23.1.13

[tourismindonesia] Liburan Weekend ke Sumatera Barat



Liburan Weekend di Sumatera Barat

untuk melihat foto2 dan artikel lengkap liburan weekend di Sumatera Barat silahkan klik link dibawah ini
Photography and text by Barry Kusuma

Sumatra Barat layak masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Di negeri yang banyak menelurkan pahlawan intelektual ini, berjejer panoraman alam yang indah, lekuk liku kontur bumi yang menakjubkan dan juga danau nan permai. Pariwisata Sumatra Barat memang sangat luas karena memiliki wisata bukit, kuliner, dan budaya. Jika ingin berliburan selama weekend pun juga bisa dilakukan.

Sumatra Barat banyak dikunjungi turis domestik dan Melayu. Wisatawan ramai memenuhi daerah ini saat menjelang Idul Fitri sebab mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Masakan dari daerah ini populer di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Meski di daerah lainnya di Indonesia ada banyak warung atau restoran Padang, tetapi rasa masakan di daerah asalnya ini lebih berbumbu. Harganya juga sedikit lebih mahal dari daerah-daerah lain, misalnya Jakarta.

Sate Padang yang tersohor
Menu Padang yang terkenal adalah gulai, rendang, ayam pop, terung balado, gulai itik cabai hijau, nasi kapau, sate Padang, dan karupuak sanjai. (apakah ada warung makan yang harus dicicip di sini?) Pusat Kuliner di Kota Padang adalah Simpang Kinol, yang berarti perempatan jalan ditengah kota. Disini sebagian besar Kuliner Padang yang enak ada disini, dari sate padang, soto Padang, dan masakan khas lainnya. Untuk makan di Lapau Nasi atau warung nasi di Kota Padang dan Bukit Tinggi, sebelum makan ada baiknya kita menanyakan harga terlebih dahulu. Beberapa dijumpai kalau kita tidak bisa berbahasa Padang harganya yang diberikan berbeda dan lebih mahal dari biasanya.

Padang. Kota Padang terkenal akan legenda Siti Nurbaya dan Malin Kundang, wisata legenda yang unik yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Di dekat Kota Padang terdapat kawasan Pelabuhan Muara dan di sini banyak dijumpai beberapa bangunan peninggalan zaman Belanda. Beberapa bangunan di kawasan tersebut ditetapkan pemerintah setempat sebagai cagar budaya, seperti Masjid Muhammadan yang bertarikh 1843. Di masjid ini terdapat sebuah jembatan yang bernama Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan itu menghubungkan sebuah kawasan bukit yang dikenal dengan nama Gunung Padang. Konon, di bukit ini terdapat kuburan Siti Nurbaya.

Pemandangan indah di Lembah Arau Sumatera Barat

Jika sudah tiba di Padang, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi tiga danau utama di Sumatra Barat, yaitu Danau Singkarak, Danau Singkarak terletak 75 km dari kota Padang. Danau ini menawarkan keindahan alam sambil menikmati makanan di rumah makan yang banyak berjejer di pinggir danau. Lelah mengarungi danau, kita bisa beristirahat di Bukittinggi. Jika ada waktu senggang, kita juga bisa bercengkrama menikmati hari di bawah Jam Gadang yang terkenal. Tidak jauh dari Bukit Tinggi juga ada benteng pertahanan tentara Jepang yang sering disebut penduduk setempat sebagai Lubang Jepang.

untuk melihat foto2 dan artikel lengkap liburan weekend di Sumatera Barat silahkan klik link dibawah ini
Photography and text by Barry Kusuma


__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: