19.1.13

[tourismindonesia] Tingkat Hunian Hotel di Bali Menurun



Cukup aneh melihat statistik akan Turunnya tingkat hunian di Bali sepanjang tahun 2012 lalu. Tapi inilah kenyataanya. Dari beberapa seminar yang dilakukan di Bali terkait masalah ini, keresahan Hotel dan bisnis akomodasi telah terasa meski pada libur akhir tahun 2012 tingkat accupancy mencapai di atas 80%. 

Penyebab menurunnya Tingkat Hunian Hotel di Bali tahun 2012:
  1. Kurang Promosi (Wisata dan Budaya)
  2. Tidak maksimal dalam penjualan Online
  3. Banyaknya Hotel baru
  4. Mulai dikenalnya tempat wisata di luar bali
  5. Kurangnya penerbangan internasional
 
Saat ini Penjualan Online merupakan salah satu pendapatan terbesar dari Hotel. Namun buruknya, Hotel dan bisnis akomodasi justru ketergantungan dengan Online Travel Agency. Komisi besar, peraturan yang berat membuat Hotel harus merelakan beberapa hal sehingga ujungnya memberatkan konsumen (harga)

Berbeda dengan bisnis penerbangan yang telah sadar lebih dulu, dengan membangun sebuah Website dengan fasilitas Instant Booking dan Instant Confirmation. Hasilnya?? Bisnis Penerbangan bisa terlepas dari Online Travel Agency, dan pastinya menguntungkan para konsumennya (harga).

Lalu apa Solusinya:

1. Memiliki Website dengan fitur terbaik dengan Instant Booking+Instant Confirmation; Mahal?tidak juga, kini banyak sekali layanan untuk website di Internet. Saran saya coba Hotel Link Solutions. Mereka menawarkan pembuatan Website Hotel Gratis, serta fitur lengkap seperti Instant Booking hingga Channel Manager, serta pembuatan Akun Sosial Media. 

2. Promosi; Jika menunggu aksi dari pemerintah untuk mempromosikan wisata di kota and, pasti akan cukup lama. Mengapa tidak anda sendiri yang memulai mempromosikan? Ya, dengan menambahkan 1 Page di website anda tentang tempat wisata unik di sekitar hotel anda, tentu akan menarik wisatawan. Dampak ini akan terasa sangat besar, karena seperti halnya Bali, turis sudah mulai bosan dengan Kuta. Padahal di bali masih banyak tempat wisata yang belum terjamah yang mampu menarik wisatawan.

Ya.. simple tapi berdampak besar seperti halnya bisnis penerbangan; WEBSITE dan PROMOSI.

Salam sukses, semoga bisa membantu anda semua

__._,_.___


Ingin bergabung? Kirim email kosong ke: tourismindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Klik:

http://tourismindonesia.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: