7.9.12

[tourismindonesia] Plesiran Tempo Doeloe: 11-12-13-14 Oktober 2012



 
SAHABAT MUSEUM dengan hati seneng presenteren:
PLESIRAN TEMPO DOELOE 
              SABANG (POELO WEH) - KOETARADJA (ATJEH)


Atjeh dan sekitarnja, diobrak-abrik oleh Tentera KNIL poeloehan
tahon lamanja. Hingga achirnja saorang Belanda jang menjaroe
masoep igama Islam bernama Snouck Hurgronje idoep tinggal
di kampong-kampong di Atjeh. Informatie jang diaorang kassie
koempoel selama bebrapa tahon, kamodian didjadiken soem-
ber data goena takloekken kekoeatan perdjoangan rakjat Atjeh.
Strategie jang ametlah tjoerang goena kalahken perang di Atjeh.

Adalah Djenderal van Heustz jang bikin Atjeh menjerah dengen
dipaksaken oentoek briken handtekening (tanda tangan) sebagi
boekti soeda takloek.
Namoen rakjat Atjeh tida pernah rasahken
perang soeda klaar.
Marika teroes berperang hingga achir masa
pendoedoekannja Hindia
Belanda (sablonnja Kompeni bertekoek-
loetoet kepada Djepang di tahon 1942). achir dari masa kedjajaan
pengoeasa koelit poeti jang moelai resmi bertjokol di Noesantara
sedari abad ke-17 sedjak di Molukken (Maluku) en seantero poelo.

Kitaorang bakalan pegi ke titik NOL Kilometer di Poelo Weh, jang
bole dibilang ini meroepaken oedjoeng baratnja negara Indonesia.
Klaar berpotret di titik O KM (ada toegoenja), kamodian dilandjoet-
ken dengen samperin Pantai Iboih dan Poelo Rubiah, tempat hadji
di-karantina sebelomnja berangkat ke Tana Soetji Mekkah di Saudi
Arabia pada djeman doeloe. Oentoek sampe ke Poeloe Rubiah ini,
kitaorang ada sediaken praoe boat pake katja, sehingga Toean en
Njonja bisa liet ikan jang brenang di bawahnja, bahkan kaloe maoe
snorkeling poen bole, tinggal bawaken itoe alat-alatnja dari roema,
ataoe bisa disewa di pinggiran pantainja, banjak jang tersedia kok.

Di Poelo Weh (jang betoel bentoeknja saperti hoeroep W), banjak
sekali Bungker Djepang, jang kata orang, Tentera Dai Nippon bikin
banjak lobang semboeni (sembunyi) soepaija dapet mempertahan-
kan garis loear wilajah Indonesia, kerna kaloe-kaloe Sabang (ataoe
Poeloe Weh) diserboe Tentera Sekoetoe (America, British, Dutch,
Australia), marika akan moedah masoep ke wilajah Poelo Sumatra
laennja, sehingga konsentrasi Tentera Djepang bakal terganggoe.

Koeliling Atjeh, ataoe lebi tepatnja Banda Aceh (doeloenja Koeta
Radja), kitaorang akan bezoek locatie situs sedjarah Perang Atjeh
di tengah kota, diantaranja adalah: Kerkhof Peutjoet -koeboerannja
Tentera Belanda-, Roemanja Tjoet Nya' Dhien -jang pernah dibakar
oleh Belanda-, Gunongan -bangoenan jang dibikin Sultan Iskandar
Moeda boeat isterinja jang tjantik tjelita asal Pahang, Malaya- Laloe
tentoe sadja ke Masdjid Raja Baiturrahman en situs bekas Tsunami
saperti Museum Tsunami jang gede banget, Kapal Lam Pulo di atas
roemanja pendoedoek, Kapal PLTD Apung jang terbawa aer sampe

4 KM dari pesisir pantai, dan djoega liet bangoenan toea djemannja
koloniaal Belanda hingga ke djemannja sesoeda kemerdekaan tat-
kala Rakjat Atjeh soembangken doeit dan emas oentoek beli kapal
terbang boewat Bung Karno jang bisa dipake pegi kesana - kemari.

Pastinja kitaorang bakalan makan-makan en minoem-minoem tanpa
henti, seraja nikmatin keledzat'an Ayam Tangkap, Mie Kepiting, Gule
Pliek (boekan Pilek yah!) dan
ditoetoep dengen tegoek Kopi Solong
Jasa Ayah di Ulee Kareng jang rasa kopinja patoet dipoedjiken, yeah!


Kamis 11 Oktober -
Minggu 14 Oktober
Rp.3,2 juta/orang

(tanpa tiket pesawat) 
(alias beli sendiri, krn
kalo pake tiket group
kenanya muahal bgt)  
                                                                                                                                                                                             
                                                                                                   
Maskapai penerbangan yg melayani jalur untuk tujuan: Banda Aceh (BTJ) dari Jakarta (CGK)
untuk Kamis tgl 11 Oktober 2012 (CGK-BTJ) & pulangnya Minggu 14 Oktober 2012 (BTJ-CGK)
(harga tiket biasanya Rp.940 ribu - Rp. 2 juta one way, pesen lebih cepet lebih baik, murah!)

 

Sriwijaya Air: (11 Oktober 2012) CGK - BTJ via MES, eta: 09.05 WIB, etd: 12.55 WIB   4 jam (3 jam 50 menit) lewat MEDAN
                    (14 Oktober 2012) BTJ - CGK via MES, eta: 13.25 WIB, etd: 17.15 WIB   4 jam (3 jam 50 menit) lewat MEDAN 

                                                                                              
Lion Air:        (11 Oktober 2012) CGK - BTJ (direct) eta:    08.45 WIB, etd: 11.35 WIB   3 jam (2 jam 50 menit) (BABLAS)
                                                                                     (kami panitia naik pesawat yg ini, berangkat dari CGK ke BTJ)
 
                                                                      (pilihan flight lainnya)
                                                                                     11.50 WIB         15.55 WIB   4 jam (4 jam 05 menit) lewat MEDAN
                                                                                     17.25 WIB         21.30 WIB   4 jam (4 jam 05 menit) lewat MEDAN   

                   (14 Oktober 2012) BTJ - CGK (via MES) eta: 16.35 WIB, etd: 20.55 WIB   4 jam (4 jam 20 menit) lewat MEDAN
                                                                                     (kami panitia naik pesawat ini, pulang dari BTJ kembali ke CGK)

                                                                                     (pilihan flight lainnya)
                                                                                     
06.00 WIB         10.15 WIB   4 jam (4 jam 15 menit) lewat MEDAN
                                                                                     12.15 WIB         15.05 WIB   3 jam (2 jam 50 menit) (BABLAS)

Garuda:       (11 Oktober 2012) CGK - BTJ (via MES) eta: 06.45 WIB, etd: 10.40 WIB    4 jam (3 jam 55 menit) lewat MEDAN
                                                                                     12.05 WIB         16.05 WIB    4 jam lewat MEDAN

                   (14 Oktober 2012) BTJ - CGK via MES  eta: 11.25 WIB, etd: 15.25 WIB     4 jam lewat MEDAN 
                                                                                     16.55 WIB         21.00 WIB    4 jam (4 jam 05 menit) lewat MEDAN
 

Keterangan: (CGK = Jakarta; BTJ = Banda Aceh; MES = Medan)


Rp.3,2 juta/orang (yg tanpa tiket pesawat) itu sudah termasuk semua-muanya, diantaranya:
Penjemputan di Bandara Sultan Iskandar Muda (kalo berangkat bareng kami panitia). Bus
Pariwisata AC di Banda Aceh, tapi tanpa AC di Sabang.
Makan dan Minum selama Plesiran.
Kaos PTD. Asuransi. Tiket Kapal Cepat p.p. (atau Kapal Lambat, tergantung sikon, terutama
cuaca). Boat Kaca keliling Pantai Iboih dan Pulau Rubiah. Tiket situs-situs bersejarah yg ada
di Sabang dan Banda Aceh. Biaya cetak dan laminating
Sertifikat Tugu 0 Kilometer Indonesia. 
Juga dianter lagi ke Bandara Sultan Iskandar Muda (kalo pulangnya juga bareng kami panitia)
sebelum kembali ke Jakarta, atau ke kota-kota lainnya yang ada di Nusantara. Yuk, yuk ikutan!

Pembayarannya Bisa Dicicil, suwer dah!!!
cicilan 1 = 2 juta (September, yah di bulan ini!)
cicilan 2 = 1,2 juta (Oktober, di minggu pertama)
(tuch kan = 3,2 juta total semuanya, bener toh?!) 
(yuk DP pertama mulai hari ini biar semuanya ok)

 

(Oh iya semua orang boleh ikutan acara ini, gak harus
member
SAHABAT MUSEUM, siapapun boleh join en
bergabung, yg
tua, muda, anak kecil, yg belom pernah
ikut sama
sekali program: PLESIRAN TEMPO DOELOE
atau yg belom pernah ketemu sama kami, juga peserta
lainnya,
silahkan aja ikutan program ini, yuk mari ikutan!)

Kamis  11 Oktober 2012: menginap di Banda Aceh
Jumat   12 Oktober 2012: menginap di Sabang
Sabtu   13 Oktober 2012: menginap di Banda Aceh
Minggu 14 Oktober 2012: pada pulang ke rumah yah

di Banda Aceh nginepnya di Hotel Madinah (yg terletak di pusat kota/tengah kota)
di Sabang nginepnja di dua penginapan: Hotel Sabang Hill (di atas bukit, dengan
pemadangan teluk) dan Sabang Guesthouse (roemah djadoel nan asri & tjiamik


kalo pada ngedaftar PTD ini
email ke:  adep@cbn.net.id
 
adep at cbn dot net dot id)
mending kalo mau nanya2
dulu, kirim email aja yuuuk








                                                                              detailnya esok atau lusa yah

 


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: