30.1.13

[tourismindonesia] Siaran Media: Kuliner Nusantara mampu angkat citra pariwisata Indonesia

Kuliner Nusantara mampu angkat citra pariwisata Indonesia

Kuta (Bali), 30 Januari 2013 – Negeri Indonesia dengan 17.000 pulaunya begitu kaya akan keanekaragaman budaya, dan tradisi yang diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang kita. Salah satunya adalah berbagai jenis hidangan tradisional yang berpenampilan unik, lezat, penuh citarasa, kaya bumbu dan rempah-rempah yang alami. Namun seiring berjalannya waktu,
warisan budaya nan tak terpermanai itu kini mulai terlupakan, tergeser keberadaannya dengan hadirnya aneka-ragam makanan asing dari mancanegara. Apabila fenomena ini dibiarkan berlangsung, lama-kelamaan akan menggerus keberadaan kuliner Nusantara sebagai salah satu identitas budaya bangsa Indonesia.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap hidangan tradisional khas Indonesia, PT. Heinz ABC Indonesia merasa tergugah untuk ikut mengangkatnya, dimana mulai 2013 menyelenggarakan acara bertajuk "Butik Kuliner Nusantara" (BKN) untuk pertama kalinya. "Kita semua wajib mencintai dan kuliner Nusantara agar tetap eksis. Melalui gelaran acara ini kami ingin mengangkat kembali pesona khas racikan berbagai hidangan tradisional dari berbagai daerah agar dikenal secara meluas. Kami berharap acara ini dapat menginspirasi masyarakat luas dalam menyajikan hidangan tradisional yang menggugah selera," tutur Wishnu Pramuji, Sales Director PT. Heinz ABC Indonesia.

Digelarnya acara BKN kali ini tak lepas dari salah satu misi Heinz ABC untuk ikut melestarikan kekayaan hidangan tradisional khas Nusantara, dimana Heinz ABC menggandeng ICA (Indonesian Chef Association), para pakar kuliner dan dan penjaja makanan tradisional dari berbagai daerah. ."Melalui tangan-tangan piawai para chef dan jawara masak-memasak yang kreatif kami berharap acara ini dapat menjadi ajang temu para chef handal sehingga pesona kuliner Nusantara dapat tersosialisasikan dengan baik di dalam maupun di luar negeri," jelas Wishnu.

"Kami mengawali acara BKN pada hari Selasa (29/1) di Bali, menyusul acara serupa akan kami gelar di kota-kota lainnya di Indonesia. Kami sengaja
memilih Pulau Dewata sebagai ajang perdana acara BKN karena Bali-lah salah satu wilayah di Indonesia yang paling banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru dunia," tutur Yanuardi Sobara, Marketing Manager Food Service PT. Heinz ABC Indonesia. BKN yang ditata dengan cantik adalah sebuah perwujudan komitmen dan apresiasi Heinz ABC terhadap kerarifan tradisi kuliner Nusantara, dan juga bertujuan untuk mengajak masyarakat luas agar dapat mengenal lebih dalam sederet sajian hidangan tradisional yang belum disadari pesonanya. BKN diharapkan nantinya dapat menjadi sebuah wadah untuk bersosialisasi dan memperkaya jurus-jurus seni memasak hidangan yang lezat serta mengasah kreativitas seputar kuliner Nusantara. Dalam industri kuliner, peran chef yang piawai dan kreatif amatlah vital. Meskipun chef berada di posisi puncak pada rantai industri kuliner, peran pedagang makanan tradisional pun tak boleh dilupakan. Mereka sebagai garda terdepan untuk
terus melestarikan dan memperkenalkan kelezatan kuliner Nusantara kepada masyarakat luas. Melalui acara ini, Heinz ABC mengajak para chef dan pedagang makanan tradisional untuk bersama-sama membangkitkan kembali pesona racikan hidangan Nusantara yang kini mulai terlupakan oleh masyarakat Indonesia.

Para pedagang makanan tradisional yang dihadirkan dalam acara BKN adalah Ayam Betutu Men Tempeh (Bali), Pindang Bandeng Serani Mpok Rodemah (Jakarta) dan Krengsengan Sapi Rungkut (Surabaya). Men Tempeh adalah sosok yang berjasa memperkenalkan Ayam Betutu, sehingga hidangan ini dikenal luas oleh masyarakat pecinta kuliner Nusantara. Ayam Betutu racikan Men Tempeh memiliki cita-rasa prima dengan rempah yang khas. Men Tempeh mulai berjualan Ayam Betutu di Gianyar sejak 1976, dan kini kian berkibar. Sepeninggal beliau kini usaha makanannya dikelola oleh generasi penerusnya.

Di ajang BKN, untuk pertama kalinya demo masak akan dipertunjukkan oleh pedagang makanan tradisional di depan para chef hotel dan restoran se-Indonesia. Selain itu, acara ini juga menyuguhkan diskusi menarik seputar ragam pesona racikan hidangan yang masih tersembunyi di berbagai pelosok Nusantara. Disela-sela acara, ditandatangani Deklarasi Kuliner
Nusantara yang diwakili antara lain oleh para chef dari ICA (Indonesian Chef Association), pengusaha, serta para pedagang makanan tradisional, sebuah ikrar dan janji setia para pelaku industri kuliner untuk terus
melestarikan kuliner Nusantara.

Sementara itu presiden Indonesian Chef Association (ICA) Henry Alexie Bloem mengharapkan kuliner tradisional mampu mengangkat citra
pariwisata Tanah Air. "Indonesia kaya dengan aneka ragam kuliner, karena itu perlu dipromosikan dalam sektor pariwisata. Penyajian menu tradisional sudah saatnya dipromosikan seiring dengan pesatnya sektor pariwisata di Indonesia, karena masing-masing daerah memiliki menu khas yang bisa disuguhkan kepada wisatawan asing," ujar Henry.

Para wisatawan, khususnya yang berkunjung ke Bali, tidak hanya ingin mengenal seni dan budaya, namun di sisi lain mereka juga ingin mencicipi makan tradisional yang khas. Oleh karena itu restoran dan hotel harus menyediakan menu tradisional, sehingga wisatawan pun bisa menikmati hidangan tersebut. Wisatawan asing selain disuguhkan objek wisata dan seni, akan lebih lengkap jika daerah tersebut mampu memberikan hidangan tradisional dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan.


Sekilas tentang HJ Heinz Company Limited

Henry Heinz mendirikan H J Heinz Company Limited pada 1869 di Amerika Serikat. Sejak saat itu, produk-produk Heinz dinikmati dan memuaskan konsumen di seluruh dunia selama lebih dari 140 tahun.


Sekilas tentang PT Heinz ABC Indonesia

Produk ABC telah menjadi pilihan konsumen Indonesia dan diekspor ke pasar internasional selama 40 tahun. PT. Heinz ABC Indonesia adalah anak perusahaan H J Heinz Company Limited, produsen makanan raksasa yang berbasis di Amerika.Serikat. Heinz memiliki pengalaman lebih dari 140 tahun memanjakan konsumen di seluruh dunia dengan aneka produk makanan dan minuman. Keberhasilan ini adalah buah visi perusahaan yang hanya memproduksi makanan dan minuman yang unggul dalam rasa, bergizi dan berkualitas.

PT. Heinz ABC Indonesia adalah anak perusahaan Heinz yang terbesar di Asia, dan salah satu yang terbesar di dunia, dengan 3000 karyawan, 3 fasilitas produksi, 8 fasilitas pengepakan dan jaringan distribusi yang luas di Pulau Jawa dan wilayah lain di Indonesia. ABC adalah salah satu dari 15 merek unggulan Heinz di seluruh dunia.

PT. Heinz ABC Indonesia memahami kekuatan makanan dalam menyatukan orang-orang dengan latar belakang berbeda, meleburkan budaya dan memperkaya kehidupan manusia. Kami adalah produsen makanan dan minuman terkemuka di Indonesia. Produk-produk ABC dibuat dengan standar internasional dan dinikmati jutaan orang Indonesia selama 40 tahun. Makanan dan minuman lezat adalah hidup kami. Kami selalu senang membuat makanan lezat, dan kami tahu Anda juga. Kami hanya memproduksi makanan dan minuman dengan rasa dan kualitas paling unggul.




------------------------------------

Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/tourismindonesia/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/tourismindonesia/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
tourismindonesia-digest@yahoogroups.com
tourismindonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
tourismindonesia-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: