepoet malem itoe.
Golongan moeda chawatir kaloe-kaloe kemerdekaan nantinja poenja kesan
bahoea itoe adalah cadeu (kado) pemberian Djepang, boekan kemerdekaan
jang dilakoeken oleh Bangsa Indonesia. Hal demikian akan djadi masalah di
kamodian hari, apalagi selama ini Bung Karno senantiasa berkolaborasi sama
fihak Djepang, membantoe marika, walopoen itoe strategie oentoek merdeka.

Esoknja, ataoe lebi tepatnja tanggal 16 Augustus, djam poekoel tiga soeboeh,
Bung Hatta dan Bung Karno (beserta keloearganja) dipaksa toeroet pemoeda
oentoek pegi ke Rengasdengklok. Banjak beredar chabar dalem berbagi versie.
Ada jang bilang bahoewa 2 Bung itoe diminta oentoek njataken kemerdekaan
di Rengasdengklok pada tanggal 16 Augustus itoe, ada jang bilang kaloe-kaloe
marika dibawa kaboer agar tida dipengaroehi oleh fihak Djepang. Jang pastinja,
conditie tanpa pemimpin bangsa itoe, soeda bikin segenap fihak kalang-kaboet.
Para pemoeda kataken akan terdjadi pertoempahan darah di Djakarta, namoen
nampaknja hal ini tida terdjadi, semoea adem-ajem. 2 Bung itoe bahkan ketika
berada di Rengasdengklok dari pagi hingga petang hari tida berboeat apa-apa.

Kamis malem tanggal 16 Augustus itoe, pemimpin bangsa dan pemoeda pada
berkoempoel di roemanja Laksamana Maeda, Perwira Djepang jang simpatiek
dengen perdjoangan Rakjat Indonesia oentoek meraih kemerdekaan. Roeang
makan jang letaknja di bawah, ia idzinken oentoek didjadiken tempat boaet
menjoesoen naskah teks proklamasi. Rapat dimoelai poekoel 00.00 dinihari,
Maeda tida toeroet dalem rapat, dan ia langsoeng menoedjoe lantai atas,
dan tidoer sampe pagi harinja. Hampir seloeroeh roeangan di lantai bawah
dipake oleh para pedjoang kemerdekaan hingga soeboeh. Koetika naskahnja
soeda klaar, dan diketik oleh Sajuti Melik, para hadlirin jang ada di roeangan
itoe diminta oentoek menggoresken handteken-nja (tanda tangan), namoen
marika menolak, dan briken idee soepaija tjoema Bung Karno dan Bung Hatta
sadja jang mewakili marika dan Bangsa Indonesia. Bung Karno sih pengennja,
semoea jang hadlir kassie teken saperti pada teks Proklamasi Amerika Serikat.

Kapan proklamasi dinjataken soeda disepakati. Pamfhlet pengoemoemannja di-
sebarken. Pada hari Djoemahat pagi: Hari 17 Boelan 8 Tahoen '05 (diambil dari
tarikh kalender Soemera, jang artinja = 2605, dan sama dengan tahoen 1945),
kemerdekaan Indonesia dinjataken dan diproklamirken dengen succes, singkat.
Sebahagian rakjat berkoempoel di Lapangan IKADA (sekarang Lapangan Monas) 
selekasnja berandjak ke Djalan Pegangsaan Timoer nummer 56, ada jang naek
spoor dari Station Gambir sampe Station Tjikini, moengkin sadja ada jang naek
automobile, fietsen (sepeda) dan berdjalan kaki. Tapi setibanja marika di sana,
semoea soeda selesai, Tentera Djepang poen laat (telat) en tjoema bisa kesal.

Hadlirin jang sempet saksiken peritiwa bersedjarah itoe djoemblahnja ratoesan.
Pada djam poekoel 9 pagi pagi marika soeda berteriak minta Soekarno oentoek
sigra batjaken teks Proklamasi, tetapi Soekarno mengelak, ia menoenggoe Hatta
jang dikenal sebagi orang gemar dateng tepat waktoe. Sekitar 5 minuten sebelom
djam poekoel 10 pagi, Hatta dateng, dan Soekarno bersijap ke loear dari kamarnja.
Teks Proklamasi soeda dibatjaken, Indonesia soeda Merdeka, Pendjadjah manjoen.

Kitaorang bakalan start itoe perdjalanan lorong waktoe masoep ke tahon 1945 dari
Gedong Joang 45 di Jl.Menteng Raya no.31, laloe ke Toegoe Proklamasi (maap aloer-
nja kebolak-balik, biar trafficnja lantjar, tapi tida bikin content atjara djadi katjaoe).
Museum Perumusah Naskah Proklamasi ditempatkan pada bagian achir, soepaija kita-
orang bisa berboeka poeasa dengen santai di halaman belakang gedong terseboet :)

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id  atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)

Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky Alexander ada di nomer urut 18 maka Onky transfernja
= Rp.85.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.85018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu ke no.
urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.85.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi nomer urut. okeh
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

Transfernya bisa sekaligus = Rp.255018 (mengacu ke no.urut paling duluan), jadi no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.255.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. karena nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
Tetapi kalo mau transfer satu-satu juga boleh, ketik aja Rp.85.018, Rp.85.019 dan Rp.85.020, atau
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yahb
ahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yang Rp.340.018 itu untuk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)

djangan loepa bawa pajoeng, andoek ketjil ataoe apalah, inget Djakarta agak panas! djikalaoe pada
tempohnja hoedjan ada toeroen, kitaorang aken moelain ini plesiran sasoedanja itoe hoedjan brenti. 
zo, plesiran tetep dilaksanaken, dan catat: Plesiran Tempo Doeloe tak akan berganti hari/tanggal :)

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
P: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
Email: adep@cbn.net.id 
Facebook: Ade Purnama
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.com

(beberapa sumber sejarah, dikutip dari
buku: "Soekarno, Arsitek Bangsa" karya
Bob Hering; "Konflik Dibalik Proklamasi,
BPUPKI, PPKI, dan Kemerdekaan" karya
St.Sularto & D.Rini Yunarti" Kontroversi
Sang Kolaborator" karya Hendri F.Isnaeni;
"Detik-Detik Proklamasi, Saat-saat Mene-
gangkan Menjelang Kemerdekaan Republik"
karya Arifin Suryo Nugroho & Ipong Jazimah)
 
 


Susunan Acara PLESIRAN TEMPO DOELOE:
Merdeka, ataoe Kapan?
Sabtu, 4 Agustus 2012 – 15.30 – 18.30

15.00 - 15.30: Kumpul di Gedong Joang 45
15.30 - 15.45: Pendaftaran & Sholat Ashar
15.45 - 16.15: Keliling Gedong Joang 45
16.15 - 16.30: Berangkat ke Tugu Proklamasi
16.30 - 17.00: Keliling Tugu Proklamasi 17-8-1945
17.00 - 17.15: Berangkat ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi
17.15 - 17.45: Keliling Museum Perumusan Naskah Proklamasi
17.45 - 17.55: Siap-Siap Berbuka Puasa di Museum ini
17.55 - 18.30: Sholat Maghrib, Berbuka Puasa Bersama
18.30 - 18.45: Berangkat ke Gedong Joang 45, ambil mobil/motor
18.45 - 19.00: Acara klaar, bubar semua, siap-siap tarawehan :)



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: