10.9.12

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang (Poelo Weh) - Koetaradja (Atjeh), 11-12-13-14 Oktober 2012



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang - B.Aceh
Kumpul di Bandara Soekarno-Hatta terminal 1 A
Kamis, 11 Oktober 2012 jam 06.30 WIB pagi
Rp. 3.200.000 per orang
, tp TIDAK termasuk
tiket pesawat pergi-pulang ke Banda Aceh (BTJ)

On-kost Rp.3,2 juta/orang itu, sudah termasuk:
Penjemputan di Bandara Sultan Iskandar Muda,
Banda Aceh (kalo flightnya bareng panitia atau
jam ketibaannya tidak terpaut jauh sama flight-
nya panitia). Bus Pariwisata AC (di Banda Aceh)
Bus Pariwisata non AC (di Sabang), Makan dan
Minum selama di Plesiran. Kaos PTD. Asuransi.

Tiket Penyeberangan Banda Aceh (Ulee Lheue)
- Sabang (Balohan) dan kembali ke Banda Aceh
(Ulee Lheue), Onkost mobil travel dari Pelabuhan
Balohan ke kota Sabang, Boat Kaca & Speedboat
untuk keliling Pantai Iboih & Pulau Rubiah, Hotel di
Banda Aceh (Hotel Madinah), Sabang (Sabang
Hill
Hotel & Sabang Guesthouse), Dianterin belanja oleh-
oleh khas Sabang & Banda Aceh, dianter kembali ke
Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh (sekali
lagi: kalo flightnya bareng panitia atau jam berang-
katnya tidak terpaut jauh sama flight-nya panitia)

Lalu juga
dipinjemin life-jacket (baju pelampung) yg
sesuai dgn
ukuran badan Bapak-Bapak-Ibu-Ibu, dan
jg Sertifikat
O KM Indonesia !!! (sebagai tanda sudah
pernah pergi ke ujung barat negeri ini) Titik 0 Sabang.
 

Maskapai penerbangan yg melayani jalur untuk tujuan: Banda Aceh (BTJ) dari Jakarta (CGK)
untuk Kamis tgl 11 Oktober 2012 (CGK-BTJ) & pulangnya Minggu 14 Oktober 2012 (BTJ-CGK)
(harga tiket biasanya Rp.940 ribu - Rp.2 juta one way, pesen lebih cepet lebih baik, murah!)

Sriwijaya Air: 
(11 Oktober 2012) CGK - BTJ via MES, etd: 09.05 WIB, eta: 12.55 WIB   4 jam (3 jam 50 menit) lewat MEDAN
(14 Oktober 2012) BTJ - CGK via MES, etd: 13.25 WIB, eta: 17.15 WIB   4 jam (3 jam 50 menit) lewat MEDAN
 
                                                                                              
Lion Air:       
(11 Oktober 2012) CGK - BTJ (direct) etd: 08.45 WIB, eta: 11.35 WIB    3 jam (2 jam 50 menit) (BABLAS)
                                                          (kami panitia naik pesawat yg ini, berangkat dari CGK ke BTJ)


                                                          (pilihan flight lainnya)
                                                          11.50 WIB         15.55 WIB    4 jam (4 jam 05 menit) lewat MEDAN
                                                          17.25 WIB         21.30 WIB    4 jam (4 jam 05 menit) lewat MEDAN
   

(14 Oktober 2012) BTJ - CGK (via MES) etd: 16.35 WIB, eta: 20.55 WIB   4 jam (4 jam 20 menit) lewat MEDAN
                                                          (kami panitia naik pesawat ini, pulang dari BTJ ke CGK lewat MES)

                                                          (pilihan flight lainnya)
                                                           
06.00 WIB         10.15 WIB   4 jam (4 jam 15 menit) lewat MEDAN
                                                           12.15 WIB         15.05 WIB   3 jam (2 jam 50 menit) (BABLAS)

                                                                                                                      
Garuda Indonesia:     
(11 Oktober 2012) CGK - BTJ (via MES) etd: 06.45 WIB, eta: 10.40 WIB  4 jam (3 jam 55 menit) lewat MEDAN
                                                                              
                                                           (pilihan flight lainnya)
                                                           12.05 WIB         16.05 WIB   4 jam lewat MEDAN

(14 Oktober 2012) BTJ - CGK via MES  etd: 16.55 WIB         21.00 WIB   4 jam (4 jam 05 menit) lewat MEDAN
 
                                                           (pilihan flight lainnya)
                                                           11.25 WIB, eta: 15.25 WIB   4 jam lewat MEDAN
                                                                                
 

Keterangan: (CGK = Jakarta; BTJ = Banda Aceh; MES = Medan)

Kaloe-kaloe toean en njonja kasengsem pengen ikoetin ini plesiran,
silakan daftarken namanja, poela nama kawan, familie, sobat-ande
ke soerat-listrik ini: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id),
lantas kamoedian aken dapetin nummer oeroet oentoek stoor doeit.
Ditransfernya ke Rekening BCA/BNI 46/MANDIRI cab. Pondok Indah 
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA dikonfirmasikan via sms ke no:
0818 94 96 82, atau via email, di-scan dulu, makasih yah, trims.
(tapi kalo transfernya udah pake nomer urut, kagak usah dikirim
dah itu email scan-nya, cukup kasih tau lewat email atau sms)
(Toeloeng kassie kitaorang chabar kemana toean ataoe njonja
kirim itoe wang agar kitaorang nantinja tiada poesing toedjoe
koeliling diboeatnja tatkala toean dan njonja tiada bri tahoe
perkara ke bank mana wang roepiah itoe melajang-lajang :)

Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.3.2 juta/org)


ATJEH, jang kata sebagian orang boleh djadi meroepaken kependekan dari kata: Arab - TJina - Europa - Hindoe,
poenja berbagi matjem tempat plesiran jang uniek. Tida tjoema situs Perang Atjeh (Atjeh Oorlog), namoen djoega
poenja satoe kota koloniaal jang bagoes en djarang kitaorang denger, lantaran confliek jang kerap terdjadi di satoe
kota jang bekend dengen panggilan "Serambi Mekkah". Tapi Atjeh sekarang soeda aman sentausa, tiada lagi bakoe
tembak lajaknja di djemannja Perang Atjeh dahoeloe kala hingga djeman setelah kemerdekaan. Lekas datengin kota
jang doeloenja orang seboet sebagi "Koetaradja", di programmanja SAHABAT MUSEUM jang soenggoe amet sajang
djikaloe sampe tida toeroet dalem soeatoe kasempatan jang bagoes betoel, poela tiada kadoeanja itoe programma:

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang (Poelo Weh) - Koetaradja (Atjeh)
sedari hari Kamis pagi sampe hari Minggu petang, keliling bilangan Serambi Mekkah selama 4 hari lamanja di Provinsi Aceh

Perkara Hindoe jang terseboet di nama ATJEH nampaknja bole di-discussie-ken lebi dalem lagi, kerna nampaknja
ada perbedaan pandangan antara peneliti dari Belanda en orang-orang Atjeh. Para peneliti dari negerij nun djaoe
itoe kerap simpoelken bahoewa Atjeh dipengaroehi Hindoe diliet dari tjara berpakean prampoeannja dan sanggoel-
nja jang agak tegak dan miring ke pinggir lajaknja masjarakat Hindoe. Walopoen menoeroet soember laen, penga-
roeh Hindoe pada pendoedoek setempat setida'nja dapet ditegoehken oleh kenjataan tentang pemakean nama-
nama tempat dalem bahasa Hindoe. Berbeda dengen pandangan Orang Atjeh, Teoengkoe Koeta Karang, sang
oelama dan pemimpin moesoeh Belanda jang terkenal, amet sangsi dan beroetjap bahoewa Orang Atjeh adalah
terdiri dari tiga tjampoeran darah: Arab, Parsi, dan Turkije (Turki). Djoega jang bilang bahoewa Pasai itoe asal-
nja dari Parsa ataoe Parsi, jang terdapat dalem satoe Keradjaan Samudera Pasai, pada djeman dahoeloe kala.

Keanehan peristiwa sedjarah di bebrapa tempat tertentoe di wilajah Indonesia, dalem hoeboengannja dengen
pengaroehnja Hindoe itoe dapet diperhatiken deripada perbedaan-perbedaanja. Di Djawa dengen moedah sa-
dja ditemoeken banjak patoeng en tjandi, plus batoe bersoerat jang bertanggal, hingga moedah mengoedjie
kebenaran dari tjeritera penjair koeno mengenai perkembangan sedjarahnja. Tapi sebaliknja di Atjeh, bekas-
bekasnja amet sedikit, tjandi en patoeng soeker oentoek ditemoeken bekasnja ataoe peninggalan koenonja.

Bitjara perihal Atjeh, tentoenja tida' lepas dari perang jang berketjamoek selama poeloehan tahon. Sifat pe-
rang melawan agresi Belanda oleh Atjeh itoe adalah laen dari jang laen. Atjeh menghadapi agresi Belanda se-
tjara totaal, djadi boekan tjoema perang jang berkoeasa di Atjeh dengen jang berkoeasa di Belanda. Itoe Pe-
rang Atjeh adalah peperangan rakjat ataoe dengen kata laen = Volkoorlog. Dengan penoeh jakin marika men-
djoendjoeng pimpinan dari siapa sadja jang rela berkorban demi Atjeh merdeka. Sultan pimpin Sultan, tapi ka-
loe Sultan mengalah ataoe menjerah, djanganlah dikatakan rakjatnja toeroet mengalah hingga achir hajatnja.
Raffles soeda pernah kassie peringatan kepada Belanda bahoewa Atjeh tida' bisa ditakloekken, namoen Belan-
da tetep jakin bahoewa dalem soeatoe hari nanti, Atjeh bakalan takloek dan menjerah kepada para Kompeni.
Njaris 70 tahon lamanja Rakjat Atjeh berperang melawan itoe kekoeatannja koloniaal Belanda, sedjak di tahon
1873 hingga 1942, Atjeh bertempoer goena enjahkan Kompeni
dari Tana Rentjong. Nama-nama jang sekarang
ini dipake sebagi nama djalan di iboekota Djakarta, banjak jang diabadiken dari nama Pahlawan Atjeh itoe, sa-
perti Sultan Iskandar Moeda, Panglima Polim (namoen di Atjeh, marika kerap menjeboetnja dengen: Panglima
Polem), Teoekoe Oemar beserta isterinja Tjut Nja' Dhien, dan Teuku Tjik Di Tiro. Tatkala ini negerij kita orang
masih bernama: Hindia-Belanda, nama djenderal perang van Heutsz mentereng amet di bilangan poesat Bata-
via, tepatnja di locatie jang sekarang bernama: Masdjid Cut Meutiah en Jl.Teuku Umar, sebab-sebab doeloe-
nja di moeka itoe halaman masdjid, dinamaken sebagi van Heutsz Plein (lapangan van Heutsz) en djalan oe-
tamanja dinamaken van Heutsz Boulevard. Ach soenggoe terlaloe itoe djenderal perang jang amet kedjem en
kedji ditarok sebagi nama tempat di Djakarta pada tempo doeloe, bahkan patoengnja pak van Heutsz ini dipa-
djang di bagian atas Gedong NHM tjabang Amsterdam, bersanding dengan doea "pahlawan"  Belanda laennja,
jakni: J.P.Coen (Jan Pieterszoon Coen) dan H.W.Daendels (Herman Willem Daendels, ataoe Toean Goentoer).

Maskipoen para pemimpin Atjeh didesak oentoek menjerah liwat itoe "Korte Verklaring" (Traktat pendek) bikin-
an van Heutsz di tahon 1904, namoen Belanda senantiasa alamken perlawanan dari segenap Rakjat Atjeh sam-
pe djeman Perang Pasifik, iaitoe di tahon 1942, marika Orang Atjeh tida pernah anggep Belanda soeda koeasai
bilangan Atjeh sepenoenja. Itoe para pemimpin Atjeh, oetamanja ditangkep setjara bertahap, dipaksa oentoek
briken handtekening-nja soepaija patoeh kepada pemerentah koloniaal Hindia-Belanda. Para Radja ataoe Sultan
dilarang adaken perdjandjian kerdjasama dengen negara mana poen en moesti akoei bahoewa tana jang marika
poenja sekarang adalah milik Kompeni. Linjap soeda kakoesaan pamerentahan lokaal di Atjeh en di sakitarannja.

Adalah Dr.Christiaan Snouck Hurgronje jang berhasil masoep ke dalem masjarakat di Atjeh
dan menjaroe sebagi
peneliti kemasjarakatan en ketatanegaraan Atjeh. Selama 2 tahon, diaorang tjoeba fahami karakteristiek Rakjat
Atjeh, jang nantinja ditoelis di dalem seboeah boekoe jang bertadjoek: "Rakjat Atjeh" ataoe "De Atjehers", jang
mana dalem itoe boekoe ditoelisken strategie takloekken Rakjat Atjeh. Boekoe jang bagoes en amet accurat ini,
kamoedian dipake sebagi siasat perangnja van Heutsz, en si djenderal angkat itoe Snouck sebagi penasehatnja 
oentoek toempasken perdjoangan Rakjat Atjeh melawan Kompeni, koeroen waktoe dari tahon 1898 hingga 1904
tatkala si djenderal mendjadi gouverneur-militair en sipil di Atjeh. Didoega bahoewa strategie itoe djitoe betoel.
Kitaorang nantinja kaloe-kaloe sampe djadi pegi plesiran ke negerij Belanda pada boelan Mei 2013 mendatang,
akan bezoekin koeboerannja Snouck Hurgronje di Leiden, dan koeboerannja van Heustz di Amsterdam Timoer.

Situs-situs bersedjarah di poesat kota Banda Atjeh -jang doeloenja bernama Koetaradja itoe-, dapet disamperin
dengen moedah sadja, kerna pernahnja di daerah jang deketnja djalan besar, katjoeali roemahnja Tjut Nja' Dhien,
jang kata pendoedoek Atjeh itoe agak sedikit djaoe walopoen nampaknja masih deket sadja. Kitaorang poela ber-
tandang ke itoe masdjid jang amet bekend di Banda Aceh, ia itoe Mesjid Raya Baiturrahman, jang tjantik, poenja
architectuur djempolan. Itoe tempat ibadah oemat Moeslim, doeloenja djoega pernah dibangoen oleh Belanda di
dalem strategienja "ambil hati" oemat Moeslim di Atjeh.
Snouck Hurgronje briken nasihat soepaija bole mereboet
tana Atjeh adalah: dengen bikinin langgar, masdjid, laloe bikin bagoes djalan, irigatie aer, bantoe pekerdjaan so-
ciaal Rakjat Atjeh. Halaman Mesjid Raya Baiturrahman itoe meroepakan tempat jang ametla penting bagi Tentera
Belanda, choesoesnja pemimpin perangnja bernama: Majoor Generaal Kohler, kerna diaorang tewas ditembak oleh
penembak djitoe Atjeh, koetika liet conditie itoe masdjid jang kelak di kamodian harinja dinamaken sebagi: Mesjid
Raya Baiturrahman. Sablonnja (sebelumnya), Meneer Kohler soeda kassie prentah oentoek bakar abis itoe missigit
(ataoe masdjid), jang terbitken perlawanan dari Rakjat Atjeh jang lebi sengit dan moerka. Djinazahnja dibopong ke
Java en dikoeboer di Kebon Djae Kober (sekarang: Museum Prasasti). Pada tahon 1975, tatkala itoe tempatnja ko-
mpleks pemakaman mahoe digoesoer sebahagiannja, atas permintaannja Rakjat Atjeh, itoe djinasahnja Toean Koh-
ler dipindahken kombali ke Banda Aceh, tempat diaorang doeloenja mati. Majoor Generaal Kohler dikoeboerin oelang
setjara militair pada tanggal 19 Mei 1978 di Kerkhof (koeboeran) Belanda di Peutjut, di seblahnja Museum Tsunami.

Koeliling kota Banda Aceh, ta' loepoet bezoek koeboeran Sultan Iskandar Muda,
jang meroepaken tokoh penting
dalem sedjarah Atjeh. Koetika Sultan prentah Atjeh pada tahon 1607-1636, diaorang mampoe oentoek tempat-
ken Keradjaan Islam Atjeh pada peringkat kelima di doenija, pada abad ke-17. Itoe tempoh, Banda Aceh ataoe
Koetaradja meroepaken poesat Keradjaan Atjeh jang mendjadi bandar perdagangan jang rame, kerna kerap ber-
hoeboengan dengen doenia internationaal, en oetamanja kawasan Noesantara dimana Selat Malakka meroepakan
djaloer perlintasan kapal niaga asing oentoek kassie angkoet hatsil boemi Asie dengen toedjoean Europa. Selesei
koeliling
makam sang Sultan, kitaorang pegi bergeser ke Roemoh Atjeh jang saat ini dipake sebagi Museum Aceh,
di depannja ada lontjeng Cakradonya, doeloenja dibriken oleh Cheng Ho sebagi tanda persahabatan, kerdjasama
doea negara dari si Kaisar Tjina pada tahon 1414 M. Semoewa riwajatnja dan sedjarah Atjeh ada di museum ini.

Masih di sepoeteran bilangan ini, ada satoe bangoenan uniek jang dinamaken
Goenongan, jakni symbool tjintanja
Sultan
Iskandar Muda terhadap permaisoerinja jang tjantik-djelita asal negerij Pahang di Malaja. Alkisah, poeteri
rasah sepi jang amet dalem di tengah siboeknja sang soeami djalanken pamerentahan. Kerna kekoeatan tjintanja
sang soeami,
maka diberdirikenlah satoe bangoenan berbentoek: boenga bertingkat tiga, ditambahkan mahkota
beroepa tiang jang berdiri tegak. Namoen pada soeatoe hari tatkala Belanda berhatsil doedoekin Koetaradja ini,
marika malah berportret rame-rame sembari berpose dan bahagian naekin atasnja itoe bangoenan bagoes, huh!

Tragedie kemanoesiaan mengontjang bilangan Atjeh, ta' tjoemah terdjadi di kota Banda Aceh sadja, namoen di
berbagi kota-kota laen, oetamanja di pinggir laoet. Aer bah gelombang tsunami pada tanggal 26 Desember 2004
soeda hempaskan banjak hal: harta-benda, djiwa manoesia, hantjoerken banjak bangoenan dan djembatan, poen
sekolah dan tempat ibadah. Sedih jang amet dalem toeroet dirasahken oleh segenap Rakjat Indonesia. Kitaorang 
bakalan bezoek locatie bekas terdjadinja bentjana alam tsunami, diantaranja: Kapal PLTD Apung nan besar jang
ter
bawa ombak besar sampe 4 KM djaoenja dari pantai, lantas ada Kapal Nelajan njangkoet di atas roemahnja
pen
doedoek, dan koendjoengan dilandjoetken dengen bertandang ke salah satoe koeboeran massal tsunami
jang nampak
bak taman loeas en damai, seolah-olah marika korban jang soeda meninggal doenija itoe soeda
tidoer dengen te
nang, en berada di sisi Jang Maha Koeasa. Semoga amal ibadah marika diterima di sisi-NJA.

Oentoek mengenang fenomena alam jang maha-dashjat itoe, dibangoenkenlah satoe museum jang gede, jakni:
Museum Tsunami. Saboeah gedong djempolan poenja, patoet dipoedjiken, apalagi tatkala kitaorang masoep ke
dalem pintoe gerbangnja, laloe djalan di lorongnja dengen tjahaja jang sampoerna ditambah sematjem atractie
masoep ke "dalem aer" en pertjikan aer rintik-rintik, dan diiringi soeara sapertinja orang jang sedang mengadji.
Soeatoe roeang masoep jang loemajan mentjekam, namoen kitaorang dapet merasahken Kebesaran Sang Ilahi.
Museum Tsunami itoe terdiri dari empat lantai jang soegoehken berbagi matjem perihal pangatahoean tentang
tsunami en portret peristiwa pada tanggal kedjadian. Soember pangatahoean penting dan interessant poenja.

Sekarang kitaorang landjoetken perdjalanan ke Sabang, jang letaknja di bilangan Poelo Weh. Itoe poelo dise-
boet demikian sebab-sebab bentoeknja saperti hoeroep "W". Banjak peninggalan sedjarah jang bole diliet di
poelo jang locatienja berada di oedjoengnja Kepoeloan Noesantara itoe. Selain bakalan datengin Toegoe 0
Kilometer-nja itoe negerij Indonesia, djoega bole samperin pantai-pantainja jang kesohor hingga ke antero
doenija. Pantai Iboih, Pantai Gapang, Pantai Soemoer Tiga adalah 3 jang paling bekend. Poelo Rubiah di de-
ketnja Pantai Iboih (dibaca: Iboh) djoega nantinja kitaorang samperin dengen mangfa'atken praoe boat pake
katja di lantainja, soepaija Toean dan Njonja dapet menikmati kaindahan natuur (alam) bawah laoet Sabang.

Sabang dan Poeloe Weh-nja pada djeman Perang Pasifik (jang betoel terdjadi di Indonesia pada tahon 1942 -
1945;
kaloe moelainja sih tahon 1941 tatkala Pearl Harbor diserang mendadak oleh Tentera Dai Nippon) adalah
soeatoe tempat jang strategisch boeat kekoeatan armada Djepang. Marika, jang koelitnja koening, berdiriken
banjak bungker en pillbox sebagi sarang semboeni terhadap serangan deripada moesoeh besarnja, iaitoe Ten-
tera Amerika beserta para sekoetoenja. Tida' heiran sampe ini hari masih banjak peninggalan meriam Djepang
jang ketinggalan di tana Sabang. Sajangnja sekarang soeda banjak jang ditjopotin dari sarangnja. Padahal pa-
da koeroen waktoe di tahon 1980an, itoe meriam besi jang besar-besar banget masih bisa dimaenin oleh anak
ketjil, dipoeter poen diarahkan ke laoet, huah! Maenan jang moectahir boeat anak ketjil di masa toemboehnja!

Koelilingin kota Sabang di siang hari bagaikan kombali ke djeman di awal abad ke-20, kerna itoe bangoenan toea-
nja banjak jang masih oetoeh, pokoknja koloniaal-stijl (style) poenja, apalagi didoekoeng dengen kebiasaan warga
Sabang jang djarang beractiviteit di waktoe sijang bolong, sebab-sebab masih terbawa soeasana free-port sedari
tahon 1960an, dimana marika poenja kabiasaan moelai boeka toko sesoeda sore hingga tengah malem (jaah! kota
jang sepi sekarang ini, tetep boeka tokonja sampe djam doea belas malem ataoe lebih, maskipoen kotanja soenji).

Satoe malem tjoekoep sadja di Sabang, pada hari ka-tiga kitaorang kombali naar
Banda Aceh, en sijap-sijap koe-
liling situs bersedjarah  jang ada di ini kota (oentoek lebi compleet, liet soesoenan atjara dibagian bawah email ini).
Djangan sampe tida tjitjipi minoeman koffie (kopi) aseli Tana Rentjong. Ada satoe tempat kupi (marika menjeboet-
nja kupi ketimbang kopi) di bilangan Ulee Kareng, jang bernama Kopi Solong (djoega diseboet Jasa Ayah), jang lebi
nikmatnja lagi disedoeh seraja maem roti srikaja, njam-njam-njam. Poen oentoek makan-makannja, kitaorang nan-
ti
nja sediaken menu: "Ajam Tangkap" jang ledzatnja tiada kadoeanja, dengen isih ajam kampong goreng ditoetoep
dedaoenan jang garing dan ditambahken rempah-rempah jang ametlah soeker diloekisken dalem ini email begimana
rasahnja. Djoega tjoeba menoe masakan laen-laennja tatkala moeterin kota Banda Aceh, ada Gule Pliek U sema-
tjem sajoer lodeh khas sana, Mie Atjeh jang sedang lagi bekend di kota Djakarta, dan berbagi makanan laennja.

Kitaorang djoega bakal samperin Kapal Terbang Seulawah jang dibriken oleh Rakjat Atjeh kepada Republik jang
baroe sadja berdiri: Republik Indonesia, jang kerap digoenaken Bung Karno oentoek terbang ke pelosok Noesan-
tara, dan kelak itoe kapal terbang digoenaken sebagi kapal terbang kesatoenja Garuda Indonesia, jang dipake
oentoek kepentingan komersiil, dimoelai dari Calcutta di India, laloe terbang ke Rangoon di Myanmar. Penerba-
ngan perdana itoe goenakan pesawat DC Dakota RI 001 bernama Seulawah, jang artinja adalah goenoeng emas. 

Bung Karno pada koendjoeng
annja ke Koetaradja (Banda Aceh) pada masa sasoedanja kemerdekaan menantang
djiwa patriotisme Rakjat Atjeh dengen mengatakan "Situatie Republik Indonesia gawat, Atjeh satoe-satoenja al-
ternatief saat ini jang dapet menolong dan menjelamatkan Proklamasi 17 Agustus 1945. Kerna seloeroeh iboekota
provinsi Indonesia katjoeali Atjeh telah didoedoeki oleh pendjadjah Belanda. Atjeh daerah modal oentoek menjela-
matkan perdjoangan dan tjita-tjita Proklamasi 17 Agustus 1945, dan mengharapkan malem ini dapet terkoempoel
dana perdjoangan oentoek membeli pesawat terbang oentoek terobos blokade oedara Belanda, dan membiajai mi-
ssie diplomatik Republik Indonesia di loear negeri". Ach, Pandai sekali Bung Besar kita ini bitjara, soenggoe heibat.

Selandjoetnja Bung Karno mengoetjapkan: "Saia tida makan malam ini kaloe dana oentoek itoe belom terkoempoel".
Segenap hadirin tjoemah saling memandang en moentjoel-lah saorang anak moeda berdiri en menjataken sanggoep
boeat koordinir pengoempoelan dana. Segenap Rakjat Atjeh baik jang moeda maoepoen jang toea sigra keloearken
harta apa sadja jang dimilikinja, tjintjin, gelang, telor asin, djoega oeang. Kerap terdjadi iboe-iboe jang tjopotin an-
ting-anting anak gadisnja oentoek disoembangken. Walhasil, dana jang terkoempoel semoea itoe totaal = 120.000
dollar dan emas 20 KG, jang soeda tjoekoep oentoek membeli satoe kapal terbang sedjenis Dakota! Itoe Soenggoe
soeatoe tjinta teramet dalem Rakjat Atjeh ini dapet beli pesawat dari hatsil koempoelin oeang bersama *djempol*

Penginapan di Sabang adalah Hotel Sabang Hill, jang letaknja ada di atas boekit dengen pemandangan nan indah
menakdjoebken, dan bikin hati poen seneng. Hotel lama jang di-refresh ini soegoehken atmosfir rileks tatkala kita-
orang doedoek di terasnja (ada krosi-medja dan kerlap-kerlip lampoe di malem hari, yeah!) Itoe tempat menginep
tjoemah bisa menampoeng 32 orang sadja, jang terdiri dari: 32 peserta dan 4 panitia. Kaloe-kaloe Toean-Njonja
daftarnja te laat (telat) dan kesengsem tetep kapengen ikoet, kitaorang sijap sediaken penginapan laennja jang
ada
di tengah kota, jang bernama: Sabang Guesthouse, satoe roemah djadoel jang asri, adem en sedjoek, kerna
architectuurnja jang akrab dengen iklim tropisch. Semoea hotel jang kitaorang inepin nantinja, pakei AC semoea.

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)

Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky ada di nomer urut 18 maka Onky mentransfer duitnya
= Rp.3.200.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.3200018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu
ke no.urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.3.200.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi no.urut.
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriem Bellina
20. Btari Karlinda 

Transfernya bisa sekaligus = Rp.9.600.018 (mengacu ke no.urut paling duluan), ..no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.9.600.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. krn nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
tapi kalo mau transfer satu-satu jg boleh, ketik aja gini: Rp.3.200.018, Rp.3.200.019, Rp.3.200.020.
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yg Rp.12.800.018 itu untuk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)
 

Pembayarannya Bisa Dicicil, suwer dah!!!
cicilan 1 = 2 juta (September, yah di bulan ini!)
cicilan 2 = 1,2 juta (Oktober, di minggu pertama)
(tuch kan = 3,2 juta total semuanya, bener toh?) 
(yuk DP pertama mulai hari ini biar semuanya oke)

Jika ada pembatalan, maka "aturan maennya" kayak begini yah, ok?
Cancel dari tgl 10 - 16 September 2012, kena potong 10% dari 3,2 juta.
Cancel dari tgl 17 - 23 September 2012, kena potong 20% dari 3,2 juta.
Cancel dari tgl 24 - 30 September 2012, kena potong 50% dari 3,2 juta.
Cancel dari tgl 1 - 7 Oktober 2012, kena potong 75% dari 3,2 juta.
Cancel 3 (tiga) hari sebelum keberangkatan (8-9 dan 10 Oktober 2012),
tidak ada reimbursment alias duitnya hangus, sudah dipake nyaris semua.

(Oh iya semua orang boleh ikutan acara ini, gak harus
member SAHABAT MUSEUM, siapapun boleh join turut
bergabung, yg tua, muda, anak kecil, yg belom pernah
ikut sama sekali program: PLESIRAN TEMPO DOELOE
atau yg belom pernah ketemu sama kami, juga peserta
lainnya, silahkan aja ikutan program ini, yuk mari ikutan!)

Kamis   11 Oktober 2012: menginap di Banda Aceh
Jumat   12 Oktober 2012: menginap di Sabang
Sabtu   13 Oktober 2012: menginap di Banda Aceh
Minggu 14 Oktober 2012: pada pulang ke rumah yah
 

Nah, yang ini jikalau terjadi Force Majeur sebelum acara dan/atau ketika
acara berlangsung di Provinsi Aceh, maka penjelasannya seperti ini lho...

Bila sebelum acara PTD yang ke Sabang - Atjeh ini berlangsung (sebulan
sebelum, seminggu sebelum, beberapa hari sebelum), terjadi Force Majeur
berupa: Gempa Bumi, Ombak Gede, Gejolak Sosial, dll, (pokoknya hal-hal
yang di luar kendali kita, dan tidak memungkinkan untuk diteruskan), maka
plesiran akan dibatalkan
.

Lantas jika kita yg membatalkan semua, maka itu biaya untuk Uang Muka (DP)
Hotel, Bus, Rumah Makan, Sewa ini, Sewa itu selama di Provinsi Aceh, dan ter-
nyata mesti kena potongan biaya ini-itu dari mereka yang di atas tadi, maka se-
mua peserta kena potongan biaya sesuai jumlah nominal yang mereka sebutkan
(bagi kita mengerikan untuk diteruskan, bagi mereka semua uang yang sudah di-
bayar tak dapat dikembalikan, atau kena potongan sekian-sekian) *sigh*

Namun, jika plesiran ini tetap dijalankan setelah kejadian yang kagak asik tadi berlalu...
(Gempa Bumi, Ombak Gede, Gejolak Sosial, dll), dan nampaknya aman-aman aja di sana,
maka peserta yang mau cancel dan tidak jadi berangkat ke acara ini, akan dipotong biaya
seperti yang tertera di atas tadi, DAN juga, jika tidak terjadi apa-apa, lantas bila peserta
membatalkan keikutsertaannya, maka biayanya juga akan dipotong, seperti di atas tadi.

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
M: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
YM id: bang_adep
Email/FB: adep@cbn.net.id
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.org

(beberapa sumber sejarah, dikutip dari buku karya:
Mohammad Said, berjudul: "Atjeh Sepandjang Abad"
Djilid 1 terbitan tahun 1961; "Asal Mula Konflik Aceh"
karya: Anthony Reid; dan buku: "Membedah Sejarah
Aceh" karya: M.Adli Abdullah; lalu buku katalog ttg:
Panduan Kuburan Militer Peutjut yg diterbitkan oleh:
Stichting Peutjut - Fonds Belanda pada tahun 2007.
 



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sabang (Poelo Weh) - Koetaradja (Atjeh)
(jadwal dapat berubah, sesuai situasi & kondisi alam di lapangan nantinya)

Hari 1 - Kamis, 11 Oktober 2012
06.00 - 07.00: Kumpul di Bandara Soekarno-Hatta
08.45 - 11.35: Pesawat terbang ke Banda Aceh
11.35 - 12.00: Beres-beres bagasi dan angkut
12.00 - 12.30: Berangkat ke Ayam Tangkap
12.30 - 13.30: Makan Siang Ayam Tangkap
13.00 - 14.00: Berangkat ke Museum Tsunami
14.00 - 15.00: Keliling Museum Tsunami
15.00 - 15.10: Berangkat ke Kerkhof Peutjut
15.10 - 15.30: Keliling Kerkhof Peutjut
15.30 - 15.40: Berangkat ke Gunongan
15.40 - 16.00: Keliling Gunongan
16.00 - 16.30: Berangkat ke Rumah Cut Nyak Dhien
16.30 - 17.30: Keliling Rumah Cut Nyak Dhien
17.30 - 18.00: Berangkat ke Hotel Madinah
18.00 - 19.00: Check in hotel, Istirahat, Mandi
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam di Banda
19.30 - 20.30: Makan Malam di Banda Aceh
20.30 - 21.00: Berangkat ke Hotel Madinah
21.00 - 06.00: Tidur semua sampe esok paginya

Hari 2 - Jumat, 12 Oktober 2012
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Madinah
08.00 - 08.30: Berangkat ke Pelabulan Ulee Lhe
08.30 - 09.00: Siap-Siap masuk ke Kapal Cepat
09.00 - 09.30: Sudah berada diatas Kapal Cepat
09.30 - 10.30: Kapal Cepat bergerak ke Pulau Weh
10.30 - 11.30: Berangkat ke Penginapan di Sabang
11.30 - 12.00: Check in Penginapan di Sabang
12.00 - 13.00: Jumatan dan Makan Siang
13.00 - 14.00: Berangkat ke 0 KM Sabang
14.00 - 14.30: Foto-Foto di Tugu 0 KM
14.30 - 15.00: Berangkat ke Pantai Iboih
15.00 - 17.00: Snorkeling, Pulau Rubiah
17.00 - 18.00: Berangkat ke Penginapan di Sabang
18.00 - 19.00: Istirahat, Mandi
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam di Sabang
19.30 - 20.30: Makan Malam di Sabang
20.30 - 21.00: Berangkat ke Penginapan di Sabang
21.00 - 06.00: Tidur semua sampe esok paginya

Hari 3 - Sabtu, 13 Oktober 2012
06.00 - 08.00: Sarapan di Penginapan di Sabang
08.00 - 11.00: Keliling Bungker & Meriam Jepang
11.00 - 12.00: Berangkat Makan Siang di Sabang
12.00 - 13.00: Makan Siang di Sabang
13.00 - 14.00: Keliling Kota Tua Sabang
14.00 - 15.00: Berangkat ke Pelabuhan Balohan
15.00 - 15.30: Siap-Siap masuk ke Kapal Cepat
15.30 - 16.00: Sudah berada diatas Kapal Cepat
16.00 - 17.00: Kapal Cepat bergerak ke Banda
17.00 - 17.20: Berangkat ke Pesawat Seulawah
17.20 - 17.40: Foto-foto di Pesawat Seulawah
17.40 - 18.00: Berangkat ke Hotel Madinah
18.00 - 19.00: Check in hotel, Istirahat, Mandi
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam di Banda
19.30 - 20.30: Makan Malam di Banda Aceh
20.30 - 21.00: Berangkat ke Hotel Madinah
21.00 - 06.00: Tidur semua sampe esok paginya

Hari 4 - Minggu, 14 Oktober 2012
06.00 - 07.00: Sarapan di Hotel Madinah
07.00 - 07.30: Berangkat ke Mesjid Ulee Lhe
07.30 - 08.00: Keliling Mesjid Ulee Lhe
08.00 - 08.10: Berangkat ke Kuburan Massal
08.10 - 08.30: Keliling Kuburan Massal
08.30 - 08.50: Berangkat ke Kapal PLTD
08.50 - 09.30: Keliling Kapal Apung PLTD
09.30 - 10.00: Berangkat ke Kapal Nyangkut
10.00 - 10.30: Keliling Kapal Nyangkut Lam Pulo
10.30 - 11.00: Berangkat ke Museum Aceh, dll
(Lonceng Cheng Ho, Makam Sultan Iskandar Muda)

11.00 - 12.00: Keliling Museum Aceh, dll
12.00: -12.30: Berangkat Makan Siang di Banda
12.30 - 13.00: Makan Siang di Banda Aceh
13.00 - 13.30: Berangkat ke Mesjid Baiturrahman
13.30 - 14.30: Keliling Mesjid Baiturrahman
14.30 - 15.00: Berangkat ke Bandara SIM
15.00 - 16.35: Check in Pesawat Terbang
16.35 - 20.55: Pesawat terbang ke Jakarta
20.55 - 21.30: Beres-beres bagasi dan pulang
21.30 - 22.00: Bubar Jalan & See You in next PTD



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: