17.12.12

[tourismindonesia] PLESIRAN TEMPO DOELOE: Raden Saleh Sang Maestro, Sabtu 22 Desember 2012



PLESIRAN TEMPO DOELOE: Istana Bogor,
Rumah Raden Saleh, Makam Raden Saleh,
Lihat Lukisannya yg ada di Galeri Nasional
dan juga yang ada di dalam Istana Bogor*
(masih menunggu konfirmasi tentang melihat
lukisan yang di dalem Istana Bogor, tapi kalo
masuk en keliling dalem gedung Istana Bogor
udah okeh, dan ingat pake batik juga celana
bahan, TIDAK BOLEH PAKE JEANS atau pake
celana pendek, yang cewek boleh pake rok,
dan MOHON MAAF, peserta yg boleh masuk
ke dalem Istana Bogor MINIMAL usia 10 thn)

Kumpulnya di Galeri Nasional (di seberangnya
Stasiun KA Gambir, Jl.Medan Merdeka Timur)
Sabtu, 22 Desember 2012, djam 07.30 pagi
Rp.200 ribu/org, sudah termasuk:
(thee manis anget)
(gorengan pagi hari)
(makan siang wuenak)
(masoep ke dalem Galeri Nasional)
(masoep ke dalem Rumah Raden Saleh)
(masoep ke halaman Makam Raden Saleh)
(masoep ke dalem Istana Bogor, sungguh!)
(naek Bus AC White Horse, pergi-pulang aja)

(tolong no.hp dicantumkan ketika mendaftar)
(parkir mobil dan motor bisa di halaman parkir
Galeri Nasional ini, luaaas dan dijaga satpam)

(semoea ditjeriteraken oleh Dayan D.Layuk Allo,
pemerhati riwayat Raden Saleh, juga Pelaksana
Petisi Raden Saleh 2005, silahkan buka webnya
deh
www.petisiradensaleh2005.wordpress.com)

Bank BCA: 237.14.25.693
MANDIRI: 101.000.4434. 088
atau BNI 46: 01.48.44.54.65

(please kirim email dulu sebelomnya, ntar dibales kok, untuk dapatkan
nomer urut keikutsertaan, jangan langsung transfer yah, ntar kitanya
malah bingung karena dapetin itu uang kaget, bisa dikopi khan jek?!)
(anak ketjil, orang moeda dan orang toea, bayarnya sama yah, oke?)
(semua di-reken dengan satoe prijs/price iatoelah:
Rp.200.000/org)


Apatah Toen en Njonja ada jang tahoe siapa Socialite Djakarta jang kesatoe? Saorang pria jang
amet bekend di Europa, demen goenaken pepakean parlente poela netjes (necis), poenja satoe
roemah gedongan jang moengkin tida ada kadoeanja di boemi Hindia-Belanda, kerna stijl gothic
dengen halaman jang loeas, bahkan dibikin mendjadi kebon-binatang (dierentuin) jang kesohor.
Ikoetin programma tjiamik terbaroe dari SAHABAT MUSEUM, soenggoe menjesal kalo tida ikoet: 

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Raden Saleh Sang Maestro
Saptoe, 22 Desember 2012 dari djam poekoel 07.30 pagi sampe sorean djam poekoel 16.00 deh

Sarib, ataoe Sjarief nama ketjilnja saorang botjah jang lahir di Terbojo, Semarang. Dateng ka
Tjiandjoer tatkala moeda, misih 8 tahon oesianja. Ia tinggal di roemanja resident Baron Robert
van Der Capellen, kamodian Raden Saleh menetap di roemanja Gouverneur-Generaal G.A.G Ba-
ron van der Capellen -jang meroepaken broer deripada itoe Resident Tjiandjoer- di Buitenzorg
(ataoe Bogor) Ia beladjar di bawah pengawasannja Prof.C.G.Carl Reinwardt, achli botani dari
Duitsland (Jerman), jang bole dibilang diaorang jang soeda kembangken s'Land Plantentuin te
Buitenzorg (Kebon Raya Bogor). Selama koeroen waktoe 10 tahon, Raden Saleh oendjoekken
iapoenja ketjakapan dalem art-loekisan, itoe jang bikin A.J.Paijen -goeroenja- soedi oesoel-
ken Toean Besar Gouverneur-Generaal (Gubernur-Jendral) Baron van der Capellen soepaija
Raden Saleh dikirim ke Wallanda (Belanda) goena ambil ilmoe jang lebi bagoes lagi di sana.

Raden Saleh Sang Maestro pelopor Seni Loekis Modern Noesantara tinggal di Europa lebi-
koerang 23 tahon lamanja. Sempet singgah ke berbagi negara, djoega menetap bebrapa
lama di Dresden, Duitsland (Jerman). Binatang en natuur meroepaken tjiri chas deripada
loekisannja Raden Saleh. Tatkala ia tahoe L.A.Martin jang adaken circus di Den Haag, ia
goenaken kasempatan meloekis roepa si Martin, soepaija bole dibriken kasempatan oen-
toek perhatiken binatang-binatang liar-nja en dapet dipeladjari woedjoednja dari deket.

Karja jang kasohor jang sekarang mendjadi collectie deripada Buitenzorg Paleis (Istana
Bogor) jang bertadjoek: "Antara Hidoep dan Mati" dibikin Raden Saleh pada tahon 1848,
sasoedahnja ia pegi koeliling Aldjazair di Noord Afrika (Afrika Oetara) bersama sohibnja,
Bonapartist Horace Vernet. Dalem itoe koendjoengan, Ia sanggoep bikin banjak sketsa
en loekisan perihal kahidoepan pendoedoek priboeminja, djoega binatang-binatangnja.
Pada tahon 1850, itoe loekisan "Antara Hidoep dan Mati" dipersembahken pada Radja
Willem II (Koning Willem II). Itoe loekisan djempolan nan bekend sekarang bole diliet
di Istana Bogor, semoga kitaorang diidzinken boeat ni'mati karja besar Sang Maestro.
Adapoen 1 loekisan kasohor laen jang ada di Istana Bogor adalah "Harimaoe Minoem".

Selaen meloekis binatang liar jang kerap digambarkan sedang bertaroeng mati-matian,
Raden Saleh djoega meloekis Goenoeng Merbaboe en Goenoeng Merapi jang meledoeg.
Ia lakoeken itoe actie langsoeng di deket goenoeng jang sedeng bergedjolak, di siang
hari, poen di malem hari, jang briken hatsil jang accurat, begitoepoen di dalem aspect
geologi soenggoe djitoe. Portret diri para ambtenaar en penggede kompeni kerap djadi
bahan loekisan Raden Saleh. Kitaorang bakalan liet sala satoe karjanja jang berada di
Galeri Nasional pada hari Saptoe mendatang, jang mana oentoek SAHABAT MUSEUM,
akan diboekaken speciaal pintoenja lebi pagi, jakni djam poekoel 08.00 pagi, horreee!
Gambar pedjabat Belanda itoe bernama: "Adolphe Jean Philippe Hubert Désiré Bosch".

Klaar koelilingin Galeri Nasional, kitaorang langsoeng pegi ke bilangan Tjikini, tepatnja
ke sala satoe gedong di Rumah Sakit Cikini, jang doeloe meroepaken Roemanja Raden
Saleh, dengen model Gothic dan megah, saperti istana dengen furnituur kelas wahid.
Soenggoeh broentoeng boeat kitaorang jang bakal bezoek itoe roema Saptoe depan,
kerna kemoengkinan bole liet, en foto dengen sedjoemblah perabotan roema tangga-
nja beroepa medja toelis, lemari en rak boekoe peninggalan toeloen dari Raden Saleh.
Begitoepoen dengen berfoto di halaman depannja, chabar jang tersiar, itoe automobil
(mobil) en motorfietsen (sepeda motor) tida bole parkir sebelom rombongan deripada
SAHABAT MUSEUM berfoto di depannja, djadi panorama oetoeh roema akan nampak
sempoerna. Ach, semoga itoe harepan kitaorang semoea dapet terwoedjoed betoel.

Poeas masoep en djepret-djepret di depan roemanja Raden Saleh, plesiran landjoet
langsoeng ke Buitenzorg (Bogor) oentoek dziarah ke: koeboerannja Raden Saleh en
isterinja. Tida banjak orang jang tahoe dimana locatie preciesnja, sebab-sebab itoe
koeboeran hingga ini hari masih soeker ditjari, apalagi tiada petoendjoek arah djalan
jang djelas, dan tempo-tempo orang jang kapingin dziarah ke makamnja atjapkali ke-
sasar. Itoe koeboeran poen sedjak Raden Saleh wafat djoega serasa "linjap en raib"
dan achirnja pada tahon 1923 baroe diketemoeken oleh Pak Andoeng, Wakil Djaksa
Kota Bogor, jang meroepakan Oom deripada Pak Isun Sunarya, koentjen makamnja
Raden Saleh dan isterinja itoe. Pak Isun aken briken tjeritera perkara kronologisch
diketemoekennja koeboeran di balik reroempoetan liar oleh oom-nja, Pak Adoeng.

Toean en Njonja djangan heiran sasoeda liet itoe makam jang berbeda ketimbang
djemannja (Raden Saleh meninggal doenija tahon 1880) lantaran itoe makam lebi
mirip Koeboeran Djawa deripada Koeboeran Europa walopoen koetika Pak Adoeng
temoeken, tampilannja berbentoek kotak en bertoelisken bahasa Belanda lajaknja
makam orang Belanda pada oemoemnja. Sedang jang sekarang itoe soeda brobah,
dengen doea tjoengkoep di masing-masing oedjoengnja. Itoe perobahan lantaran
koetika di tahon 1953 Soekarno kassie prentah kepada Ir.F.Silaban oentoek poe-
gar Raden Saleh poenja koeboeran, dan diganti batoe nisannja djadi "lebi Djawa".

Ada satoe hal jang ametlah interessant perihal letak koeboerannja kaloe-kaloe
ditarik garis loeroes ke Istana Bogor. Tetapi, kitaorang tida kassi tjeritera pada
ini email, Toean en Njonja lebi baek dengerin langsoeng pendjelasan menariknja
dari Mas Dayan jang soeda "mendalami" riwajat Raden Saleh sedjak lama itoe :)
Temtoe sadja ditambah kisah perkara achir hajatnja Raden Saleh di Bogor, apa-
tah ia mati kerna diratjoen oleh orang jang berchianat di roemanja ataoe kerna
sebab laen? Djoega berita factueel jang bikin Raden Saleh poenja kasihatannja
semangkin toeroen. Ia ditoeding oleh pedjabat kompeni soeda lakoekoen actie
pemberontakan di Tamboen - Bekassie, dan sampe di-tjidoek oleh hamba-wet
(hamba-hukum; polisi), disoeroeh akoei soeda pimpin pemberontakan jang tida'
ia lakoeken. Ini soenggoe penghinaan jang amet serieus dan menjakitkan dirinja.

Destinatie plesiran riwajat idoepnja Raden Saleh terachir adalah: Istana Bogor!
Di itoe istana terdapat 2 collectie jang soeda terseboetken di atas. Toean dan
Njonja bakal gigit djari djikaloe tida toeroet dalem ini PLESIRAN TEMPO DOELOE
kerna kitaorang nantinja koelilingin Istana Bogor loear-dalem! Bawalah toestel,
tetapi tida bole dipake boeat mortret di dalem gedong istana, di loearan bole.
Djangan loepa oentoek goenaken pepakean jang parlente en netjes lajaknja
Raden Saleh, dan inget, sekali lagi, tida bole pake celana jeans, short ataoe
tjelana pendek, pakelah hem dan tjelana bahan, ataoe rok boeat prampoean,
dan pastinja pake sepatoe, boekan sendal djepit ataoepoen sendal goenoeng.

Mas Dayan djoega aken briken petoendjoek jang djelas tentang perbedaan di-
antara doea loekisan jang berhoeboengan dengen "Penangkapan Diponegoro",
jang satoe bikinan orang Belanda (jang blom perna dateng ke Djawa!) en jang
satoe lagi bikinan orang Djawa bernama Raden Saleh. Terdapat perbedaan soe-
doet pandang dalem menginterpretasiken kedjadian historisch tahon 1830 itoe.

Djikaloe peloekis Belanda jang bernama Pieneman menghiasi dengen kleur/klir/
warna jang tjerah dan penoeh makna kemenangan, maka Raden Saleh briken
noeansa jang kelam, agak redoep en moeram, menoendjoekken kesedihannja
koetika Pangeran Diponegoro ditangkep oleh Belanda di dalem soeatoe tipoe-
moeslihat. Tjatetan sedjarah menoelis, Diponegoro ditangkep dalem keadahan
jang pasrah, atjoeh tak atjoeh (cuek?) dan berserah diri, kerna ia tahoe djika
ia soeda kalah en sijap ditangkep ataoe diboeang ke loear dari Poelo Djawa :(

40 hari adalah perdjalanan naek kapal dari Batavia ke Menado jang membawa
Pangeran Diponegoro bersama 8 pengiring prampoean en 12 pengiring laki-laki.
Marika semoea sampe sakit dalem pedjalanan, en sang pangeran menolak obat
Eropa (europaansche geneesmiddelen), tetapi ia mahoe menegoek zoete wijn,
ataoe anggoer manis oentoek koerangi ganggoean kasihatannja. orang Belanda
jang bertjakap-tjakap dengen Diponegoro menilai Diponegoro adalah poenja hati
moelia tetapi djoega sombong. Bertekad koeat, fikiran tadjem, meroepaken sifat
jang djarang ditemoeken di kalangan atas orang Djawa. Diponegoro meninggal
doenija di Makassar, setelah ditahan 25 tahon lamanja (1830 - 1855). Lantas,
2 tahon kamodian Raden Saleh bikinin loekisan "Penangkapan Diponegoro" itoe.

Pangeran Diponegoro ditondjolken dengan sikap menantang de Kock, djenderal
jang menangkepnja. Hal ini amet berbeda dengan karja loekisan orang Belanda:
Nicolaas Pieneman. Gesture toeboeh Diponegoro jang heroik dan megang tasbih
nampak begitoe tegoeh dibandingken loekisan Pieneman jang ditampilken pasrah.
Raden Saleh poen hadlir di dalem loekisannja itoe, boekan sahadja dalem 2 sosok,
tetapi sampe 4 sosoknja !!! berdiri bersama para pengikoet Pangeran Diponegoro.
Loekisan aseli jang bertadjoek: "Penangkapan Diponegoro" hari ini berada di dalem
roeangan Koningsplein Paleis (Istana Merdeka). Kitaorang bakalan print "repronja"
soepaija Toean en Njonja dapet liet perbedaan jang mentjolok di kedoea loekisan.

Raden Saleh hingga hari ini masi meroepaken sosok jang kontroversial. Namoen di
balik itoe, ia adalah tokoh genius pelopor seni loekis modern priboemi, jang djoega
banjak activiteitnja di bidang antropogie, boedaja masjarakat Djawa, arkeologie en
zoologi. Tida heiran Raden Saleh kelak poenja Kebon Binatang di halaman roemanja,
jang sekarang mendjadi bagian deripada Taman Ismail Marzuki (TIM). Begitoepoen
Toean en Njonja, tida oesah bingoeng lagi kalo di Tjikini sekarang ada: Gado-Gado
Bonbin, kerna itoe waroeng gado-gado doeloenja terletak di dalem kebon binatang
poenja Raden Saleh, jang di kamodian hari, tepatnja tahon 1968 dipindahken oleh
Gubernur DKI pada waktoe itoe jakni Ali Sadikin ke Ragunan! Addddoeh itoe gado-
gado oentoengnja masih ada, tjoema berpindah tempat ke Jl.Cikini IV no.5 sadja!

So, toenggoe apalagi ?!! Lekas, Sigra daftarken diri toean dan njonjah sekalian sekarang djoega
ke email: adep@cbn.net.id  atawa hoeboengi telefoon-tangan di nummer: 0818 94 96 82 (nomer
urut peserta akan diberikan setelah mendaftar, sehingga nantinya ditransfer uang sesuai dengan
nomer urut) dapat ditransfer setelah mendaftar, doeit bisa ditransfer ke Bank BCA: 2371425693
BCA cab Pondok Indah
atas nama ADE HARDIKA PURNAMA toeloeng dikonfirmasikan segera via
sms ke 0818 94 96 82 atau via email yang seperti biasa, discan aja, lalu kirim ke adep@cbn.net.id
(doeit jang soeda ditransfer tida dapet dikembalikan, tetapi bisa dioper kepada orang laen/teman)

Sekarang juga bisa ditransfer ke rekening MANDIRI: 101.000.44.34.088: ADE HARDIKA PURNAMA
dan juga ke rekening BNI 46, yaitu dgn no.rek: 0148445465 atas nama: ADE HARDIKA PURNAMA
(oh iya kedua bank itu cabang Pondok Indah juga yah, yuk mari dikirim segera, makasih yah, yah)

Tjara membajarnja/transfer, misalnja: Onky Alexander ada di nomer urut 18 maka Onky transfernja
= Rp.200.018 (kalo di mesin ATM ketiknya Rp.200018 <<<<<< angka 18 di belakang mengacu ke no.
urut) djadi ntar bajarnja boekan Rp.200.000 sadja, tetapi ditambah Rp.18 sebagi nomer urut. okeh
bener yah kayak gitu, trims. oh iya kalo soeda mentransfer dan soeda pake no.urut, kabari yaaw!
Kalo mendaftar lebih dari 1 orang dan pengen transfer sekaligus, yang misalnya contoh kayak gini:

18. Onky Alexander
19. Meriam Bellina
20. Btari Karlinda

Transfernya bisa sekaligus = Rp.600018 (mengacu ke no.urut paling duluan), jadi no.urutnya jangan
dijumlahin jadi 1 yah (18 + 19 + 20 = 57 = Rp.600.057), JANGAN, JANGAN, JANGAN. karena nantinya
malahan bikin bingung, dan udah gitu kan no.urut 57 udah ada yang punya, orang laen, gitu ganti :)
Tetapi kalo mau transfer satu-satu juga boleh, ketik aja Rp.200.018, Rp.200.019 dan Rp.200.020, or
misalnya temen/keluarga mau daftar lagi, dan mendapatkan no.urut yang jauh dari rombongan Anda
(misalnya dapet no.urut: 178), maka nanti kalo mau mentransfer sekaligus, tolong disebutin aja yah
bahwa (misalnya transfer untuk 4 orang sekaligus), duit yang Rp.800.018 itu untuk no.urut: 18, 19,
20 dan 178. Nah, tjoekoep faham kan? semoga toean dan njonja bisa bikin kitaorang gak bingung :)

djangan loepa bawa pajoeng, andoek ketjil ataoe apalah, inget Bogor suka gak jelas! djikalaoe pada
tempohnja hoedjan ada toeroen, kitaorang aken moelain ini plesiran sasoedanja itoe hoedjan brenti. 
zo, plesiran tetep dilaksanaken, dan catat: Plesiran Tempo Doeloe tak akan berganti hari/tanggal :)

Memoedjiken dengen hormat,
Ade Purnama (Adep)
SAHABAT MUSEUM
Jakarta-Indonesia
P: 0818 94 96 82
0812 84 27 27 36
Pin BB: 23975CBC
Email: adep@cbn.net.id
Facebook: Ade Purnama
Twitter: @sahabatmuseum
www.sahabatmuseum.org

(sejumlah sumber sejarah, dibaca2in dari buku:
"Kuasa Ramalan Pangeran Diponegoro dan Akhir
Tatanan Lama di Jawa, 1785-1855" karya Peter
Carey; "Stategi Menjinakkan Diponegoro" karya
Saleh A.Djamhari; "Raden Saleh Anak Belanda,
Mooi Indie & Nasionalisme" karya Harsja W.
Bachtiar, Peter B.R.Carrey and Onghokham;
"Raden Saleh: Perlawanan Simbolik Seorang
Inlander" karya Katherina Achmad; "Dari Buku
ke Buku: Sambung Menyambung Menjadi Satu"
karya P.Swantoro; "Bicentennial Seminar ttg:
"Raden Saleh Syarief Bustaman: An Artist and
His Life, The Many Worlds of Raden Saleh" 24-
25 June 2010; "Biografi Raden Saleh 1807-1880"
diterbitkan oleh Museum Seni Rupa dan Keramik,
kliping koran Kompas, 22 April 2007: "Raden Saleh
200 tahun (1807-1880)" oleh Sardono W.Kusumo;
Majalah Historia edisi 3/Tahun I/2012: "200 Tahun
Raden Saleh, Pelopor Seni Lukis Modern Indonesia";
en tulisan Dayan D.Layuk Allo di www.baltyara.com)
  


Susunan Acara
PLESIRAN TEMPO DOELOE:

Raden Saleh Sang Maestro
Sabtu, 22 Desember 2012 
07.30 WIB – 16.00 WIB

07.30 – 08.00: Pendaftaran Ulang
08.00 – 08.30: Keliling Galeri Nasional
08.30 – 09.00: Berangkat ke RS.Cikini
09.00 – 09.30: Keliling RS.Cikini (Rumah Raden Saleh)
09.30 – 11.00: Berangkat ke Makam Raden Saleh
11.00 – 11.30: Keliling Makam Raden Saleh
11.30 – 12.00: Berangkat ke Istana Bogor
12.00 – 13.00: Makan Siang di Bogor 
13.00 – 14.30: Keliling Istana Bogor
14.30 – 16.00: Berangkat ke Jakarta
16.00 – 16.30: Tiba di Jakarta, Selesai



__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: