23.10.12

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Ambon - Haroekoe - Saparoea - Noesalaoet, 15-16-17-18 November 2012



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Pulau di Maluku
Kumpul di Bandara Soekarno-Hatta terminal 1B
Kamis, 15 November 2012 jam 04.00 WIB pg
Rp. 3.300.000 per orang
, tp TIDAK termasuk
tiket pesawat pergi-pulangnya ke Ambon (AMQ)

Rp.3,3 juta/orang itu (yang tanpa tiket pesawat),
sudah termasuk semua-muanya lho, diantaranya:
Penjemputan di Bandara Pattimura (kalau berang-
kat bareng kami panitia, atau jadwal pesawatnya
deket-deketan gitcu). Bus Pariwisata AC di Ambon
(katanya sih ber-AC, tapi kalo tanpa AC gak papa
yah), Makan en Minum selama Plesiran. Kaos PTD.
Asuransi. Naik Speedboat ke semua pulau itu (ke
Pulau Haruku, Pulau Saparua dan Pulau Nusa Laut)

Tiket situs-situs bersejarah yg ada di semua pulau
itu. Juga dianterin lagi ke Bandara Pattimura (sekali
lagi, kalo pulang-nya juga bareng kami panitia, atau
jadwal pesawatnya deket-deketan) sebelum kembali
ke Jakarta, atau ke kota-kota lainnya di Nusantara...

Lalu juga dipinjemin life-jacket (baju pelampung) yang
sesuai dgn ukuran badan Bapak-Bapak-Ibu-Ibu semua.
Pastinya kita akan snorkeling di dalam 2 hari itu, kerna
udah sewa speedboat buat 2 hari itu (Haruku, Saparua,
Nusa Laut, semoga crystal waternya jernih everyday :)

Maskapai penerbangan yg melayani jalur untuk tujuan: Ambon (AMQ) dari Jakarta (CGK)
untuk Kamis tgl 15 November 2012 (CGK-AMQ) & pulangnya Minggu 18 November 2012 (AMQ-CGK)
(harga tiket biasanya Rp.1.040.000 - Rp.1.688.000 one way, pesen lebih cepet lebih baik, lebih murah!)


Sriwijaya Air:
 
(15 November 2012) CGK - AMQ (via UPG) etd: 05.30 WIB, eta: 12.10 WIT   4 jam 40 menit (lewat MAKASSAR)
                                                                  (kami panitia naik pesawat yg ini, berangkat dari CGK ke AMQ)

(18 November 2012) AMQ - CGK (via UPG) etd: 12.50 WIT, eta: 15.35 WIB   4 jam 15 menit (lewat MAKASSAR)
                                                                (kami panitia naik pesawat ini, pulang dari AMQ kembali ke CGK)


                                                                (pilihan flight lainnya)
                                                                12.50 WIT, eta: 13.30 WITA 1 jam 40 menit (terbang ke MAKASSAR dulu)
                                                                16.20 WITA, eta 17.35 WIB  2 jam 15 menit (terbang ke JAKARTA-nya lho)


Lion Air:       
(15 November 2012) CGK - AMQ (direct)    etd: 01.30 WIB, eta: 07.00 WIT     3 jam 30 menit (BABLAS)                                      
                                             (via UPG)       05.10 WIB         11.55 WIT    4 jam 45 menit (lewat MAKASSAR)
                                                                           
(18 November 2012) AMQ - CGK (via UPG) etd: 08.00 WIT, eta: 10.35 WIB    4 jam 35 menit (lewat MAKASSAR) 
                                                                12.45 WIT        15.35 WIB    4 jam 50 menit (lewat MAKASSAR)
                                                                16.15 WIT        19.00 WIB    4 jam 45 menit (lewat MAKASSAR)

Garuda Indonesia:      
(15 November 2012) CGK - AMQ (via UPG) etd: 00.40 WIB, eta: 07.35 WIT    3 jam 55 menit (lewat MAKASSAR)


(18 November 2012
) AMQ - CGK (via UPG) etd: 08.30 WIT, eta: 11.15 WIB    3 jam 45 menit (lewat MAKASSAR)


Batavia Air: 
(15 November 2012) CGK - AMQ (direct)    etd: 01.05 WIB, eta: 06.20 WIT    3 jam 15 menit (BABLAS)
                                                                 (via SUB)         06.00 WIB, eta: 12.40 WIT    4 jam 40 menit (lewat SURABAYA)
 

                   
(18 November 2012
) AMQ - CGK (direct)    etd: 06.55 WIT, eta: 08.10 WIB    3 jam 15 menit (BABLAS)
                                                                 (via SUB)         13.15 WIT, eta: 15.55 WIB    4 jam 40 menit (lewat SURABAYA)

Keterangan: (CGK = Jakarta; AMQ = Ambon; UPG = Makassar; SUB = Surabaya)

Kaloe-kaloe toean en njonja kasengsem pengen ikoetin ini plesiran,
silakan daftarken namanja, poela nama kawan, familie, sobat-ande
ke soerat-listrik ini: adep@cbn.net.id (adep at cbn dot net dot id),
lantas kamoedian aken dapetin nummer oeroet oentoek stoor doeit.
Ditransfernya ke Rekening BCA/BNI 46/MANDIRI cab. Pondok Indah 
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA dikonfirmasikan via sms ke no:
0818 94 96 82, atau via email, di-scan dulu, makasih yah, trims.
(tapi kalo transfernya udah pake nomer urut, kagak usah dikirim
dah itu email scan-nya, cukup kasih tau lewat email atau sms)
(Toeloeng kassie kitaorang chabar kemana toean ataoe njonja
kirim itoe wang agar kitaorang nantinja tiada poesing toedjoe
koeliling diboeatnja tatkala toean dan njonja tiada bri tahoe
perkara ke bank mana wang roepiah itoe melajang-lajang :)

Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.3,3 juta/org)


Tatkala climaat (climate/tjoeatja) bagoes di boelan November. Tatkala kapingin datengin benteng-benteng
deripada VOC di berbagi poelo di Molukken. Tatkala rindoe makan ikan bakar dengen sambel tjolo-tjolo jang
seger. Tatkala kasengsem minoem koffie jang ni'mat di Kopi Joas. Sigra ikoetin satoe programma tjiamik dari
SAHABAT MUSEUM pada waktoe ombak bagoes en langit biroe sepandjang hari di boelan tjerah, panas terik,
laoetan idjo lagoena crystal water di seantero Indonesia bagian Timoer, jang bole dibilang meroepaken poelo
seriboe benteng sebab-sebab sangking banjaknja benteng VOC di kapoloean nan djernih itoe, lekas gaboeng:
 
PLESIRAN TEMPO DOELOE: Ambon - Haroekoe - Saparoea - Noesalaoet
sedari hari Kamis pagi sampe hari Minggu petang, koeliling 4 poelo jang ada di Kepoeloan Molukken pada moesim panas nanti

Bangsa Barat demen betoel berlajar djaoe dari negerijnja goena mendapetken roepa-roepa rempah-rempah
chas Molukken. Portugeesch, Spanjol, Belanda, Inggeris, saperti berlomba-lomba koeasai bilangannja India-
Timoer (Oost-Indie). Portugeesch soeda lebi doeloe di awal abad ke-16, kamodian Spanjol. Belanda di tahon
1599 (tiga tahon sasoedanja tiba di Bantam/Banten di tahon 1596). Inggeris bahkan berdiriken peroesahaan
East India Company pada tahon 1600, laloe Belanda berdiriken Veerenigde Oost-Indie Compagnie pada tahon
1602 jang sampe ini hari bekend dengen seboetan VOC! Bertempoer di laoet, reboet benteng, koeasai warga
lokaal adalah kisah marika koetika bertjokol di negerij Molukken (Maluku), hingga achirnja dimenangkennja oleh
Belanda sampe lama. Oentoek memonopoli perdagangan, J.P.Coen bahkan berlakoe bengis kepada rakjat Banda
Neira, pada tahon 1621, jang memboeat sebahagian pendoedoeknja terboenoeh, dan dibawa ke Batavia, rakjat-
nja kaboer naek praoe ke arah tenggara, Poelo Kei Besar, jang sampe sekarang masih itoe kampong: Banda Ely.

Spices jang paling ditjari ia itoelah Tjengkeh, jang kata orang itoe dari bahasa Tjina = Tjintieh. Pedagang Arab
seboet itoe tjengkeh sebagi "Mawar Hitam". Menoeroet soember dari boekoe sedjarah, orang-orang Europa itoe
membeli rempah-rempah dari Molukken biasanja dengen prijs (price) jang ametlah moerah, kamodian didjoeal di
pasar Europa dengen margin-keoentoengan sampe 1000 procent! Itoe tjengkeh tempo-tempo (kadang-kadang)
soeka dikoenjah oleh para bangsawan dari dinasti Han di Tjina, soepaija nafasnja haroem baoenja (glek?!). Itoe
kebon tjengkeh dijakini orang tjoema dapet toemboeh di locatie jang poenja conditie ecologie dengen di poeloe
asalnja, moela-moela di Poelo Ternate, kamodian orang Belanda tjoba tanem di Poelo Ambon, Harokoe Saparoea,
njatanja soenggoe tjotjok poen berlimpah. Value tjengkeh pada djeman itoe soenggoe tinggi, atjapkalo diseboet
dengen "boeah emas" jang setara dengen emas hitam dari Congo (boedak-boedak), nilainja poen seroepa emas
moerni soekoe Aztec en Inca di Amerikka. Oh, itoelah alesan Bangsa Barat berdoejoen-doejoen dateng ke sono.

Plesiran ke poeloe-poelo di Molukken itoe dimoelai dari Poelo Ambon, jang menoeroet Dr.Gerrit Knaap, tjoema 5%
deripada pendoedoeknja jang aseli Ambon, laennja jang 95% adalah pendatang deri berbagi tempat di Noesanta-
ra djoega orang Belanda itoe sendiri jang terdiri deri 25%, Tjina 15%, pegawe VOC 5%, lantas 50%nja = inlander
ataoe priboemi, dan setengahnja inlander itoe meroepaken boedak-belian deri berbagi tempat di Indonesia, oeta-
manja Makassar dan Bali. Nama Ambon itoe, ada jang bilang berasal dari kata "Cicades de Amboyno" jang poenja
makna "kota di Poele Amboina". Orang Portugeesch fikir itoe Ambon tida sama dengen Molukken, tetapi meroepa-
ken bahagian deripada itoe kepoloean (jadi kalo mau gampangnya sekarang: Pulau Ambon dan Kota Ambon meru-
pakan bagian dari Provinsi Maluku kali yakh?). Klaar koeliling Poelo Ambon, esok harinja kitaorang naek speedboat
toedjoean Poelo Haroekoe, samperin Benteng Nieuw Zeelandia en Benteng Hoorn, dan esoknja lagi landjoetken ke
Benteng Beverwijk di Poeloe Noesalaoet (kampongnja Christina Martha Tiahahu) en ke Benteng Duurstede di Poelo
Saparoea (kampongnja Kapitan Pattimura). Tida loepa njeboer di laoet jang bening di kedoea hari itoe, cihuuuyyy!

Thomas Matulessy ataoe jang lebi dikenal sebagi Kapitan Pattimura, adalah saorang pemoeda dari Poelo Saparoea
(maskipoen ada jang bilang diaorang berasal dari Poelo Seram Selatan). Dalem oemoernja jang ke-34 tahon, anak
moeda itoe memimpin penjerangan ke Benteng Duurstede jang berdiri kokoh-tegoeh dan berhatsil mendoedoekinja.
Bole dibilang itoe meroepaken satoe-satoenja Benteng VOC (Duursetde) jang succes dikoeasai oleh anak negerij.
Riwajat pertempoeran Pattimura dan segenap rakjat Molukken dapet diliet di museum deket benteng itoe djoega
kitaorang bole bezoek roemahnja Pattimura di Poelo Saparoea ini, deket sadja tapi moesti naek angkot (charter,
di Saparua gak ada Bus Pariwisata, cing). Banjak barang peninggalan Pattimura jang bisa diliet di roemanja itoe.
Toean en Njonja pasti bakalan terkedjoet koetika liet wadjahnja Pattimura jang aseli, kerna selama ini kitaorang
tjoema dikassie liet roepanja jang ada di boekoe peladjaran sekolahan, poen di doeit seriboean. Pattimura jang
aseli tida' lah "se-macho en se-garang" jang terdapat di loekisan-loekisan selama ini, tetapi menoeroet penoe-
toeran orang Belanda jang menangkapnja, ia poenja badan jang tinggi 183 cm (wah kayak pemaen basket aja).

Satoe lagi saorang pahlawan Tanah Air asal negerij Molukken adalah Martha Christina Tiahahu (kitaorang lebi
sering mendengernja Christina Martha Tiahahu pada djeman SD doeloe). Ia gadis manis, oesianja baroe sadja
17 tahon, asal Poelo Noesalaoet, jang bertekad koeat oentoek mengoesir pendjadjah Belanda dari kapoeloean
Molukken. Sajang nasip Martha ametlah kelam, ia ditangkep Belanda dan tjoba diasingken djaoe ke Poelo Java
(Djawa) dari kampongnja. Martha jang malang memilih menjeboerken dirinja ke laoetan lepas ketimbang haroes
toendoek sama Belanda. Ach, soenggoe tragis kisah idoep Martha, dalem oesianja jang masih moeda belia itoe.
Kitaorang nantinja bakal samperin kampongnja di Poelo Noesalaoet, poen berkoendjoeng ke Benteng Beverwijk.

Pakansi 4 hari ke 4 poelo itoe akan dilengkapi dengen atjara snorkeling-ria di sekitaran poelo-poelo terseboet
di atas, djoega samperin benteng-benteng tempo doeloe jang sebahagian bangoenannja masih berdiri oetoeh.
Soember jang ditjatet oleh Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA), terdapat koerang lebi 43 benteng di Molukken.
Ada jang masih nampak precies dengen djeman abad ke-16 abad ke-17, ada jang tjoema tinggal reroentoehan-
nja sadja. Pegi ke bilangan Molukken bole dibilang masoep ke masa dahoeloe kala koetika orang berkoelit poeti
saling bersaing oentoek bikin kaja negerijnja, dan menghisap hatsil boemi Noesantara zonder ampoen, ihik, ihik.

Tida' loepa menjedoeh koffie jang haroem en makanan ketjil nan ledzat di Kopi Joas ataoe di Kopi Sibu-Sibu di
kota Ambon, ataoe rasahken Rujak Natsepa jang bekend itoe di Pantai Natsepa (jang kata orang, diambil dari
oetjapan: "Naar zee, pa" soeatoe adjakan anak ketjil kepada papanja oentoek ke laoet (naar = to; zee = sea)

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)
Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky ada di nomer urut 18 maka Onky mentransfer duitnya
= Rp.3.300.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.3300018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu
ke no.urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.3.300.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi no.urut.
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriem Bellina
20. Btari Karlinda 

Transfernya bisa sekaligus = Rp.9.900.018 (mengacu ke no.urut paling duluan), no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.9.900.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. krn nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
tapi kalo mau transfer satu-satu jg boleh, ketik aja gini: Rp.3.300.018, Rp.3.300.019, Rp.3.300.020.
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yg Rp.13.200.018 itu untuk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)
 

Pembayarannya Bisa Dicicil, suwer dah !!!
cicilan 1 = 2 juta (Oktober, yah di bulan ini!)
cicilan 2 = 1,3 juta (November, di minggu pertama)
(tuch kan = 3,3 juta total semuanya, bener toh?!) 
(yuk DP pertama mulai hari ini biar semuanya ok)

Jika ada pembatalan, maka "aturan maennya" kayak begini yah, ok?
Cancel dari tgl 22 - 28 Oktober 2012, kena potong 20% dari 3,3 juta.
Cancel dari tgl 29 Oktober - 4 November 2012, kena potong 50% dari 3,3 juta.
Cancel dari tgl 5 - 11 November 2012, kena potong 75% dari 3,3 juta.
Cancel 3 (tiga) hari sebelum keberangkatan (12, 13, 14 November 2012),
tidak ada reimbursment alias duitnya hangus, sudah dipake nyaris semua.

(Oh iya semua orang boleh ikutan acara ini, gak harus
member SAHABAT MUSEUM, siapapun boleh join turut
bergabung, yg tua, muda, anak kecil, yg belom pernah
ikut sama sekali program: PLESIRAN TEMPO DOELOE
atau yg belom pernah ketemu sama kami, juga peserta
lainnya, silahkan aja ikutan program ini, yuk mari ikutan!)

Kamis   15 November 2012: menginap di Ambon
Jumat   16 November 2012: menginap di Ambon
Sabtu   17 November 2012: menginap di Ambon
Minggu 18 November 2012: pulang ke rumah yah

di Ambon nginepnya di Hotel Amaris (terletak di pusat kota/tengah kota)

Nah, yang ini jikalau terjadi Force Majeur sebelum acara dan/atau ketika
acara berlangsung di Provinsi Maluku, maka penjelasannya seperti ini lho..
Bila sebelum acara PTD yang ke Provinsi Maluku ini berlangsung (sebulan
sebelum, seminggu sebelum, beberapa hari sebelum), terjadi Force Majeur
berupa: Gempa Bumi, Ombak Gede, Gejolak Sosial, dll, (pokoknya hal-hal
yang di luar kendali kita, dan tidak memungkinkan untuk diteruskan), maka
plesiran akan dibatalkan
.

Lantas jika kita yg membatalkan semua, maka itu biaya untuk Uang Muka (DP)
Hotel, Bus, Rumah Makan, Sewa ini, Sewa itu selama di Provinsi Maluku, dan ter-
nyata mesti kena potongan biaya ini-itu dari mereka yang di atas tadi, maka se-
mua peserta kena potongan biaya sesuai jumlah nominal yang mereka sebutkan
(bagi kita mengerikan untuk diteruskan, bagi mereka semua uang yang sudah di-
bayar tak dapat dikembalikan, atau kena potongan sekian-sekian) *sigh*

Namun, jika plesiran ini tetap dijalankan setelah kejadian yang kagak asik tadi berlalu...
(Gempa Bumi, Ombak Gede, Gejolak Sosial, dll), dan nampaknya aman-aman aja di sana,
maka peserta yang mau cancel dan tidak jadi berangkat ke acara ini, akan dipotong biaya
seperti yang tertera di atas tadi, DAN juga, jika tidak terjadi apa-apa, lantas bila peserta
membatalkan keikutsertaannya, maka biayanya juga akan dipotong, seperti di atas tadi.

"Ayo mama, jangan mama marah beta,
dia cuma, cuma cuma cium beta".

"Ayo mama, jangan mama marah beta,
lah orang muda punya biasa..."

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
M: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
YM id: bang_adep
Email/FB: adep@cbn.net.id
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.org

(beberapa sumber sejarah dikutip dari buku berjudul:
"Sejarah Maluku: Banda Naira, Ternate, Tidore dan
Ambon", karya Des Alwi; buku "Ambonku", karya Prof.
Dr.R.Z.Leirissa, Prof.Drs.J.A.Pattykaihatu, Drs.Usman
Talib, M.Hum, Drs.H.Luhuhay, Drs.S.Maelissa, M.Hum)


PLESIRAN TEMPO DOELOE: Ambon - Haroekoe -  Saparoea - Noesalaoet
(jadwal dapat berubah, sesuai situasi & kondisi alam di lapangan nantinya yah)    
                                                    
Kamis, 15 November 2012
03.30 - 04.00: Kumpul di Terminal 1B Cengkareng
04.00 - 04.30: Check in Sriwijaya Air CGK-AMQ
04.30 - 05.00: Masuk Boarding Room
05.30 - 12.00: Pesawat terbang ke Ambon
12.00 - 13.00: Beres-beres bagasi, ke kota
13.00 - 14.00: Makan Siang di Ambon
14.00 - 17.00: Keliling Ambon bag.Selatan)
(Museum Siwalima, Hollywood, Pintu Kota)
17.00 - 17.30: Berangkat ke Hotel Amaris
17.30 - 18.00: Check in di Hotel Amaris
18.00 - 19.00: Istirahat, mandi di hotel
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam
19.30 - 20.30: Makan Malam di Ambon
20.30 - 21.00: Kembali ke Hotel Amaris
21.00 - 23.00: Pindah Tongkrongan, yuk!
23.00 - 06.00: Istirahat, tidur semuanya

Jumat, 16 November 2012
(snorkeling di siang hari kita kemon?)
06.00 - 08.00: Sarapan di Hotel Amaris
08.00 - 09.00: Berangkat ke Tulehu
09.00 - 09.30: Menyebrang ke Haruku
09.30 - 10.30: Keliling Benteng Nieuw Zeelandia
10.30 - 11.00: Berangkat ke Pelauw
11.00 - 12.00: Keliling Benteng Hoorn
12.00 - 13.00: Makan Siang di Pelauw
13.00 - 14.00: Snorkeling di Haruku (?)
14.00 - 15.00: Menyebrang ke Ambon
15.00 - 16.00: Berangkat ke Benteng Amsterdam
16.00 - 17.00: Keliling Benteng Amsterdam
17.00 - 18.00: Berangkat ke Hotel Amaris
18.00 - 19.00: Istirahat, mandi di hotel
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam
19.30 - 20.30: Makan Malam di Ambon
20.30 - 21.00: Kembali ke Hotel Amaris
21.00 - 23.00: Pindah Tongkrongan, yuk!
23.00 - 06.00: Istirahat, tidur semuanya

Sabtu, 17 November 2012
(snorkeling di siang hari kita kemon?)
06.00 - 07.00: Sarapan di Hotel Amaris
07.00 - 08.00: Berangkat ke Tulehu
08.00 - 09.30: Menyebrang ke Nusa Laut
09.30 - 10.30: Keliling Pulau Nusa Laut
10.30 - 11.30: Snorkeling di Saparua (?)
11.30 - 12.00: Berangkat ke Saparua
12.00 - 13.00: Makan Siang di Saparua
13.00 - 13.30: Berangkat ke Rumah Pattimura
13.30 - 14.00: Keliling Rumah Kapitan Pattimura
14.30 - 15.00: Berangkat ke Benteng Duurstede
15.00 - 16.00: Keliling Benteng Duurstede
16.00 - 17.00: Menyeberang ke Ambon
17.00 - 18.00: Berangkat ke Hotel Amaris
18.00 - 19.00: Istirahat, mandi di hotel
19.00 - 19.30: Berangkat Makan Malam
19.30 - 20.30: Makan Malam di Ambon
20.30 - 21.00: Kembali ke Hotel Amaris
21.00 - 23.00: Pindah Tongkrongan, yuk!
23.00 - 06.00: Istirahat, tidur semuanya

Minggu, 18 November 2012
06.00 - 07.00: Sarapan di Hotel Amaris
07.00 - 10.00: Berangkat Keliling Ambon
(Benteng Victoria, Patung Pattimura, Patung
Christina Martha Tiahahu, belanja oleh-oleh?)
10.00 - 11.00: Berangkat ke Bandara Pattimura
11.00 - 12.00: Check in Sriwijaya Air AMQ - CGK
12.00 - 12.50: Masuk Boarding Room
12.50 - 15.35: Pesawat terbang ke Jakarta
15.35 - 16.00: Beres-beres bagasi semuanya
16.00 - 16.30: Good Bye & See You Next PTD



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: